Kosmetik Merek Lokal Menjadi Pasar yang Menjanjikan

Sumber gambar Shutterstock

Fakta bahwa industri kosmetik makin pesat akibat gairah masyarakat terhadap tren kecantikan, tidak lagi bisa dipungkiri. Hal ini bahkan didukung oleh data yang disebutkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto yang menyebutkan kenaikan industri kosmetik Indonesia hingga 20 persen pada 2017 lalu.

Di pasar atau pusat perbelanjaan sendiri, kamu bisa melihat bahwa ada beragam brand kosmetik yang ditawarkan, mulai dari brand besar dari luar negeri hingga brand lokal dan tradisional. Kemunculan para beauty vlogger di media sosial juga membuat tren kecantikan ini makin ramai dan peminat terhadap kosmetik juga makin meningkat.

Untuk masalah kualitas, brand kosmetik lokal jelas tak kalah dengan brand kosmetik besar. Berdasarkan data dari Kementerian Perindustrian banyak sekali Industri Kecil Menengah (IKM) yang terjun pasar kosmetik. Bahkan tercatat ada 760 perusahaan kosmetik di Indonesia, di mana 95% di antaranya adalah IKM. Jadi sangat bisa dibilang bahwa industri kosmetik lokal kini tengah bergeliat untuk mulai menguasai pasar dalam negeri.

Pengaruh Beauty Blogger dan Vlogger

Sumber gambar Shutterstock

Para penggemar kosmetik kini semakin dimanjakan dengan kehadiran para beauty vlogger. Tak cuma wanita, tapi juga pria ramai-ramai membuat konten untuk mengulas sebuah kosmetik atau membagikan rutinitas perawatan kulit yang mereka gunakan.

Para beauty vlogger dan blogger ini layaknya guru yang kemudian diikuti oleh para penggemarnya. Apa yang mereka beli diikuti oleh para fans. Orang-orang yang aktif di media sosial inilah yang turut membangun industri kosmetik Indonesia makin ramai dan makin banyak peminatnya.

Referensi Beauty Blogger dan Vlogger

Stella Lee

Sumber gambar Stella Lee

Perempuan yang sudah mengawali kariernya sebagai blogger sejak usia 11 tahun ini merupakan salah satu wajah yang familiar di industri kecantikan. Pasalnya, Stella Lee memang sudah malang melintang sebagai beauty blogger sejak 2009 lalu. Dari mulai keinginannya memperlancar bahasa Inggris hingga membuat ulasan seputar kosmetik yang ia gunakan.

Dari ketekunannya membuat ulasan, Stella pun mengumpulkan basis pembaca yang kuat, dan membuatnya diperhitungkan menjadi salah satu beauty blogger Indonesia. Puncaknya adalah Stella sering diundang ke acara peluncuran kosmetik, dan membuatnya menerima puluhan produk tiap bulannya. Mau tahu seperti apa ulasan Stella? Kamu bisa cek tulisannya di stellalee.net.

Sasya Aile

Sumber gambar Hellosasyachi

Sasya Ailee atau dikenal dengan Sasyachi atau Sasya merupakan salah satu beauty blogger Indonesia yang ramai diperbincangkan berkat keahilannya meniru makeup ala selebritas Korea. Naiknya pamor K-Pop turut membuat nama Sasya naik.

Ia bahkan juga sering membahas produk kosmetik Korea dan menjadi panutan bagi perempuan Indonesia yang suka meniru makeup ala idola di Korea. Kamu bisa mengunjungi blognya di hellosasyachi.com.

Andra Alodita

Sumber gambar Andra Alodita

Nama Andra Alodita juga merupakan salah satu beauty blogger Indonesia dengan basis penggemar yang besar. Tak cuma itu, wanita satu ini sebenarnya adalah seorang fotografer, jadi tak heran jika konten foto miliknya memang sangat menarik perhatian.

Wanita yang aktif mengisi situs alodita.com ini memulai strategi pemasarannya sebagai blogger lewat mulut ke mulut. Ia yakin bahwa dari strategi marketing tersebut ia bisa mendapatkan semakin banyak fans dan juga klien.

Lizzie Parra

Sumber gambar Lizzie Parra

Belakangan ini namanya lebih dikenal sebagai salah satu brand makeup lokal yakni By Lizzie Parra (BLP), namun sebelumnya ia lebih dulu dikenal sebagai blogger dan makeup artist.

Wanita ini mengawali kariernya di dunia makeup setelah ia memutuskan keluar dari pekerjaannya di sebuah perusahaan. Awalnya ia sempat mengalami kesulitan akibat hasil dari makeup yang tak seberapa. Namun Lizzie terus yakin dan kini ia siap mengambil hasilnya.

Dari pekerjaannya sebagai makeup artist yang juga merias pengantin, kemudian Lizzie membuat blog lizzieparra.com yang isinya portfolio. Namun lama kelamaan banyak yang menyukai blog-nya dan akhirnya tawaran dari brand makeup pun berdatangan. Hingga kini ia memutuskan untuk membesarkan lini kosmetiknya sendiri, BLP.

Ini 10 Merek Kosmetik Asli Punya Indonesia

Emina

Sumber gambar Emina Cosmetics

Saat ini kosmetik Indonesia yang baru bermunculan telah memiliki kemasaan yang tak kalah dengan brand luar negeri. Seperti Emina, salah satu brand asal Indonesia ini punya kemasaan yang desainnya menarik dan membuatnya mencuri perhatian.

Untuk masalah kualitas tentu saja, Emina dibuat berdasarkan karakteristik kulit wanita Indonesia. Beberapa jenis produk yang sudah dikeluarkan mulai dari BB cream, blush on, compact powder, lip balm, hingga skin care.

Salah satu produk andalan Emina adalah Emina Creamatte Lip Cream yang memiliki tujuh pilihan warna seperti, Chocolaca, Fuzzy Wuzzy, Jelly Bean, dan Tumbleweed. Keunggulan dari produk ini adalah teksturnya yang creamy namun hasil akhirnya matte dan awet di bibir kamu.

Harga dari produk ini juga terjangkau. Jika penasaran ingin mencobanya kamu bisa mencarinya di Shopee dengan harga mulai dari Rp 42.000-Rp 120.000.

Polka Beauty

Sumber gambar Shopee

Polka Beauty merupakan merek lokal pertama yang mengeluarkan jenis liquid matte lipstick yang juga tengah populer di luar negeri. Polka Matteness Lip Lacquer Polka Beauty ini hadir dalam tujuh pilihan warna, seperti Maraccas, Jingle Giggle, dan Tambourine. Warna terbarunya adalah Banjo. Jika ingin mencobanya, kamu bisa membelinya di Shopee seharga Rp 185.000.

Moor's Professional

Sumber gambar Elevenia

Nama Moor's Professional Makeup tentunya sudah lama dikenal. Maklum saja karena brand lokal satu ini merupakan produksi dari PT. Mustika Ratu yang memang dikenal sebagai produsen makeup dan skincare tanah air. Moor's Professional Makeup dikenal sebagai produk yang sering digunakan dalam tata rias profesional serta siaran berita di TV.

Salah satu produk dari Moor's yang dikenal kualitasnya adalah Moor's Two Way Cake 5.5 yang memiliki warna natural serta mampu menutupi noda di wajah. Teksturnya juga halus dan mudah dikenakan secara merata di wajah.

Meskipun produk ini biasa dikenakan untuk tata rias panggung, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Ada delapan pilihan warna yang kebanyakan sesuai dengan palet warna kulit wanita Indonesia. Produk ini bisa kamu temukan di Lazada seharga Rp 215.270.

Rollover Reaction

Sumber gambar Tokopedia

Lahir pada 2016 lalu, Rollover Reaction langsung mencuri perhatian dengan koleksi lipstiknya yang memiliki palet warna menarik dan nyaman untuk digunakan. Keunikan lainnya adalah produk lipstik yang dihasilkan juga bisa digunakan untuk memulas mata dan pipi.

Salah satu produk terbarunya adalah Rollever Reaction Lip & Cheek Cream yang tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti saddie, sally, lizzy, moss, dan umma. Kamu bisa membelinya seharga Rp 129.000 di Tokopedia.

BLP Beauty

Sumber gambar Tokopedia

Seperti yang sudah dituliskan di atas, lini kosmetik satu ini adalah milik dari beauty blogger Lizzie Parra. Tentunya produk BLP ini dibuat berdasarkan pengalaman Lizzie sebagai MUA dalam menangani kulit dan wajah wanita Indonesia.

Salah satu produk unggulan dari BLP adalah lipstik yang warna-warnanya dibuat sesuai dengan kebutuhan wanita Indonesia. Tekstur lipstiknya juga sangat ringan dan mudah digunakan, serta bisa makin menonjolkan kecantikan kamu. Produk BLP Beauty ini bisa dicari di Tokopedia seharga Rp 149.000.

SASC

Sumber gambar SASC Official

Socially Aware Sexy Cosmetic atau dikenal juga dengan nama SACS merupakan lipstik lokal yang memasukan pesan sosial dalam tiap produk mereka. Sesuai namanya, produk dari SACS diklaim bebas paraben dan zat berbahaya lainnya, serta tidak menggunakan hewan sebagai bahan percobaan.

Jadi kosmetik ini aman bagi lingkungan dan makhluk hidup. Selain itu hasil penjualan dari produk ini sebagian didonasikan untuk lembaga sosial.

Sudah ada banyak pilihan produk SACS, salah satu yang menarik adalah Antoinette x Anaz Siantar yang merupakan hasil kolaborasi dengan fashion blogger Anaz Siantar. Produk ini bisa kamu temukan di situs resmi SACS seharga Rp 149.500.

ESQA

Sumber gambar Bobobobo

Digagas oleh dua wanita cantik, ESQA merupakan upaya untuk membuat wanita Indonesia merasa cantik seutuhnya. Jadi lewat ESQA disampaikan pula pesan-pesan pemberdayaan wanita.

Sementara untuk kualitas produknya sendiri, kedua founder dari ESQA, CIndy Angelina dan Kezia Joy Tomioen yang lama tinggal di luar negeri, ingin menjadikan ESQA sebagai produk lokal namun dengan kualitas internasonal.

Lipstik-lipstik dari ESQA pun diklaim merupakan kosmetik vegan yang bebas dari parabens, triclosan, dan gluten. Produk ESQA yang wajib kamu coba adalah Sassy Pink Matte Liquid Lipstick, yang dijual seharga Rp 195.000 di Bobobobo.

Goban

Sumber gambar Goban Cosmetics

Goban atau Gorgeous Beautiful Angel muncul di industri kosmetik lokal pada 2017 lalu. Dan kini produknya tak cuma lipstik matte saja tapi cuma highlighter yang tengah populer.

Salah satu produk pertama Goban adalah Melted Matte Lips yang hadir dalam 13 palet warna, salah satunya adalah Butterfly. Jika ingin mencobanya kamu bisa menemukannya di situs resmi Goban seharga Rp 130.000.

Beauty Story

Sumber gambar Beauty Story

Dari namanya mungkin banyak yang mengira kalau produk satu ini berasal dari luar negeri, tapi ternyata Beauty Story merupakan produk asal Indonesia dengan kemasan yang kreatif. Desain kemasan dari produk Beauty Story memang sedikit mengingatkan kita mengenai makeup ala Korea.

Beauty Story sendiri sudah mengeluarkan beragam jenis makeup, mulai dari primer, tinted mosturizer, CC cream, DD cream, dan masih banyak lagi. Produk andalan dari Beauty Story salah satunya adalah Lipstick True Kiss yang hadir dalam enam pilihan warna. Jika tertarik mencobanya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Beauty Story dan membeli produk ini seharga Rp 93.000.

Social Cosmetics

Sumber gambar Blibli

Social Cosmetics hadir dengan tiga landasan sosial, yakni persahabatan, kesungguhan hati, dan kepedulian. Tapi bukan cuma masalah pesan sosial saja yang mereka tonjolkan tapi juga kualitas produk yang membuat penggunanya merasa nyaman ketika menggunakannya.

Seperti produk Social Cosmetics Matte Within Me Liquid Lipstick yang tahan lama, bisa digunakan di semua jenis bibir, tekstur matte-nya pun awet dan terpigmentasi dengan baik. Harga produk ini adalah Rp 119.000 di Blibli.

From our editorial team

Kosmetik Lokal

Mencoba kosmetik lokal tak ada salahnya. Apalagi bahan yang dipilih bisa saja disesuaikan dengan iklim negara sendiri. Ditambah ada juga beauty blogger sekaligus MUA yang memutuskan untuk mengeluarkan produk make up nya sendiri. Harga bersaing cenderung terjangkau juga menjadi nilai plus.