10 Rekomendasi Jemuran Baju yang Tepat untuk Menyesuaikan Kebutuhan (2022)

10 Rekomendasi Jemuran Baju yang Tepat untuk Menyesuaikan Kebutuhan (2022)

Hingga saat ini banyak sekali jenis jemuran yang tersedia. Namun, jemuran seperti apa yang tepat untuk lokasi dan kebutuhan ruang Anda? Berikut rekomendasi jemuran untuk Anda!

Keuntungan Menjemur Baju

Di era modern ini teknologi semakin canggih dan produktivitas manusia semakin bertambah seiring dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Untuk mengatasi permasalahan ini, banyak perintis teknologi menciptakan alat elektronik untuk mempermudah pekerjaan manusia khususnya di bidang rumah tangga seperti mesin cuci.

Namun, dewasa ini bukan hanya fungsi mencuci otomatis, banyak fasilitas mesin cuci yang juga menawarkan fungsi ganda seperti pengering baik yang berbasis rotasi maupun temperatur. Meskipun teknologi ini menawarkan nilai praktis dan menghemat waktu karena membutuhkan waktu yang singkat untuk mengeringkan pakaian, namun untuk beberapa alasan menjemur pakaian secara konvensional memberikan banyak keuntungan.

Nah, berikut ini akan dibahas satu per satu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari menjemur pakaian secara konvensional.

Menjemur Baju Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan

Keuntungan pertama menjemur baju secara konvensional adalah ramah lingkungan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan mesin pengering membutuhkan lebih banyak listrik. Menggunakan listrik lebih sering tentu saja berdampak pada tagihan listrik yang semakin membengkak. Apalagi dalam sekali pakai mesin pengering membutuhkan banyak energi listrik. Bayangkan jika mesin ini dipakai berkali-kali.

Selain itu, semakin banyak listrik yang dipakai berarti semakin besar sumbangsih kegiatan rumah tangga terhadap jejak karbon bumi. Jejak karbon merupakan gas efek rumah kaca seperti halnya karbondioksida dan metana. Pengubahan berbagai macam sumber energi seperti bahan bakar menjadi listrik menghasilkan banyak karbondioksida yang merusak lingkungan.

Pakaian Terdesinfektan Secara Alami

Salah satu penyakit pada kulit yang umum terjadi adalah kutu air yang sangat dimungkinkan terjadi karena pakaian tidak dikeringkan dengan baik sehingga ditumbuhi jamur, kemudian pakaian terkontaminasi, dan menginfeksi kulit ketika dipakai.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan. Matahari mengandung sinar UV yakni sinar radiasi yang memiliki panjang gelombang antara 100-400 nm. Sinar ini mampu mengurangi jumlah bakteri dan jamur yang ada pada pakaian karena sinar UV memiliki kekuatan untuk menghancurkan bakteri dan jamur secara molekuler. Sehingga semakin lama paparan matahari pada pakaian, semakin baik pula efek desinfektan yang akan didapatkan.

Selain itu, efek lain yang akan didapatkan dari menjemur pakaian di bawah sinar matahari adalah noda pada pakaian berwarna akan perlahan menghilang. Panas sinar matahari juga akan membantu proses penguapan sehingga pakaian tidak akan berbau apek.

Baju Tidak Cepat Rusak

Banyak yang mengira bahwa benda kecil yang terkumpul di mesin pengering pada mesin cuci adalah kotoran yang berasal dari pakaian. Nyatanya, sekumpulan benda kecil tersebut bukanlah kotoran melainkan serat pakaian. Pengeringan pakaian menggunakan fasilitas pengering pada mesin cuci akan menyebabkan pakaian cepat rusak.

Baik disadari maupun tidak, penggunaan teknologi ini membuat usia pakaian cenderung lebih singkat karena pakaian yang aus. Pengeringan mekanik ini menyebabkan serat pakaian terlepas sehingga membuat kain lebih tipis dan seiring waktu mudah robek.

Disisi lain, pengeringan dengan mesin juga menyebabkan pakaian dua kali lebih menyusut dibandingkan dengan menjemurnya. Saat mencuci, pakaian akan menyerap air dan menyebabkan volume pakaian seakan bertambah.

Pengeringan mekanik yang pada prinsipnya memutar pakaian dan membanting pakaian di dalam mesin akan mengurangi air pada pakaian dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini menyebabkan serat kain mengerut dan pakaian menyusut.

Pakaian Anti Kusut

Tidak lagi mengherankan apabila menjemur pakaian tanpa mengeringkannya terlebih dahulu akan mengurangi kusut pada pakaian. Hal ini juga yang menyebabkan mengapa pakaian yang dijemur akan tetap rapi meskipun pakaian hanya dilipat. Lagi-lagi uang bulanan akan tetap di dalam dompet karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan listrik untuk menyetrika baju atau mengeluarkan tenaga lebih.

Pakaian yang lebih rapi saat dijemur terjadi karena secara alami air yang terjerat di dalam serat pakaian akan terbawa turun oleh gravitasi. Berat dari air ini akan meregangkan pakaian ke bentuk aslinya sehingga kerutan yang membuat pakaian tampak kusut akan berkurang.

Cara lain untuk mengurangi kusut pada pakaian saat dijemur adalah mengibaskan pakaian sebelum menjemurnya. Aksi ini menimbulkan tegangan pada pakaian sehingga pakaian rapi.

Mengurangi Stress

Meningkatnya produktivitas saat ini diiringi dengan berkurangnya mobilisasi karena kondisi pandemi menyebabkan hampir seluruh kegiatan terpusat dilakukan dari dalam rumah. Tidak banyak orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk dan diam di depan komputer masing-masing. Hal ini dalam hal tertentu menyebabkan adanya rasa jenuh yang berujung pada stress.

Aktivitas menjemur baju yang mengharuskan keluar rumah menjadi salah satu alternatif terapi. Paparan sinar matahari yang lebih banyak dan asupan udara yang lebih banyak selain dapat menyegarkan pikiran juga dapat meningkatkan regulasi vitamin D terutama ketika aktivitas ini dilakukan di pagi hari.

Berkurangnya aktivitas fisik saat work from home dapat menurunkan kualitas tidur dan meningkatkan stress. Menjemur pakaian dapat dijadikan salah satu aktivitas fisik yang baik dilakukan untuk mengurangi rutinitas duduk yang lebih dominan dan perlahan memperbaiki kualitas tidur.

Memilih Tipe Jemuran Baju Harus Tepat

Setelah mengetahui beberapa benefit yang didapatkan dari aktivitas menjemur baju. Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika menggunakan jemuran baju. Hingga saat ini, banyak terdapat jenis jemuran baju yang tersedia dan semua jenis ini memiliki peruntukannya masing-masing.

Pertama, untuk memilih jemuran baju yang tepat tentukan terlebih dahulu lokasi penempatan jemuran baju. Idealnya, jemuran baju diletakkan di tempat yang memiliki sirkulasi baik dan terkena paparan matahari. Namun, tidak menutup kemungkinan jika jemuran diletakkan di dalam ruangan.

Kedua, ukuran jemuran juga harus menyesuaikan ruangan yang dimiliki. Pemilihan ukuran jemuran yang tepat memungkinkan pergerakan yang lebih luas dan tata letak yang enak dipandang.

Tips Menjemur Baju Di Dalam Ruangan

Apabila tidak memiliki halaman yang cukup luas untuk meletakkan jemuran pakaian, maka mau tidak mau meletakkannya di dalam ruangan menjadi satu-satunya pilihan. Namun, masalah yang harus dihadapi ketika melakukan cara ini adalah pakaian membutuhkan waktu lama untuk mengering dan lebih rentan berbau apek. Tenang saja, berikut merupakan beberapa cara yang dapat diperhatikan untuk menjemur baju di dalam ruangan.

Pertama jangan menjemur menumpuk terlalu banyak pakaian dalam jemuran baju. Selain akan memperlambat baju mengering karena sulitnya udara masuk ke dalam serat pakaian, membiarkan pakaian lembap dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan pakaian berbau apek. Untuk mengatasi hal ini, tinggalkan jarak pada setiap pakaian agar pakaian cepat mengering.

Kedua, letakkan jemuran dekat dengan sumber panas seperti samping kulkas, dekat kipas angin, atau ventilasi udara seperti jendela. Cara ini membuat udara atau panas membantu proses pengeringan pakaian menjadi lebih cepat.

Selain itu, untuk menghemat waktu dan tidak mengganggu aktivitas di dalam rumah, mencuci pakaian dan menjemur pakaian di dalam ruangan sebaiknya dilakukan di malam hari. Pakaian akan terpapar sirkulasi semalaman sehingga keesokan pagi ketika bagun, pakaian akan mengering.

Rekomendasi Jenis Jemuran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Jemuran Baju Alumunium

Berbicara mengenai jemuran baju, tentu saja produk pertama yang terlintas dalam pikiran adalah jemuran baju aluminium. Jemuran ini banyak digunakan karena dinilai praktis dan kokoh. Selain itu, banyaknya palang yang bertingkat serta bagian melengkung untuk menggantung pakaian menggunakan gantungan baju dapat menampung baju yang cukup banyak.

Jemuran jenis ini cocok diletakkan di halaman rumah karena memakan cukup banyak tempat, dan direkomendasikan untuk Anda yang memiliki jumlah keluarga cukup banyak, serta sering mencuci dalam jumlah yang sangat banyak.

Harga Rp. 300.000-400.000

Jemuran Baju Oval

Rekomendasi jemuran baju kedua adalah jemuran baju berbentuk oval. Produk ini sesuai untuk Anda yang bosan dengan bentuk klasik dan ingin memberikan kesan estetika pada halaman rumah.

Jemuran baju ini terbuat dari alumunium anti karat dan cocok untuk diletakkan di luar rumah. Tidak seperti jemuran baju biasanya, jemuran baju oval hanya memiliki satu palangan yang melingkar.

Tetapi tenang saja, jemuran jenis ini dilengkapi dengan hook di sekeliling palang yang dapat dimaksimalkan untuk menggantung banyak pakaian dengan bantuan gantungan baju, tanpa harus khawatir pakaian menyentuh tanah karena palang vertikal yang cukup tinggi.

Harga Rp. 160.000-210.000

Tali Jemuran Baju

Jenis jemuran baju klasik lainnya ialah tali jemuran baju. Produk ini cocok untuk digunakan di luar ruangan khususnya halaman rumah. Tali jemuran baju ini multifungsi karena selain dapat menggantung pakaian seperti biasanya, produk ini memiliki lubang di sela talinya untuk mengait gantungan baju. Sehingga membuat pakaian yang Anda letakkan di gantungan tidak tergelincir dan memisah dengan baik sehingga proses pengeringan lebih maksimal.

Harga Rp. 5.000-10.000

Folding hanger

Jemuran lingkaran atau folding hanger merupakan jenis jemuran baju legendaris yang digunakan dari tahun ke tahun. Gantungan ini banyak digunakan untuk di dalam maupun luar ruangan dan cocok digunakan untuk menjemur pakaian kecil seperti pakaian bayi, kaus kaki, atau pakaian lainnya. Jemuran lingkaran ini memiliki harga yang terjangkau dan tentunya portable!

Harga Rp. 25.000-42.000

Jemuran Baju 3 Susun

Jemuran baju 3 susun adalah produk rekomendasi selanjutnya. Jemuran baju yang portabel, ringan, dan tentunya dapat menampung banyak pakaian dengan banyaknya palangan menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jemuran baju 3 susun dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya sehingga memudahkan pergerakan. Produk ini cocok untuk digunakan di luar maupun dalam ruangan.

Ketika hujan turun, Anda tidak perlu repot mengangkat pakaian dan hanya perlu mendorong jemuran baju yang cukup ringan ini ke dalam rumah, sangat mudah dan praktis bukan?

Harga Rp. 180.000-230.000

Jemuran Menara Lipat

Jemuran menara lipat, rekomendasi selanjutnya yang cocok digunakan baik di dalam maupun di luar rumah. Seperti namanya, jemuran baju ini dapat dilipat dan praktis digunakan. Selain itu, palang yang tinggi dan tersusun atas tiga lingkaran jemuran membuat produk ini dapat diletakkan di dalam rumah dan mampu menampung banyak pakaian tanpa harus memakan banyak tempat.

Harga Rp. 99.000-110.000

Jemuran Lipat Berbentuk T

Masih seputar jemuran baju lipat, rekomendasi selanjutnya adalah jemuran lipat berbentuk T. jemuran ini cocok untuk di pakai di dalam ruangan tanpa harus menghilangkan nilai estetika.

Ketinggian jemuran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat dilipat untuk menghemat ruang ketika tidak digunakan. Bahan alumunium dan sudut jemuran yang dilengkapi dengan plastik PP membuat jemuran ini kokoh. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu untuk menggunakan produk ini.

Harga Rp. 200.000-945.000

Jemuran Baju Balkon

Jika Anda memiliki tipe rumah seperti apartemen yang tidak memiliki banyak ruang di dalam rumah, tidak memiliki halaman, dan hanya memiliki balkon. Maka rak jemuran baju balkon menjadi salah satu rekomendasi yang tepat.

Selain harganya yang murah, jemuran ini hanya perlu dikaitkan pada pembatas balkon seperti kaca, pagar, atau jendela. Seperti namanya, jemuran ini juga multi fungsi. Ketika bagian palang tidak digunakan untuk menjemur pakaian, Anda dapat menggunakannya sebagai rak sepatu atau tanaman.

Harga Rp. 60.000-95.000

Jemuran Baju Dinding

Rekomendasi jemuran selanjutnya adalah jemuran baju dinding. Jenis jemuran ini cocok untuk digunakan di dalam rumah terutama apabila sumber cahaya satu-satunya yang masuk ke dalam rumah adalah dari atap atau langit-langit. Produk ini dapat direntangkan untuk digunakan dan menampung banyak pakaian atau dapat dilipat kembali dengan menekuknya ketika tidak digunakan. Untuk menggunakan jemuran baju dinding perlu instalasi pemasangan ke tembok.

Harga Rp. 50.000-750.000

Jemuran Baju Lifting Alumunium

Jemuran baju lifting alumunium merupakan rekomendasi terakhir dan jemuran baju yang cocok digunakan untuk Anda yang tidak memiliki ruangan yang cukup luas di dalam rumah namun memiliki jendela yang lebar. Jemuran jenis ini dapat diangkat hingga mendekati langit-langit sehingga Anda tidak perlu khawatir jemuran baju Anda akan menutupi pemandangan dari jendela.

Harga Rp. 700.000-1.600.000
From our editorial team

Tentukan Letak Jemuran

Sebelum membeli jemuran, pastikan dulu jemuran yang tepat digunakan di rumah. Apakah bisa diletakkan diluar rumah atau di dalam rumah. Untuk jemuran besar tentunya membutuhkan ruangan yang cukup luas seperti di luar rumah. Rekomendasi di atas bisa menjadi alternatif Anda memilih jemuran yang pas.

Tag