10 Pilihan Oleh Oleh Khas Padang Yang Rancak Bana Ini Wajib Dibawa Pulang (2018)

10 Pilihan Oleh Oleh Khas Padang Yang Rancak Bana Ini Wajib Dibawa Pulang (2018)

Traveling ke suatu tempat tentu tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Nah jika Anda berkunjung ke kota Padang, jangan sampai lewatkan waktu tanpa berbelanja oleh-oleh seperti yang dicantumkan BP-Guide berikut ini!

Travelling Ke Sumatera Barat Tak Lengkap Tanpa Membawa Pulang Oleh Oleh

Sumber gambar en.wikipedia.org

Berkunjung ke Kota Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat, tentunya Anda wajib memburu kuliner lezat. Hal itu dikarenakan, kota ini adalah salah satu kota kuliner dengan cita rasa yang terkenal ke seluruh negeri. Jadi, bila berkunjung ke Sumatera Barat, namun tidak mencicipi makanan asli dari daerah ini, tentu rasanya kurang lengkap.

Selain kuliner, masih ada beberapa oleh-oleh lain yang bisa Anda bawa pulang dari ranah Minangkabau ini. Ada banyak oleh-oleh khas, pernak-pernik, aksesoris dan lain sebagainya yang bisa Anda bawa pulang dari daerah ini.

Berikut, BP-Guide akan memberikan tips berbelanja di Padang yang terjangkau, juga referensi lokasi belanja. Pastinya, BP-Guide juga akan memberi rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan oleh-oleh dari Padang.

Mampir Ke Tempat Ini Jika Ingin Berburu Oleh Oleh Khas Padang

Sumber gambar kemanaajaboleeh.com

Memang benar bahwa kuliner Padang juga bisa Anda temukan di banyak tempat negeri ini. Karena, hampir tidak ada kota di Indonesia yang tidak memiliki rumah makan khas Padang. Tapi, di Padang, ada beberapa oleh-oleh khas yang jarang ditemui di tempat lain loh.

Selain kuliner, juga ada beberapa benda atau aksesoris khas Padang yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau, juga lengkap koleksinya. Nah, tidak usah ragu dan bimbang, karena BP-Guide akan memberikan referensi tempat berbelanja yang lengkap juga terjangkau di wilayah Sumatera Barat untuk Anda.

Berikut tempat belanja yang murah dan lengkap yang bisa Anda kunjungi di Sumatera Barat :

Keripik Balado Shirley, Padang

Sumber gambar www.jotravelguide.com

Salah satu makanan ringan dari Padang yang ternama adalah keripik balado. Keripik Balado dibuat dari bahan singkong yang terkenal pedasnya. Tapi, Anda dijamin ketagihan setelah menikmatinya.

Nah, tempat belanja keripik balado yang BP-Guide rekomendasikan untuk Anda adalah Keripik Balado Shirley yang terletak di Jalan Gereja no. 36 Kota Padang. Tidak hanya keripik balado beraneka rasa yang bisa Anda temukan di tempat ini, loh. Juga ada opak lado, keripik sanjai, rendang dan lain-lain.

Jadi, kalau Anda ingin berbelanja kuliner khas Padang yang lengkap dengan harga terjangkau, boleh mampir ke tempat ini. Apalagi, tempat ini buka dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, jadi bisa Anda kunjungi kapan saja.

Kemasan dari makanannya juga menarik dan membuat makanan menjadi tahan lama. Selain cemilan dan makanan, juga ada bumbu makanan yang lengkap di tempat ini loh.

Kiniko Enterprise, Tanah Datar

Sumber gambar niejamuhaimi.com

Bila Anda sempat berjalan-jalan ke daerah Tanah Datar yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Padang, maka Anda bisa berkunjung ke Kiniko Enterprise. Tempat ini adalah penyedia kopi khas Padang yang wajib dicoba oleh pecinta kopi.

Kopi yang tersedia juga beragam, mulai dari kopi yang terbuat dari biji kopi sampai dari daunnya loh. Aroma dan rasanya begitu menggugah dan nikmat, apalagi cara minum di lokasi ini sangat khas, yakni dengan batok kelapa.

Lokasi Kiniko Enterprise terletak di daerah Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Lokasi ini tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama pecinta kopi dari seluruh Indonesia. Harga satu paketnya juga terjangkau, hanya berkisar sekitar Rp 20.000 saja. Sedangkan harga satu seduh kopi daun dibanderol sebesar Rp 10.000 saja.

Pelataran Jam Gadang, Bukittinggi

Landmark terkenal dari salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat, Bukittinggi adalah Jam Gadang. Jam besar yang dibuat oleh arsitek dunia dengan petunjuk angka romawi kuno tentu sangat Instagramable untuk Anda.

Nah, sekalian menikmati suasana objek wisata favorit ini, Anda juga bisa berjalan-jalan di pelataran Jam Gadang untuk berburu oleh-oleh, loh. Mulai dari pakaian, kaos dengan sablon Bukittinggi juga miniatur Jam Gadang serta beberapa jenis oleh-oleh khas daerah ini bisa Anda temukan di pelataran Jam Gadang.

Lokasi ini dengan mudah Anda temukan ketika mencapai Kota Bukittinggi. Sebab, lokasi ini berada tepat di jantung kota tersebut. Harga pakaian mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 100.000. Sedangkan miniatur Jam Gadang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 30.000.

Pilihan Oleh Oleh Khas Padang Yang Bisa Dibawa Pulang

Sumber gambar www.adventurose.com

Sudah berhasil menemukan lokasi berbelanja paling murah di Sumatera Barat? Sekarang simak rekomendasi produk oleh-oleh khas Padang yang bisa Anda jadikan pilihan jitu.

Berikut rekomendasi produk oleh-oleh khas Padang versi BP-Guide untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di ranah Minangkabau ini.

Bolu Batik

Sumber gambar lifestyle.sindonews.com

Pernah menikmati bolu yang diwarnai mirip kain batik yang cantik? Nah, kuliner unik dengan rasa yang nikmat ini hanya bisa Anda temukan di Sumatera Barat. Jadi, bolu batik ini bisa menjadi buah tangan pilihan jitu untuk dibawa pulang dari Sumatera Barat.

Produk ini adalah bolu yang hiasannya menyerupai kain batik khas Padang. Tidak hanya tampilannya yang cantik, tapi juga rasanya begitu nikmat. Selain itu, Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di seantero Padang, khususnya di toko kue dan toko oleh-oleh di daerah tersebut.

Harganya juga sangat terjangkau. Satu buah bolu unik ini dijual seharga Rp 60.000. Dapatkan produk ini di kawasan Nurul Iman, Padang Selatan atau Anda bisa memesannya di bolubatik.com.

Keripik Balado

Sumber gambar item.blanja.com

Pulang dari Padang, tentu sangat kurang rasanya bila tidak membawa pulang keripik balado khas Padang. Keripik balado merupakan salah satu kuliner terkenal dari Padang, yang memiliki rasa yang khas dan pedas, tapi membuat Anda ketagihan.

Rasanya gurih dan pedas karena terbuat dari singkong yang dibalut dengan cabai merah yang menantang. Bila Anda berkunjung ke Kota Padang, Anda dengan mudah menemukan keripik balado di seantero kota. Salah satunya di keripik balado Christine Hakim di dekat lokasi wisata Jembatan Siti Nurbaya. Tapi, pemiliknya bukan Christine Hakim yang artis senior itu, loh. Kebetulan saja, namanya sama.

Di Keripik Balado Christine Hakim, cemilan khas Padang ini dijual seharga Rp 13.000 per 200 gram. Sedangkan bila Anda membeli langsung 400 gram, dibanderol seharga Rp 23.000.

Rendang Telur

Rendang telur atau biasa disebut oleh orang Padang sebagai Rendang Talua adalah makanan yang dibuat dari bahan telur yang kering. Makanan ini bisa dijadikan cemilan, maupun dimakan dengan nasi. Rasanya unik dan khas, serta tentunya seperti makanan Padang lainnya, rasanya juga pedas.

Anda bisa dengan mudah menemukan produk ini di berbagai tempat di Padang, untuk menjadikannya oleh-oleh. Atau, bisa juga dipesan di berbagai situs online yang menjual makanan khas Padang seperti rendangtelur.com dan tokochristinehakim.com. Harga satu kemasan seberat 250 gram dihargai sebesar Rp 20.000 saja, murah kan?

Rendang Daging Basah

Ikon makanan asal Padang ini sudah pernah dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia versi CNN, loh. Jadi, makanan ini juga menjadi kebanggaan seluruh Indonesia. Rasanya yang khas, juga nikmat serta pedas menjadikan rendang menjadi salah satu makanan yang patut dibawa pulang dari Padang.

Anda bisa menemukan Rendang dengan mudah di berbagai rumah makan Padang seantero Indonesia. Namun, khusus di Sumatera Barat, Anda akan mendapatkan citarasa yang unik, serta lebih lekat dengan nuansa Minangnya. Salah satunya adalah Rendang daging basah. Produk ini dijual seharga Rp 55.000 untuk setiap 250 gram.

Anda bisa menemukan rendang daging basah di berbagai lokasi penjualan oleh-oleh dan kuliner khas Padang. Atau, untuk pemesanan online bisa dilakukan dengan cara berkunjung ke situs rendangnenek.com, rendangudagembul.com, rendangdenlapeh.com dan tokochristinehakim.com.

Rendang Suwir Ayam

Sumber gambar kudo.co.id

Rendang suwir ayam adalah rendang yang dibuat dari ayam yang disuwir atau dipotong kecil-kecil. Tentunya, rasanya berbeda di banding rendang daging sapi dan rendang telur. Rendang yang satu ini juga punya citarasa yang unik, dengan bumbu yang meresap sampai ke dalam daging.

Karena rendang ini kering, maka bisa digunakan dalam waktu lama atau dibawa dalam perjalanan. Anda bisa menikmati rendang suir ini sebagai pelengkap makan nasi, lontong, mie dan lain-lain.

Produk ini biasa dijual seharga Rp 50.000 per kotak. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah rendang suwir ayam Yolanda. Untuk memesan produk ini bisa melalui rendangnenek.com, rendangdenlapeh.com atau bisa juga dibeli di Toko Christine Hakim.

Songket

Sumber gambar songketsilungkang.com

Kain khas Padang disebut kain songket. Kain ini adalah salah satu produk khas Padang dengan harga yang cukup tinggi. Sebab, produk ini dibuat dari kain yang proses pembuatannya memerlukan ketelitian dan tidak seluruh orang bisa membuat kain songket.

Kain tersebut ada yang dibuat dalam bentuk tas, sarung, selendang hingga jilbab. Produk ini adalah produk kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, juga sangat khas dan berbeda dengan kain dari daerah lain. Perlu diketahui, songket dibagi dalam 4 jenis, yakni songket benang 1, benang 2, 3 dan 4. Perbedaannya, penenun memasukkan benang satu helai per helai untuk benang 1, begitu juga seterusnya. Jadi, bisa dikatakan benang 1 adalah benang yang paling rumit dan paling mahal, sedangkan songket benang 4 harga jualnya paling murah.

Songket ini bisa Anda beli di songketsilungkang.com, dan songketpandaisikek.com dengan harga paling murah untuk songket benang 4 seharga Rp 900.000. Produk ini juga bisa Anda dapatkan di sejumlah toko oleh-oleh lain seantero Padang.

Kain Sulam Karancang

Ada satu lagi jenis kain yang bisa dipilih untuk Anda, yakni kain Sulam Karancang. Jenis kain songket ini dibuat dengan teknik penenunan yang khas. Perbedaannya dengan kain lainnya adalah bagian ujung kain dibuat berlubang, namun tetap indah dan bernilai seni tinggi.

Karancang ini dibuat dengan bahan benang yang berkualitas, kemudian dijalin dengan manual. Setelah jadi, kain ini biasanya dibuat menjadi sarung, kerudung, mukena, dan lain-lain..

Anda bisa mendapatkan produk handmade ini di berbagai sentra kesenian kerancang mulai dari sekitaran Padang hingga Kabupaten Lima Puluh Kota.

Karupuak Jangek

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kerupuk jangek adalah kerupuk kulit khas Padang yang tentunya diolah dari bahan dasar kulit, baik kulit sapi maupun kulit kerbau. Setiap produk sebelum dikonsumsi, mengalami berbagai proses. Jadi, bukan kulit sapi yang langsung digoreng yah.

Pertama, setiap kulit sapi direbus dengan sempurna. Setelah itu, dibakar untuk menghilangkan bulunya. Setelah itu, kulit tersebut dijemur selama dua hari. Nah, setelah itu, baru digoreng sampai matang. Meski harus menjalani proses sepanjang itu, tapi harga dari kerupuk jangek sangat murah loh, apalagi bila dibandingkan dengan produk lainnya.

Saat ini, produk ini juga berevolusi. Anda tidak hanya akan menemukan kerupuk jangek dengan rasa biasa saja, sudah ada yang dibuat dengan berbagai rasa. Ada rasa balado pedas, pedas manis dan sejumlah rasa lainnya.

Anda bisa menemukan produk ini berbagai tempat di seluruh Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Atau, bisa dipesan di jamgadang04.com dan lain-lain.

Roti Randang

Saking terkenalnya rendang, makin hari makin banyak saja makanan hasil kreasi lanjutan dari rendang. Salah satunya adalah roti rendang. Roti ini dibuat dengan bahan roti pada umumnya, namun terdapat rendang di tengahnya. Semakin cantik dengan taburan wijen di atasnya. Kelezatan rendang berpadu dengan roti yang nikmat menjadikan makanan yang benar-benar nikmat dalam satu gigitan.

Produk ini dijual seharga Rp 5.000 untuk roti rendang ukuran kecil, sedangkan roti yang ukuran besar dijual seharga Rp 60.000 per kotak. Saat ini, produk ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Anda bisa membeli produk ini di berbagai toko oleh-oleh seantero Padang atau bisa dipesan di rotirandangninur.com dan di Bukalapak.

Arai Pinang

Sumber gambar tekgadih.com

Arai Pinang adalah makanan yang dibuat dari bunga pinang yang dicetak lalu dengan diolesi minyak kelapa. Produk ini dikenal sebagai makanan dari daerah Pariaman yang rasanya nikmat dan harganya juga terjangkau. Selain itu, kue yang dibuat dengan saus dan rebusan gula ini juga renyah dan wangi.

Kue Arai Pinang bisa Anda dapatkan di pasar tradisional di Pariaman dengan harga mulai dari Rp 11.000 per 500 gram, sedangkan bila dicampur dengan saus gula dijual seharga Rp 20.000.

Selain di Kampung Perak, Pasar Pariaman Anda juga bisa mendapatkan produk ini di sejumlah toko online seperti Pesona Nusantara atau Tokopedia. Produk ini juga dijual di sekitaran Kota Bukittinggi atau pusat oleh-oleh di Kota Padang.

From our editorial team

Jangan Lewatkan Kesempatan Berburu Oleh Oleh Khas Padang

Kota Padang memang terkenal akan kuliner dan budayanya yang khas. Jika Anda berkunjung ke daerah ini jangan sampai tidak membawa oleh-oleh khas yang banyak dijajakan di berbagai penjuru kota ini. Ada banyak pilihan oleh-oleh baik makanan maupun hasil kerajinan yang bisa Anda bawa pulang, tentunya Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan selera Anda. Beli oleh-oleh di toko atau penjual yang menjual makanan berkualitas jika Anda ingin mendapatkan oleh-oleh yang bagus setibanya di daerah asal. Selamat berburu oleh-oleh!