10 Rekomendasi Kipas Angin Remote untuk Memberikan Udara Sejuk di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Kipas Angin Remote untuk Memberikan Udara Sejuk di Rumah (2021)

Kipas angin menjadi salah satu alat elektronik yang banyak dipilih keluarga Indonesia untuk memberikan kesejukan di dalam rumah. Selain lebih hemat, banyak kipas angin yang dibekali remote control untuk memudahkan pengoperasian. Tertarik membeli kipas angin remote untuk digunakan di rumah? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

Penggunaan Kipas Angin Disebut Lebih Hemat Dibandingan AC

Apakah Anda sering merasa gerah saat di dalam ruangan? Untuk mengatasinya, Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu AC dan kipas angin, Di antara keduanya, kipas angin menjadi salah satu pilihan yang dinilai lebih hemat energi. Selain memiliki konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan AC, kipas angin juga lebih ramah lingkungan.

Dalam penggunaannya, AC umumnya membutuhkan freon untuk menghasilkan udara yang lebih dingin. Padahal, penggunaan freon dapat menyebabkan kerusakan lapisan ozon. Berbeda dengan AC, kesejukan udara dari kipas angin dipengaruhi oleh kecepatan gerakan baling-baling yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Beberapa Fungsi Penting Kipas Angin

Sirkulasi Udara Meningkat

Berbicara mengenai kipas angin, sebenarnya alat elektronik yang satu ini memiliki beragam fungsi. Salah satu fungsinya yang paling esensial adalah meningkatkan sirkulasi udara. Peningkatan sirkulasi udara ini akan mengganti udara yang kotor di dalam ruangan dengan udara yang lebih bersih dan segar dari dalam ruangan.

Peletakan kipas angin di dinding, langit-langit, meja, maupun lantai juga memberikan efek dingin di seluruh ruangan yang membuat penghuninya lebih nyaman. Salah satu tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan sirkulasi udara adalah membuka jendela ruangan saat kipas angin menyala. Dengan demikian, udara di dalam ruangan akan menjadi lebih segar.

Udara Jadi Lebih Sehat

Manfaat lain dari penggunaan kipas angin adalah mampu menghasilkan udara yang sehat. Jika dibandingkan dengan AC, kipas angin justru memberikan udara yang lebih sehat bagi penggunanya. Ketika menggunakan AC, ruangan harus tertutup agar udara dingin dari AC dapat menyebar ke seluruh ruangan.

Hal ini sering menimbulkan efek penularan penyakit pernapasan, karena sirkulasi udara yang terhambat. Sebaliknya, kipas angin menawarkan sirkulasi udara tinggi. Sehingga, udara kotor dari dalam ruangan akan digantikan oleh udara bersih dari luar ruangan yang tentunya lebih sehat.

Pastinya Lebih Hemat Listrik

Salah satu alasan mengapa masih banyak yang lebih memilih menggunakan kipas angin dibandingkan AC adalah konsumsi energinya yang lebih rendah. Kipas angin lebih hemat listrik dengan konsumsi daya sekitar 75 Watt saja.

Sementara itu, AC membutuhkan daya mencapai sepuluh kali lipat dalam pengoperasiannya. Dengan perbandingan konsumsi daya yang mencapai rasio 1:10, tak heran kipas angin masih banyak dijadikan pilihan. Apalagi bagi para anak kos yang mendambakan kamar sejuk dengan biaya minim.

Ruangan Jadi Tidak Pengap

Sirkulasi udara yang terganggu kerap kali membuat ruangan menjadi pengap. Bagi Anda yang juga mengalaminya, penggunaan kipas angin bisa menjadi salah satu solusinya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kipas angin berperan dalam meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Saat menyalakan kipas angin, Anda bisa membuka jendela ruangan untuk memastikan sirkulasi udara berjalan lancar. Dengan demikian bau pengap di dalam ruangan akan digantikan oleh udara yang lebih bersih dan segar dari luar. Sehingga, Anda bisa menghirup udara sehat dengan lebih nyaman.

Membuat Nyamuk Hilang

Manfaat kipas angin berikutnya adalah menjauhkan Anda dari gigitan nyamuk. Hembusan angin yang kencang dari kipas angin mampu mengacaukan penerbangan para nyamuk di dalam ruangan. Tentu hal ini akan membuat nyamuk kesulitan dalam bertahan di dalam kamar.

Penggunaan kipas angin untuk mengusir nyamuk juga bisa dipilih bagi Anda yang kurang menyukai aroma dari obat nyamuk bakar atau mudah mengalami iritasi karena lotion anti nyamuk. Agar tak masuk angin ketika tidur, sebaiknya atur gerak kipas angin agar tidak langsung mengarah ke tubuh.

Tips Memilih Kipas Angin Terbaik untuk Kesejukan di Rumah

Penempatan Kipas Angin yang Tepat

Bagi Anda yang hendak mencari kipas angin untuk digunakan di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Pertama, tentukan tempat penempatan kipas angin. Pastikan Anda memilih tempat yang tepat untuk menunjang sirkulasi udara dan kenyamanan ketika menggunakannya.

Sebaiknya letakkan kipas angin cukup jauh dari tempat tidur, sehingga hembusan angin tidak langsung mengarah ke tubuh Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kedinginan atau bahkan masuk angin saat tidur. Letakkan kipas angin mendekati jendela untuk memastikan sirkulasi udara mengalir dengan baik.

Lihat Jumlah Baling-Baling Kipas Angin

Jumlah baling-baling kipas menjadi hal berikutnya yang patut dipertimbangkan. Umumnya kipas angin hadir dengan 3 bilah baling-baling saja. Namun, kini ada banyak produk yang juga menawarkan kipas angin dengan 4-5 bilah baling-baling.

Secara teori, semakin banyak bilah baling-baling, maka temperatur udara yang dihasilkan juga semakin sejuk. Dengan mempertimbangkan kesejukan yang ditawarkan, Anda bisa menentukan kira-kira kipas angin seperti apa yang Anda butuhkan. Pertimbangkan pula ukuran baling-baling kipas angin sebelum membelinya.

Pilih dengan Fitur Remote

Semakin berkembangnya teknologi, kipas angin juga dihadirkan dengan beragam fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur remote control yang menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Dengan adanya remote control, Anda tidak perlu berjalan menuju kipas angin untuk menyalakan atau mematikan kipas angin.

Keberadaan remote ini juga memudahkan Anda dalam mengatur kecepatan dan juga mode kipas angin. Anda tidak perlu khawatir apabila remote tidak berfungsi, karena kipas angin juga disertai sarana mekanis yang bisa diatur secara manual.

Rekomendasi Kipas Angin Remote untuk Memberi Kesejukan di Rumah

Mixio P11

Rekomendasi kipas angin remote yang pertama adalah Mixio P11. Kipas angin ini dengan desain compact dan foldable ini praktis dan tidak memakan banyak tempat untuk meletakkannya. Produk ini juga fleksibel, karena dapat diputar ke kanan dan ke kiri sesuai kebutuhan.

Mixio P11 memiliki kapasitas baterai 3600 mAh yang mampu beroperasi 6 hingga 12 jam. Anda juga bisa mengatur kecepatannya sesuai kebutuhan hingga level 4. Keunggulan lain dari kipas angin ini adalah tidak menimbulkan suara bising, sehingga nyaman digunakan kapan saja dan di mana saja.

Harga Rp. 498.000-691.068

Mitochiba 3 In 1 MT 1822 JR

Mitochiba juga memiliki kipas angin remote andalan, yaitu Mitochiba 3 In 1 MT 1822 JR. Kipas angin ini terbuat dari bahan alumunium yang kuat dan tahan lama. Produk ini merupakan kipas angin multifungsi yang bisa digunakan berdiri, ditempel ke tembok, dan diletakkan di meja atau di lantai sesuai keinginan.

Mitochiba 3 In 1 MT 1822 JR hadir dengan ukuran baling-baling 18 inch yang dapat diatur pergerakannya dengan remote. Tersedia 3 fungsi pengaturan kecepatan yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan. Produk ini juga hemat energi dengan konsumsi daya 70 Watt saja.

Harga Rp. 275.000-285.000

Zolele P10S

Apakah Anda tengah mencari kipas angin remote yang mudah dibersihkan? Zolele P10S mungkin bisa menjadi salah satu pilihannya. Kipas angin ini mudah dibongkar dan dibersihkan, sehingga menghasilkan udara yang bersih dan segar. Anda bisa mengatur kecepatan angin dengan 4 level sesuai kebutuhan.

Kipas angin ini dibekali dengan remote control tanpa kabel dengan kemampuan jarak 2,4 meter. Memberikan Anda kenyamanan dan kebebasan, kipas angin ini bahkan dilengkapi dengan Bluetooth speaker internal yang memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik sambil bersantai. Zolele P10S dapat berputar hingga 180 derajat, sehingga memungkinkan angin menyebar ke seluruh sudut ruangan.

Harga Rp. 339.000-566.400

Cosmos Stand Fan 16 inch 3in1 Remote - 16SO88R

Cosmos Stand Fan 16 inch 3in1 Remote - 16SO88R adalah kipas angin remote berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Produk multifungsi ini dapat diletakkan di meja, ditempel di dinding, atau diberdirikan di lantai. Anda bisa mengatur ketinggian kipas sesuai dengan kebutuhan.

Kipas angin keluaran Cosmos ini memiliki baling-baling besar yang menawarkan hembusan angin kencang. Tersedia pula 3 level kecepatan yang bisa diatur sesuai keinginan. Memberikan kebebasan penggunanya dalam bergerak, Anda bisa mengatur kecepatan kipas dengan menggunakan remote control jarak jauh.

Harga Rp. 374.500-415.000

Miyako Wall Fan 16 Inch 65 Watt KAW-1689RC

Kipas angin remote berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Miyako Wall Fan 16 Inch 65 Watt KAW-1689RC. Kipas angin ini hadir dengan ukuran 16 inch yang memberikan hembusan angin dengan 3 level kecepatan. Sesuai dengan namanya, kipas angin ini dapat ditempel di dinding untuk memberikan kesejukan pada ruangan.

Terbuat dari material plastik, produk keluaran Miyako tersebut kokoh dan tahan lama. Miyako Wall Fan 16 Inch 65 Watt KAW-1689RC telah dibekali dengan remote control dan soft touch yang memudahkan Anda dalam mengoperasikannya. Produk keluaran Miyako ini hemat energi dengan konsumsi daya 55 Watt saja.

Harga Rp. 295.020-390.450

Panasonic F400MI Wall Fan 16 inch

Bagi Anda yang tengah mencari kipas angin yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, Panasonic F400MI Wall Fan 16 inch mungkin bisa menjadi solusinya. Kipas angin ini terbuat dari bahan plastik non toxic yang ramah lingkungan dan R0HS Free. Produk ini dirancang kokoh dengan baling-baling berukuran 16 inch.

Kipas angin dinding ini dapat dioperasikan menggunakan remote control yang menyertainya. Selain itu, produk keluaran Panasonic ini juga dilengkapi timer hingga 180 menit. Automatic oiling system yang melengkapinya memastikan motor kipas angin dapat berjalan lancar dan lebih tahan lama.

Harga Rp. 1.113.000-1.198.000

Maspion MWF4001RC Wall Fan 16 inch

Maspion adalah merek elektronik berikutnya yang memiliki kipas angin remote andalan. Maspion MWF4001RC Wall Fan 16 inch adalah salah satu produk andalannya yang memiliki performa unggul dan dilengkapi dengan aromatic set. Aromatic set atau kotak pengharum menghasilkan aroma harum yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Kipas angin dinding ini memiliki ukuran 16 inch. Meski memiliki hembusan angin yang kencang, produk ini memiliki suara yang halus dan tidak berisik. Maspion MWF4001RC Wall Fan 16 inch memiliki tiga level kecepatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda bisa mengoperasikannya menggunakan remote control.

Harga Rp. 395.000-443.800

Arashi AR 118 SDW RC

Arashi AR 118 SDW RC adalah produk yang direkomendasikan bagi Anda yang tengah mencari kipas angin remote multi fungsi. Kipas angin ini dapat ditempel di dinding, diletakkan di meja, atau diberdirikan di lantai. Produk dengan ukuran 18 inch ini terbuat dari bahan besi yang kokoh dan tahan lama.

Produk ini memiliki 3 level kecepatan dan dilengkapi pengatur arah. Arashi AR 118 SDW RC memiliki konsumsi daya 75 Watt. Meski menghasilkan angin yang super kencang, motor kipas angin tidak menghasilkan suara yang berisik dan juga tahan panas.

Harga Rp. 240.000-360.000

Cosmos Wallfan 16-WFCR

Bila berbicara mengenai produk elektronik, Cosmos tentu menjadi salah satu merek yang tak boleh dilewatkan. Cosmos memiliki kipas angin remote andalan, yaitu Cosmos Wallfan 16-WFCR. Produk ini hadir dengan ukuran 16 inch yang mampu memberikan hembusan angin kencang.

Tersedia tiga tingkatan kecepatan yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Cosmos Wallfan 16-WFCR disertai fitur sleep mode dan timer mulai dari 30 menit hingga 7,5 jam. Produk ini telah dibekali dengan remote control yang memudahkan Anda dalam mengoperasikannya.

Harga Rp. 289.900-335.000

Aqua Japan AEF-B1638R 16 inch

Kipas angin remote yang terakhir masuk dalam daftar rekomendasi adalah Aqua Japan AEF-B1638R 16 inch. Produk keluaran Aqua ini memiliki baling-baling berukuran 16 inch. Tersedia 3 level kecepatan yang bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan.

Produk berteknologi Jepang ini telah dilengkapi dengan remote control yang dapat digunakan untuk mengatur on/off, swing, speed, timer dan juga mode. Kipas angin ini disertai dengan timer hingga 7,5 jam. Konsumsi dayanya juga tergolong rendah, yaitu 60 Watt saja.

Harga Rp. 447.000-462.000
From our editorial team

Buka Jendela Kamar Saat Menyalakan Kipas Angin

Dari rekomendasi di atas, kira-kira kipas angin manakah yang tertarik untuk Anda beli? Bagi Anda yang tertarik menggunakan kipas angin, sebaiknya buka jendela kamar ketika menyalakannya. Pasalnya, kipas angin bisa menyebar partikel-partikel debu dalam ruangan dan alergen lainnya yang berpotensi menimbulkan iritasi. Debu dan kotoran yang ada di ruangan menjadi berterbangan dan lebih mudah terhirup oleh saluran pernapasan. Dengan membuka jendela kamar, maka debu dan kotoran di dalam ruangan akan terdorong ke luar dan digantikan udara segar dari luar rangan.