Ajak Anak Tampil Keren Sambil Belajar! Inilah 8 Rekomendasi Merk Jam Tangan Anak Terbaik (2022)

Ajak Anak Tampil Keren Sambil Belajar! Inilah 8 Rekomendasi Merk Jam Tangan Anak Terbaik (2022)

Sudahkan berencana memberikan anak jam tangan? Jangan sekedar untuk membuatnya tampil keren ya, tetapi sebagai langkah mengajarkannya membaca waktu. Secara perlahan, jam tangan membantu anak mampu belajar mengelola atau mengorganisir waktu. Banyak manfaat yang akan didapatkan di kemudian hari, sehingga penting sekali memakaikan jam tangan anak terbaik. Eits, tapi jangan salah pilih ya. Perhatikan dulu hal-hal yang akan BP-Guide jelaskan agar jam tangan tepat di tangan atau kulit si kecil.

Kapan Waktu yang Tepat Anak Memakai Jam Tangan?

Waktu yang tepat memakaikan jam tangan pada anak ialah usia 3 tahun, tetapi sesuaikan dengan umur si kecil. Sangat disarankan memilih jam tangan anak sesuai umur. Jam tangan tidak hanya membuat anak lebih stylish, tetapi untuk belajar membaca waktu.

Perlu diingat bahwa memakaikan jam tangan pada anak di bawah tiga tahun memiliki risiko yang lebih besar. Anak yang masih sangat penasaran dengan hal-hal baru bisa saja memasukkan jam tangan tersebut ke mulut.

Anak umur tiga tahun ke bawah masih gemar bermain dan belum saatnya belajar membaca jam. Biarkan anak-anak melakukan permainan menggambar, bermain puzzle, atau permainan imajinasi lainnya.

5 Alasan Anak Perlu Memakai Jam Tangan

Mengajarkan Bahwa Waktu Itu Penting

Ketika memakaikan jam tangan pada anak, secara tidak langsung kita mengajaknya untuk melihat seberapa penting waktu. Mereka akan merencanakan waktu dengan kegiatan yang ingin dilakukan.

Anak akan belajar menghandle aktivitas berdasarkan waktu. Meskipun memakaikan jam tangan pada si kecil merupakan hal sepele, tetapi dengan cara demikian anak akan terbiasa dari kecil. Ia tahu seberapa lama aktivitas yang dilakukannya.

Memberi Tampilan Trendy

Tren saat ini tidak bisa kita hindari dan memberi tampilan trendy pada anak menjadi salah satu pilihan terbaik. Semakin anak tampil keren dan berkelas, rasa percaya dirinya pun akan semakin tinggi.

Ketika Anda memakaikanya jam tangan keren, tentu saja akan membuatnya tampil menawan. Meskipun jam tangan pintar atau smart watch saat ini masih populer, tetapi jam tangan analog juga tetap bagus sepanjang masa.

Lebih Aman daripada Smartphone

Apakah Anda tidak khawatir ketika si kecil berada di luar rumah lalu menjadi incaran orang jahat hanya karena melihat jam dari smartphone-nya? Anak sering bermain ke tempat yang membuat mereka penasaran atau sekadar mengikuti teman.

Tempat yang belum mereka datangi sama sekali pasti akan membuatnya kebingungan. Meskipun adanya smartphone sangat membantu, tetapi akan lebih baik jika anak melihat jam tangan untuk mengetahui waktu.

Anak kecil yang mengeluarkan smartphone di tempat asing akan lebih berbahaya dan mendatangkan kesempatan bagi orang jahat. Maka, jam tangan akan lebih aman ketika anak berada di luar dan butuh untuk melihat waktu.

Membantu Belajar Mengelolah Waktu

Waktu sangat penting dan berharga apabila bisa dimanfaatkan dengan baik. Tidak mau kan jika anak Anda menggunakan waktunya untuk kegiatan yang tidak penting.

Pasti pernah mendengar bahwa waktu adalah uang. Nah, ajak si kecil untuk menghargai waktu karena itu seperti uang. Si kecil akan belajar seberapa lama ia berada pada situasi tertentu dan bagaimana proses beradaptasi.

Jam tangan tidak hanya memberi pandangan soal style, tetapi membuat si kecil lebih terlihat bertanggung jawab terhadap waktu. Lambat laun, anak akan mengerti betapa berharganya waktu untuk dirinya sendiri.

Ekspresif

Fashion tidak pernah lepas dari kehidupan kita, berapapun usianya. Anak-anak mungkin terlihat masih belum memperhatikan fashion, tetapi gaya atau penampilan mereka merupakan bentuk ekspresinya.

Jam tangan juga menjadi salah satu item yang bisa melengkapi fashion si kecil. Tidak masalah jika Anda memakaikan jam tangan yang simple pada anak. Smartwatch mungkin menjadi salah satu jam tangan keren saat ini.

Tidak perlu khawatir karena jam tangan simpel dan sederhana akan tetap keren dan terus ada ketika smartwatch sudah tidak menjadi tren.

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan untuk Anak

Kualitas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah “kualitas”. Kita tidak pernah tahu seperti apa anak akan menggunakan jam tangan. Mungkin, kita, sebagai orang dewasa akan lebih hati-hati dan menjaganya.

Benturan dan gesekan pasti akan terjadi apabila jam tangan dikenakan pada anak-anak. Itu mengapa Anda perlu memilih yang kualitasnya bagus agar tetap awet meskipun mengalami benturan ringan.

Saat ini, sudah banyak jam tangan anak yang kuat dan berkualitas. Pastinya, tidak mudah rusak dan tahan terhadap benturan.

Material

Material menjadi salah satu yang perlu Anda perhatikan karena material yang bagus tidak akan merusak kulit anak. Jam tangan, dari material mesin sampai strap-nya akan menempel di tangan anak dalam jangka waktu lama.

Kulit anak masih sangat sensitif dan jangan biarkan material dari jam tangan yang dipakainya dapat membuatnya alergi. Perhatikan, apakah lapisan besinya mudah berkarat atau tidak dan strap menggunakan bahan kulit atau karet.

Strap kulit mungkin terkenal berkualitas bagus, tetapi apakan kulit anak Anda akan cocok. Bisa juga ia lebih nyaman menggunakan strap karet daripada kulit atau sebaliknya. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar sensitivitas kulit si kecil.

Tahan Air

Anak pasti senang sekali bermain air dan seakan lupa dengan semuanya. Anda pasti tidak mau membiarkan jam tangan yang sudah diberikannya mati begitu saja karena terkena air.

Tidak ada salahnya Anda membelikannya jam tangan tahan air meskipun sedikit lebih mahal. Anak juga tidak perlu repot mencopot jam tangan ketika ingin bermain air.

Apabila ia mencopotnya justru berisiko hilang atau lupa tidak membawanya kembali. Nah, penting sekali jam tangan anti air digunakan anak-anak.

Ukuran yang Tepat

Jangan lupa untuk memilih ukuran yang tepat di tangan anak Anda. Pastikan ia memakainya dengan nyaman agar tidak ingin mencopotnya.

Banyak ukuran yang bisa Anda pilih dan beratnya berdasarkan material yang digunakan. Pastikan memilih ukuran yang cocok untuk anak-anak, yaitu ringan dan kecil. Dengan begitu, si kecil tidak seperti menggunakan jam tangan dan leluasa menggerakkan pergelangan tangannya.

Analog Atau Digital

Perlu diingat kembali bahwa Anda mengajak anak untuk belajar membaca jam atau waktu. Jadi, jangan biarkan anak Anda kesulitan membaca waktu hanya karena model yang salah.

Sebagian anak ada yang lebih mudah membaca jam analog dan ada pula yang bisa membaca jam digital. Tanyakan terlebih dahulu mana yang membuatnya mudah membacanya. Jangan sampai jam tangan tersebut hanya untuk style tetapi tidak berfungsi mengajarkan anak membaca waktu.

Rekomendasi 8 Merk Jam Tangan Anak Terbaik yang Mudah untuk Belajar Anak

VTech Kidizoom Kids Smartwatch DX2

Menjadi jam tangan yang memiliki kualitas mumpuni dan fitur lengkap. Dirancang dengan teknologi modern yang bisa digunakan pula untuk bermain game, aktivitas, dan sensor gerak.

Memiliki kamera yang bisa digunakan untuk mengambil foto dan video. Lengkap dengan memori yang bisa menyimpan hasilnya.

Fitur-fitur lainnya seperti timer, alarm, stopwatch, voice recorder, dan kalender. Bisa digunakan untuk anak usia 4-9 tahun.

Harga Rp. 1.500.000-1.800.000

Kurio Watch

Smartwatch ini sangat menarik dan bisa memberi fasilitas untuk memudahkan komunikasi. Si kecil bisa mengirim pesan atau menelepon hanya dengan menggunakan jam tangan.

Model jamnya juga sangat mudah dibaca dan membuat anak-anak mudah memahaminya. Lengkap pula dengan fitur activity tracker, alarm, kalkulator, dan kalender.

Wah, pasti anak-anak menyukainya dan tidak perlu report membawa gadget. Cocok untuk anak umur 9 tahun ke atas.

Harga Rp. 3.000.000-3.290.000

Teconi Sporty Jam Tangan Anak

Meskipun memiliki model yang sporty, tetapi jam tangan ini juga bisa Anda kenakan untuk anak perempuan. Tampilannya sangat keren dan cocok untuk anak usia 3-10 tahun.

Menggunakan movement waktu digital lengkap dengan detiknya. Menggunakan material yang aman dan strap silikon, sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Harga Rp. 54.000-73.000

IMOO Watch Phone

Smartwatch ini menjadi salah satu jam tangan anak populer karena fiturnya yang canggih. Selain digunakan untuk membaca jam, bisa juga sebagai alat komunikasi layaknya ponsel.

Anda bisa menghubungi anak Anda kapanpun dan memantaunya. Salah satu fitur canggihnya ialah GPS yang bisa membuat orang tua tidak perlu khawatir si kecil main kemana.

Harga Rp. 1.300.000-1.800.000

SKMEI Jam Tangan Anak Laki-laki

Memiliki model yang sangat sporty, sehingga cocok digunakan oleh anak laki-laki. Jam tangan ini juga tahan air dan bisa digunakan untuk berenang.

Menggunakan material yang berkualitas dan tidak menyebabkan alergi pada kulit anak. Tersedia untuk berbagai warna yang cerah. Pasti si kecil akan menyukainya.

Harga Rp. 75.000-97.000

Fortuner Jam Tangan Anak Analog Water Resist

Menggunakan jam tipe analog yang bisa membantu si kecil belajar membaca jam. Memiliki kemampuan water resist dan waterproof yang sangat aman ketika digunakan bermain anak.

Bisa memancarkan cahaya pada saat gelap, sehingga tetap bisa membantu. Material strap-nya terbuat dari karet silikon yang sangat aman. Anda tidak perlu khawatir si kecil akan mengalami alergi.

Harga Rp. 52.000-75.000

Casio Baby G Jam Tangan Anak

Modelnya sangat sederhana tetapi masih cocok dikenakan oleh anak-anak. Menggunakan dual time yang bisa mengajarkan anak untuk membaca jam digital dan analog.

Menggunakan tali rubber yang sangat aman untuk kulit anak-anak. Ukurannya tidak terlalu besar, yaitu dengan diameter 4 cm. Bisa digunakan untuk anak perempuan ataupun laki-laki.

Harga Rp. 114.000-200.000

Dennos Kids Watch

Memiliki model dan warna yang cerah dan pasti akan disukai anak-anak. Bisa digunakan untuk anak laki-laki atau perempuan.

Menggunakan jam digital yang akan membantu anak belajar membacanya. Smartwatch ini juga bisa menerima pesan panggilan telepon.

Anda tidak perlu khawatir ketika ingin mencari si kecil.

Harga Rp. 139.000-150.000
From our editorial team

Jam Tangan Anak Terbaik untuk Belajar Membaca Waktu

Tidak ada salahnya membuat anak tampil keren sambil mengajarkannya membaca waktu. Tidak hanya itu, jam tangan bisa membentuk kebiasaan si kecil untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Latih melalui hal-hal kecil maka akan berdampak besar di kemudian hari.