10 Inspirasi Kado Untuk Kelahiran Bayi Laki-Laki di 2017

10 Inspirasi Kado Untuk Kelahiran Bayi Laki-Laki di 2017

Kado untuk kelahiran bayi laki-laki adalah hadiah yang sangat cocok untuk diberikan pada seorang bayi laki-laki yang baru lahir. Dalam memberikan kado, sebaiknya Anda benar-benar memertimbangkan barang yang cocok dengan gender atau jenis kelamin bayi tersebut. Kalau masih bingung, simak artikel berikut.

Arti Kelahiran Seorang Bayi di Tengah Keluarga

Memiliki seorang anak buah kasih suami istri adalah dambaan setiap keluarga baru. Tak peduli laki atau perempuan, keduanya adalah anugerah. Walaupun demikian, kadang banyak orang lebih menyukai untuk memiliki anak laki-laki. Di banyak budaya patrilineal, anak laki-laki menjadi simbol penerus generasi dan kesuksesan di dalam keluarga.

Bayi laki-laki maupun perempuan memiliki karakter yang berbeda meski kadang merawatnya sama-sama butuh kerja keras. Begitu pula jika ingin memberi kado. Kado untuk kelahiran bayi laki-laki tentu berbeda dengan bayi perempuan. Anak laki-laki dikenal lebih aktif dalam hal aktivitas fisik, sementara anak perempuan kurang aktif dalam beraktivitas fisik. Oleh karena itu, memberi kado untuk kelahiran bayi laki-laki yang tepat perlu benar-benar dipikirkan terlebih dahulu.

Tips Pilih Kado Untuk Bayi Laki laki

Saat ada teman yang melahirkan bayi laki-laki tentu Anda harus fokus untuk mencari kado yang cocok untuknya. Sebisa mungkin kado tersebut juga memiliki manfaat untuk bayi yang baru lahir. Dalam memilih kado, sebaiknya Anda juga menyesuaikan dengan jenis kelamin bayi, apakah merupakan bayi perempuan ataukah laki-laki.

Agar mendapatkan kado yang sesuai untuk bayi laki-laki, hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah soal budget. Tak perlu memaksakan diri untuk membeli hadiah yang mahal, poin paling penting adalah berguna dan bermanfaat.

Kedua, karena ini adalah kado untuk kelahiran bayilaki-laki, maka cari yang cocok untuk usia 0 - 1 tahun. Kado untuk usia lebih tua dari itu tampaknya tidak akan segera digunakan oleh orang tua bayi. Barang yang bermanfaat tentu akan lebih diharapkan oleh teman Anda.

Ketiga, jika ingin membelikan mainan yang baru akan digunakan bayi setelah berumur beberapa bulan ke depan, pilih yang bisa memicu perkembangan motoriknya. Tentu Anda harus memilih mainan dengan warna yang menarik agar si kecil tidak bosan.

Sedangkan tips yang terakhir adalah, Anda harus memastikan kado tersebut aman bagi bayi, minimal memiliki label SNI. Kini banyak jenis barang palsu yang ternyata tidak aman untuk digunakan oleh anak-anak, terutama oleh bayi. Sebaiknya Anda menghidari hal tersebut dan mencari barang yang berkualitas ketika akan membelikan kado untuk bayi laki-laki.

Ide Kado Kelahiran Untuk Bayi Laki-Laki

Baby Bathrobe

Bayi disukai orang karena mungil dan lucu. Bayangkan jika ia mendapatkan Baby Bathrobe atau handuk mandi yang colorful dan lucu. Bukan cuma bayi yang akan mendapatkan manfaatnya, tapi orang tua bayi pun turut senang dengan hadiah dari Anda.

Orang tua bayi pasti sudah menyiapkan handuk buat bayinya, jadi sebaiknya Anda membelikan yang agak besar, yang cukup untuk usia 6 bulan hingga 1 tahun. Bathrobe yang baik adalah yang memilliki bahan lembut untuk kulit bayi yang masih sensitif, namun tetap bisa membersihkan secara maksimal karena bayi butuh tingkat higienis yang tinggi. Pastikan juga material yang digunakan aman untuk bayi.

Anda bisa mendapatkan beberapa bathrobe berkualitas di Orami.co.id. Salah satunya adalah Stephen Joseph Hooded Towel Pirate yang didesain sebagai handuk berponco untuk bayi. Dibuat dengan bahan yang mampu menyerap air dengan baik namun tetap lembut dan halus, handuk ini juga awet dan mudah dicuci tanpa menimbulkan alergi untuk si kecil. Anda bisa mendapatkannya seharga Rp. 155.000,-.

Lainnya adalah Pumpee Elephant Hoodie Towel seharga Rp. 85.000. Uniknya produk ini adalah bagian hoodie-nya berbentuk kepala gajah yang akan membuat bayi terlihat makin lucu.

Satu lagi ada Skiphop Zoo Hooded Towel Ladybug yang diproduksi dengan material halus agar tak menyakiti kulit bayi. Sebagai pemanis, desain zoo yang khas dan lucu disematkan untuk membuat bayi senang. Bathrobe yang mudah dicuci dengan softener bayi tanpa deterjen ini bisa Anda dapatkan seharga Rp. 270.000 saja.

Nose & Ear Cleaner

Alat perawatan kebersihan bayi juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai kado untuk kelahiran bayi laki-laki. Salah satunya adalah nose & ear cleaner atau pembersih hidung dan telinga. Perlu diingat bahwa alat kebersihan untuk bayi ini bukan dimaksudkan untuk memaksa kotoran keluar dari telinga atau hidung, sebab terkadang kotoran telinga memang menjadi anti-septik alami tubuh bayi dalam menghalau kuman.

Anda bisa mendapatkan Nose & Ear Cleaner recommended bermerek OogieBear di Mungsiji.com seharga Rp. 160.000. OogieBear dibuat khusus untuk membuang dan menghilangkan lendir atau kotoran hidung maupun telinga baik yang masih lengket ataupun yang sudah mengeras. Dilengkapi ujung sekop yang unik tapi efektif untuk mengkorek kotoran yang sudah mengeras, OogieBear cocok untuk digunakan pada hidung maupun telinga.

Playmat

Menginjak usia 5 bulan ke atas, bayi mungkin sudah mulai berguling-guling, duduk, merangkak, hingga berlatih berjalan. Di saat-saat seperti ini, penting bagi bayi untuk mendapatkan alas yang lembut dan aman untuk aktivitasnya. Anda bisa memberikan kado playmat sebagai hadiah yang sangat bermanfaat untuk si kecil di masa tersebut.

Playmat yang baik biasanya harus dilengkapi dengan busa dan beberapa jenis mainan di sekelilingnya.

Mengapa?

Sebab bayi butuh hiburan sekaligus benda-benda yang bisa mengakomodasi perkembangan motoriknya. Busa yang berkualitas baik juga akan menjaga si bayi tetap aman selama sibuk mainan. Anda bisa memilih playmat yang memiliki warna cerah yang disukai bayi. Warna yang cerah akan menstimulasi anak untuk tetap tertarik dan terus bermain. Ukuran alas yang sesuai juga patut diperhatikan, jangan terlalu sempit untuk tubuh si bayi.

Playmat yang banyak disukai dan pas untuk bayi salah satunya adalah Bright Starts Playmat Roaming Safari. Playmat yang dibuat dengan bahan berkualitas ini telah dilengkapi berbagai jenis mainan gantung yang lucu. Tak hanya itu saja, Playmat yang satu ini juga dilengkapi dengan baby-safe mirror dan boneka. Bahannya yang empuk dan warna yang menarik akan membuat bayi ceria. Playmat ini bisa digunakan oleh bayi dengan usia mulai 0 tahun ke atas. Anda bisa mendapatkannya di Tororo.com seharga Rp. 512.500,-.

Peralatan Menyusui

Perlengkapan menyusui sudah pasti bisa jadi kado untuk kelahiran bayi laki-laki yang paling pas yang bisa Anda berikan. Setiap ibu pasti ingin anaknya mendapatkan ASI semaksimal mungkin. Meskipun ara calon Ibu telah mempersiapkan peralatan yang satu ini, namun kad tambahan tetap akan memudahkan sang Ibu.

Perlengkapan menyusui juga penting saat si kecil diajak jalan-jalan ke luar rumah. Jadi, tak ada salahnya jika para Ibu lebih dari satu alat pemompa ASI, feeder cup, cooler bag, bantal menyusui, hingga apron dan tas bayi. Tas bayi mutlak diperlukan untuk membawa semua perlengkapan menyusui yang dibutuhkan.

Jika ingin mencari perlengkapan menyusui, coba saja cek Larisni.com. Ada Dream Baby Diaper Bag Blue seharga Rp. 429.000 yang direkomendasikan banget buat mengakomodir semua perlengkapan menyusui si bayi karena memiliki tempat botol, changing mat, tempat koin dan aksesoris lengkap lainnya. Tas ini juga awet karena dibuat dari bahan polyester kuat yang mudah dibersihkan dan memiliki zipper yang praktis dan tak mudah rusak.

Baby Cooler Box

Salah satu kado untuk kelahiran bayi laki-laki yang mulai populer adalah Baby Cooler Box. Cooler Box sangat penting untuk ibu bekerja yang ingin terus memberikan ASI untuk sang putra atau putri tercinta. Agar bisa menyimpan ASInya lebih lama, sang Ibu tentu membutuhkan Baby Cooler Box yang dapat digunakan sebagai sarana penyimpanan ASI.

Salah satu Baby Cooler Box yang paling banyak direkomendasikan adalah Pigeon Cooler Bag Fridge To Go. Cooler Bag dari Pigeon ini telah menggunakan teknologi Fridge To Go yang membuat suhu di dalam tas tetap dingin hingga 12 jam di suhu ruang. Selain itu, alat ini juga mampu membawa ASI beku tetap beku hingga 6 jam.

Kemampuan cooler bag Pigeon ini dihasilkan dari sistem Surround Cooling yang menggunakan elemen pendingin di tiap sisi bag, samping, depan dan belakang. Ice gel diletakkan di kantong khusus agar terlihat rapi dan lega.

Bagian dalam tas yang lega bisa menampung hingga 5 botol ASI plus breastpump. Selain itu, masih ada beberapa bagian tambahan yang dapat digunakan untuk menyimpan peralatan lain. Struktur dan material tas yang kuat dipastikan cukup untuk menampung semua kebutuhan tersebut.

Jika tak sedang digunakan untuk ASI, tas ini juga dapat dipergunakan untuk menyimpan berbagai jenis minuman dingin. Oh iya, tersedia juga selempangan yang dapat dipergunakan untuk mempermudah para Ibu dalam membawa peralatan tersebut.

Anda bisa mendapatkan Pigeon Cooler Bag Fridge To Go di tempat resmi yang menjual produk Pigeon, atau di Lazada seharga Rp. 559.000.

Selimut Bayi

Selimut bayi sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh bayi tetap hangat kemana pun ia pergi. Biasanya, selimut bayi sangat diperlukan hingga bayi berumur satu tahun, jadi Anda perlu memilih ukuran yang agak besar sebagai kado.

Selain ukuran, bahan juga kerap menjadi pertimbangan penting saat membeli. Pilih yang terbuat dari bahan fleece, wool, katun, atau kashmir yang lembut dan nyaman. Sebaiknya Anda tidak memberi kado selimut bayi yang berbahan fur atau vinil sebab ada kemungkinan alergi pada kulit bayi. Selain itu, harus diingat juga bahwa Anda sangat disarankan untuk membeli selimut yang lucu dan berwarna cerah. Bayi dan orang tuanya suka dengan selimut yang menarik dan lucu. Apalagi yang bentuknya unik, ber-hoodie, atau hiasan lucu lainnya.

Beberapa selimut yang direkomendasikan antara lain Carter's Selimut Bedong Bayi 4 Pack seharga Rp. 135.000. Terdiri dari 4 motif berbeda yaitu Navy, Flowers, Polkadot, dan Peach Stripes, selimut berbahan halus lembut ini akan membuat bayi tidur lebih nyenyak tanpa perlu khawatir alergi.

Ada juga Baby Grow Selimut Bayi Double Fleece seharga Rp. 80.000 per buah. Ada banyak motif lucu seperti Blue Dinosaur, Green Panda, Purple FOx, dan lain-lain

Masih ada lagi, Sleeping Bag merek Cribcot Red Fish seharga Rp. 719.000. Lebih dari sekedar selimut, sleeping bag ini terbuat dari 100% katun yang lembut dan hangat, membuat si kecil serasa tidur dalam pelkukan ibunya sendiri.

Selimut-selimut yang juga bisa dijadikan bedong ini bisa Anda dapatkan di babyzania.com

Kolam Spa Bayi

Bukan cuma anak kecil yang bisa berenang, si bayi mungil pun bisa lho. Tentu tidak berenang seperti anak-anak, tapi berendam di Kolam Spa Bayi. Anda bisa memilih kolam spa bayi ini sebagai kado yang unik dan spesial. Kolam renang kecil ini umumnya terbuat dari plastik tebal yang bisa ditiup dan mudah dipindahkan kemana-mana.

Kolam spa juga bisa dijadikan sebagai sarana bermain air untuk bayi, dan membuat bayi memiliki perkembangan yang baik dalam hal motorik. Selain penuh manfaat, kolam spa bayi juga mudah dibersihkan dan disimpan. Setelah dipakai, biarkan mengering, kemudian jemur di bawah matahari agar tidak berjamur.

Tempat terbaik membeli kolam spa bayi ini adalah di babyzania.com. Anda bisa memilih Kolam Baby Spa: Baby Flow -Baby Spa Duck Transparant seharga Rp. 450.000. Kelebihan produk ini adalah terdapat neck ring kecil yang pas untuk bayi. Selain itu, di babyzania.com juga ada Pelampung Generic - Baby Swim Trainer Pooh seharga Rp 80.000.

Pelampung berbentuk ban ini telah memiliki pengaman untuk tubuh bagian atas yang dikaitkan ke bahu dan punggung agar anak aman, nyaman dan tidak terjungkal ke belakang saat berenang. Semua benda tersebut bisa digunakan untuk bayi berumur 6 bulan hingga 4 tahun.

Pakaian dan Sepatu Bayi

Pakaian dan sepatu bayi juga sudah umum untuk menjadi kado untuk kelahiran bayi laki-laki. Pakaian dan sepatu sudah menjadi kebutuhan dasar untuk setiap anak. Jika tidak mempunyai preferensi tertentu, gift set berupa pakaian bayi bisa jadi pilihan yang mudah dan tepat.

Ada beberapa tips penting untuk membeli pakaian bayi. Apapun model yang Anda pilih untuk dijadikan kado, pakaian yang baik harus sudah memenuhi SNI agar nyaman dan aman dipakai. Anda juga perlu memilih yang berwarna indah dan bermotif lucu, sebab si bayi akan suka memakainya.

Soal ukuran, Anda tak perlu risau, biasanya baju bayi baru lahir dipatok all size. Namun ada baiknya Anda membeli yang ada patokan ukuran bulan agar bisa dipakai lebih lama oleh si bayi. Sebaiknya Anda memilih ukuran yang tepat, dan jangan sungkan bertanya pada penjual saat hendak membelinya.

Demikian pula saat membeli sepatu bayi. Usahakan membeli yang ukurannya pas atau lebih besar agar sang bayi nyaman saat mengenakannya. Selama bayi belum bisa berjalan karena baru lahir, Anda bisa membelikan pre-walker shoes, yaitu sepatu khusus yang ditujukan untuk bayi belum berjalan. Pre-walker didesain khusus agar tetap lembut, lentur, dan fleksibel, serta membuat bayi tampil lebih gaya.

Rekomendasi terbaik untuk kado adalah Converse Navy Gift Set - 3 Piece seharga Rp 769.000 yang bisa Anda dapatkan di Mothercare (mothercare.co.id). Set ini terdiri dari 3 buah item yaitu body-suit, topi dan pre-walker dengan desain All-star berwarna biru laut. Set ini juga sudah dibungkus sebagai gift, jadi Anda tak perlu bingung untuk membungkusnya agar terlihat menarik.

Perlak Bayi

Bagi bayi baru lahir biasanya masih memiliki kebiasaan mengompol. Oleh karena itu, perlak bayi bisa jadi kado yang tepat untuk kelahiran bayi laki-laki.Perlak dapat diletakkan di kasur bayi supaya ketika bayi mengompol, tak akan mengotori kasur. Hal yang terpenting dalam memilih perlak adalah membeli perlak yang memiliki bubble di permukaannya. Bubble tersebut dapat menghindarkan bayi dari alergi dan iritasi pada kulitnya yang masih sensitif.

Perlak yang direkomendasikan antara lain Babybee - Perlak Reversible Waterproof Layers dengan teknologi anti-air 100%. Memiliki dua sisi yaitu 100% katun jersey dan 100% katun flanel. Kulit bayi tetap bisa bernafas sebab sirkulasi udara cukup baik dan tidak lembab. Anda bisa mendapatkan perlak ini di Babyzania seharga Rp. 148.000.

Selain Babybee, adalagi Puku - Petit Waterproof Sheet Blue Jumbo yang memiliki motif lucu. Terbuat dari bahan lembut mirip handuk dan bisa menyerap air secara maksimal agar dapat melindungi kulit bayi. Ukurannya yang sepanjang 95x75 cm membuat perlak ini pas saat mengganti popok bayi atau saat memandikannya. Anda bisa mendapatkan Puku Petit Waterproof Sheet seharga Rp. 235.000 di tororo.com.

Baby Play Gym

Bayi laki-laki akan aktif secara fisik setelah beberapa bulan membuat baby play gym cocok sebagai kado untuknya. Alat ini juga dianggap mampu membantu anak untuk belajar berolahraga dan akan merangsang motorik dan sensorik bayi. Anda bisa memilih baby play gym yang punya beragam fitur seperti lampu kerlap-kerlip, suara musik, serta tombol-tombol untuk berinteraksi. Ada pula play gym yang dilengkapi dengan kerincingan. Asalkan semua sesuai budget Anda ya.

    Berikut ini adalah beberapa jenis baby gym yang paling direkomendasikan untuk dijadikan sebagai hadiah:

  • Playgro Dinosaur Play Gym yang bisa Anda dapatkan di Mothercare seharga Rp 519.000. Play gym ini punya tiga mainan yang bisa dilepas untuk dimainkan sendiri, pastinya akan membuat si bayi tetap senang.
  • Vtech Little Friendlies seharga Rp 1.049.000 yang bisa didapatkan di Mothercare. Play gym ini merupakan kombinasi 3 fungsi yaitu gym, panel permainan, dan baby-walker.
  • Pumpee Ball Musical Play Gym di Orami.co.id bisa didapat seharga RP 525,900. Play gym musikal ini cocok untuk bayi yang suka musik dan dilengkapi mainan gantung untuk menghiburnya ketika mendengarkan musik.

Pesan yang Paling Cocok Untuk Hadiah Bagi Bayi yang Baru Lahir

Tidak seperti memberikan kado untuk orang dewasa atau anak yang sedang berulang tahun, memberikan kado untuk kelahiran bayi laki-laki perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait waktu memberikan kadonya.

Pertama, tunggu izin untuk membesuk dari orang tuanya. Karena berbagai alasan, bisa saja bayi sedang dalam kondisi yang tidak pas untuk dijenguk.

Kedua, selain membawa kado untuk si bayi, sebaiknya Anda membawa sesuatu juga untuk si ibu. Sehabis melahirkan, sang ibu juga membutuhkan perhatian lebih untuk melepaskannya dari stress. Jika ada rezeki lebih, tak ada salahnya juga memberi sesuatu untuk kaka si bayi jika ada atau untuk ayahnya.

Berikut beberapa contoh ucapan yang bisa Anda sertakan pada kado Anda:

  • There is nothing more beautiful than the birth of a child. Cheers to a loving mommy, eager daddy and the prettiest baby boy in the whole world!
  • Congratulation for the birth of your son. May your heart swell with joy every time he smiles at you or reaches for your finger with his beautiful tiny hand!
  • You’ve got future filled with many surprises. Part of it is because of the bundle of joy that you are holding close to your heart.
From our editorial team

Inspirasi Terbaik Untuk Kadi Bayi Laki-Laki

Dalam memilih kado untuk bayi laki-laki, pastikan Anda telah mengetahui barang apa yang paling dibutuhkan oleh sang bayi. Selain itu, sesuaikan juga dengan manfaat yang akan diperoleh oleh bayi dan orang tuanya. Ada baiknya bila Anda memberikan sedikit hadiah untuk orang tuanya dan juga memberikan pesan yang unik sebagai pemanis hadiah tersebut. Khusus untuk Anda, dapatkan berbagai inspirasi lain sebagai hadiah untuk seorang bayi laki-laki.