4 Aturan Memberikan Hadiah Buat Si Bos dan 7 Ide Hadiah yang Bisa Diberikan

4 Aturan Memberikan Hadiah Buat Si Bos dan 7 Ide Hadiah yang Bisa Diberikan

Atasanmu sebentar lagi akan berulang tahun dan kamu ingin memberikan hadiah. Namun, kamu masih bingung memberikan hadiah yang tepat. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan ide hadiah untuk atasan serta aturannya agar kamu tidak salah pilih.

Memberi hadiah adalah sebuah ungkapan rasa sayang atau terima kasih yang sering kita lakukan untuk keluarga atau teman dekat. Bagaimana dengan atasan di kantor, apakah kita perlu untuk memberikan hadiah untuk menunjukan apresiasi kita kepadanya?

Sebetulnya tidak ada peraturan yang menuliskan kalau kita wajib memberikan hadiah kepada atasan. Tetapi saat bos sedang berulang tahun, mendapat promosi, berpindah tempat kerja, atau pensiun, kadang kita ingin memberikan kado sebagai cenderamata.

Lagi pula keberhasilan kita di suatu pekerjaan juga berkat bantuan dan dorongan dari atasan. Jadi tidak ada salahnya memberikan kado sebagai bentuk penghargaan kepadanya.

Alasan utama memberikan kado adalah untuk memperkuat hubungan kerja yang profesional bila dilakukan dengan benar. Tetapi tanpa mempertimbangkan waktu dan tempat yang benar maka akan memberikan pandangan yang negatif.

Misalnya rekan kerja akan menganggapmu ingin mendapatkan posisi atau promosi saat kamu memberikan kado. Bisa juga kado yang kamu berikan justru menyinggung perasaan atasan sehingga memperburuk hubunganmu bersama beliau.

Buat kamu yang kebingungan untuk memilih kado buat atasan, simak beberapa tips di bawah ini.

Pertimbangkan Kado dari Beberapa Rekan Kerja

Buat ulang tahun atau acara tertentu, lebih baik mempertimbangkan memberikan hadiah dengan cara patungan bersama teman satu divisi. Selain lebih irit dan praktis, juga memberi kesempatan untuk rekan kerjamu berpartisipasi. Cukup satu kado saja dari divisimu agar tidak terlihat adanya persaingan untuk melihat hadiah mana yang terbaik.

Lakukan secara Rahasia

Berbeda lagi jika ingin memberikan kado untuk atasanmu secara pribadi, sebagai rasa terima kasih atas bantuannya selama ini. Untuk kado semacam ini, lakukan secara pribadi dan tidak diketahui oleh karyawan lain. Cara ini akan menghindari gosip yang beredar di antara rekan kerja, yang mungkin akan menganggapmu penjilat dan manipulatif.

Tetapi jika memiliki hubungan pertemanan yang kental di luar kantor bersama atasan, hal ini bisa jadi pengecualian. Pastinya kamu ingin memberikan hadiah untuk mempererat persahabatanmu, tetapi sebaiknya pastikan memberikannya di luar kantor.

Jangan Pernah Menghadiahkan Uang

Hadiah berupa uang terasa kurang personal dan memberikan kesan terburu-buru atau kurang menghargai penerima. Selain itu, hal ini juga dapat dianggap sebagai sikap acuh pada apa yang sebenarnya disukai oleh atasan. Lebih baik hindari menghadiahkan uang kepada siapa pun di kantor, kecuali sedang membagikan bonus tahunan untuk bawahanmu.

Alasan lain untuk tidak memberikan hadiah uang kepada bos adalah berkaitan dengan jumlah yang akan diberikan. Terlalu sedikit maka terlihat tidak pantas, tetapi terlalu banyak juga akan mendatangkan stigma negatif. Jangan sampai kenaikan jabatan maupun gaji yang di dapat berkat kerja keras, tercoreng oleh perbuatanmu yang dianggap menyuap atasan.

Jangan Pernah Mengumbar Janji

Hindari memberi bantuan atau tawaran seperti membawakan makan malam untuk bosmu. Bahkan hindari juga menganggap dirimu berutang kepada bosmu karena tidak sempat memberi kado.

Jika memang tidak sempat mencarikan dan membelikan kado, sebaiknya katakan terus terang dan ajak seluruh rekan kerja untuk mencarikan alternatif yang praktis dan pantas. Mulai dari makanan, karangan bunga, atau sekadar kartu ucapan yang ditandatangani oleh semuanya.

Atasanmu mungkin punya sifat yang kurang baik dan membuatmu terkadang merasa kurang dihargai, tetapi membalas dengan cara yang kurang sopan tetap tidak bisa dibenarkan. Terlepas dari kepribadiannya di kantor, mereka tetap ingin dihargai. Atasanmu dijamin senang jika mendapat perhatian saat hari-hari istimewanya.

Ide Kado untuk Atasan

Mencari kado yang pas memang susah apalagi kalau atasanmu termasuk orang yang tertutup. Ingat, inti dari memberi kado adalah memastikan barang tersebut ditujukan untuk keperluan penerima dan bukan pemberi.

Kado yang diberikan dengan niat tulus akan jauh lebih baik.Tidak perlu bingung, ada beberapa pilihan kado-kado yang pantas diberikan pada atasan, saat momen istimewanya.

Jam Tangan

Kado ini cocok sekali buat para pekerja yang sangat menghargai waktu, apalagi jika atasanmu termasuk salah satu orang yang menganggap waktu itu penting. Ajak teman-temanmu patungan dan berikan jam tangan mewah yang harganya cukup pantas, agar atasanmu merasa senang dan bangga ketika memakainya.

Hiasan Meja

Memberikan kado berupa hiasan meja adalah ide yang bagus, tetapi pilihlah yang sederhana namun tetap terlihat mewah. Barang seperti organizer meja atau jam kecil yang indah bisa dijadikan pilihan. Bisa juga mencari gelas atau mug bergambar konyol atau berhiaskan kata-kata motivasi, jika hubunganmu dengan atasan cukup dekat.

Mini Zen Garden

Pekerjaan bisa membuat stres untuk siapa saja terutama pada level yang lebih tinggi. Benda yang sedang jadi tren ini dianggap efektif membuat pikiran menjadi lebih rileks. Kotak hitam berukuran kecil ini berisi pasir putih halus lengkap dengan batu-batu alam dan garpu untuk merapikannya. Kado unik ini bisa jadi alternatif hadiah, untuk membantu bosmu mendapatkan ketenangan.

Hiasan Dinding

Sebuah pigura yang berisi gambar indah bertuliskan kata-kata seperti ‘bos idaman’ atau ‘bos yang hebat’ juga cocok untuk diberikan. Tidak hanya membuat atasanmu tersenyum ketika melihatnya, tetapi pastinya juga akan termotivasi untuk membangun tim yang lebih solid. Memberi foto kenangan dengan tim yang dipigura dengan baik juga bisa menjadi pilihan.

Pulpen

Pastinya bukan pulpen biasa yang diberikan, tetapi alat tulis yang terkesan mewah dan berharga cukup tinggi untuk menunjang penampilan atasan. Dijamin, ketika pulpen itu digunakan, beliau akan ingat siapa yang memberikannya.

Memoribilia Olahraga

Nah, hadiah ini cocok kalau bosmu adalah orang yang gemar dengan satu olahraga tertentu. Coba deh cari tahu tim atau pemain favorit atasanmu, minimal kamu tahu olahraga apa yang digemarinya.

Berilah kado benda yang berhubungan dengan olahraga tersebut. Kamu bisa memberikan bola golf pesanan khusus, bola basket atau bola sepak yang ditandatangani pemain favoritnya, dan sebagainya. Tetapi hindari memberikan sepatu atau baju untuk dipakai karena dikhawatirkan ukurannya kurang sesuai.

Parsel

Pilihan yang paling pas dan mudah ketika kamu sudah bingung akan memberikan hadiah untuk bos adalah parsel. Bisa berupa buah, makanan, hingga peralatan makan atau peralatan dapur. Tetapi ingat, pilih produk yang akan disukai atau bermanfaat untuk atasan maupun keluarganya.

From our editorial team

Niat Tulus dalam Memberikan Kado

Berikanlah kado dengan hati dan perhatian, jangan hanya berfokus pada merek barang atau harganya yang selangit. Niat baikmu dan rekan-rekan sudah pasti akan dihargai dan diingat oleh atasan hingga kapan pun. Tetapi sebaiknya, jangan memaksakan dirimu untuk membelikan kado yang di luar kemampuanmu. Bukannya membuat atasanmu terkesan malah alih-alih ia menjadi curiga atas niatanmu memberikan kado.

Tag