10 Rekomendasi Barang dari China yang Populer di Pasaran Indonesia (2019)

10 Rekomendasi Barang dari China yang Populer di Pasaran Indonesia (2019)

China menjelma menjadi raksasa dunia di bidang teknologi dan elektronik. Sejumlah alat elektronik dari China menjadi salah satu produk favorit di seluruh dunia yang banyak digunakan orang. Tak cuma peralatan elektronik, barang-barang seperti pakaian dan mainan juga disukai di Indonesia. Berikut, BP-Guide akan mengulas dan memberikan rekomendasi produk dari China yang pas untuk Anda.

Untuk Beberapa Produk Tertentu, China Dikenal Sebagai Pemasok Paling Besar di Dunia

China terkenal sebagai pemasok produk terbesar di dunia, bagaimana tidak China adalah negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Sumber daya manusia yang berlimpah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tenaga kerja yang terus dapat memproduksi produk dalam jumlah yang besar. Karena itulah perekonomian China berkembang dengan baik.

Memiliki stok produk yang banyak dan memiliki varian yang lengkap, membuat produk-produk China merajai pasar dengan rutin mengekspor barang-barangnya ke seluruh dunia.

Beberapa Website China yang Membolehkan Pembelian secara Grosir

1688

Sumber gambar youtube.com

1688.com adalah website cina yang merupakan anak cabang dari Alibaba. Hadir dengan bahasa Mandarin, situs ini memang diperuntukkan untuk pasar di negara China atau marketplace lokal China. Meskipun harga di 1688 dan Alibaba tidak berbeda jauh.

Keunggulan belanja di 1688 adalah Anda bisa belanja tanpa minimal order, sehingga Anda bisa membeli barang secara satuan. Untuk dapat berbelanja di 1688, Anda perlu registrasi dahulu di taobao.com untuk mengaktifkan akun 1688.com.

Taobao

Sumber gambar id.techinasia.com

Taobao adalah situs belanja dari China yang didirikan pada tanggal 10 Mei 2003 oleh Alibaba Group. Situs belanja ini membuka kesempatan untuk pengusaha individu membuka toko online dengan konsumennya adalah area China, seperti dataran China, Hong Kong, Macau, dan Taiwan serta terbuka juga untuk konsumen dari luar negeri.

Meskipun menggunakan bahasa Mandarin, tetapi situs ini memiliki banyak pengunjung. Karena Taobao terpilih sebagai 10 situs web yang paling dikunjungi menurut Alexa. Selain itu, harga barang dalam situs ini menggunakan mata uang Yuan (RMB).

Tmall

Sumber gambar about.tmall.com

Tmall adalah situs yang menjalan toko online ecommerce Business to Customer (B2C) ritel online dalam bahasa China. Situs yang didirikan oleh Alibaba Group ini awalnya bernama Taobao Mall. Situs belanja ini pada tahun 2008 melakukan gebrakan baru, di mana platform ini menawarkan layanan premium.

Sehingga hanya membidik masyarakat kalangan atas saja. Sehingga TMall dapat menarik merek-merek asing untuk menggunakan platform ini.

DealExtreme

Sumber gambar c.dx.com

DealExtreme adalah onlineshop China paling terkenal di internet saat ini, bagaimana tidak situs ini menawarkan harga yang murah dan ongkos kirim yang gratis meskipun dikirim ke seluruh dunia. Situs yang mulai beroperasi pada tahun 2006 lalu dan berpusat di Hongkong ini mendapatkan reputasi yang baik dari pelanggan di seluruh dunia.

Pelanggan bisa memilih lebih dari 300 ribu produk untuk dibeli dengan harga yang murah. Tidak hanya itu, pelanggan juga tidak akan kesulitan ketika berbelanja, karena website ini memiliki tampilan yang tidak rumit dan proses pembelian yang mudah.

TheOneMall

TheOneMall adalah situs yang menjual barang-barang dari China dengan menggunakan server Malaysia yang berpusat di Wangsa Maju. Situs ini dianggap sebagai generasi baru dari online shopping center, karena dapat menjamin kualitas barang dan dan kepuasan pelanggan.

Anda dapat memilih berbagai barang dengan harga yang menarik. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir pada kualitas barang yang memiliki harga murah.

Berbagai Barang China yang Laku di Pasaran Indonesia

Laptop

Sumber gambar www.bukalapak.com

Meskipun merek-merek dari Amerika Serikat, Jepang dan Korea sangat digemari, tetapi laptop asal China tetap merajai pasar Indonesia. Selain menawarkan harga yang lebih murah, juga menawarkan spesifikasi yang mumpuni.

Salah satu laptop terbaik dari China adalah XIAOMI Mi Notebook Air 12.5 Inch M3-7Y30 WINDOWS CHINESE VERSION. Laptop yang memiliki ukuran layar sebesar 12,5 inci ini memiliki teknologi full HD display dan dilengkapi dengan keyboard yang dapat mengakomodasi jangkauan gerak yang fleksibel. Sehingga akan membuat Anda sangat nyaman ketika mengetik. Anda bisa mendapatkan laptop ini di Bukalapak dengan harga Rp 9.499.000.

Handphone

Sumber gambar www.bukalapak.com

Produk China yang laku keras di Indonesia selanjutnya adalah handphone. China mendapatkan banyak peminat untuk produk HP dengan strategi yaitu membuat HP yang memiliki spesifikasi yang tinggi dan memiliki harga yang rendah.

Salah satu Handphone dari China adalah Huawei Mate 20 6GB128GB-Twilight FREE Flip Cover- Power Bank-Garansi Resmi. HP ini memiliki sistem operasi Android 9 Pie dengan processor HiSilicon Kirin 980 (7nm).

Smartphone yang memiliki ukuran layar 6,53 inci dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB ini dilengkapi dengan kamera belakang berukuran 16 MP dan kamera depan berukuran 24 MP. Anda bisa memiliki HP dari China ini dengan harga RP 8.999.000.

Sepatu

Sumber gambar shopee.co.id

Produk China selanjutnya adalah sepatu. Produk sepatu dari China memiliki bentuk dan model yang sangat beragam, bagaimana tidak Cina memiliki sumber daya manusia yang berlimpah untuk dijadikan pekerja. Bahkan hingga Oktober 2006, perusahaan sepatu asal China telah memperkerjakan 18.000 orang pekerja dengan realisasi investasi di industri ini yang mencapai US$90 juta atau sekitar Rp 823,5 miliar.

Salah satu produk sepatu China terbaik adalah Sepatu Import China-Newest China Trend Oxford Shoes. Sepatu yang terbuat dari bahan PU ini memiliki heels sepanjang 4 cm. Sepatu yang memiliki warna hitam dan silver ini memiliki berat 650 gram. Anda bisa memiliki sepatu ini dengan harga Rp 130.000-Rp 219.000 di Shopee.

Pendingin Ruangan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pendingin ruangan adalah produk China selanjutnya yang sangat diminati di Indonesia. Keunggulan dari AC buatan China adalah harganya yang sangat murah, bahkan lebih murah daripada AC buatan dalam negeri.

Salah satu AC buatan China adalah AC SPLIT R410A AUX ASW-05B4/FOR1 1/2 PK REMOTE LOW WATT CHINA. AC yang memiliki ukuran 20 x 75 x 29 cm ini membutuhkan tenaga listrik sebesar 350 Watt dan menghasilkan kapasitas dingin sebesar 5000 BTU.

AC buatan China ini memiliki berat 8 Kg dan memiliki ukuran PIPA dan GAS 1/4 3/8. Anda bisa mendapatkan AC ini dengan harga Rp 2.275.000 dan pembelian dapat dilakukan di Tokopedia.

Mainan Anak

Sumber gambar s.blanja.com

Tidak hanya barang elektronik, mainan anak-anak buatan China juga merajai pasar di Indonesia. Bahkan mainan China yang ada di Indonesia mencapai angka 65 persen dan mengalahkan produk mainan lokal yang hanya 35 persen.

Salah satu mainan anak-anak dari China yang sangat digemari adalah mainan balok yang bisa disusun-susun. Salah satu mainan block dari China yang terkenal adalah Ghost Ninja Space Temple Village Building Block Toy. Mainan ini memiliki dimensi 10 x 10 x 10 cm dan bobot 0,5 kg. Anda bisa mendapatkan mainan ninja ini dengan harga Rp 811.765 di blanja.com.

Mobil

Sumber gambar www.viva.co.id

Industri otomotif dari China juga sangat eksis di Indonesia. Salah satunya adalah Wuling dan DFSK yang telah ikut meramaikan pasar Indonesia. Bahkan produsen asal China ini telah mendirikan pabrik-pabrik di Indonesia untuk lebih meyakinkan pembelinya.

Salah satu mobil buatan China yang mampu mengguncang pasar otomotif Indonesia adalah produk Wuling, yaitu Cenfero. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan sangat menarik, yaitu berkisar Rp 131,8 juta hingga Rp 168,9 juta dan mengusung mesin 1,5 L. Ada tiga varian Cenfero yang bisa dipilih yaitu Confero, Confero S – C Type, dan Confero S – L Type.

Tas

Sumber gambar rajaimportir.com

Tas-tas yang dijual di pasar Indonesia, terutama tas wanita didominasi oleh produk-produk dari China. Keunggulan dari tas China ini adalah menawarkan tas KW super dari merek-merek terkenal yang memiliki detail yang sangat mirip dengan produk aslinya.

Jika Anda tertarik dengan tas-tas buatan China, Anda bisa memilikinya dengan harga kisaran Rp 50.000 hingga Rp 150.000 tergantung pada jenis dan materialnya.

Aksesori Handphone

Sumber gambar cdn.elevenia.co.id

Pabrik-pabrik China juga sangat giat dalam memproduksi aksesori smartphone, karena setiap tahunnya kebutuhan konsumen terhadap aksesori smartphone terus meningkat. Keunggulan aksesori dari Cina tidak hanya dari harganya yang murah, tetapi juga memiliki model yang bervariasi.

Salah satu aksesori dari China yang digemari adalah Kabel Data Lightning Apple Product (all iPhone, all iPad). Produk ini kompatibel untuk iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 6, dan iPhone 6+. Kabel data ini diklaim aman untuk mentransfer data, mengisi daya, dan sync. Anda bisa mendapatkan aksesori ini dengan harga Rp 10.000 di Elevenia.

Tablet

Sumber gambar aliexpress.com

Menginginkan tablet yang murah dan berkualitas, Anda bisa mendapatkannya pada produk-produk dari Cina. Salah satu tablet buatan Cina yang dapat Anda jadikan pilihan adalah CHUWI Hi10 Pro Tablet 10.1 inch 1920*1200 Screen Windows10 & Android 5.1 Intel ATOM X5 Cherry Trail Z8300.

Tablet dari Chuwi ini memiliki RAM sebesar 4 GB dan ROM sebesar 64 GB. Tablet yang memiliki ukuran layar 10,1 inci ini telah dibekali fitur full HD dengan resolusi 1920 x 1200. Hadir dengan body yang full metal, tablet ini ditenagai oleh Intel x5 processor, Quad Core 64-bit CU, dan 14 nm technology. Anda bisa memilikinya dengan melakukan pembelian di Lazada dengan harga Rp 3.300.000.

Drone

Sumber gambar solo.tribunnews.com

Perusahaan teknologi asal Cina mulai menguasai pasar dengan produk drone-nya. Salah satu merek drone yang terkenal dari Cina adalah Frank Wang yang telah dikenal sebagai rajanya drone bahkan juga termasuk perusahaan pembuat drone terbesar di dunia dengan penjualan mencapai 70%. Salah drone buatan Cina terbaik adalah 3.2.4G Visuo drone dengan HD Wifi FPV 0.3mp/2mp.

Drone yang memiliki bahan plastik dengan ukuran 32 x 32 x 11,5 cm ini membutuhkan baterai bertenaga 3.7 V 500 mAh LIPO dengan waktu pengisian 1 jam dan waktu terbang 5 hingga 7 min dengan jarak RC 50 m. Anda bisa mendapatkan drone dari Visuo Drone ini seharga 24.1 USD atau dalam rupiah menjadi Rp 241.240.

From our editorial team

Barang China Lebih Murah, Tapi Tidak Murahan

Barang-barang dari China dipilih banyak orang karena lebih murah. Namun, tentunya tidak murahan. Jadinya, Anda bisa memilih produk yang tepat dengan spesifikasi yang lebih mantap dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Tapi, jangan asal pilih yah. Rekomendasi produk dari BP-Guide di atas bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda untuk memilih produk terbaik.