Khasiat Gelang Kayu Cendana dan 9 Rekomendasi serta Tempat Pembeliannya

Khasiat Gelang Kayu Cendana dan 9 Rekomendasi serta Tempat Pembeliannya

Sumber gambar Bukalapak.com

Kayu cendana memiliki beragam manfaat bagi manusia. Sejak dulu, bibit kayu ini telah dikembangkan karena banyak peminatnya. Sampai saat ini pun, masih banyak orang yang ingin memiliki benda-benda berbahan dasar kayu cendana, salah satunya gelang kayu cendana.

Gelang Kayu Cendana Diminati Karena Punya Banyak Manfaat

Sumber gambar Bukalapak.com

Sesuai dengan namanya, gelang kayu cendana memang terbuat dari kayu cendana yang dikenal memiliki aroma memikat. Bukan cuma itu, ternyata banyak orang berminat pada gelang ini karena ingin mencari manfaat dari tanaman parasit ini.

Kayu cendana memiliki beragam khasiat, antara lain untuk dijadikan suvenir berupa gelang atau kalung. Kayu cendana juga berfungsi sebagai salah satu elemen pada ritual-ritual tertentu, karenanya kayu ini biasa digunakan untuk membuat bahan pengawet jenazah, bahan pembuatan tasbih, serta bahan pembuatan minyak.

Kayu yang popular sejak abad ke-9 ini dianggap bernilai tinggi. Terbukti dengan banyaknya orang Eropa yang berbondong-bondong mencari kayu cendana, hingga ke daratan Nusa Tenggara Timur pada zaman dahulu. Konon katanya, gelang kayu cendana memiliki nilai magis. Hal ini mungkin benar adanya. Pasalnya dalam pembuatan gelang kayu cendana, biasanya disertai dengan ritual-ritual khusus.

Sumber gambar Rizacraft.com

Khasiat Gelang Kayu Cendana yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki Aura Daya Tarik yang Kuat

Sumber gambar Dailymotion.com

Gelang dari bahan kayu cendana tidak sama dengan gelang yang dibuat dari material alami lainnya. Gelang dari kayu beraroma wangi ini dipercaya memiliki beberapa khasiat dalam hal-hal tertentu, misalnya memancarkan aura atau daya tarik yang kuat bagi si pemakainya.

Sebagian orang percaya bahwa dengan mengenakan gelang kayu cendana, maka wibawa si pemakai akan semakin terpancar.

Selain dipercaya dapat memperkuat aura seseorang, gelang ini juga diyakini mampu menolak bala atau menangkal kesialan yang hendak menghampiri pemakainya.

Tak hanya itu, orang yang mengenakan gelang kayu cendana dipercaya memiliki daya tahan tubuh lebih kuat dan jauh dari penyakit. Selain itu, gelang beraroma sedap ini diyakini mampu membuka aura cakra yang berguna untuk mencegah hal-hal negatif mendekati pemakainya.

Berguna untuk Pagar Gaib

Gelang kayu cendana memang identik dengan hal-hal yang berbau magis, seperti khasiatnya yang dinilai mampu membantu pemagaran gaib.

Sebenarnya apa itu pemagaran gaib? Pemagaran gaib adalah sebuah ritual mistis yang dilakukan sebagai pencegahan , agar terhindar dari segala bentuk kejahatan yang disebabkan oleh kekuatan gaib. Ya, tak dapat dimungkiri bahwa kepercayaan tersebut masih banyak diyakini di beberapa daerah di Indonesia.

Sebagai contoh, gelang kayu cendana dipercaya memunyai kekuatan untuk membentengi diri dari serangan ilmu hitam dan mampu melumpuhkan orang yang menyerang kita dengan kekuatan gaib. Sebagian orang juga percaya bahwa gelang kayu cendana mampu melindungi pemakainya dari segala macam gangguan dari jin dan khodam.

Meningkatkan Keberuntungan Saat Memancing

Sumber gambar rumahulin.com

Percaya atau tidak, gelang ini juga memunyai khasiat dalam melipatgandakan hasil tangkapan para pemancing. Kayu cendana dipercaya memiliki aura yang menarik bagi ikan. Itulah sebabnya banyak orang membawa gelang atau aksesoris lain yang terbuat dari kayu cendana saat mengikuti lomba memancing. Kayu cendana juga dipercaya dapat mempertajam intuisi dalam memilih tempat yang strategis untuk memancing, sehingga jumlah ikan tangkapan lebih berlimpah.

Fakta Gelang Kayu Cendana, Kamu Wajib Tahu!

Provinsi Nusa Tenggara Timur, Penghasil Cendana Terbesar

Selain khasiatnya, kamu perlu mengetahui fakta-fakta menarik di balik harumnya aroma kayu cendana. Kayu cendana banyak ditemui di Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Pulau Timor. Namun saat ini kayu cendana juga banyak ditemukan di Pulau Jawa.

Kayu yang konon digunakan untuk mengawetkan jenazah para putri raja di Sri Lanka ini biasanya turut digunakan sebagai campuran rempah-rempah, parfum, aromaterapi, bahan pembuatan dupa, dan juga sangkur keris.

Pada umumnya harga kayu ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu lain. Hal ini disebabkan oleh budidayanya yang tergolong sulit dan juga aromanya yang eksklusif. Selain itu, ada dua jenis kayu cendana, yakni cendana merah dan cendana putih yang dinilai memiliki kualitas lebih baik. Kayu cendana putih ini juga lebih banyak tumbuh di daerah Nusa Tenggara Timur.

Di Masa Jayanya, Nusa Tenggara Timur Adalah Penghasil Cendana Terbaik di Dunia

Bukan hanya menjadi produsen terbesar, Nusa Tenggara Timur juga sempat dikenal sebagai penghasil kayu cendana dengan kualitas paling unggul pada eranya. Pada abad ke-14, Nusa Tenggara Timur dikenal sebagai pemasok kayu cendana terbaik bagi masyarakat Cina dan India. Cendana yang tadinya dianggap sebagai pohon keramat, kian populer sebagai komoditas perdagangan sejak abad ke-4 hingga ke-7.

Sayangnya, pamor kayu cendana mulai menurun pada era '80-an sampai '90-an. Hal ini disebabkan karena eksploitasi besar-besaran tanpa adanya usaha pelestarian, juga kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga populasi pohon cendana. Kayu cendana yang dulunya merajai komoditas perdagangan Nusa Tenggara Timur, kini hanya tersisa sedikit saja di tanahnya sendiri.

Lambang Gengsi

Sumber gambar nofilmschool.com

Karena harganya yang tidak murah serta wanginya yang khas, tidak dapat dimungkiri bahwa semua benda yang dibuat dengan bahan baku kayu cendana juga bernilai jual tinggi. Mebel, kerajinan tradisional, dan aksesoris mungil berbahan dasar kayu cendana selalu dihargai lebih mahal daripada yang dibuat dengan kayu lain. Itulah sebabnya kayu cendana dianggap mewah dan dapat menaikkan harga diri.

Ada paradigma beredar di masyarakat bahwa hanya orang berkantong tebal yang mampu membeli benda-benda dari kayu cendana dengan harga setinggi itu. Dan masyarakat masih menganggap bahwa orang kaya adalah orang terhormat.

Ingin Gelang Cendana Berkualitas? Di Sini Tempatnya!

Tokopedia

Sumber gambar Tokopedia.com

Model gelang kayu cendana umumnya tidak neko-neko. Biasanya hanya berupa potongan kayu polos yang dibentuk melingkar dan dirangkai dengan seutas tali. Memang, daya tarik utama gelang ini bukanlah desainnya. Melainkan aroma dan khasiat yang terkandung di dalamnya. Itulah mengapa pembeli tidak terlalu mempermasalahkan desain gelang kayu cendana yang umumnya sederhana.

Gelang kayu cendana asli Nusa Tenggara Timur bisa kamu dapatkan di Tokopedia. Gelang cendana dengan model sederhana ini memiliki berat 35 gram dan dibanderol seharga Rp 400.000.

Ada pula varian lain yang juga tersedia di Tokopedia, yakni Gelang Cendana Asli NTT kualitas Super 16 mm. Gelang kayu cendana ini memiliki 14 butir kayu cendana berdiameter 16 mm yang disatukan dengan karet elastis, sehingga dapat menyesuaikan ukuran tangan si pemakai. Gelang Cendana Asli NTT kualitas Super 16 mm bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 300.000.

Bukalapak

Sumber gambar Bukalapak.com

Jika kamu menyukai gelang kayu cendana berwarna cerah, maka kamu dapat membeli Gelang Kayu Cendana Super Asli Wangi Butiran 16 mm seharga Rp 250.000. Gelang ini memiliki permukaan yang halus dan warna natural. Keaslian kayunya pun dijamin 100%, diperkuat dengan kelengkapan berupa sertifikat. Pembeli juga akan mendapatkan wadah khusus untuk menyimpan gelang saat tidak dikenakan.

Apabila menginginkan harga yang lebih ekonomis, kamu dapat membeli Gelang Tasbih Kayu Cendana Original Wangi Asli 33 Butir Unik seharga Rp 75.000. Gelang ini diklaim dapat menetralkan energi negatif, mendatangkan keberuntungan, bahkan memberi efek baik bagi kesehatan.

Baik Gelang Tasbih Kayu Cendana Original Wangi Asli 33 Butir Unik maupun Gelang Kayu Cendana Super Asli Wangi Butiran 16 mm, tersedia di bukalapak.com.

Qlapa

Qlapa.com memang dikenal sebagai e-commerce yang memasarkan produk kerajinan lokal dari seluruh Indonesia. Maka dari itu, di sini kamu akan mudah menemukan berbagai varian gelang kayu cendana yang menarik.

Contohnya Gelang Kayu Cendana 8 - 9 mm / Santalum Albul Linn yang dihiasi butiran kayu cendana berdiameter 8 - 9 mm sebanyak 25 sampai 27 butir. Butiran gelang kayu cendana ini memang tidak simetris bentuknya, namun itulah yang membuatnya terlihat lebih natural. Gelang Kayu Cendana 8-9mm / Santalum Albul Linn dapat kamu beli dengan harga Rp 35.000.

Jika kamu menyukai desain gelang kayu cendana yang tidak pasaran, maka Gelang Tali Shambala Kayu Cendana 8mm Coklat - Santalum Albul Linn patut menjadi pilihan. Tiap butiran kayu cendana pada gelang ini dililit dengan tali shambala berwarna cokelat. Ukurannya pun dapat diatur sesuai dengan pergelangan tangan pemakainya. Kamu bisa mendapatkan gelang ini di qlapa.com seharga Rp 44.000.

Lazada

Sumber gambar Lazada.co.id

Saking langka dan mahalnya kayu cendana, banyak oknum yang mengambil keuntungan dari penjualan gelang kayu cendana palsu. Itulah yang membuat beberapa produsen gelang kayu cendana asli tergerak untuk menjamin keaslian produk mereka dalam bentuk sertifikat.

Seperti halnya Gelang Tasbih Kayu Cendana Wangi 33 bersertifikat yang dijual di Lazada. Gelang kayu cendana asli ini dihias dengan 33 buah butiran kayu cendana halus. Terdapat pula dua buah tali yang dapat diatur untuk menyesuaikan ukuran gelang dengan cara ditarik. Penjual juga menyediakan kotak sebagai wadah penyimpanan. Gelang Tasbih Kayu Cendana Wangi 33 ini dihargai sebesar Rp 120.000.

Masih dengan model yang mirip dengan gelang sebelumnya, Cendana Gelang Kayu Cendana Original juga dilengkapi dua utas tali untuk mengatur ukuran gelang. Gelang cendana yang diklaim berasal dari Timor Leste ini cocok untuk dipakai, baik pria maupun wanita, juga pantas dijadikan kado bagi orang terkasih. Cendana Gelang Kayu Cendana Original bisa kamu dapatkan di Lazada dengan harga Rp 45.000.

From our editorial team

Teliti Sebelum Membeli

Hindari membeli gelang kayu cendana abal-abal. Bisa jadi harganya memang lebih murah, tetapi jauh dari khasiat yang dimiliki gelang kayu cendana asli. Kamu harus teliti, membeli gelang kayu cendana pada penjual terpercaya. Bila perlu, kamu bisa memilih produk bersertifikat yang telah terjamin keasliannya.

Tag