10 Rekomendasi Software OEM 2019 yang Paling Banyak Diincar

10 Rekomendasi Software OEM 2019 yang Paling Banyak Diincar

Apa itu barang OEM? Pasti banyak dari Anda yang belum tahu. BP-Guide akan membahas mengenai OEM dan produk-produk apa saja yang sering Anda gunakan. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang OEM!

Mungkin Istilah OEM Agak Asing di Telinga Masyarakat

Sumber gambar traffilog.com

Barang elektronik adalah hal tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Namun jika ditanya mengenai OEM, pasti banyak yang masih asing. Label OEM sering ditemukan di berbagai peralatan elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Produk OEM dibuat sangat mirip dengan produk aslinya, namun bedanya semua produk OEM legal alias telah mendapat izin resmi dari pihak pertama untuk memproduksi barang yang sama. Dengan kualitas yang hampir sama dengan aslinya, produk OEM dijual dengan harga yang lebih murah.

Apa Itu OEM?

Sumber gambar almsco.com

OEM merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer. Perusahaan ini membuat produk tertentu yang nantinya dikirim ke perusahaan lain. Nah, perusahaan yang menerima produk OEM kemudian menciptakan sebuah barang baru dengan merek dagang mereka sendiri. Namun, komponen di dalamnya tetap berlogo OEM.

Keberadaan perusahaan OEM sangat berguna bagi pabrik-pabrik besar. Dengan membeli komponen siap pakai dari OEM, mereka dapat memangkas biasa produksi secara signifikan. Perakitan barang juga menjadi lebih praktis dan cepat dengan produk-produk dari OEM. Logo OEM biasanya banyak ditemukan pada komponen komputer atau otomotif.

Kelebihan Produk OEM

Sumber gambar mentor-bauelemente.de

Salah satu keunggulan produk OEM adalah memudahkan pelaku usaha kecil dalam menciptakan produk mereka. Misalnya jika Anda menjual komputer atau barang otomotif rakitan, tinggal membeli produk OEM maka Anda sudah bisa merakit produk sendiri.

Bagi para pelaku usaha, kehadiran produk OEM memang sangat membantu mereka dalam menghemat biaya produksi. Mereka tidak perlu membayar tenaga kerja untuk membuat komponen tertentu. Selain itu, membeli komponen jadi yang siap pakai sangat efisien dari segi waktu. Tinggal pesan, bayar, maka barang akan sampai dalam beberapa hari.

Dengan adanya produk OEM, Anda sebagai pelaku usaha tidak perlu pusing dengan pengeluaran yang besar. Tinggal fokus saja pada strategi pemasaran. Selain itu produk OEM menawarkan kualitas setara asli namun dengan harga yang jauh lebih murah. Mengapa? Perusahaan yang mengeluarkan merek tertentu biasanya bekerja sama dengan perusahaan OEM untuk menyuplai kebutuhan komponen mereka.

Kekurangan Produk OEM

Sumber gambar makeuseof.com

Selain berbagai keunggulan yang ditawarkan, produk OEM tentu juga banyak kekurangan. Terutama jika Anda belum berpengalaman dalam menjual sesuatu, sebaiknya tidak mengambil risiko dengan barang-barang OEM.

Kekurangan lain adalah dalam hal merek. Produk OEM boleh sama berkualitas dengan produk asli, namun tetap saja dilabeli sebagai barang KW karena tidak bisa memakai label produk asli yang lebih ternama.

Memproduksi barang yang terbuat dari komponen OEM harus dilakukan dalam jumlah besar. Jika Anda tidak punya saluran pemasaran yang pasti, hal ini sangat berisiko. Belum lagi bujet yang diperlukan untuk pemasaran sangat besar. Itu artinya, Anda menghemat biaya produksi namun harus jor-joran dalam segi pemasaran karena menjual barang yang "tidak bermerek".

Berbagai Contoh Produk Software Komputer OEM yang Laris di Pasaran

Microsoft Windows 10 Pro FPP 64bit

Sumber gambar bukalapak.com

Windows adalah produk sistem operasi (OS) dari Microsoft yang paling dipakai di komputer di seluruh dunia. Versi teranyarnya adalah Windows 10 yang dirilis pada September 2014. Ada banyak upgrade pada Windows 10 seperti Start Menu yang dijumpai di Windows 7 dan tampilan antarmuka yang lebih bersahabat dan mudah dioperasikan.

Dirlis dalam 4 versi yaitu Home, Pro, Enterprise, dan Education untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di semua kalangan. Anda bisa mendapatkan versi "murahnya" yaitu Microsoft Windows 10 Pro FPP 64bit Genuine. Produk ini memiliki lisensi original dari Microsoft.

Produk ini dilengkapi dengan DVD Original untuk pemasangan lengkap beserta Manual Book. Dapatkan pengalaman terbaru menggunakan Windows dengan produk ini. Tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 2.200.000.

SketchUp Pro 2018 Commercial Original License

Sumber gambar bukalapak.com

Anda yang bekerja di bidang desain tentu sangat membutuhkan program ini. SketchUp Pro dapat mewujudkan ide Anda menjadi nyata dengan mudah dan cepat. Menggunakan versi pro yang terlisensi tentu memberikan banyak kelebihan, karena lebih banyak fitur yang bisa digunakan.

SketchUp Pro 2018 Commercial Software Single User/ Original License yang tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 5.820.000 ini dapat di-install di 2 komputer, serta kompatibel dengan Windows 64-bit dan Mac. Lisensi pada produk ini berlaku untuk selamanya dengan 1 tahun Maintenance & Service. Fitur yang sama juga bisa didapatkan dengan membeli SketchUp Pro 2018 Commercial Original License SketchUp Pro 2018 Commercial Original License di Lazada dengan harga Rp 5.800.000.

Sementara produk SketchUp Pro 2018 Original 1 Years License yang bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 2.950.000 hanya untuk Mac saja dengan lisensi selama 1 tahun penuh. Produk ini hanya bisa di-install pada 1 komputer saja.

WIN PRO 8.1 X64 OEM

Sumber gambar bukalapak.com

Anda yang ingin menggunakan OS asli Microsoft berlisensi original dengan harga miring, berikut beberapa rekomendasi produknya.

Windows 8.1 Professional OEM Original bersegel resmi dari Microsoft, asli Singapura, dan bergaransi seumur hidup. Produk terdiri dari satu DVD installer orisinal Windows 8.1/64-bit. Lisensi original ini hanya bisa digunakan untuk satu komputer tanpa masa kedaluwarsa. Dapatkan hanya di Blibli seharga Rp 1.575.000.

MICROSOFT WINDOWS 8.1 PROFESSIONAL OEM 64-Bit berlisensi original dengan aktivasi online, sama seperti produk original. Program ini hanya bisa di-install pada satu perangkat saja selama berulang-ulang selama tidak ada penggantian hard disk. Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 2.500.000.

Adobe Photoshop CC Origional Licensi 2018

Sumber gambar blibli.com

Produk yang satu ini juga sangat berguna untuk Anda yang bergelut di bidang desain atau pekerja kantoran yang sering menggunakan Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop Cc Annual Plan Prepaid Software Licensi 2018 Original memberikan lisensi setahun penuh. Program ini bisa dipasang di dua perangkat dan kompatibel dengan Windows dan Mac. Produk ini memiliki lebih dari 20 aplikasi premium dari Adobe. Kelebihan lain yang ditawarkan adalah 100 GB ruang untuk Creative Cloud, 145 Assets Adobe Stocks, 10 TB Cloud Storage, dan sebagainya. Produk ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 4.900.000.

Corel DRAW 11

Sumber gambar tokopedia.com

Corel DRAW adalah salah satu software editing paling populer. Melalui program ini, seseorang bisa berkreasi lebih dengan garis vektor, editing foto, hingga animasi flash. Corel DRAW Graphic Suite 11 memperkenalkan beberapa fitur baru seperti simbol pada repetoar-nya, tambahan efek baru, serta aplikasi tambahan.

Ada Corel PhotoPaint 11 untuk editing foto ataU Corel RAVE untuk membuat animasi Macromedia Flash. Dapatkan Corel DRAW 11 Graphics Suite Macintoch Windows Includes COREL R.A.V.E.2 di Bukalapak dan Tokopedia dengan harga Rp 4.500.000.

Autodesk AutoCAD 2018

Sumber gambar tokopedia.com

Banyak orang berpikir, kalau bisa pakai bajakan kenapa harus beli yang asli? Padahal menggunakan produk bajakan berisiko terjangkit virus yang bisa merusak perangkat, lho. Gunakan produk berlisensi asli dengan harga yang murah.

Masih dalam ranah desain, Autocad 2018 dengan lisensi resmi selama 3 tahun bisa Anda dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 300.000. Program ini kompatibel dengan Windows 7, 8, 10 32-bit, dan 64-bit. Dapat dipasang pada 2 perangkat sekaligus. Hadir dalam versi penuh dengan banyak fitur premium yang bisa diakses, memudahkan Anda dalam perancangan desain.

IBM SPSS Statistics Grad Pack 24.0

Sumber gambar bukalapak.com

Program statistik SPSS juga bisa Anda dapatkan dengan harga murah, namun lisensinya original. IBM SPSS Statistics Grad Pack 24.0 Premium Software memberikan lisensi selama 1 tahun penuh. Semua fitur premium dapat diakses, sehingga memudahkan setiap tahap analisis yang dibutuhkan.

Tugas-tugas dapat terselesaikan dengan cepat serta produktivitas tetap terjaga. Program ini kompatibel dengan Windows dan Mac serta dapat digunakan di 2 perangkat berbeda. Ada lebih dari 10 program SPSS premium dalam satu paket.

Dapatkan IBM SPSS Statistics Grad Pack 24.0 Premium Software 12 Month License Original di Blibli dengan harga Rp 2.530.000 atau di Bukalapak dan Lazada dengan harga Rp 3.500.000.

Microsoft Office 2016 Professional Plus FPP

Sumber gambar bukalapak.com

Semua pengguna PC pasti membutuhkan Microsoft Office. Program unggulan dari Microsoft ini terus diperbarui setiap tiga tahun sekali, yang terbaru adalah Microsoft Office 2016. Menawarkan tampilan antarmuka yang lebih menarik, dengan kelebihan lain yang tidak ada di versi sebelumnya.

Satu paket sudah meliputi beberapa produk seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Access, dan OneNote. Ada juga program tambahan yaitu Skype for Business dengan lisensi yang sama aslinya. Tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit, serta dapat diaktivasi secara online. Lisensi yang diberikan berlaku seumur hidup, jadi jangan khawatir akan kadaluarsa.

Microsoft Office 2016 Professional Plus FPP/RETAIL tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 1.125.000 atau di Blibli dengan harga Rp 1.899.000. Microsoft Office 2016 Pro Plus Full Package DVD Media TERBARU dengan fitur yang sama bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 1.150.000.

Adobe Creative Suite CS6

Sumber gambar bukalapak.com

Menggunakan produk bajakan bisa sangat merepotkan karena harus melakukan aktivasi dengan patch atau crack yang biasanya berisi virus. Software KW dengan lisensi original adalah solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Adobe Production Premium CS6 Software Std Edition/Original Lifetime Persona menawarkan lisensi seumur hidup dengan aktivasi online. Meski hanya bisa digunakan pada satu komputer, produk yang Anda beli dilengkapi dengan serial number yang menjamin keasliannya. Dapatkan hanya di Blibli dengan harga Rp 6.500.000.

Adobe Creative Suite CS6 Design Standard Original berisi produk lengkap yaitu Acrobat X Pro dan Photoshop CS6. Telah terintegrasi dengan Illustrator CS6, Bridge CS6, InDesign CS6, dan Encoder CS6 sehingga lebih mudah digunakan. Software ini hanya bisa di-install pada 1 PC saja. Dapatkan hanya di Bukalapak dengan harga Rp 5.300.000.

Adobe Premiere Pro CS6

Sumber gambar blibli.com

Software yang satu ini wajib dimiliki oleh para vlogger dan YouTuber. Adobe Premiere Pro CS6 Software Personal/License Lifetime/Original dengan garansi seumur hidup hanya dapat digunakan pada satu komputer saja. Instalasi dan aktivasi harus dilakukan secara online.

Adobe Premiere Pro CS6 Software Personal/License Lifetime/Original bisa didapatkan di Blibli dengan harga Rp 3.900.000.

From our editorial team

Barang OEM, Kualitas Asli dengan Harga Miring

Harga software asli yang sangat mahal tidak terjangkau bagi sebagian orang. Untungnya ada software OEM yang setara dengan aslinya, namun dengan harga lebih murah. Sebelum membeli produk OEM, teliti dulu masa berlakunya. Jangan sampai sudah membeli, namun ternyata lisensi yang didapatkan tidak lama. Dari produk OEM rekomendasi BP-Guide di atas, mana yang paling Anda butuhkan?