10 Rekomendasi Mugwort Mask yang Ampuh Atasi Jerawat dan Kulit Berminyak, Yuk Segera Coba! (2023)

10 Rekomendasi Mugwort Mask yang Ampuh Atasi Jerawat dan Kulit Berminyak, Yuk Segera Coba! (2023)

Permasalahan kulit berjerawat memang mengganggu keseharian. Salah satu cara untuk merawat kulit yang berjerawat adalah rutin menggunakan masker. Saat ini ada mugwort mask yang kandungannya bisa meredakan jerawat dan cocok untuk kulit berminyak. Yuk, cek dulu beberapa rekomendasi mugwort mask lewat artikel ini.

Tanaman Mugwort Memiliki Banyak Manfaat

Tanaman mugwort (Artemisia vulgaris L) aslinya berasal dari Cina. Biasa tumbuh di tanah yang lembap dan memiliki banyak kandungan humus. Berbentuk semak dengan tinggi sekitar 30-90 cm dan dapat hidup menahun. Daunnya memiliki lekukukan-lekukan yang dalam.

Tanaman mugwort ini bisa saja tumbuh liar di daerahmu dan tidak disadari sebagai bahan kosmetik yang sedang tren. Untuk di Jepang, mugwort dikenal dengan yomogi sedangkan di Korea Selatan disebut juga dengan ssuk.

Tanaman mugwort memiliki kandungan minyak atsiri (Phellandrene, cadinene, thujvl alkohol), alfa-amirin, fernenol, dehydromatricaria ester, cineole, Terpinen-4-ol, beta- karyophyllene, 1-quebrachitol), inulin, oxytocin, yomogi alcohol, ridentin, skopoletin dan isoskopoletin.

Kandungan dalam tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat untuk beberapa penyakit. Misalnya sebagai obat batuk. obat nyeri, menambah nafsu makan, keputihan, memudahkan persalinan dan meredakan mimisan.

Dalam pengobatan tradisional Korea, mugwort dikenal sebagai bahan "penghangat" untuk tubuh dan telah digunakan selama ratusan tahun untuk meningkatkan sirkulasi, meredakan nyeri otot, ataupun digunakan sebagai bahan herbal di pemandian Korea, atau jjimjilbangs, yang dapat memberikan efek relaksasi yang nyaman pada tubuh.

Kini manfaat tanaman mugwort bisa kamu dapatkan melalui mugwort mask yang dijual di pasaran. Ampuh untuk memberikan relaksasi pada kulit wajah dan menjadi solusi praktis untuk mengatasi jerawat.

Manfaat Masker Mugwort

Mugwirt mask merupakan salah satu produk masker yang mulai popular di Korea Selatan. Negara yang menjadi kiblat skin care ini membuat masker mugwort tenar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di Korea Selatan tanaman mugwort biasa digunakan sebagai bahan ramuan tradisional dan bumbu masak. Mugwort digunakan sebagai bahan masker karena terkenal dengan kandungan antijamur, antibakteri, dan mampu melindungi kulit. Berikut ini manfaat masker mugwort untuk kulit kamu.

Melembapkan Kulit

Kandungan vitamin E pada masker mugwort memiliki efek melembapkan ketika dijadikan masker. Vitamin E menutrisi kulit sehingga kulit terasa lembap, kenyal dan awet muda.

Cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Vitamin E juga melindungi kulit dari bahaya sinar UV dan melawan radikal bebas.

Kalau kamu suka bepergian dan beraktivitas di luar ruangan, jadikan masker mugwort salah satu skin care wajib di rumah, ya! Agar kulit kamu tetap kenyal dan lembap setiap hari.

Mencegah Jerawat

Kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat yang bandel dan sering muncul, gunakanlah masker mugwort. Masker mugwort mengandung antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Menjadi paket lengkap untuk mengatasi jerawat. Antibakteri juga mencegah bakteri yang menghambat penyembuhan jerawat.

Seperti bakteri Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes. Sehingga penyembuhan kulit akan lebih cepat dan jerawat mereda. Gunakanlah secara rutin seminggu 1-2 kali.

Menenangkan Peradangan Pada Wajah

Masker mugwort bisa menenangkan dan mengatasi peradangan pada kulit. Jika kamu memiliki kulit sensitif, masker ini juga cocok untuk membantu menenangkan kulitmu.

Masker dengan bahan dasar gel sangat direkomendasikan untuk meredakan kemerahan dan kulit wajah yang meradang.

Mengatasi Eksim

Produk masker atau produk kecantikan yang mengandung mugwort dipercaya bisa mengatasi gejala kulit kering karena eksim dan psoriasis.

Hal ini berkaitan dengan kandungan pada mugwort dan kemamuannya untuk menghidrasi kulit. Selain itu, masker mugwort juga bisa mengeringkan eksim yang ada di area wajah dan sekitarnya dengan cara yang aman dan menyenangkan.

Membersihkan Pori-pori

Menggunakan masker mugwort secara rutin bisa membantu membersihkan pori-pori wajah loh. Cocok untuk kamu yang memiliki pori-pori besar dan bermasalah dengan komedo.

Pori-pori yang bersih dan tidak tersumbat juga mencegah jerawat muncul. Jadi tetaplah menggunakan masker mugwort meskipun jerawat kamu sudah sembuh, agar tidak muncul kembali. Wajah juga selalu mulus tanpa ada pemadangan pori-pori yang besar.

Melindungi Kulit

Lapisan kulit dilindungi oleh berbagai protein dari bahaya lingkungan. Nah, kandungan pada masker mugwort mengaktifkan sel yang memproduksi filaggrin dan loricrin.

Sel-sel tersebut sangat bagus untuk membantu memproteksi kulit. Ditambah dengan perlindungan dari sinar matahari, menggunakan masker mugwort secara rutin membuat kulitmu tetap sehat dan awet muda.

Tips Memakai Masker Mugwort

Agar hasilnya maksimal, kamu harus mengetahui bagaimana cara memakainya dengan benar. Sayangkan kalau maskernya sudah bagus dan mahal, tapi karena salah pakai jadi tidak maksimal.

Bahkan memakai masker dengan cara yang salah justru bisa menimbulkan masalah pada kulit. Simak tips memakai masker mugwort berikut ini, ya.

Membersihkan Wajah

Langkah pertama sebelum menggunakan masker mugwort adalah membersihkan wajah. Baik menggunakan sabun atau cleanser. Jika kulit kamu benar-benar kotor, misalnya setelah beraktivitas seharian, gunakan double cleansing. Agar wajah benar-benar bersih dan siap menyerap nutrisi masker.

Gunakan Uap Steam untuk Membuka Pori-Pori Wajah

Setelah wajah bersih aplikasikan uap steam untuk membuka pori-pori wajah. Penguapan juga bermanfaat untuk membersihkan sisa minyak dan kotoran yang terperangkap di dalam pori-pori.

Jika tidak ada uap steamer siapkan air panas dalam baskom dan arahkan uapnya pada wajah. Tutup kepala dengan kain, lakukan selama 5 menit.

Jangan Terlalu Lama

Apakah kamu beranggapan bahwa aplikasi masker dalam waktu yang lama hasilnya bisa lebih maksimal? Masker yang terlalu lama berada di kulit justru bisa menyerap kelembapan dan membuat kulit kering bahkan iritasi.

Aplikasikan masker mugwort sesuai dengan petunjuk pada kemasannya. Jika masker yang kamu gunakan berjenis wash-off, clay, atau sheet mask, cukup diamkan selama 15-20 menit.

Aplikasikan Masker dengan Benar

Pertama pastikan tangan atau brush yang kamu gunakan bersih, agar tidak ada kotoran dan bakteri yang justru bisa membuat kuit wajah bermasalah.

Jika mengaplikasikan dengan jari gunakan ujung jari untuk meratakan masker dan hindari area alis, bibir, dan mata. Jika menggunakan brush, apliaksikan dengan lembut ke seluruh wajah.

Menggunakan Pelembap dan Toner setelah Masker

Poin ini sering dilupakan dan dianggap sepele banyak orang. Karena merasa masker sudah membuat kulit wajah lembap.

Fungsi pelembap dan toner adalah untuk mengunci nutrisi dan kelembapan yang tekah diserap kuit. Toner juga akan membuat kulitmu lebih bersih dan halus.

10 Rekomendasi Mugwort Mask yang Kaya Nutrisi untuk Kulit

Berikut ini 10 rekomendasi mugwort mask yang popular dan dengan variaso harga yang murah hingga yang cukup mahal. Kamu juga bisa melihat review masing-masing masker sebelum memutuskan untuk benar-benar membeli.

Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask diklaim mampu mengempeskan dan mengatasijerawat dalam dua kali penggunaan, serta menenangkan beruntusan dan jerawat dalam 12 jam.

Selain mugwort masker satu ini juga mengandung niacinamide untuk meratakan warna kulit, salisylic acid untuk mengatasi jerawat dan pori tersumbat, montmorillonite untuk meredakan jerawat dan mengontrol sebum serta centella asiatica yang juga mampu menenangkan kulit iritasi.

Teksturnya lembut dan ringan sehingga nyaman digunakan di wajah. Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask juga aman karena alcohol free, SLS free, paraben free, mineral oil free, vegan friendly.

Harga Rp. 80.000-90.000

Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask selain mengandung mugwort juga dilengkapi dengan Niacinamide untuk mencerahkan untuk mencerahkan kulit, green tea leaf untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan Cica untuk menenangkan kulit yang iritasi atau mengalami peradangan. Ketika digunakan tidak membuat kulit kering dan tertarik.

Dirancang untuk semua jenis kulit, cocok utuk kulit berjerawat dan kulit sensitif. Sudah terstandar BPOM, bisa digunakan untuk usia 12 tahun keatas.

Harga Rp. 72.000-78.000

Scarlett Whitening Herbalism Mugwort

Scarlett Herbalism Mugwort Mask sangat baik digunakan untuk merawat kulit berminyak, pori-pori wajah besar, jerawat dan berkomedo.

Masker mugwort Scarlett ini juga terdapat kandungan vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen, glutathione dan niacinamide membantu menyamarkan noda pada kulit dan mencerahkan warna kulit.

Sedangkan kandungan bamboo charcoal efektif dalam membantu membersihkan kulit, allantoin membantu menjaga kelembapan dan kelembutan, chlorophyllin and green tea powder sebagai antioksidan yang baik untuk anti-aging.

Sudah ada BPOM NA18210201219 jadi aman dari bahan-bahan berbahaya.

Harga Rp. 58.000-75.000

AXIS Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack Mask

Masker mugwort dari Axis-Y, Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack mengandung 61% ekstrak mugwort. Dilengkapi dengan bahan adzuki beans atau kacang merah Jepang untuk menghilangkan kulit mati.

Selain itu, ada kandungan untuk penting untuk masalah jerawat yaitu kelp atau rumput laut untuk menutrisi kulit dan mencegah iritasi, artichoke mengandung antioksidan, mung bean untuk melembapkan dan mencerahkan, dan heartleaf meregenerasi kulit.

Dengan teknologi Dermatic AC 3 mengandug cedar dan dau lotus yang difermentasi sebagai bahan aktif.

Harga Rp. 230.000-263.000

ELFormula Intensive Pore Clarifying Mask

ELFormula Intensive Pore Clarifying Mask merupakan produk kosmetik yang berasal dari Korea Selatan. Kandungan utamanya adalah Mugwort, Niacinamide dan BSASM.

Bentuknya peeling clay mask dengan butiran scrub lembut dan natural dari walnut. Berfungsi untuk mampu membersihkan kotoran dari pori-pori wajah, menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi, mencerahkan kulit wajah dan dengan lembut mengelupas kulit mati untuk menampilkan kulit yang glowing, cerah, dan sehat. Aman digunakan untuk kulit sensitif dan mengalami fungal acne.

BSASM terdiri dari Centella Asiatica, Japanese Knotweed, Scutellaria Baicalensis, Licorice, Tea Tree, Chamomile, Rosemary. Cukup digunakan selama 15-20 menit dua kali dalam seminggu.

Harga Rp. 95.000-105.000

Larissa Mugwort Mask

Larissa Mugwort Mask sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kullit berminyak dan berjerawat. Mugwort mask Larissa ini mengandung Centela Assiatica, Grren Clay, Aloe Barbandis, dan Niacinamide.

Manfaatnya untuk kulit wajah adalah untuk membersihkan pori yang tersumbat, mengurangi minyak berlebih, mencegah jerawat, menenangkan kulit dan mencerahkan. Kulitmu akan bebas dari jerawat dan cerah.

Cara pakainya mudah, oleskan secara merata ke wajah dan leher dengan menggunakan spatula atau kuas bersih. Diamkan masker selama 15-20 menit hingga kring. Bilas dengan air hingga bersih. Bisa digunakan 1-2 kali seminggu.

Harga Rp. 65.000-85.000

I'm From Mugwort Mask

I'm From Mugwort Mask dibuat dri mugwrth yang berasal dari Pulau Ganghwa. Formula gel yang sangat pekat mempertahankan bahan aktif ekstrak tumbuhan dan memberikan manfaatnya langsung ke kulit.

Memberikan efek dingin dan menenangkan dengan cepat. Memiliki kandungan Mugwort sebagai bahan ampuh yang dikenal dari pengobatan tradisional Korea.

Menenangkan dan menyembuhkan kulit, anti-inflamasi, sifat antibakteri. Scutellaria Baicalensis merupakan tanaman herbal tradisional Cina yang kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, dengan kemampuan anti-jamur dan mencerahkan kulit juga.

Teh hijau sebagai antioksidan kuat dengan kemampuan pelindung UV, anti-inflamasi dan antimikroba, berguna dalam mengobati rosacea, jerawat, dan dermatitis atopik. Cara pakainya, setelah membersihkan wajah, oleskan secukupnya pada wajah lalu bilas dengan air 5-10 menit kemudian.

Harga Rp. 350.000-500.000

Mugwort Purifying Clay Mask Azloe

Mugwort Purifying Clay Mask Azloe ekstrak mugwort, ekstrak daun artichoke, nelumbo nucifera leaf extract, dan phaseolus radiatus seed extract.

Menjadikan kulit lebih lembap, mencegah jerawat, membersihkan pori dan mengontrol minyak berlebih. Mugwort mask ini juga mengandung scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dan menjadikan wajah berseri bebas kusam.

Harga Rp. 99.000-150.000

Somethinc Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing Wash Off Mask

Somethinc Mugwortella Mugwort Charcoal Deep Pore Cleansing Mask merupakan mugwort mask dengan kandungan yang sangat lengkap. Bahan dasarnya adalah Bentonite Clay, Kaolin, & Bamboo Charcoal bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori dan menyerap sebum.

Ditambah dengan heri ingredients Mugwort, Centella Asiatica, Dead Sea Mud, 7 Natural Plants Power & Strawberry Seeds. Dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak, memperkuat skin barrier, menenangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, melembabkan serta meratakan warna kulit.

Harga Rp. 75.000-150.000

True to Skin - Supple Dream Gel Mask Mugwort Green Tea

True to Skin - Supple Dream Gel Mask mengandung bahan unik daun teratai yang menghidrasi dan membuat kulit menjdai kenyal.

Juga mengandung betaine salicylate, daun jambu biji dan ekstrak angelica gigas yang membantu membersihkan pori-pori dan menenangkan jerawat. Ekstrak teh hijau menjadi antioksidan agar kulit awet muda.

Cocok untuk kamu yang mengalami masalah seperti peradangan jerawat. Tekstur mugwort mask ini adalah gel yang lembut dan adem di kulit. Aroma green tea tidak menyengat dan menenangkan.

Harga Rp. 68.000-79.000
From our editorial team

Pilihlah Masker Mugwort yang Sudah Memiliki BPOM

Ada banyak merek masker mugwort yang ada di pasaran. Kamu tidak perlu bingung mau memilih yang mana. Pastinya pilih produk yang sudah memiliki label BPOM dan sesuai dengan jenis kulit kamu. Jika memang tidak cocok, seperti terjadi kulit kering, jerawat semakin parah, brutusan atau kemerahan segera hentikan penggunaan. Karena memang bisa jadi masker yang cocok untuk orang lain cocok juga untuk kulit kamu.