10 Rekomendasi Tandon Air untuk Berbagai Kebutuhan di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Tandon Air untuk Berbagai Kebutuhan di Rumah (2021)

Memiliki tandon air bisa memberikan kita banyak manfaat. Utamanya untuk kebutuhan rumah tangga, tandon air akan sangat berguna. Untuk kamu yang baru pindah rumah dan sekiranya butuh tandon air, simak tips memilih tandon air dari kami! Cek juga rekomendasi tandon air berkualitas dari kami!

Pentingnya Memiliki Tandon Air di Rumah

Air merupakan elemen penting dalam kehidupan. Kita membutuhkan air dalam keseharian kita baik untuk membersihkan diri, untuk minum, untuk memasak, mencuci dan lain sebagainya. Maka dari itu kebutuhan air di rumah harus selalu terpenuhi demi hidup yang lebih nyaman.

Guna memenuhi kebutuhan akan air di rumah, kita membutuhkan yang namanya tandon air. Ini merupakan alat penampung air agar kita bisa menyimpan lebih banyak air. Tandon air biasa dipasang di atap rumah atau bisa juga di bawah tergantung ukuran dan kegunaanya. Ada banyak manfaat memiliki tandon air di rumah, loh.

Adanya tandon air membuat kita memiliki persediaan air yang siap digunakan kapan saja. Saat tiba-tiba mati listrik, kita tak perlu panik kehabisan air karena ada tandon air dimana airnya siap digunakan dan dialirkan. Suplai air bersih pun selalu terjaga dan kamu bisa tenang menghadapi situasi mati listrik.

Air bersih di rumah, umumnya kita dapatkan dari layanan PDAM atau memakai pompa air bor. Untuk memenuhi kebutuhan air harian maka kita harus bolak balik menghidup nyalakan keran air dan ini membuat listrik sering dihidupkan dan dimatikan. Jika sudah begini, bukan tak mungkin kita jadi boros listrik. untuk solusinya, kita bisa memakai tandon air. Dengan begini, kita cukup sesekali saja menyalakan listrik untuk mengisi tandon air sampai penuh.

Suplai air dari PDAM kadang kurang mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga. Kadang aliran airnya terlalu kecil, sehingga saat kita membutuhkan banyak air kita jadi harus menunggu dalam waktu yang lama. Adanya tandon air membuat kita jadi lebih mudah mendapatkan air dalam jumlah yang kita inginkan dalam waktu singkat asalkan kita sudah memenuhi air di tandon.

Tandon air juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Sebagai contoh, tandon bisa dipakai untu menampung air hujan. Selanjutnya, air tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, kebun, dan kebutuhan lainnya.

Tips Memilih Tangki Air untuk Kebutuhan Rumah

Pilih Jenis Tandon Airnya

Tandon air hadir dalam berbagai jenis bahan. Umumnya, ada bahan plastik, stainless steel, dan fiberglass. Setiap bahan ini memiliki kelebihannya sendiri. Kamu bisa memilih yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan bujet kamu.

Tandon air plastik banyak dipilih karena harganya yang jauh lebih murah. Selain itu, jenis tandon ini juga lebih mudah ditemui di pasaran. Tandon plastik memiliki varian warna beragam mulai dari kuning, oranye, hingga biru. Bobot tandon sangat ringan karena berbahan plastik. Ini membuatnya mudah dipindahkan.

Pilihan lainnya adalah tandon air stainless steel. Kita bisa bayangkan, dari namanya saja, jelas tandon ini kokoh dan tahan lama digunakan. Tak hanya itu, tandon stainless steel juga bisa memberi kesan elegan dan eksklusif. Bahan stainless steel sangat aman digunakan karena anti lumut dan tak mudah ditembus paparan sinar matahari. Meski demikian harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis tandon air lainnya.

Tandon air fiberglass merupakan tandon yang banyak digunakan untuk industri besar. Jenis tandon yang satu ini bobotnya ringan namun tetap bisa berdiri kokoh dan tak mudah tertiup angin. Sifatnya tak mudah berkarat sehingga cocok untuk kebutuhan skala besar.

Warna Tandon Air Sangat Berpengaruh

Ketika membeli tandon air, kita juga perlu mempertimbangkan warnanya. Ini karena warna tandon bisa mempengaruhi kualitas air di dalam tandon. Tak banyak dari kita yang tahu masalah ini. Kadang kita hanya asal saja membeli tandon tanpa mempertimbangkan warna tandon tersebut.

Makin cerah warna tandon maka membuat sinar matahari makin mudah menembusnya. Jika sudah begini, lumut jadi lebih mudah berkembang biak dalam tandon. Kualitas air jadi menurun dan kita harus lebih rajin membersihkan tandon air agar kualitas airnya lebih bagus.

Maka dari itu, pilih tandon yang warnanya tidak cepat menyerap sinar matahari. Tandon air berwarna gelap bisa menahan sinar matahari sehingga bisa mencegah spora lumut dalam air berkembang.

Pilih Lokasi Pemasangan Tandon

Kamu juga perlu memperhatikan lokasi pemasangan tandon. Lokasinya bisa disesuaikan dengan kondisi rumah dan juga kebutuhan. Dengan menyesuaikan kondisi, maka kamu jadi bisa lebih maksimal dalam mendapatkan air.

Kamu bisa meletakkan tandon air di bawah tahan alias underground. Ini cocok untuk area rumah yang sempit. Kamu bisa guanakan tandon bahan plastik untuk keperluan satu ini. Bahan ini daya tahannya bagus dan tak butuh untuk diperiksa terlalu sering. Ini cocok juga untuk kamu yang ingin mengairi kebun mini di belakang rumah.

Pilihan lainnya, pasang saja tandon air di area ground level alias permukaan tanah. Biayanya terjangkau karena tak butuh menggali tanah seperti pada tandon air underground. Tandon air semacam ini pemeliharaan dan perawatannya juga mudah.

Terakhir, ada peletakkan tandon air di overhead. Ini cocok untuk kamu yang ingin hemat ruang dan hemat biaya. Meletakkan tandon air di atas bangunan tak akan makan banyak space di rumah kamu. Umumnya tandon semacam ini dilengkapi dengan menara dari rangka besi yang bisa membuat tandon air jadi lebih kuat dan memudahkan kamu saat akan membersihkan tandon.

Perhitungkan Kapasitas Tangki Air

Tandon air terdiri dari berbagai kapasitas yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu tak butuh terlalu banyak air maka bisa memilih kapasitas 400 liter. Namun jika kamu membutuhkan banyak air maka kamu bisa memilih tandon air berkapasitas hingga 2200liter.

Pemilihan kapasitas juga bisa didasarkan pada banyak sedikitnya orang di rumah. Jika untuk satu atau dua orang saja, maka tandon air ukuran 400 liter hingga 600 liter sudah cukup. Namun untuk lebih dari dua orang maka pilih saja yang kapasitasnya lebih dari itu.

Ini Dia Deretan Tandon Air Berkualitas untuk Kebutuhan Rumah Tangga

MPOIN Plus Wave 600L

MPOIN Plus Wave 600L merupakan salah satu tandon air yang bisa kamu gunakan. Kapasitasnya cukup untuk keperluan rumah tangga sehari-hari. Dengan bahan Dow Chemical America sebagai bahan pembuatan tabungnya, produk ini kuat dan tidak mudah pecah. Tak perlu khawatir dengan kualitas airnya karena tandon ini anti lumut. Hal ini karena ada fitur lightblock yang mampu menghalangi sinar UV sehingga pertumbuhan lumut di dalam tandon bisa dicegah.

Produk ini juga memiliki teknologi Antimicrobial silver ion yang diimpor langsung dari Amerika. Teknologi ini telah teruji mampu membunuh bakteri jahat dan jamur dalam air. Ini membuat airnya bisa lebih aman untuk mencuci buah dan sayur, menggosok gigi, mandi, dan lain sebagainya.

Ada juga thermal stabilizer dalam produk ini. Hal ini menjadikan suhu air tetap normal dan lebih sejuk. Warna tangki tak mudah pudar meski setiap hari terpapar sinar UV.

Harga Rp. 795.000-2.312.000

Penguin Tangki Air Stainless TBSK 1000

Penguin Tangki Air Stainless TBSK 1000 membuat kamu memiliki tandon air yang suhu airnya tetap sejuk dan terjaga. Dengan teknologi Rotamould 4 dan food grade material, tandon juga akan memberi perlindungan maksimal dari ancaman bakteri, lumut, dan jamur. Air bisa lebih berkualitas dan aman untuk berbagai kebutuhan keseharian.

Produk ini lengkap dengan proteksi UV20+ yang mampu membuat tandon terlindung dari sinar UV selama 20.000 jam. Ukuran tandon ini adalah 1760 mm untuk tingginya dengan diameter 965 mm. Kapasitas airnya banyak yakni 1000 liter sehingga cocok untuk keseharian. Bahan tandon dari stainless steel sehingga kokoh dan anti karat.

Harga Rp. 3.450.000-4.000.000

Excel ALB1200 Tandon

Excel ALB1200 merupakan tandon berkualitas yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini memiliki ukuran diameter 105 cm dengan tinggi 129 cm. Dengan kapasitas 1050 liter, tandon ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air dalam rumah tangga.

Tandon plastik ini bobotnya ringan jadi mudah dipindahkan. Dibuat dengan teknologi blow, tandon ini mampu menghasilkan partikel plastik yang lebih rapat agar tandon tak mudah bocor meski digunakan dalam waktu bertahun-tahun. Tandon ini cocok juga untuk menyimpan cairan bahan kimia.

Pemasangannya mudah dan efisien karena memakai triple construction system. Namun, kamu wajib waspada dan sering mengeceknya. Ini karena bahan plastiknya membuat lebih mudah berlumut. Kamu harus membersihkannya secara berkala.

Harga Rp. 1.390.000-2.000.000

Tandone Tangki Air

Tandone Tangki Air hadir dengan desain ramping nan minimalis. Kamu bisa memilih kapasitas yang dibutuhkan. Ada ukuran 550 hingga 1100 liter yang tersedia. Bahannya adalah dari plastik namun sangat tebal, yakni sekitar 9 mm. Ini membuat tangkinya kokoh dan tahan lama digunakan.

Tandon ini dilengkapi dengan lapisan anti UV. Hal ini membuatnya bisa melindungi air yang ditampung dari sinar matahari. Tandon ini tak akan mudah berlumut sehingga air tak mudah bau dan kualitasnya tetap bagus.

Sebagai penutupnya, ada tuutp ulir yang mudah dibuka tutup. Tandon telah mengantongi sertifikasi SNI jadi kualitasnya terjamin dan kamu tak perlu ragu memakainya. Harganya terjangkau dan tidak bikin kantong bolong.

Harga Rp. 535.000-1.153.000

Penguin TE-50

Penguin TE-50 hadir dengan bentuk kubus yang membuatnya tampak unik. Tandon ini memiliki ukuran 77.5 cm x 77.5 cm x 98 cm. Daya tampungnya 450 liter sehingga cocok untuk kebutuhan keluarga setiap harinya. Dibuat dengan teknologi Rotamould 4, tandon bisa memberikan perlindungan menyeluruh. Kualitas bahannya sudah food grade jadi air di dalamnya terjamin aman dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tandon telah memiliki teknologi antimikroba biocote. Ini membuatnya bisa membasmi kuman, bakteri, jamur, serta lumut. Ada juga pelindung UV20+ yang membuat tandon air terlindung dari radiasi sinar UV sampai 20.000 jam. Suhu air juga stabil meski ada perubahan cuaca. Ini karena ada fitur peredam panas yang membuat suhu air tetap sejuk.

Harga Rp. 1.280.000-2.500.000

TANDON AIR TANGKI AIR TOREN 2200L PENNYU ZEEN

TANDON AIR TANGKI AIR TOREN 2200L PENNYU ZEEN ini cocok untuk kamu letakkan di atas bangunan atau di tower. Ini cocok untuk kebutuhan skala besar. Produk ini hadir dengan fitur UV stabilizer yang bisa mencegah oksidasi air akibat sinar matahari. Kualitas air bisa tetap terjaga dan aman untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan keseharian.

Kamu tak perlu terlalu sering mengeceknya namun kamu harus melakukan pengurasan berkala bila sumber airnya keruh. Ukuran diameternya adalah 142 cm dengan tinggi 156 cm. Kapasitasnya adalah 2200 liter jadi sangat banyak untuk kebutuhan keseharian. Kamu bisa memilih warna oranye, kuning, biru, atau hitam.

Harga Rp. 3.400.000

Lucky Polytank LS1100

Lucky Polytank LS1100 ini cocok untuk kebutuhan keseharian dalam rumah tangga. Kapasitasnya yang besar membuat kamu tak perlu terlalu sering mengisi tandon air. Produk yang satu ini akan mencukupi kebutuhan sanitasi atau untuk dikonsumsi.

Bahan pembuatannya dari polyethylene yang termasuk plastik. Kendati demikian bahannya food grade jadi aman untuk kita gunakan. Tandon juga telah mengantongi sertifikasi SNI dan FDA jadi lebih terjamin keamanannya. Air dalam tandon lebih berkualitas.

Dirancang dengan 3 lapisan yang berbeda, tandon jadi lebih kokoh dan aman dari penetrasi sinar UV yang membuat lumut tumbuh. Produk ini memastikan kamu hanya mendapatkan air terbaik dengan suhu yang lebih terjaga.

Harga Rp. 1.390.000-1.829.000

TIRTA Tangki Air Stainless Steel T-500 PK

TIRTA Tangki Air Stainless Steel T-500 PK hadir dengan tampilan yang mewah. Ini karena bahannya dari stainless steel yang terkesan kokoh. Bahan tersebut juga tak mudah ditembus sinar matahari. Lumut dan ganggang tak akan tumbuh dan mengendap dalam tandon air ini.

Kamu bisa meletakkannya di atap bangunan agar lebih hemat tempat. Produk yang satu ini juga tahan dalam berbagai cuaca. Kualitas air tetap terjaga dan bagus untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Kapasitas airnya 522 liter dengan diameter 700 mm dan tinggi 1450 mm. Tandon warna silver ini pastinya cocok untuk kebutuhan keseharian kamu.

Harga Rp. 1.695.000-2.362.000

Profil Tank BPE 550L

Profil Tank BPE 550L hadir dengan daya tampung yang cocok untuk kebutuhan keseharian. Produk yang satu ini tak banyak makan tempat karena ukurannya medium. Terbuat dari bahan HDPE, produk ini elastis, tahan benturan, kuat dan tidak ganpang bocor.

Bobotnya 12.000 gram sehingga tak sulit dipindahkan. Lengkap dengan pelindung sinar UV, tandon ini akan melindungi air dalam tangki agar tak tercemar jamur, lumut, dan bakteri sehingga aman untuk digunakan. Suhu air dalam tandon juga terjaga stabil meski cuaca berubah.

Harga Rp. 990.000-1.599.000

KOALA Tangki Air TS 3000

KOALA Tangki Air TS 3000 ini merupakan tandon air yang bisa kamu andalkan. Produk ini bisa ditempatkan di luar ruangan atau di atap bangunan. Dengan kapasitas 3000 liter, ini akan cukup untuk industri atau kebutuhan rumahan. Tandon ini memiliki tinggi 2280 mm dengan diameter 1450 mm.

Suhu air tetap aman dan terjaga karena bahannya berkualitas. Kokoh dan tebal produknya sehingga tak mudah rusak. Ada perlindungan terhadap sinar UV sehingga air tak mudah berlumut.

Harga Rp. 4.500.000
From our editorial team

Memakai Tandon Air jadi Upaya Penyelamatan Lingkungan

Air adalah elemen penting yang harus dilindungi demi kelangsungan hidup generasi kita. Maka dari itu, diharapkan kita bisa memanfaatkan air sebaik mungkin dan tak menyia-nyiakannya. Ada kalanya kita menyalakan air dari ekran listrik lalu membiarkannya dan lupa mematikannya atau sengaja tak mematikannya karena kebutuhan sedang terlalu banyak sehingga kadang air terbuang lebih banyak. Memakai tandon air membuat kita bisa menggunakan air dalam volume yang lebih sedikit dan mengajarkan kita untuk lebih hemat air.. Hal ini artinya kita telah memakai air dalam jumlah sedikit dan sewajarnya. Ini bisa dikategorikan sebagai langkah untuk membantu konservasi air dunia.

Tag