Berkunjung ke Kota Palu, Ini Rekomendasi Oleh-Oleh yang Mesti Anda Bawa Pulang (2020)

Berkunjung ke Kota Palu, Ini Rekomendasi Oleh-Oleh yang Mesti Anda Bawa Pulang (2020)

Palu, ibukota Sulawesi Tengah, menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang berencana untuk berkunjung ke Sulawesi. Terletak di tengah pulau tersebut, menjadikan Palu menjadi salah satu destinasi wisata yang mesti dikunjungi di Pulau Sulawesi.

Yuk Berlibur ke Kota Palu yang Kaya Akan Keindahan Alamnya

Indonesia menyiman banyak wisata alam yang seperti surga dunia. Tidak hanya di Bali atau di Lombok saja, tetapi masih banyak tempat yang indah lainnya namun belum terekspos dan terkenal. Salah satu surga yang tersembunyi di Indonesia kota Palu.

Keindahan alam yang ditawarkan kota Palu tidak ada tandingannya. Mulai dari pantai, danau dan gunung. Kota yang berada di Sulawesi Tengah ini terkenal sebagai kota teluk yang wajib Anda jadikan salah satu tujuan wisata saat berlibur.

Berbagai Destinasi Wisata Alam di Palu yang Wajib Dikunjungi

Kepulauan Togean

Sumber gambar www.celebes.co

Kepulauan Togean adalah pulau indah yang berada di Teluk Tomini. Pulau yang berada di teluk terbesar di Indonesia ini telah diresmikan pemerintah sebagai Taman Nasional pada tahun 2004. Keindahan yang ditawarkan pulau Togean ini ada di dalam lautnya.

Terumbu karangnya yang indah ditambah dengan flora dan fauna lautnya menjadikan pemandangan dalam laut dari pulau Togean sangat indah. Tidak hanya itu saja, kepulauan Togean juga menyimpan berbagai biota laut yang langkah dan dilindungi. Terkadang Anda belum pernah melihatnya di tempat lain.

Taman Nasional Lore Lindu

Sumber gambar www.celebes.co

Taman Nasional Lore Lindu adalah objek wisata yang terletak sekitar 60 kilometer ke selatan dari kota Palu. Salah satu Taman Nasional yang berada di Sulawesi Tengah ini merupakan rumah perlindungan hayati di Sulawesi.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh taman nasional ini dapat membuat pikiran Anda menjadi fresh kembali. Berbagai sarana dan prasarananya juga sangat lengkap, sehingga tidak membuat Anda kesulitan saat berkeliling. Taman Nasional Lore Lindu ini terbagi menjadi tiga kawasan, yaitu Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, Hutan Wisata Danau Lindu, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Cagar Alam Morowali

Sumber gambar travel.kompas.com

Cagar Alam Morowali adalah taman nasional yang telah menjadi rumah bagi berbagai hewan endemik, seperti Anoa, Burung Maleo, Babi Rusa dan hewan lainnya. Tidak hanya itu saja, cagar alam ini juga ditempati dan dilindungi oleh masyarakat suku Wana.

Objek wisata ini menawaran pemandangan yang asri, sehingga tidak hanya dapat memanjakan mata Anda tetapi juga dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh. Cagar Alam Morowali ini berada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Pusentasi

Sumber gambar www.celebes.co

Pusentasi adalah objek wisata yang cukup populer yang dimiliki oleh Palu. Pusentasi menjadi sangat terkenal karena memiliki kenunikan tersendiri. Salah satu keunikannya adalah sumur air laut. Sumur tersebut bukanlah buatan manusia, tetapi batu karang yang melingkar yang membuat bagian tengahnya terlihat seperti sumur.

Sumur yang memiliki diameter 10 meter dengan kedalaman mencapai 7 meter ini dipercaya sebagai penghubung pusentasi dan pantai. Airnya yang jernih membuat lokasi wisata ini menjadi incaran banyak wisatawan untuk mandi. Obejek wisata ini terletak di desa Donggala, Sulawesi Tengah.

Tanjung Karang Palu

Sumber gambar www.celebes.co

Pantai Tanjung Karang adalah objek wisata yang dimiliki Palu dan tidak kalah terkenalnya. Pantai yang memiliki pasir berwarna putih ini memiliki kondisi air laut yang cocok untuk snorkeling, diving atau aktivitas lainnya.

Perpaduan pasir berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru menghasilkan pemandangan yang sangat indah. Untuk sampai ke pantai ini Anda perlu melakukan perjalanan selama 1 jam dari kota Palu.

Berkunjung ke Kota Palu Tak Lengkap Tanpa Membawa Pulang Buah Tangan Khasnya

Sambal Ikan Roa

Sumber gambar blog.traveloka.com

Sambal Ikan Roa adalah sambal ikan yang menggunakan ikan laut yang hidup di perairan Sulawesi, yaitu Ikan Roa. Awalnya, makasan ini hanyalah sajian pribadi bagi warga Poso, tetapi karena rasanya yang lezat, akhirnya sambal ini diperjualbelikan.

Rasanya yang memiliki ciri khas Sulawesi, sambal ini sering dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Palu. Tertarik mencicipinya? Anda bisa membelinya di Teman Makan Sambal Roakoe. Harga yang ditawarkan sangatlah murah, hanya kisaran Rp20.000 hingga Rp23.000 saja.

Keripik Pisang Donggala

Sumber gambar blog.traveloka.com

Keripik Pisang Donggala adalah makanan ringan yang berasal dari kabupaten Donggala. Keripik yang memiliki rasa yang lezat, manis dan renyah ini telah dijadikan oleh-oleh khas Sulawesi, khususnya Palu. Meskipun memiliki bahan dasar yang sama, namun Keripik Pisang Donggala memiliki rasa yang unik dan berbeda.

Keripik pisang ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 10.000 untuk kemasan 100 gram. Pembelian bisa Anda lakukan di toko oleh-oleh di Palu.

Kacang Goyang

Sumber gambar blog.traveloka.com

Kacang Goyang atau yang juga dikenal dengan sebutan kacang kocok adalah cemilan yang terbuat dari kacang tanah. Kenapa namanya "goyang"? Hal ini dikarenakan kacang goyang dibuat dengan cara digoyang di atas bara api.

Cemilan yang memiliki tampilan yang berwarna-warni ini memiliki rasa yang unik, yaitu perpaduan asin, gurih, manis dan pedas. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Palu ini hanya dengan harga kisaran Rp 5.000 hingga Rp10.000 saja. Pembelian dapat Anda lakukan di semua pusat oleh-oleh di Kota Palu.

Coklat Banua

Sumber gambar blog.traveloka.com

Coklat Banua adalah oleh-oleh favorit dan terpopuler dari Sulawesi Tengah. Cokelat dari Palu ini memiliki rasa yang lebih pahit, karena terbuat dari cokelat asli tanpa tambahan pemanis buatan. Rasa pahitnya juga dihasilkan dari biji kakao asli Sulawesi Tengah yang memang memiliki ciri khas rasa yang lebih pahit.

Jika Anda ingin menjadikan Coklat Banua sebagai oleh-oleh dari Palu, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh di Sri Rejeki. Harga yang ditawarkan untuk cokelat ini hanya Rp 10 ribu.

Bawang Goreng Palu

Sumber gambar www.gotravelly.com

Bawang Goreng Palu adalah bawang goreng yang terbuat dari bawang merah dari tanah Palu. Bawang merah dari Palu memiliki aroma yang lebih harum dari jenis bawang lainnya. Tidak hanya itu saja, rasa dari bawang merahnya juga lebih gurih, renyah, dan enak.

Sehingga bawang goreng dari Palu berbeda dengan bawang goreng yang dijual di mana pun. Jika Anda ingin menjadikan Bawang Goreng Palu sebagai oleh-oleh dari Palu, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh di kota Palu. Harga yang ditawarkan dari produk ini sangat terjangkau, yaitu Rp 30 ribu.

Kopi Sulawesi Tengah

Sumber gambar food.detik.com

Kopi Sulawesi Tengah adalah salah satu oleh-oleh terbaik yang bisa Anda bawa dari Palu. Rasa kopi dari Sulawesi Tengah ini memiliki rasa yang berbeda karena ditanam di area pegunungan yang memiliki ketinggian 3.226 mdpl. Kopi yang paling terkenal dari Sulawesi Tengah adalah kopi Sojol.

Kopi arabika ini tumbuh di area yang memiliki suhu sejuk. Selain itu, Sulawesi Tengah juga memiliki kopi robusta. Harga dari kopi robusta adalah Rp 70 ribu. Untuk Kopi Sojol, harganya dua kali lipat dari harga kopi robusta. Pembelian bisa Anda lakukan di berbagai kedai di kota Palu.

Sarung Donggala

Sumber gambar www.gotravelly.com

Sarung Donggala adalah sarung yang dibuat oleh pengrajin asli Donggala yang tinggal di sekitar kota Palu. Sarung yang dibuat oleh wanita ini sangatlah istimewah, karena terbuat dari kain yang halus dengan motif yang unik.

Anda bisa menjadikan sarung tradisional ini sebagai oleh-oleh dari Palu. Harga dari sarung ini mulai dari Rp 90 ribu. Untuk pembeliannya, bisa Anda lakukan di berbagai gerai oleh-oleh di Kota Palu.

Pia Palu

Sumber gambar www.gotravelly.com

Pia Palu adalah kue khas Palu yang memiliki varian rasa yang banyak, mulai dari cokelat, kacang hingga kecju. Rasa dari kue Pia ini sangatlah gurih, lezat dan tentunya akan membuat Anda ketagihan. Kue ini memiliki rasa yang khas, karena tidak dibuat menggunakan mesin melainkan menggunakan tenaga manusia.

Penasaran dengan rasanya? atau ingin menjadikan kue Pia Palu ini sebagai oleh-oleh? Anda bisa membelinya dengan harga Rp 30.000 per dus dan pembelian bisa dilakukan di gerai oleh-oleh di Kota Palu.

Kerajinan Tangan Kayu Hitam

Sumber gambar www.gotravelly.com

Kerajinan kayu hitam adalah oleh-oleh khas Palu yang paling eksotis. Bagaimana tidak, kerajinan ini terbuat dari kekayaan alam dari kawasan Sulawesi Tengah. Kayu hitam merupakan jenis kayu mahal dari keluarga Ebony.

Kayu hitam yang memiliki tekstur keras ini disulap menjadi berbagai bentuk, seperti patung, gantungan kunci, kotak perhiasan, jam dan cendera mata lainnya. Harga dari kerajinan kayu hitam mencapai Rp15 juta hingga Rp20 juta per set. Untuk barang yang kecil-kecil, harganya hanya Rp 20 ribu.

Bagea

Sumber gambar blog.traveloka.com

Bagea adalah oleh-oleh khas Palu yang sangat populer. Bagea adalah kue yang terbuat dari perpaduan sagu, kismis, palmsuker, soda kue, telur, dan minyak goreng. Cemilan ini akan memberikan Anda sensasi rasa manis dan gurih yang lezat.

Penasaran dengan rasanya? atau Anda ingin menjadikannya oleh-oleh dari Palu? Anda bisa mendapatkannya di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie dengan harga hanya berkisar Rp 18.000 hingga Rp 40.000.

From our editorial team

Yuk Berjalan-jalan ke Palu

Tanah Sulawesi, atau sering pula disebut Celebes, memang memikat untuk dikunjungi. Tidak hanya panorama yang indah, tapi Anda juga bisa membawa pulang banyak merchandise khas setempat. Rekomendasi oleh-oleh khas Kota Palu, Sulawesi Tengah di atas tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum berkunjung ke Celebes.

Tag