10 Rekomendasi Merek Haute Couture Bergengsi dan Terkenal di Dunia (2019)

10 Rekomendasi Merek Haute Couture Bergengsi dan Terkenal di Dunia (2019)

Bagi penggemar fashion, tentu tidak asing dengan istilah haute couture. Nah, untuk kamu yang belum tahu, kali ini kami akan mengupas tentang haute couture dan merek-merek yang tergolong merek haute couture.

Konsep Haute Couture Kini Semakin Dikenal Publik

Belakangan ini ada salah satu konsep fashion yang mulai dikenal publik, yakni konsep haute couture. Bicara soal konsep ini, tentu pikiran kita langsung melayang pada berbagai nama desainer dan rumah mode terkenal seperti Gucci, Burberry, hingga Dior.

Konsep haute couture mungkin belum terlalu dikenal luas di Indonesia. Kebanyakan yang mengenal konsep ini adalah para fashionista hingga para desainer dan masyarakat kelas atas yang gemar berbelanja produk fashion mewah dari rumah mode kenamaan. Jadi apa itu haute couture? Bagi yang belum tahu, simak pembahasan bersama BP-Guide berikut ini ya.

Apa Itu Haute Couture?

Menurut definisinya, haute couture merupakan produk fashion yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi dengan proses yang mendetail.

Predikat haute couture tidak bisa sembarang diberikan kepada busana yang hanya sekadar bagus dan memiliki harga selangit. Hanya rumah mode tertentu dan produk tertentu yang telah mendapat pengesahan dari Le Chambre Syndicale de la Haute Couture di Paris yang bisa memberikan gelar haute couture.

Le Chambre Syndicale de la Haute Couture sendiri merupakan sebuah badan pengawasan fashion khusus. Mereka melabeli perancang busana yang dianggap menghasilkan karya unik serta produk fashion berkualitas tinggi sebagai bentuk penghargaan.

Serba-serbi Haute Couture

Label yang Sangat Bergengsi bagi Rumah Mode



Setiap pemilik rumah mode haute couture memiliki desain yang berbeda satu sama lain. Ini layaknya sebuah laboratorium fashion, di mana para perancang akan bereksperimen dengan material, potongan, siluet, dan kreativitas.

Jika sebuah rumah mode berhasil mendapatkan label haute couture tentu ini merupakan penghargaan tertinggi. Rumah mode tersebut akan segera melejit dan tentu saja bisa menaikkan harga produk yang mereka pasarkan.

Lokasi Pembuatan Haute Couture Hanya Ada di Paris

Kamu harus tahu bahwa lokasi pembuatan haute couture hanya ada di Paris. Di luar itu jika ada desainer memasang harga gaun selangit dan mengklaim memiliki fashion haute couture artinya hanyalah kebohongan belaka.

Ini Dia Aneka Merek Haute Couture Terkenal yang Wajib Kamu Tahu

Armani Privé

Merek pertama yang termasuk dalam haute couture adalah Armani Prive. Perusahaan ini didirikan oleh Giorgio Armani dan Sergio Galeotti. Sejak didirikan, perusahaan ini menjadi merek fashion mahal yang sangat terkenal di dunia. Produk dari Armani Prive pun dikenakan oleh banyak selebriti dan kaum sosialita.

Produk fashion yang dihasilkan Armani dibuat secara cermat sehingga bisa menghasilkan desain yang bagus. Mereka juga hanya memakai bahan berkualitas tinggi sehingga pangsa pasar mereka terus naik dari tahun ke tahun.

Salah satu contoh produknya adalah Armani Privé Wool Coat. Terbuat dari bahan wol yang tebal, luaran ini bisa menghangatkan kala dikenakan. Hadir dalam warna hitam, produknya mudah untuk dikombinasikan dengan fashion item lainnya. Produk ini bisa dibeli di Vestiaire Collective dengan harga Rp 1.600.000.

Giambattista Valli

Sumber gambar www.farfetch.com

Giambattista Valli merupakan merek mewah selanjutnya yang sukses mendapat label haute couture. Produknya memiliki desain rumit dengan harga selangit. Namun dibalik harga yang bikin kantong menjerit tersebut, aneka fashion dengan siluet mewah siap untuk memanjakan pemakainya. Salah satu artis yang gemar memakai produk dari Giambattista Valli adalah Rihanna.

Georgette Flared Sleeve Dress adalah salah satu gaun persembahan Giambattista Valli. Gaun dengan kerah model V ini memiliki rok mengembang yang cantik. Bagian lengan dari gaun ini bergelombang sedangkan bagian pinggangnya dibuat berpotongan ketat sehingga tampak menawan. Kamu bisa membelinya di Farfetch dengan harga Rp 42 juta.

Valentino

Sumber gambar www.valentino.com

Perancang busana Valentino Clemente Ludovico Garavani memiliki koleksi yang dikenal sebagai salah satu yang paling bergengsi di dunia. Valentino selalu menampilkan karya yang lebih inovatif dan juga eksklusif. Ciri khas dari gaun buatan Valentino adalah selalu fokus pada gaya feminin dan juga memperkuat siluet pemakainya dengan menggunakan bahan kain mewah berwarna cerah.

Produk dari Valentino yang menarik untuk dimiliki adalah Crepe Couture Dress with Applied Undercover Print. Gaun ini memiliki motif samar yang indah. Dengan resleting tersembunyi di bagian belakang sebagai bukaan, gaun ini terlihat sangat menawan. Kamu bisa membelinya di Valentino dengan harga Rp 53 juta.

Maison Martin Margiela

Sumber gambar www.maisonmargiela.com

Maison Martin Margiela bukan sekadar nama merek fashion, namun juga nama salah satu desainer kenamaan. Label ini selalu mengeluarkan fashion yang unik dan menarik. Contohnya saja pada London Fashion Week 2018 lalu, Martin Margiela menghadirkan koleksi busana dengan mengusung tema perak. Dari mulai rok berwarna perak bak lampu disko hingga jubah metalik, semua begitu mengundang perhatian dan decak kagum. Dominasi warna perak pada koleksinya kala itu diasosiasikan dengan koleksi masa depan yang futuristik sekaligus tak meninggalkan apa yang sudah dibangun di masa lampau.

Salah satu produk keren dari merek ini adalah High Neck Sweater. Produk yang satu ini terbuat dari bahan wol. Dengan kerah model turtleneck, sweaternya bisa menghangatkan tubuh lebih maksimal saat hawa dingin menyerang. Dapatkan di Maison Margiela dengan harga Rp 7.700.000.

Atelier Versace

Sumber gambar www.farfetch.com

Versace dikenal sebagai salah satu rumah mode yang telah mendunia. Selain mendesain dan memasarkan aneka fashion, merek ini juga memproduksi aneka makeup dan wewangian. Versace mulai merilis koleksi couture pertamanya pada tahun 1989.

Lace Insert Dress merupakan produk dari Versace Collection yang bisa kamu coba. Baju yang terbuat dari bahan kombinasi poliester dan viscose ini memiliki model simpel namun tetap cantik. Kamu bisa membelinya di Farfetch dengan harga Rp 11 juta.

Jean Paul Gaultier

Sumber gambar www.farfetch.com

Jean Paul Gaultier merupakan perancang busana dari Perancis. Selain merancang busana mahal untuk pria dan wanita, ia juga banyak menghadirkan aneka kostum untuk balet hingga film. Sebagai salah satu perancang yang sukses mendapat label haute couture, Jean Paul Gaultier telah mengumumkan bahwa produk buatannya tidak akan memakai bulu atau kulit hewan demi melindungi hewan.

Salah satu produk keren dari Gaultier adalah Black Sheer Kaftan Dress. Gaun ini lengkap dengan hoodie dan berlengan panjang. Ada pula detail fringe dan tassel sebagai pemanis. Materialnya adalah poliamida sehingga bila dicuci sebaiknya dicuci dengan tangan saja supaya lebih awet. Kamu bisa membelinya di Farfetch dengan harga Rp 4.500.000.

Alexandre Vauthier

Sumber gambar www.farfetch.com

Alexandre Vauthier merupakan salah satu perancang busana haute couture yang ternama. Ia dipercaya untuk membuat beberapa kostum untuk tur konser Miss Fenty. Selain itu pada Paris Fashion Week baru-baru ini, ia juga menggaet Bella Hadid untuk menjadi model busanya rancangannya. Kala itu Bella memakai kemben warna hitam yang dilapisi lagi dengan jaket bervolume.

Animal Print Mini Dress merupakan produk keren dari Alexandre Vauthier. Gaya couture yang glamor terpancar dari gaun yang satu ini. Mini dress ini memiliki motif hewan warna hitam dan cokelat. Terbuat dari bahan viscose, gaun ini berpotongan asimetris. Dapatkan di Farfetch dengan harga Rp 19 juta.

Vicktor & Rolf

Sumber gambar www.farfetch.com

Viktor & Rolf merupakan dua desainer asal Belanda. Keduanya bertemu ketika mereka belajar di Arnhem Academy of Art and Design. Mereka pun mendirikan merek dengan nama mereka serta sukses mendapat label haute couture.

Whatever Panelled Tulle Top merupakan atasan rancangan Viktor & Rolf. Atasan berwarna biru ini terbuat dari bahan nilon yang transparan. Desain atasan ini tampak unik dan eksentrik. Kamu bisa membelinya di Farfetch dengan harga Rp 9 juta.

Maurizio Galante

Sumber gambar lifestyle.okezone.com

Maurizio Galante sudah tidak asing dalam dunia fashion haute couture. Desainer yang satu ini mampu menciptakan gaun yang elegan dan banyak diminati para selebriti hingga model kenamaan seperti Zaha Hadid, seniman Erina Matsui, aktris Isabella Ferrari, dan Jeanner Moreau.

Pada salah satu ajang Milan Fashion Week, Maurizio Galante memamerkan busana dengan aplikasi dari kertas yang sudah dihancurkan dan kemudian dibentuk seperti jubah.


Atelier Gustavolins

Sumber gambar www.farfetch.com

Atelier Gustavolins merupakan sebuah label yang didirikan oleh Gustavo Lins pada tahun 2003. Produknya dikenal selalu mengedepankan keindahan maskulin sekaligus feminin. Kepiawaiannya ini membuat Gustavo berhasil menjadi anggota tetap Chambre Syndicale d la Haute Couture.

Unlined Kimono adalah salah satu produk dari Atelier Gustavolins . Baju ini terbuat dari bahan wol yang tebal dan hangat. Desainnya semakin unik dengan tambahan tali di bagian bawahnya. Dapatkan di Farfetch dengan harga Rp 7.500.000.

From our editorial team

Haute Couture Bikin Tampilan Makin Elegan dan Berkelas

Fashion yang tergolong haute couture tidak diragukan lagi berbeda dari fashion pada umumnya. Dari bahan hingga proses pembuatan, semuanya dikerjakan secara teliti dan secara istimewa. Mereka yang tampil dengan produk high couture tentu saja akan tampak elegan dan lebih berkelas.