Bingung Sama Panas di Jalan?! Cek 10 Rekomendasi AC Portable Terbaik Ini! (2022)

Bingung Sama Panas di Jalan?! Cek 10 Rekomendasi AC Portable Terbaik Ini! (2022)

Cuaca panas dan tidak memungkinkan pasang AC biasa? Cek rekomendasi AC portable untuk mengatasinya!

AC Portable Lebih Praktis

Ketika cuaca sedang panas di dalam suatu ruangan, maka solusinya adalah menyejukkan ruangan tersebut dengan menggunakan AC. Agar tidak repot dalam pemasangan dan praktis, maka telah hadir AC portable. Salah satu kelebihan dari AC portable adalah mudah dipindahkan karena ukurannya tidak terlalu besar.

Saat ini, AC portable telah diproduksi oleh berbagai merek. Apabila Anda berencana membeli AC portabel maka pastikan untuk mengetahui tips membelinya. Anda juga perlu mengetahui cara perawatan AC portable agar bisa tahan lama.

Tips Memilih AC Portable

Spesifikasi dan Fitur AC Portable

Setiap merek AC portable yang dipasarkan pasti memiliki spesifikasi masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya periksa secara detail spesifikasinya. Selain itu, AC portable saat ini juga memiliki sejumlah fitur tambahan yang ditawarkan.

Direkomendasikan bagi Anda untuk memilih AC portable dengan fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Fitur ini akan lebih baik untuk kesehatan dan kenyamanan pengguna. Setelah Anda mengetahui spesifikasi dan fitur pada AC portable, maka pilihlah yang lebih sesuai untuk ruangan dan memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Mengetahui PK Untuk Memilih Ukuran yang Sesuai

Meski disebut AC Portable yang biasanya mudah dipindah-pindahkan, tetap saja memiliki ukuran yang bermacam-macam. Oleh karena itu, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa memilih AC portable yang Anda beli akan disimpan di meja kerja atau meja belajar, maka Anda bisa memilih ukuran mini. Jika AC portable ini untuk satu ruangan maka Anda bisa memilih ukuran yang sedang atau lebih besar.

Mengetahui PK juga merupakan hal yang penting agar Anda bisa memilih AC portable yang sesuai. PK ini merupakan tenaga kuda dari AC yang variasi. Dengan mengetahui PK ini maka Anda bisa mempertimbangkan AC portable mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti dari segi ukuran dan daya listrik.

Beberapa macam PK yaitu ½ PK dengan 5000 BTU/h untuk ukuran ruangan 10 m2, ¾ PK dengan 7000 BTU/h untuk ukuran ruangan 14 m², 1 PK dengan 9000 BTU/h untuk ukuran ruangan 18 m², 1 ½ PK dengan 12000 BTU/h untuk ukuran ruangan 24 m² dan 2 PK dengan 18000 BTU/h untuk ukuran ruangan 36 m².

Daya AC Disesuaikan

Daya pada AC portable memiliki jenis standard dan low watt. Maka sebaiknya Anda memilih AC dengan daya yang tidak memboroskan listrik Anda. Anda juga bisa menyesuaikan daya dengan PK AC, biasanya semakin kecil PK AC maka akan semakin rendah daya listrik yang dikeluarkan.

Merk AC Portable

AC portable memang telah dipasarkan oleh berbagai merek. Namun, biasanya sudah ada AC portable dari merek tertentu yang sudah dipercaya kualitasnya. Jadi Anda bisa memilih AC portable yang sudah terkenal, karena biasanya merek dengan banyak pengguna tersebut memiliki kualitas baik dan di atas rata-rata. Sebaiknya Anda jangan tergoda oleh merek yang belum jelas dengan harga murah yang belum jelas kualitasnya.

Jadi jangan terpengaruh pada merek yang belum jelas dan membelinya hanya karena harganya sangat murah. Semakin terkenal dan semakin banyak pengguna suatu merek AC Portable tersebut, berarti kualitasnya semakin baik dan di atas rata-rata.

Cara Merawat AC Portable

Cegah Pertumbuhan Jamur Pada Ventilasi

AC portable pada umumnya telah dilengkapi sistem ventilasi untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan. Dengan ventilasi maka kelembapan dapat disingkirkan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan rutin untuk memastikan tidak ada jamur yang tumbuh dalam lubang ventilasi setiap dua minggu sekali.

Rawat Bagian Filter

Perawatan selanjutnya adalah pada bagian filter. Anda bisa melepas filter AC, kemudian rendam dalam air hangat dengan detergen ringan. Setelah itu, bilas hingga bersih dan biarkan mengering terlebih dahulu sebelum dipasang kembali. Anda bisa membersihkan filter secara rutin, setiap 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Bersihkan Bagian Luar

Jika AC portable Anda sudah dimatikan, maka sebaiknya usap permukaan AC dengan kain yang lembut. Hindari untuk menggunakan detergen atau bahan kimia abrasif saat melakukan ini. Selain itu, jauhkan AC Portable dari sinar matahari secara langsung.

Ini Dia Rekomendasi 10 AC Portable Terbaik yang Bisa Anda Pilih!

New Style BO4

Newstyle telah memproduksi AC mini air cooler pendingin yang portable, praktis dan hemat energi. AC portable ini memiliki 3 mode percepatan dan 3 fungsi dalam 1 alat.

Alat ini dapat digunakan sebagai kipas, sebagai penjernih udara dan juga sebagai pendingin ruangan (AC). Anda juga tidak perlu khawatir dengan suara mesin dari AC portable ini karena memiliki suara minim 25 db yang tidak mengganggu ketenangan. Penggunaan AC portable ini pun mudah digunakan, hanya dengan 1 tombol untuk menyalakan.

Anda bisa menikmati udara yang dingin dan bersih dengan cukup isi air dan sambungkan kabel micro USB. Kemudian dapat langsung dinyalakan selama 8 jam setiap setelah pengisian air. AC portable ini juga memiliki desain unik dengan 7 warna lampu yang dapat berubah cocok untuk menghiasi rumah.

Telah dilengkapi juga dengan lampu malam yang menenangkan, sehingga cocok digunakan saat tidur ataupun membaca buku. AC portable ini juga dapat dipakai di luar ruangan dan dalam ruangan seperti di tempat kerja.

Harga Rp. 85.000-963.000

Philips Smart Sensing AC2729/10

AC portable dari Philips ini dapat memurnikan udara dalam waktu kurang dari 11 menit. Dengan teknologi Nano Cloud yang bisa melembapkan udara secara merata dan alami tanpa bahan kimia dan ion, serta mencegah penyebaran bakteri di ruangan. AC portable ini cocok untuk ruangan hingga 65m².

Selain itu, AC portable ini memiliki penyaringan 3 lapis dengan prafilter, filter karbon aktif dan Nano Protect HEPA yang menghilangkan 99,97% virus dan polutan berukuran 0,003 mikro.

Dengan laju penyaluran udara bersih (CADR) 250 m3 /jam dan laju kelembapan hingga 500ml/jam. Anda bisa memantau dan mengendalikan pembersih udara melalui aplikasi CleanHome+.

AC portable ini telah mendapatkan sertifikasi dari European Centre for Allergy Research Foundation. Juga telah melewati pengujian independen oleh Airmid Health, sehingga terbukti membasmi 99.9% virus dan aerosol dari udara dan bahkan telah diuji untuk virus corona.

Harga Rp. 4.309.000-11.992.700

Notale Portable Air Purifier Car Travel

Notale merupakan salah satu merek yang memberikan solusi kebutuhan perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup. Salah satu perlengkapan rumah tangga yang telah diproduksi adalah Notale Portable Air Purifier Car Travel.

AC portable ini memiliki desain yang padat, ringan, kecil dan ramping. Hal ini membuatnya lebih mudah dibawa-bawa ke mana saja seperti jalan-jalan, dalam mobil, di baby stroller ataupun saat makan di restoran. AC portable ini bisa dibawa ke mana saja tanpa menggunakan kabel karena memiliki baterai sebesar 1800mAh yang dapat di charger.

Penggantian filter juga mudah dilakukan dan telah dilengkapi dengan filter replacement remind. AC portable ini juga memiliki indikator udara yang diukur dengan konsentrasi PM 2.5. Ini berfungsi agar Anda secara mudah mengetahui kualitas udara secara real-time, yaitu biru untuk udara bersih, hijau untuk sedikit polusi dan merah sangat berpolusi.

Dalam memberikan kesan santai dengan udara yang bersih, maka Anda dapat menambahkan Aromatherapy wewangian sesuai selera. Dengan AC portable ini maka Anda bisa mendapatkan udara yang sangat bersih karena telah melewati 3 tahap penyaringan.

Filter HEPA13 yang secara efisien menyaring polusi udara dan plasma pembersih yang berkonsentrasi mensterilkan segala jenis bakteri, virus, kuman, debu, asap rokok dan sinar UV-C. Filter ini diklaim dapat membersihkan bakteri sampai 99,9%.

Harga Rp. 849.000-280.800

Hongzhuo AC Mini Cooler Portable

Hongzhuo juga telah memproduksi AC mini portable yang sangat praktis dan bermanfaat bagi semua kalangan. Apalagi AC portable ini mudah dioperasikan, cukup dengan isi air yang memiliki kapasitas 400-450 ml dan sambungkan stop kontak USB. Maka kipas akan mulai berputar dan menghembuskan angin dingin.

Tangki air yang telah terpasang dan terisi dengan air yang telah Anda masukkan dapat bertahan hingga 8 jam lamanya. Dengan arah angin dapat diatur dan berfungsi layaknya mini AC yang praktis.

Tidak hanya ringan dan juga cocok untuk dibawa saat melakukan perjalanan. AC portable ini sangat cocok digunakan di malam hari untuk menciptakan tidur Anda yang berkualitas dan nyenyak. Hal ini disebabkan karena mesin kipas yang senyap dan lampu malam yang menenangkan.

AC portable yang aman dan efisien ini dapat digunakan di ruangan tertutup sesuai yang Anda suka seperti kantor, rumah, dapur dan lainnya. Namun perlu diingat agar selalu menjaga pendingin udara agar tetap seimbang untuk mencegah kebocoran air.

Harga Rp. 150.000-808.500

Denpoo Air Cooler 1209

AC portabel dari Denpoo juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat ruangan Anda menjadi sejuk dan nyaman. Denpoo Air Cooler ini memiliki 3 speed control sehingga memudahkan Anda dalam mengatur kecepatan angin dengan menggunakan remote.

AC portable ini memiliki kapasitas mencapai 8.5 liter serta dilengkapi dengan LCD display dan water level sensor. Dengan demikian, Anda akan makin mudah dan nyaman dalam menggunakannya.

Harga Rp. 1.040.000-3.711.000

SHARP AIR COOLER PJ-A26MY-B

AC portable dari Sharp ini merupakan pendingin ruangan yang mengeluarkan angin lebih sejuk daripada kipas angin. Memiliki tangki air berkapasitas 6 liter, AC ini berkapasitas daya 65 Watt.

Selain itu, AC portable ini memiliki 4 speed control dan 4 speed setting. Anda bisa menggunakan air es, untuk menghasilkan udara yang lebih sejuk. Pengoperasiannya juga mudah, karena tombolnya sudah
menggunakan bahasa Indonesia.

Harga Rp. 750.000-11.277.200

WINIX Zero S Air Purifier

AC portable dari Winix Zero S merupakan pembersih udara dengan 4 tahap filtrasi. Tahap pertama yaitu pre filter untuk menyaring udara dari partikel polutan berukuran besar seperti rambut, debu-debu halus, dan serat.

Kemudian filter True Hepa13 yang dapat menangkap 99,97% alergen di udara termasuk serbuk sari, spora jamur, debu, bulu hewan peliharaan, mikroba, dan asap atau partikel berukuran sekecil 0,3 mikron. Selanjutnya Filter karbon aktif yang membantu mengurangi VOC dan bau dari masakan, hewan peliharaan, dan asap.

Tahap terakhir menggunakan Teknologi Plasmawave yang menciptakan Hidroksil yang dapat membantu mengurangi keberadaan bakteri dan virus di udara. Virus ini berdasarkan uji laboratorium independen yang dilakukan pada Virus Influenza A H3N2, E. coli, Pseudomonas aeruginosa, Staphylococcus aureus, Salmonella typhimurium.

Empat tahapan filtrasi tersebut membuat AC portable ini memiliki performa tinggi dan ideal untuk membersihkan udara dalam ruangan. Tidak hanya membersihkan alergen saja, namun debu halus, bulu hewan peliharaan, asap rokok, spora jamur dan bau rumah tangga juga dibersihkan. Pembersih udara ini memiliki kapasitas ruangan maksimum hingga 100m².

AC portable ini memiliki daya listrik rendah hanya 65 watt, sehingga memungkinkan untuk menyala 24 jam. Suara mesin hening, dengan level suara kipas 27-51dB. Telah dilengkapi dengan indikator check filter yang memberitahu Anda kapan harus mengganti filter.

Selain itu, juga memiliki mode tidur yang meredupkan lampu dan menyesuaikan untuk kipas selama membersihkan udara. Anda akan mendapatkan kualitas udara terbaik dengan produk ini karena telah diuji dan disertifikasi oleh ECARF dan Allergy UK.

Harga Rp. 3.153.000-9.268.000

GREE Tower Fan Air Cooler

Gree Tower Air Cooler memiliki desain saluran udara yang lebih lebar dari air cooler biasa, sehingga dapat menjangkau sudut ruangan sekalipun. Menggunakan Tirai Es Plant Fiber sehingga pendinginan cepat yang dapat menghembuskan udara yang sejuk.

Selain itu, telah di lengkapi dengan Anion generator yang bisa membunuh virus dan bakteri yang ada di udara dan menjadikan udara di ruangan lebih bersih dan segar. Oleh karena itu, AC portable ini cocok untuk menyegarkan, melembapkan, dan mendinginkan udara secara cepat hingga sejuk

Harga Rp. 571.480-3.179.000

Leka AC6030

AC portable dari Leka ini memiliki 3 mode pemakaian. Mode fan only dengan 3 tingkat pengaturan kecepatan kipas yaitu low, medium dan high. Mode fan & mist berfungsi agar udara lebih sejuk, kipas menyala dan mengeluarkan uap air. Mode fan & cool mist mempunyai fungsi yang sama dengan mode fan & mist, Anda hanya perlu menambah es batu dalam tangki air.

Kapasitas tangki air yang dimiliki AC portable ini adalah 240 m. AC portable ini juga memiliki water filter, sehingga uap air yang dikeluarkan bersih dan higienis. Filter ini perlu diganti minimal setiap 6-8 bulan sekali.

Selain itu, telah dilengkapi dengan charging indicator yaitu merah saat sedang charging dan biru saat sudah full. Charging time untuk AC portable ini adalah 3 jam hingga full. Tidak hanya portable, AC ini juga rechargeable sehingga tidak perlu repot bawa kabel dan powerbank ke mana-mana lagi.

Harga Rp. 71.000-1.566.000

Samono Air Cooler

AC portable Samono ini memiliki desain ergonomis, sehingga membuat AC ini mudah di aplikasikan. Memiliki roda, dengan ukuran ramping sehingga tidak makan tempat.

Telah dilengkapi dengan remote control dan tangki kapasitas dari AC portable cukup besar yaitu 8 L yang lebih nyaman untuk digunakan. Cocok untuk dipakai di udara yang panas sehingga bisa mendinginkan ruangan dengan cepat dan merata.

Harga Rp. 899.000-4.524.000

Demikian rekomendasi AC portable terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. AC portable ini menjadi solusi dalam kepraktisan penggunaan dan penempatannya. Hal ini membuat Anda bisa menggunakannya bergantian di ruangan manapun, seperti kamar tidur dan ruangan keluarga sebagai sarana penyedia udara sejuk di ruangan.

From our editorial team

AC Portable Terbaik Memaksimalkan Pendinginan Di Mana Pun Anda berada

Memilih AC portable dengan pertimbangan yang matang tak hanya membuat Anda bisa mendapatkan kesejukan di mana pun Anda berada, namun juga nilai ekonomis yang tinggi dibanding AC biasa. Yang penting, jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik agar AC portable bisa tahan lama.

Tag