Rumah Lebih Asri dengan 10 Rekomendasi Tirai Bambu dari BP-Guide!

Rumah Lebih Asri dengan 10 Rekomendasi Tirai Bambu dari BP-Guide!

Sumber gambar pixabay.com

Tirai bambu masih banyak jadi pilihan masyarakat untuk penghalau panas. Nah, cek aneka model tirai bambu dan juga kelebihan dari penggunaan tirai bambu dari kami ya!

Kerai Bambu, Kerai Bahan Alami yang Jadi Banyak Pilihan Masyarakat

Sumber gambar www.bukalapak.com

Hunian kita membutuhkan sinar matahari yang cukup. Ini supaya hunian bisa jadi hunian yang menyehatkan untuk ditinggali. Namun sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi. Sementara sinar matahari siang hingga sore terlalu menyilaukan dan kadang mengganggu.

Jika rumah Anda menghadap ke Barat, Anda tentu kerap merasa terganggu dengan sinar matahari yang terlalu kuat saat tengah hari hingga sore hari. Ketika rumah terlalu silau, kita jadi kurang nyaman beraktivitas di dalam rumah maupun beristirahat. Sebagai solusinya, banyak orang memakai gorden atau tirai untuk mengurangi snar matahari yang masuk ke rumah.

Diantara sekian banyak pilihan tirai, Anda bisa menggunakan tirai bambu. Ini adalah tirai bahan alami yang banyak digunakan masyarakat. Tirai bambu sudah dikenal sejak dulu. Meski zaman telah modern seperti sekarang ini, namun masih banyak masyarakat yang mengandalkan tirai bambu untuk membuat hunian jadi lebih nyaman ditempati.

Kelebihan dari Tirai Bambu

Mengurangi Sinar Matahari yang Menyilaukan

Sumber gambar www.archify.com

Fungsi utama tirai bambu adalah untuk mengurangi sinar matahari yang menyilaukan. Dan tirai bambu terbukti efektif untuk hal tersebut. Banyak rumah yang jendela dan pintu rumahnya dipasangi tirai bambu yang bisa digulung. Sehingga saat matahari terasa terlalu terik, gulungan tirai bambu akan diturunkan untuk mengurangi rasa sengatan panasnya. Dengan begini, suasana di dalam rumah jadi terasa lebih nyaman meski panas matahari sedang terik-teriknya.

Untuk Menjaga Privasi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Kelebihan tirai bambu selanjutnya adalah bisa menjaga privasi pemilik rumah dengan baik. Semisal hawa sedang panas dan Anda butuh udara lebih, tentu Anda membuka pintu rumah dan jendela rumah lebar-lebar. Sayangnya ini berarti privasi Anda jadi berkurang. Orang luar rumah jadi bisa melihat aktivitas Anda di dalam rumah. Dengan memasang tirai bambu, maka privasi Anda bisa lebih terjaga. Sehingga meski Anda membuka jendela dna pintu supaya angin masuk, Anda bisa tetap beraktivitas tanpa takut dilihat orang dari luar.

Bahannya Mudah Diolah

Sumber gambar www.solopos.com

Tirai bambu terbuat dari bahan bambu alami yang mudah didapatkan di Indonesia. Kelebihan tirai ini adalah bahan bambunya sangat mudah untuk diolah. Batang bambu mudah untuk dibelah dan dibentuk. Selain itu bambu bisa juga dianyam, ditekuk dan diolah sebagaimana diperlukan untuk membuat tirai dengan mudah. Kelebihan ini membuat tirai bambu banyak disukai karena jika tak bisa menemukan pembelinya, kita pun bisa membuatnya sendiri.

Memberi Kesan Asri dan Adem

Sumber gambar www.archify.com

Tirai bambu juga memiliki kelebihan lainnya. Salah satunya adalah bisa menciptakan kesan asri dan adem pada hunian. Di pedesaan, tirai bambu sudah menjadi semacam simbol untuk menggambarkan kedamaian dan juga kesejukan. Bambu bisa memberikan nuansa yang sejuk pada hunian berkat warna dan juga aroma khasnya. Anda bisa memasang tirai bambu di depan rumah untuk memberi kesan damai dan asri jika rumah Anda terkesan kurang sentuhan yang adem.

Bisa Menjadi Dekorasi Rumah

Tirai bambu juga memiliki kelebihan lainnya yakni bisa menjadi dekorasi rumah. Model tirai bambu boleh saja sama dari waktu ke waktu, kendati demikian, bukan berarti Anda tak bisa berkreasi dengan tirai yang satu ini. Tirai bambu hadir dengan gaya natural sehingga cocok untuk dekorasi rumah bergaya back to nature. Selain itu, Anda bisa juga mengecat tirai bambu Anda dengan warna yang Anda sukai. Terlebih lagi, Anda bisa juga melukis tirai bambu Anda dengan pemandangan atau tulisan. Ini tentu jadi dekorasi rumah yang unik dan juga sangat menarik.

Beberapa Model Tirai Bambu untuk Jadi Inspirasi

Sumber gambar www.dekoruma.com

Dari waktu ke waktu tirai bambu tetap disukai dan jadi pilihan masyarakat. Melihat animo masyarakat yang tetap setiap pada tirai bambu, maka sekarang ini ada banyak sekali jenis model tirai bambu yang dikreasikan. Anda bisa mengecek aneka jenisnya supaya bisa menjadikannya inspirasi saat akan memasang tirai bambu di rumah.

Yang pertama ada jenis tirai bambu gulung, ini merupakan model paling umum di masyarakat. Tirai ini terbuat dari tongkat-tongkat bambu yang disusun berjejer dan diikat memakai tali. Bobot nya ringan sehingga mudah dipindahkan. Model tirai bambu semacam ini cocok untuk diletakkan di area teras rumah.

Selanjutnya ada tirai bambu berupa anyaman bambu. Tirai semacam ini sifatnya jauh lebih lentur. Kelebihannya adalah tingkat kerapatannya tinggi sehingga cocok untuk Anda yang menyukai privasi. Dengan tirai ini maka privasi terjaga dan sinar matahari terhalau dengan lebih sempurna.

Anda bisa juga memilih tirai bambu dengan anyaman tali. Jenis tirai ini tampak sangat estetik karena tali diikatkan dengan pola tertentu. Bisa juga talinya dikepang atau menggunakan dua warna, kemudian diselang-seling. Tirai bambu anyaman tali mampu memberikan nilai estetika tersendiri jika dipasang di kamar dan lainnya.

Selanjutnya ada juga tirai bambu geser yang bisa jadi pilihan. Tirai semacam ini cara membukanya adalah dengan cara digeser, seperti model gorden biasa. Bambu yang dipakai adalah bambu yang sudah dibelah-belah hingga sangat tipis lalu dijahit dengan kain dan dibuat lipatan-lipatan kecil.

Terakhir ada juga tirai bambu yang bisa dipadukan dengan kain. Ini merupakan tirai bambu biasa yang diberi tambahan kain bermotif polos. Tirai bambu semacam ini bisa dipakai menghalau panas hingga air hujan.

Tips Merawat Tirai Bambu

Sumber gambar www.dekoruma.com

Memiliki tirai bambu di rumah bukan berarti hanya bisa memakainya tanpa bisa merawatnya ya. Anda harus tahu cara merawatnya yang benar. Dengan dirawat dan dibersihkan rutin maka tirai bambu bisa lebih awet dipakainya. Anda juga tak perlu membeli lagi tirai bambu dalam waktu dekat.

Untuk merawat tirai bambu, Anda bisa membersihkannya setiap seminguu sekali. Pakai saja kemoceng untuk membersihkan debu di sela-sela bambu. Anda bisa juga merendam tirai bambu di dalam air tanpa deterjen. Setelahnya angkat tirai bambu dan keringkan supaya bisa segera digunakan kembali.

Ini Dia Produk Tirai Bambu yang Bisa Anda Gunakan di Rumah

Tirai Bambu ati Size 2x2

Untuk Anda yang ingi mencoba memakai tirai bambu, bisa mencoba Tirai Bambu ati Size 2x2M. Produk yang satu ini terbuat dari bagian dalam bambu alias daging bambu yang sudah tua. Tirai bambu ini dianyam dengan rapi oleh pekerja yang sudah profesional di bidangnya. Tirai ini memakai tali tambang untuk pengikatnya sehingga terjamin sangat kuat dan awet. Produk tak akan mudah hancur meski dipakai dalam waktu lama. Tirai bambu ini bisa jadi penghalau panas sinar matahari yang bagus.

Harga Rp. 204.000-329.000

Tirai Bambu 1,5 x 2 M

Selanjutnya, Anda bisa juga menggunakan Tirai Bambu 1,5 x 2 M. Tirai ini disebut juga dengan nama kerai. Produk ini bisa menjadi penghalau panas matahari saat siang hingga sore hari. Anda bisa juga memakainya untuk menjadi penghalau air hujan agar tak merembes ke dalam rumah. Produk ini sangat awet karena bahan pembuatannya berkualitas. Tirai bambu ini sudah diamplas di bagian depan dan belakanganya sehingga aman dipakai. Produk dilengkapi tali tambang yang kuat.

Harga Rp. 156.000-275.000

Tirai Bambu / Krey Bambu ukuran 2 x 2,5M

Anda jangan sampai melewatkan Tirai Bambu / Krey Bambu ukuran 2 x 2,5M. Produk yang satu ini dibuat dari bahan bambu alami yang berkualitas. Bahannya pilihan sehingga Anda tak perlu khawatir tirainya cepat rusak. Produk yang satu ini sudah divernish sehingga terlihat sangat indah saat digunakan. Tirai bambu ini bisa menghalau panas matahari dan juga air hujan. Tirai ini sudah lengkap dengan kerekan sehingga Anda lebih mudah menggulungnya saat tak digunakan.

Harga Rp. 275.000-583.000

150cm x 180cm Krey Rotan Orangeb

150cm x 180cm Krey Rotan Orange tentu tak bisa ketinggalan dijadikan pilihan. Produk yang satu ini sangat cocok untuk dipakai sebagai penutup jendela ataupun pintu. Kerai bambu ini hadir dalam warna orange muda yang cerah. Anda bisa juga memilih ukuran lainnya sesuai kebutuhan. Ada ukuran 90 x 150 cm hingga 150 x 180 cm. Tentunya kerai bambu yang satu ini akan melindungi dari debu, hujan dan panas matahari.

Harga Rp. 275.000-364.000

Tirai Bambu Aten 2X2.5 meter

Tirai Bambu Aten 2X2.5 meter juga bisa jadi pilihan sempurna untuk Anda. Tirai yang satu ini bahannya sangat berkualitas. Ukurannya cocok untuk menutup teras rumah dengan sempurna. Saat tak dipakai, Anda bisa menggulung tirai bambu ini. Produk ini bisa juga menjadi pelindung rumah dari panas dan hujan. Tirai bambu yang satu ini juga bisa menambah kesan asri di rumah Anda.

Harga Rp. 160.000-317.000

Tirai Bambu Bahan Ati Estetika Uk 1,5 X 2m

Tirai Bambu Bahan Ati Estetika Uk 1,5 X 2m ini merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Produk yang satu ini terbaut dari daging bambu pilihan. Bambu pilihan tersebut dianyam dengan baik dan sempurna. Tirai bambu ini diikat memakai tali yang tebal. Tirai ini bisa tahan lama digunakan. Produk cocok untuk kantor, kos kosan, sekolah, rumah dan lainnya. Pembelian sudah lengkap dengan tali naik turun sehingga lebih mudah digunakan.

Harga Rp. 175.000-258.000

Tirai Bambu Motif Bunga Size 2m x 2m

Tirai Bambu Motif Bunga ini juga tak bisa dilewatkan jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bambu tua yang berkualitas. Selain bisa menghalau sinar matahari dan hujan, produk juga bisa menghalau debu. Tirai ini keren karena dilengkapi motif bunga. Anda bisa juga memakainya sebagai dekorasi rumah yang indah. Tirai ini digambar memakai cat minyak warna yang tak mudah luntur. Produk ini akan membuat suasana lebih terasa natural dan sejuk.

Harga Rp. 501.000-641.000

Tirai Bambu Wulung Motif Hias

Tirai Bambu Wulung Motif Hias ini juga tak bisa dilewatkan begitu saja. Produk keren ini terbuat dari bahan bambu hitam. Bagian bambunya sudah divernish sehingga bisa tampak lebih keren. Ukuran tirai ini adalah 2 x 2 meter. Anda bisa memakainya sebagai penghalau panas sinar matahari. Tirai bambu ini bisa juga menghalau air hujan agar tak masuk ke dalam rumah. Produk ini memiliki motif bunga yang simpel namun indah sehingga bisa juga jadi dekorasi rumah.

Harga Rp. 444.000-497.000

Kerai Bambu Kerei Tirai Bambu 1x2m

Selanjutnya ada Kerai Bambu Kerei Tirai Bambu 1x2m yang bisa Anda gunakan. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 100 x 200 cm. Kerai bambu ini bisa memberi kesan natural pada rumah. Anda bisa memasangnya di teras rumah untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Tirai bambu ini simpel modelnya namun sangat berguna.

Harga Rp. 131.000-206.000

Tirai Bambu Waterproof

Tirai Bambu Waterproof ini juga bisa jadi pilihan yang tepat. Produk yang satu ini terbuat dari bahan bambu kulit hitam. Tirai bambu ini berkualitas tinggi. Produknya sudah divernish sehingga lebih awet digunakan. Dalam produk ini sudah lengkap dengan tali tambang dan ring kerekan. Tirai bambu ini hadir dalam ukuran 2 x 2 meter. Tirai ini bisa Anda gunakan sebagai peghalau panas sinar matahari,debu dan bisa mneghalau air hujan.

Harga Rp. 495.000-644.000
From our editorial team

Tirai Bambu, Solusi Mudah Bikin Rumah Lebih Nyaman

Ketika sinar matahari terlalu terik tentu saja kita merasa kegerahan dan kurang bersemangat beraktivitas dalam rumah. Supaya Anda bisa nyaman di rumah maka Anda bisa tambahkan tirai bambu di bagian teras rumah atau jendela rumah Anda. Tirai bambu ini bisa melindungi dari sengatan sinar matahari dan juga melindungi dari hujan. Pilih desain yang menarik pada tirau bambu agar bisa sekaligus menjadi dekorasi rumah. Yuk, cek rekomendasi tirai bambu dari kami di atas!

Tag