Cocok untuk Area Sempit, Inilah 10 Rekomendasi Jemuran Baju Praktis yang Bisa Jadi Pilihan (2022)

Cocok untuk Area Sempit, Inilah 10 Rekomendasi Jemuran Baju Praktis yang Bisa Jadi Pilihan (2022)

Sebagai barang yang hampir pasti ditemukan di setiap rumah, jemuran baju memiliki beragam bentuk dan fitur. Jemuran praktis yang hemat tempat saat ini menjadi barang yang banyak dicari karena space rumah yang terbatas. Untuk kamu yang merasa kesulitan memilih model jemuran yang ringkas, BP-Guide sudah menyiapkan rekomendasi jemuran baju praktis terbaik yang dapat menjadi pertimbangan. Yuk simak sampai akhir!

Jemuran Baju Praktis yang Tidak Makan Tempat

Salah satu proses penting setelah pencucian baju adalah penjemuran. Aktivitas ini hampir akan selalu ditemui di kehidupan. Proses menjemur baju ini dilakukan agar baju lebih cepat kering dan bisa segera digunakan.

Menjemur baju dapat dilakukan dengan menggunakan tali atau jemuran baju praktis yang lebih hemat tempat. Akan lebih baik lagi jika alat menjemur baju ini memiliki sifat portabel sehingga dapat dengan mudah dipindahkan ke tempat yang lebih strategis atau lebih banyak mendapat cahaya guna pengeringan.

Selain itu jemuran portable akan memudahkan pemindahan ketika terjadi gerimis ataupun hujan tanpa perlu mengambil baju satu per satu. Beberapa model jemuran baju praktis adalah dengan bentuk lipat berdiri ataupun yang dapat dipasangkan pada dinding.

Model kedua akan sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki halaman atau area terbuka dengan luas minimal.

Tips Tepat Memilih Deterjen untuk Pakaian BayiTips Memilih Jemuran Baju yang Tepat

Memiliki Bahan yang Ringan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memilih jemuran baju praktis yang tepat adalah pemilihan bahan. Bahan suatu produk berbanding lurus dengan keawetan produk itu sendiri.

Beberapa bahan jemuran yang banyak populer digunakan antara lain adalah plastik, aluminium, besi, dan stainless steel. Masing-masing dari bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.

Aluminium memiliki kekuatan yang lebih kokoh dan tahan lama meskipun terkena gempuran suhu panas dan dingin secara bergantian. Di sisi lain, bahan stainless memiliki sifat korosif atau mudah berkarat ketika menghadapi cuaca yang berubah-ubah.

Sifat ini juga mirip dengan jemuran yang terbuat dari bahan besi meskipun telah menggunakan lapisan cat ataupun chrome. Rekomendasi bahan yang disarankan tentu saja material yang berbobot ringan agar mudah dipindah-pindahkan.

Tapi tentu upayakan agar bahan tersebut awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cek Kapasitas Beban

Selain bahan, dalam memilih jemuran baju praktis perlu memperhatikan juga kapasitas daya tampung pakaian. Jika kamu memiliki cucian yang banyak, sudah pasti untuk memilih produk yang dapat muat baju dalam jumlah banyak.

Begitu juga sebaliknya, jemuran yang berukuran kecil sangat disarankan untuk kamu yang tidak mencuci banyak baju. Pertimbangan kapasitas beban sebuah jemuran akan berbanding lurus dengan stabilitasnya.

Jika jemuran memiliki fungsi menahan beban berat atau cucian yang banyak, pilih jemuran yang kokoh dan stabilitasnya terjaga. Atau singkatnya, baik dalam hal keseimbangan.

Terlebih baju yang baru dicuci akan cenderung lebih berat karena mengandung air. Perhitungkan juga ketika kamu mencuci bahan-bahan seperti jaket, celana jeans, hingga sprei.

Mudah dalam Penyimpanan

Ketika membeli jemuran baju praktis yang bagus, ada baiknya memilih produk yang penyimpanannya memudahkan kamu. Umumnya kriteria yang hampir selalu ada untuk jemuran yang mudah disimpan adalah berbahan ringan atau memiliki roda. Roda dapat membuat proses pemindahan jemuran lebih mudah dan ringkas.

Lain lagi dengan jemuran minimalis seperti jemuran dinding. Jemuran jenis ini akan lebih cocok untuk rumah kecil dan sempit karena lebih hemat tempat.

Untuk jemuran lipat, usahakan untuk memeriksa ketebalan jemuran ketika dalam posisi terlipat. Semakin tips ketebalan jemuran saat dilipat, maka akan semakin mudah saat menyimpannya.

Rekomendasi Jemuran Baju Praktis untuk Ruang Terbatas

Mami1 M-883

Salah satu jemuran ringan yang dapat mempermudah pemindahan atau mobilitasnya adalah Mami1 M-883. Memiliki berat hanya 2 kg, jemuran yang terbuat dari material aluminium dan plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) ini nyatanya memiliki daya tampung jemuran hingga 20 kg.

Kedua bahan tersebut sudah terkenal akan kekuatan, keawetan, dan kelebihannya sebagai material anti karat. Selain itu, dimensinya yang panjang hingga 136 cm membuatnya mampu menampung laundry dengan kapasitas maksimial.

Tak hanya untuk baju, kamu bisa menggunakannya untuk pengeringan handuk hingga bed cover tanpa khawatir patah. Meskipun batang jemurannya tidak banyak, daya tahan dan kekokohannya membuat jemuran Mami M-883 sangat awet.

Harga Rp. 369.000-712.000

Liveo LV 728 Double Pole Clothes Hanger

Salah satu jemuran baju praktis yang terbuat dari material Stainless Steel Clad Pipe (Powder Coating) Engineering Plastic berkualitas adalah Liveo LV 728 Double Pole Clothes Hanger. Jemuran yang didesain dengan finishing warna putih cantik ini memiliki berat 5 hingga 6 kg. Sedangkan beban yang dapat ditampung mencapai 25 kg.

Jemuran yang memiliki dimensi 80-150x50x95-170 cm ini memiliki dua batang pipa yang dapat diatur panjang dan tingginya sesuai kebutuhan. Fitur lain yang didapat adalah dua rak multifungsi yang bermanfaat untuk kompartemen baju kering yang sudah dilipat.

Harga Rp. 595.000-930.000

Krisbow Jemuran Pakaian Pipa Lipat

Pilihan jemuran baju praktis berikutnya adalah Krisbow Jemuran Pakaian Pipa Lipat yang memiliki ukuran sangat kecil dan tentu saja bisa dilipat. Kelebihan lain dari jemuran lipat ini adalah mudah disimpan ketika sedang tidak digunakan.

Terbuat dari bahan besi yang memiliki lapisan enameled, menjadikan jemuran Krisbow ini sangat kokoh dan memiliki visual tampilan yang cantik. Bagi pemilik ruang yang terbatas dan sempit, jemuran pakaian pipa lipat ini adalah salah satu solusi yang sangat tepat.

Jemuran yang hanya berdimensi 102x91x77 cm ini tetap memiliki penampang yang lebar dan besar ketika digunakan.

Harga Rp. 269.000-350.000

IKEA Mulig Drying Rack 3 Levels

Rekomendasi jemuran baju praktis berikutnya yang menggunakan material baja adalah IKEA MULIG Drying Rack 3 Levels. Selain baja, kombinasi bahan yang dimilikinya adalah lapisan serbuk poliester, bracket baja, dan galvanis ynag membuatnya tetap awet untuk jangka waktu yang lama.

Rak pengering yang berukuran 99x58x152 cm ini memiliki desain tiga tingkat yang dapat digunakan untuk ruangan indoor maupun outdoor. Memiliki ukuran yang lebar dan juga tinggi membuat jemuran IKEA ini dapat digunakan untuk mengeringkan handuk hingga sprei.

Bentuknya yang fleksibel juga memudahkan untuk dilipat dan tidak makan tempat.

Harga Rp. 713.900-100.000

Starhome Jemuran Menara Lipat

Salah satu jemuran baju praktis yang berbentuk menara adalah STARHOME Jemuran Menara Lipat. Memiliki dimensi 150x68x68 cm, jemuran menara ini memiliki desain yang compact.

Untuk itulah jemuran Starhome dapat ditempatkan di area sempit baik indoor maupun outdoor. Untuk bagian atas, kapasitas dapat digunakan untuk 24 pakaian kecil.

Sedangkan di bagian bawahnya yaitu pada tingkat kedua dan ketiga dapat digunakan untuk menggantung baju yang lebih besar. Ketika tidak digunakan, jemuran ini dapat dilipat untuk memudahkan penyimpanan sehingga lebih ringkas dan tidak memakan terlalu banyak tempat.

Harga Rp. 256.700-544.000

Liveo LV-304

Rekomendasi jemuran baju praktis berikutnya adalah dari model jemuran yang ditempel di dinding saat digunakan. Produk tempat pengeringan baju Liveo LV-304 dapat digunakan untuk kamu yang tidak memiliki pekarangan atau space yang terlalu luas.

Jemuran berukuran 110x90x34 cm yang menempel di dinding ini tidak akan memakan banyak tempat saat digunakan. Dapat memuat 20 hingga 30 potong baju dalam kondisi basah sekalipun, Liveo LV-304 akan tetap kuat untuk menahan beban hingga 25 kg.

Menggunakan material dari stainless stell 100%, membuat jemuran ini anti karat dan memiliki ketahanan yang baik.

Harga Rp. 675.000-1.182.000

Topincn

Salah satu jemuran baju praktis indoor yang juga dapat digunakan sebagai gantungan pakaian di kamar mandi adalah Topincn. Tempat pengeringan yang dapat digunakan untuk menjemur pakaian dalam ruangan ini memiliki lima tali panjang yang dapat direnggangkan hingga lebih dari 3 meter.

Material tali yang kuat tersebut dapat digunakan untuk menggantung pakaian hingga celana panjang berbahan jeans yang basah sekalipun. Tak hanya untuk rumah tinggal, jemuran Topincn juga akan bermanfaat digunakan untuk traveling karena sifatnya yang portable dan dapat digulung.

Proses pemasangannya pun sangat mudah juga tidak perlu menggunakan tenaga berlebih.

Harga Rp. 77.900-195.000

IKEA Jall Drying Rack

Sudah populer sebagai merek berbagai macam alat rumah tangga, IKEA harid dengan jemuran baju praktis yang bernama Jall Drying Rack. Hadir dengan desain yang ramping, jemuran berdimensi 79x40x82 cm initerdiri dari 8 sekat untuk menjemur beberapa baju.

Jemuran portable yang kecil dan berharga terjangkau ini tentu akan sangat cocok digunakan untuk para anak kos. Penyimpanannya pun tergolong praktis karena hanya tinggal dilipat saja.

Material yang digunakan Jall Drying Rack adalah rangka kawat baja dengan finishing polyester powder. Bahan kakinya terbuat dari plastik polietilena dengan tali pengikat berupa plastik polipropilena.

Harga Rp. 175.000-282.000

Lion Star Tripod Laundry Hanger

Memiliki bentuk unik seperti tripod penyangga kamera, Lion Star Tripod Laundry Hanger hadir dengan ukuran tinggi mencapai 1,6 meter dengan lebar 85 cm. Jemuran yang rangkanya terbuat dari metal pole bercat putih dengan jemuran dari plastik ini didesain dengan bentuk yang ramping.

Pada tiang metal tersebut terdapat beberapa gantungan yang dapat digunakan sebagai gantungan saat menjemur pakaian. Hanya saja jemuran Lion Star tipe ini lebih cocok digunakan untuk baju berukuran kecil yang tidak memiliki beban terlalu berat.

Seperti misalnya baju anak atau bayi hingga pakaian dalam. Folding dan jepitan pada Lion Star Tripod Laundry Hanger dapat digunakan dalam keadaan terpisah baik untuk ruangan indoor maupun outdoor.

Harga Rp. 243.000-459.000

Ace Stora Jemuran Baju 3 Tingkat

Rekomendasi jemuran baju praktis berikutnya yang berasal dari suplier peralatan rumah tangga Ace adalah Stora Jemuran Baju 3 Tingkat. Seperti halnya Starhome Jemuran Menara Lipat, jemuran Stora ini juga memiliki 3 level berukuran besar yang dapat menahan beban pakaian dalam jumlah banyak.

Setiap tingkatnya terdiri dari 8 baris dengan lubang pengait di sisi kanan dan kiri yang berfungsi untuk menggantung pakaian. Memiliki ukuran produk 68x86,5x146 cm, jemuran tiga tingkat Stora terbuat dari bahan stainless steel dan plastik.

Jemuran yang dapat dilipat ini memiliki ukuran lipat sebesar 36x51,5x92,5 cm. Selain dapat dilipat, tempat pengering praktis ini memiliki bobot yang ringan dan terdapat roda yang memudahkan pemindahan.

Harga Rp. 404.900-746.000
From our editorial team

Sesuai Lokasi Penjemuran

Selain memilih jemuran baju praktis yang cocok, tentukan juga area penjemuran baju yang tepat. Meskipun indoor atau outdoor, usahakan memilih area yang membuat baju lebih cepat kering dengan minimnya resiko kelembapan. Untuk kamu yang hidup bergaya modern di apartemen, balkon bisa menjadi salah satu alternatif karena udara dapat mengalir dengan bebas. Sedangkan untuk rumah tinggal dapat memilih ruangan yang mendapat sinar matahari langsung atau ruangan dengan banyak ventilasi. Bagi pengguna mesin cuci, pastikan agar pakaian benar-benar kering saat keluar dari mesin pengering.

Tag