10 Inspirasi Tren Gaun Pernikahan yang Cantik dan Kekinian (2019)

10 Inspirasi Tren Gaun Pernikahan yang Cantik dan Kekinian (2019)

Bagi sebagian besar calon mempelai wanita, menemukan busana pernikahan yang tepat cukuplah rumit. Apalagi wanita tersebut akan menjadi pusat perhatian beratus pasang mata. Karenanya, bagus dan nyamannya suatu pakaian menjadi hal wajib jikalau ingin 'selamat' sampai akhir acara. Untuk membantumu mengatasi permasalahan ini, BP-Guide akan memberi solusi seputar gaun pernikahan yang menjadi tren pada tahun 2019 ini.

Seperti Mode Fesyen Lainnya, Tren Busana Pengantin Terus Berjalan dan Berkembang

Bagi mempelai wanita, busana pengantin tentu menjadi hal pertama yang wajib direncanakan sebelum melangsungkan pernikahan. Tentunya kita ingin momen sangat penting tersebut terasa sempurna terlebih dari pemilihan busana yang tepat.

Saat busana pernikahan terlihat indah dan nyaman digunakan, kita pasti jadi lebih percaya diri dan tampak lebih cantik sebagai ratu sehari di hari istimewa tersebut.

Tren busana pengantin sama saja seperti fesyen pada umumnya. Modenya sendiri terus berkembang dari tahun ke tahun. Sebut saja tahun 1900an yang mana menjadi era populernya gaun pengantin panjang berlengan lebar. Selang 19 tahun setelahnya, tren gaun pengantin beralih ke model leher tinggi.

Gaya busana pengantin milenial pun kian berubah. Tahun 2010 menjadi saat di mana industri gaun pengantin mengalami perkembangan pesat dengan bahan sutra sebagai komoditas utama.

Lalu bagaimana dengan mode busana pengantin 2019? Apakah ada perubahan yang cukup signifikan pada tahun ini? Cari tahu yuk lewat deretan desainer fesyen pengantin ternama berikut!

Deretan Desainer Mode Pengantin Ternama Dunia

Vera Wang

Sumber gambar www.verawang.com

Mutu busana Vera Wang tidak dapat diragukan lagi setelah kita menilik berbagai karya yang telah diciptakannya. Dirinya bahkan sering dibanjiri minat kaum tersohor termasuk selebriti. Jadi, jangan heran bila kisaran harga aneka gaun pengantin yang dikeluarkannya dibanderol mulai USD 600 atau sekitar Rp 8 juta.

Selain pakaian pengantin, desainer asal Amerika ini juga dikenal jadi langganan membuat busana lainnya untuk beberapa kalangan atas, seperti Ivanka Trump, Chelsea Clinton, hingga Alicia Keys.

Persis dengan beberapa koleksi yang dipajang di situs miliknya, ciri khas dalam model gaun pengantin Vera terlihat dari detail hiasan dan potongan leher yang menarik. Terlebih semua gaunnya memiliki fokus pada pola yang rapi dan sempurna. Hal ini pun dipertegas oleh visinya untuk tetap mengedepankan kualitas dan identitasnya di setiap gaun yang ia buat.

Vivienne Westwood

Sumber gambar www.harpersbazaar.com

Vivienne Westwood merupakan desainer asal Inggris yang dikenal akan karyanya yang luar biasa. Salah satu contohnya adalah gaun yang dikenakan aktris Carrie Bradshaw dalam acara peringatan 10 tahun film "Sex and The City".

Gaun tanpa tali bahu ini begitu unik lewat potongan korset yang meruncing di kedua sisinya. Keapikan karya Vivienne ini semakin terlihat dari bagian bawahnya yang disematkan material sutra Radzimir taffeta dengan pola menggembung berlapis.


Caroline Castigliano

Nama Caroline Castigliano cukup populer berkat koleksi baju pengantin dan gaun malamnya yang selalu terlihat glamor namun bersahaja. Karya-karyanya tersebut begitu berbeda karena memiliki sentuhan kontemporer nan menawan.

Dari pemilihan kain, fondasi gaun, sampai korset dipilih desainer asal Inggris itu dengan seksama. Hal ini diprakarsai supaya dapat memberi pemakainya rasa nyaman, dihargai, dan begitu spesial. Tak jarang bahkan bila desainer yang satu ini mempersembahkan hasil yang melebihi harapan para pemesannya.

Emmy London

Sumber gambar www.emmylondon.com

Berbekal cinta dan keterampilan luar biasa, sepatu pengantin dari Emmy London kerap menjadi incaran calon pengantin wanita. Sepatu yang ditawarkan rumah produksi dari Inggris tersebut dikenal hanya menggunakan bahan terbaik dan hiasan manik bernilai tinggi.

Mempelai bakal mendapatkan pengalaman bak Cinderella yang mendatangi pesta lewat koleksi sepatu menawan. Mereka pun akan merasa tampil istimewa di hari yang berbahagia tersebut.

Emmy Scarterfield sebagai pemilik tunggal menuangkan bakatnya secara total dalam menghasilkan aneka sepatu pengantin. Begitu unik dan nyaman digunakan, berbagai sepatu rancangannya jadi favorit beberapa tokoh ternama, seperti Kate Middleton, Claire Pettibone, dan Charlie Brear.

Carolina Herrera

Sumber gambar www.carolinaherrera.com

Jam terbang Carolina Herrera dalam dunia fesyen terbilang cukup lama, yakni lebih dari 35 tahun. Tak dapat dipungkiri bila wanita asal Venezuela tersebut sanggup menghasilkan busana dengan sudut estetika dan keanggunan yang tinggi.

Desainer yang selalu tampil elegan itu juga pernah merancang pakaian untuk Ibu Negara, termasuk Jacqueline Onassis, Laura Bush, dan Michelle Obama.

Banyak yang menggemari busana Carolina karena pemilihan bahan hingga polanya selalu membuat siapa pun yang memakainya tampak bersinar dan anggun.

10 Tren Model Gaun Pernikahan 2019 Pilihan BP-Guide

Gaun Bahu Terbuka

Sumber gambar shopee.co.id

Model gaun bahu terbuka tanpa tali dengan potongan lengan unik seperti puff sleeves banyak diminati tahun ini. Kamu yang akan segera menikah tentu tak boleh melewatkan model busana ini untuk masuk ke dalam alternatif pilihanmu.

Produk Gaun Pengantin Wanita Long Dress Lace Off Shoulder Dengan Ekor Panjang bisa kamu lirik. Gaun ini memberikan tampilan feminim lewat detail renda bermotif bunga dengan panjang yang menyapu lantai.

Rancangan tersebut pun ditambah material nan lembut serta sirkulasi udara yang baik. Kamu bisa mendapatkan produk ini di Shopee dengan harga Rp 980.000.

Celana Pengantin

Sumber gambar id.aliexpress.com

Siapa bilang busana pengantin hanya sebatas gaun dengan rok? Pada 2019 ini, tren pakaian pengantin juga ada yang menggunakan celana panjang lho. Kamu yang kurang suka memakai rok pun bisa beralih ke celana pengantin guna menciptakan kesan berbeda namun memikat.

Beforw Casual Wedding Jumpsuit Sexy Sleeveless Halter bisa jadi jawaban tepat untuk persoalanmu nih. Busana pengantin berjenis jumpsuit ini menawarkan tampilan kasual sekaligus seksi dengan bukaan kerah model V sampai dada serta bagian belakang yang terbuka.

Jumpsuit ini tentu sangat nyaman dikenakan karena terbuat dari kain poplin yang halus dan lembut. Kamu dapat memperoleh pakaian ini di laman AliExpress dengan kisaran harga USD 13,92 - USD 16,12 atau sekitar Rp 196.369 - Rp 227.404.

Jubah Pengantin

Sumber gambar www.tokopedia.com

Gaun pengantin akan tampak lebih mewah dan istimewa kala dikombinasikan jubah pengantin. Barang yang satu ini juga cukup populer, terlebih banyaknya yang memilih lapisan berat dari renda tebal atau tulle halus dengan sulaman bunga bordir.

Bila ingin gaya busana ini, kamu bisa mencoba Dress Maxi Pesta Halimah Cape Outer Brokat Abu yang dijual di Tokopedia. Gaun berbahan velvet ini sungguh menarik karena dikombinasikan brokat yang elegan serta resleting belakang. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp 145.000 saja.

Flirty Tiers

Sumber gambar www.lazada.co.id

Detail berupa pita pada busana pengantin juga sering dimainkan dalam tren busana pengantin 2019. Mulai dari pita besar dan kecil yang disematkan di pinggang atau bahu, hiasan tersebut dapat meningkatkan kesan pakaian yang menawan dan elegan. Maka, jangan ragu memilih gaun pengantin dengan detail pita ya.

Dari banyaknya pola pita yang hadir dalam gaun pengantin, kamu bisa memilih aksen flirty tiers yang tertambat di punggung produk Model Baru Pengantin Wanita Korea Panjang Berekor.

Gaun pengantin ini hadir dalam balutan motif floral dengan manik yang memesona. Panjang ekornya yang mencapai lantai pun semakin membuat busana ini begitu elegan. Kamu bisa memesan gaun seharga Rp 1.209.400 melalui Lazada.

The Royal Effect

Sumber gambar www.bukalapak.com

Tampil bak seorang putri kerajaan pasti menjadi impian setiap wanita, tak terkecuali bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan.

Hal itu jugalah yang mendorong besarnya minat para calon mempelai pada desain kerajaan ala the royal effect. Lihat saja gaun pengantin yang dikenakan Meghan Markle beberapa waktu lalu. Tanpa perlu banyak detail, gaunnya yang berpotongan simpel justru terlihat elegan dan kental akan gaya kaum ningrat.

Kamu jangan berkecil hati dulu, kesempatan tampil mewah ala istri pangeran Harry bisa didapatkan lewat Gaun Pengantin 3D Terbaru.

Gaun ini dibuat dari material tille 3D yang dipadukan tenunan jacquard. Tak hanya menawarkan ukuran yang beragam, produk ini juga begitu apik dan anggun lewat variasi warna dan motifnya. Kamu dapat membeli gaun yang dibanderol Rp 2.500.000 ini di laman Bukalapak.

Gaun Pendek

Sumber gambar www.lazada.co.id

Gaun pendek atau lebih dikenal dengan istilah sheath dress juga tak kalah diburu calon pengantin tahun ini. Gaun semacam ini sesuai untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh persegi panjang. Sebab, detail roknya sendiri lurus di tengah betis atau bahkan bisa lebih pendek.

Model Baru Upacara Pernikahan Perjamuan Rok Sister Kembaran bisa menjadi opsi yang tepat untuk gaun pernikahanmu. Model yang dihadirkan produk ini tampak kasual terlebih dengan potongannya yang feminim.

Gaun berbahan poliester yang nyaman ini juga dapat digabungkan dengan pemakaian stiletto putih untuk tampilan yang elegan. Kamu bisa menemukan produk ini di Lazada dengan harga Rp 287.300.

Puffy Sleeves

Sumber gambar www.lazada.co.id

Sempat populer di era 80an, mode gaun lengan puff kini kembali digiati para penikmat fesyen. Tahun ini pun menjadi momen di mana gaun pengantin berfokus pada bagian lengan yang tidak monoton dan memiliki bentuk tersendiri.

Hal ini juga dihadirkan oleh produk Tianshijiayi Sen As Huado yang tersedia di Lazada. Gaun berlengan panjang dengan balutan warna merah muda beserta pola bunga bermanik ini sangat menarik perhatian.

Gaun dengan daya tarik lengan berenda dan rok mengembang ini merupakan produk buatan tangan. Jahitan yang dihasilkannya pun begitu rapih sehingga membuatnya terlihat begitu menawan. Kamu bisa memesan gaun seharga Rp 554.500 ini melalui Lazada dalam tujuh ukuran berbeda.

Skinny Straps

Sumber gambar shopee.co.id

Gaun pengantin dengan skinny straps juga tengah menjadi tren di tahun 2019 lho. Sebutan skinny atau spaghetti straps sendiri mengacu pada bentuk tali pengikat bahu yang ramping dan dikenal dapat memaksimalkan tampilan elok dan elegan. Tak heran jika perpaduan detail ini dengan gaun pernikahan menjadi begitu populer.

Kamu pun bisa mengenakan busana jenis ini lewat produk Bridal Wedding Dress Deep V-Neck Sleeveless Backless Bandage Sling Lace.

Gaun yang terbuat dari poliester ini sangat memikat berkat rajutan dua lapis dengan pola bunganya. Penampilanmu pun bakal semakin elok dengan desain kerah V dan bagian punggung yang terbuka. Produk ini bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 177.660.

Halterneck

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mode aksen tali kerah alias halterneck pada gaun pengantin berangsur-angsur mulai berkembang dan memunculkan trennya sendiri. Gaun tipe ini umumnya sering dipakai oleh wanita berdada besar.

Gaun yang menjadikan leher sebagai bagian pengikatnya ini dapat kamu temukan dalam Baju Pesta Acara Halter Neck Kuning Muda.

Busana satu ini didesain dengan bentuk yang indah dan elegan, terlebih dengan pola payet di bagian dada yang memunculkan nuansa mewah. Tak hanya itu, penyematan ornamen bunga pada bagian leher serta potongan lengan layaknya selempang kian menimbulkan tampilan anggun bagi pemakainya. Kamu bisa memperoleh produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 1.200.000.

Gaun Minimalis

Sumber gambar www.lazada.co.id

Meski kepopulerannya sempat surut setelah 2017 lalu, tema minimalis mulai kembali menyoroti aneka gaun pengantin wanita. Kesederhanaan desain yang dimunculkan dalam gaun pernikahan justru menarik minat karena hasilnya yang elegan.

Keistimewaan gaun tersebut dapat kamu aplikasikan lewat produk Maxi Wanita Renda Panjang Gaun Pesta Malam Formal Pernikahan. Meski pengaplikasian hiasan hanya berfokus pada bagian torso, gaun pengantin berlengan panjang ini cukup menonjolkan keindahan alami pemakainya.

Busana berenda bawah ini juga sangat modis dan nyaman karena dibuat dari bahan poliester. Kelebihan lainnya terletak pada ukurannya yang dapat menyesuaikan lekuk tubuh. Produk ini tersedia di Lazada dengan harga Rp 184.000.

From our editorial team

Rencanakan Busana Pernikahanmu dengan Matang

Pemilihan busana pengantin tentu menjadi hal krusial dalam momen yang sangat dinanti kedua calon mempelai. Karenanya, keduanya harus jauh-jauh hari merencanakan busana apa yang pantas dikenakan dalam acara sakral itu. Tentukanlah tema busana yang tepat dengan pesta dan tempat yang diusung. Selain itu, sesuaikan juga busana dengan bentuk tubuh guna mendapatkan tampilan yang maksimal. Hal penting lainnya adalah untuk menyesuaikan biaya yang akan dikeluarkan. Cobalah ikuti tren 2019, yang ide utamanya berpatok pada minimnya aksesori ataupun riasan yang berlebihan.