9 Sneakers Pria Keren untuk Para Sneakerhead (2018)

9 Sneakers Pria Keren untuk Para Sneakerhead (2018)

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu yang ngehits di kalangan anak muda masa kini. Sneakers membuat penampilan terlihat lebih stylish dan trendi khususnya untuk kaum pria yang senang terlihat lebih sporty, kasual, dan simple. Sneakers tidak jarang dipadukan dengan jeans, kaus, atau kemeja. Para sneakerhead wajib tahu beberapa rekomendasi sneakers yang dipilih oleh tim BP-Guide.

Sneakers Selalu Berhasil Membuat Penampilan Lebih Stylish

Penampilan dari ujung kepala sampai ujung kaki adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya di luar kantor, penampilan Anda di kantor pun harus tetap diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa gaya Anda tetap on point meski Anda sedang berada di kantor sekali pun.

Namun, karena Anda menghabiskan waktu yang lama di kantor, sebaiknya pilihlah penampilan yang lebih santai, yang menunjang sisi fleksibel Anda. Solusi untuk mendapatkan penampilan yang santai namun tetap stylish adalah dengan memadukan pakaian Anda dengan sneakers.

Sneakers merupakan salah satu jenis sepatu terpopuler di kalangan anak muda saat ini. Sepatu ini hadir dalam berbagai model, sehingga bisa dipadukan dengan jenis busana apapun. Anda bisa memadukan sneakers dengan setelan klasik T-Shirt dan jeans maupun sporty chic dengan gaun casual. Di berbagai penampilan, sneakers selalu berhasil membuat penampilan jauh lebih stylish.

Serba-Serbi Mengenai Sneakers

Asal Kata Sneakers

Sesungguhnya, kata sneakers berasal dari kata “sneak” yang artinya "mengendap-endap". Nama itu bukan tidak ada artinya, lho. Sepatu ini dinamai sneakers atau “mengendap-endap” karena terbuat dari sol karet. Sehingga, ketika digunakan untuk berjalan, sepatu ini tidak akan menimbulkan suara langkah kaki.

Berbeda dengan high heels atau boots yang sudah pasti menimbulkan suara langkah kaki yang khas. Dengan demikian, orang-orang pun mulai mengasosiasikan bahwa pemakai sneakers bisa menyelinap, mengendap-endap, dan mengikuti orang secara diam-diam. Itulah asal mula nama sneakers digunakan untuk menamai jenis sepatu yang satu ini.

Sudah Ada Sejak 1800-an

Sebenarnya, sneakers adalah jenis sepatu yang sudah lama ada, yakni sejak tahun 1800-an. Namun ketika itu, sepatu ini tidak dikenal dengan nama sneakers melainkan lebih banyak disebut plimsolls.

Plimsolls adalah sepatu yang terbuat dari bahan karet. Bahkan, pada awal masa produksi, sepatu ini kurang nyaman digunakan karena bentuk sepatu kanan dan kiri tidak dibedakan. Wujudnya pun cukup aneh karena terbuat dari kanvas beralaskan karet.

Kemudian, pada awal abad ke-19, bentuk sneakers disempurnakan secara perlahan. Sebuah perusahaan asal Amerika, US Rubber Company, memproduksi sepatu sneakers berbahan kanvas. Bahan kanvas pada body sepatu ini membuatnya jauh lebih nyaman dipakai daripada versi sebelumnya. Sepatu tersebut kemudian diberi label Keds, sehingga menjadi terkenal dengan sebutan sepatu Keds, yang merupakan cikal bakal perkembangan sneakers selanjutnya.

Barulah pada tahun 1912, sepatu Keds mulai diproduksi secara massal atau besar-besaran. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan sepatu ini, orang-orang pun mulai menyebutnya sneakers yang berasal dari kata “sneak”.

Sneakers Mendunia

Menurut sejarah, sneakers memang diciptakan pertama kali di kawasan Amerika. Barulah pada tahun 1924, sneakers mulai merambah ke dataran Eropa. Pada tahun tersebut, seorang pria asal Jerman bernama Adolf Dassler menciptakan sneakers yang ia beri nama yang terinspirasi dari namanya sendiri, Adidas.

Kemudian, brand Adidas ini berkembang semakin sukses dan menjadi salah satu brand sepatu olahraga terpopuler di dunia. Bahkan, Adidas juga telah merambah menjadi perusahaan busana olahraga terbesar di Eropa dan terbesar kedua di dunia.

Menjadi Fashion Statement

Meski sudah mendunia sejak sekitar tahun 1924, sneakers baru populer menjadi salah satu fashion item pada tahun 70-an. Hal itu bisa terjadi karena sneakers adalah bagian penting dalam budaya hip hop dan rock and roll.

Selain itu, peran tokoh terkenal dan atlet yang ikut mempromosikan brand sneakers terkemuka di dunia membuat popularitas sepatu ini semakin meningkat. Banyak orang mulai berminat pada sepatu olahraga atau pun sebagai pelengkap penampilan sehari-hari.

Beberapa musisi besar pernah menandatangani kontrak jutaan dollar dengan brand sneakers ternama seperti Nike, Adidas, dan Puma untuk mempromosikan produk mereka. Sampai sekarang pun masih ada sejumlah brand sneakers yang menjadikan selebriti sebagai bagian dari strategi pemasaran, seperti Lil’ Wayne, Kanye West, dan Rihanna.

Sneakerhead

Dulu, sneakers adalah sepatu yang hanya digunakan untuk berolahraga. Namun, seiring perkembangan zaman, sneakers bahkan telah bisa disebut simbol status pemakainya. Jordan, Air Force, Air Max, dan Yeezy hanyalah sebagian kecil dari ribuan model sneakers yang ada di dunia. Perkembangan sneakers yang cukup pesat tersebut kemudian memunculkan orang-orang yang fanatik pada jenis sepatu yang satu ini. Setelah itu, barulah muncul istilah sneakerhead.

Sneakerhead adalah sebutan untuk orang-orang yang memang mencintai dan hobi mengoleksi sneakers. Umumnya, para sneakerhead memakai sneakers sebagai kebutuhan fashion dan melengkapi gaya berbusana mereka.

Tidak sekadar mengoleksi dan memakai, sneakerhead juga kerap memperjualbelikan sepatu edisi khusus atau terbatas kepada sesama sneakerhead. Ada juga yang memodifikasi sepatu ini demi mendapat nilai jual yang lebih tinggi.

Istilah sneakerhead muncul pada tahun 1980-an di Amerika Serikat. Sneakerhead dibagi menjadi dua kelompok, yaitu dari kalangan pecinta olahraga basket dan dari penggemar musik hip hop. Kemudian dalam perkembangannya, sneakers pun semakin populer sampai ke komunitas olahraga skateboarding.

9 Sneakers Keren untuk para Pria

New Balance x Concepts 998 "Boston Marathon"

Sumber gambar solecollector.com

Brand New Balance mencapai puncak kepopulerannya di Indonesia pada tahun 2014. Sepatu produksi Belmont, Massachusetts, Amerika Serikat tersebut adalah salah satu produk unggulan masyarakatnya. New Balance identik dengan karakter sporty yang sangat kental.

Sepatu ini tidak hanya digunakan untuk berolahraga, namun bisa juga dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Desainnya modis dan tidak monoton, menjadikan sepatu ini sebagai salah satu pilihan terbaik sepatu anak muda Indonesia.

Seri sepatu dari New Balance yang kami rekomendasikan untuk Anda, para pria, adalah New Balance X Concepts 998 “Boston Marathon”. Sepatu ini keluar dalam edisi terbatas pada tahun 2016 lalu. Penampilannya sangat cantik dengan memadukan warna putih, abu-abu, dan merah serta disempurnakan dengan polesan warna biru yang apik.

Sesuai namanya, sepatu ini memang terinspirasi dari olahraga lari maraton di Boston. Seri ini mengangkat semangat pantang menyerah dengan tetap mempertahankan kenyamanan dalam melangkah dan berlari yang menyokong struktur kaki Anda. Untuk mendapatkannya, sepatu ini dijual dengan harga USD 220 atau sekitar Rp 1.000.000 di Tokopedia.

Puma - Tsugi Jun Sport Stripes Shoes

Sumber gambar eu.puma.com

Puma adalah brand yang dirintis oleh saudara kandung pemilik Adidas, Adi Dassler, yaitu Rudolf Dassler. Pada awalnya, Adi Dassler dan Rudolf Dassler berkolaborasi mendirikan brand Adidas.

Namun, seiring perkembangannya terdapat perbedaan pendapat di antara keduanya sehingga mereka pun memutuskan untuk menjalankan bisnis sepatu masing-masing. Rudolf pun merintis usaha baru dengan merek “Ruda” yang akhirnya berganti nama menjadi “Puma”.

Rekomendasi sneakers untuk pria dari Puma adalah Puma Tsugi Jun Sport Stripes Shoes. Sneakers dengan desain sporty ini dilengkapi detail neat stitching dari eyelets dengan rubber outsole yang nyaman digunakan. Desainnya urban dengan sock-like construction, membuat sepatu ini semakin nyaman digunakan. Sepatu ini juga memiliki detail retro stripe pada collar yang membuatnya semakin menarik.

Tersedia dalam beberapa warna yaitu Gray Violet, White, Peacoat, dan Ribbon Red. Anda bisa mendapatkan sepatu ini dengan harga sekitar Rp 1.999.999 di Zalora.

Nike Air Max 1 Royal

Sumber gambar news.nike.com

Nike pertama kali didirikan oleh Universitas Oregon yang diprakarsai oleh Philip Knight, seorang atlet lari, dan pelatihnya, Bill Bowerman. Nama “Nike” sendiri diambil dari nama salah satu dewi Yunani yang artinya “kemenangan”.

Rekomendasi sneakers untuk pria dari Nike adalah Nike Air Max 1 Royal yang dapat membuat penampilan Anda terlihat jauh lebih macho dan maskulin. Sepatu yang mengusung warna hitam dipadu warna putih pada bagian sol ini banyak diminati oleh pencinta sepatu ini. Harganya yaitu Rp 2.500.000. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia.

Y-3 Qasa High

Sumber gambar www.sneakerfiles.com

Yohji Yamamoto adalah seorang desainer fashion terkenal yang berasal dari Jepang. Karya-karyanya sangat inovatif. Ia menciptakan merek Y-3 yang merupakan kerjasama dengan Adidas. Yohji Yamamoto juga telah menerima berbagai penghargaan prestisius di dunia fashion, seperti Japanese Medal of Honor, Ordre national du Mente, Royal Designer for Industry, dan Master of Design.

Namanya semakin melambung ketika ia melakukan debut fashion di Paris dengan menciptakan fashion tersendiri yang terinspirasi dari suasana Jepang. Yohji terkenal dengan semangat “avant-garde” di setiap kreasinya. Bahkan, seringkali ia berani menciptakan sebuah rancangan yang jauh dari tren saat itu.

Y-3 Qasa High memiliki pilihan warna hitam dan warna abu-abu. Rajutan utama bagian atas dengan sol karet dan aksen tali elastis di seluruh bagiannya. Sepatu ini membawa kesan macho dan maskulin yang cocok untuk melengkapi penampilan Anda sehari-hari. Y-3 Qasa High dijual dengan harga 5.471.620 di Bobobobo.

BLAX Footwear - Ziden Got Brown

Sumber gambar blaxfootwear.com

Sandi Ardianto, founder dari Blax, menamai brand tersebut dari inspirasi yang diberikan teman-temannya. Sandi memang memiliki warna kulit yang agak hitam sehingga ia kerap dipanggil black. Kemudian, nama tersebut diubah menjadi Blax dan dijadikan nama brandnya.

Brand ke-2 dari Sandi ini memiliki tagline “Langkah Pasti” yang mempunyai filosofi “tidak pernah ragu dalam berkreasi” untuk ikut serta memajukan perekonomian Indonesia dengan cara membuat produk hasil karya pengrajin lokal. Produk utama Blax adalah sepatu yang kemudian akan dikembangkan dengan menjual lebih banyak pilihan produk apparel terutama streetwear.

Rekomendasi sneakers dari Blax yaitu Blax Footwear Ziden Got Brown yang merupakan high cut sneakers berbahan kulit sintetis. Dengan desainnya yang trendy dilengkapi round toe, detail 8 eyelets, dan outsole rubber yang nyaman digunakan, sepatu ini tidak kalah saing dengan produk-produk luar negeri. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp 195.000. Sepatu ini bisa Anda beli di Zilingo.

Adidas NMD

Sumber gambar shop.adidas.co.id

Adidas adalah brand sepatu paling terkenal di dunia yang memulai perjalananya sejak 1920. Industri sepatu yang menjadi cikal bakal Adidas diungkapkan oleh Adolf Dassler dan Rudolf Dassler. Namun, pada satu titik, terjadi perbedaan pendapat yang membuat Rudolf Dassler keluar dari Adidas dan mendirikan sebuah brand sendiri bernama Puma. Adolf Dussler pun melanjutkan bisnis ini seorang diri.

Rekomendasi sneakers dari Adidas adalah Adidas NMD. Warna-warnanya sangat menjadi idola para pria karena memadukan warna hitam, putih, dan warna menyala lain yang kontras namun tetap keren. Sepatu ini berbahan jaring dan bersol karet. Dapat dibeli dengan harga Rp 2.500.000 di shop.adidas.co.id.

Puma x Rise Blaze of Glory "Lost Ones"

Sumber gambar aminoapps.com

Rekomendasi selanjutnya masih dari Puma, yaitu Puma x Rise Blaze of Glory “Lost Ones”. Rilis seri ini menampilkan kulit hitam atas yang dilakukan dalam campuran suede dan mesh yang meliputi midsoles berbintik merah, tab tumit kulit merah, dan tulisan “Lost Ones” pada kunci renda.

Sepatu ini tidak hanya keren, namun memiliki nilai lebih di baliknya. Seri ini diluncurkan khusus untuk mengampanyekan perang terhadap infeksi virus HIV dan AIDS. Sepatu ini bisa Anda dapatkan mulai dari harga USD 145 atau setara dengan Rp 1.900.000 di Grailed.

New Balance 997 Sneakers Shoes

Rekomendasi berikutnya, yaitu New Balance 997 Sneakers Shoes yang sesuai dengan gaya yang akan menjadi tren di sepanjang tahun ini, yaitu normal core. Sepatu dengan model unisex dan tidak mencolok adalah pilihan yang sangat tepat untuk Anda.

Sepatu ini akan dapat terlihat normal dalam berbagai situasi dan tidak akan membuat Anda terlihat seperti salah kostum. Dapatkan New Balance 997 Sneakers dengan harga Rp 1.200.000 di Lazada. Sepatu ini akan membuat penampilan Anda tetap klasik karena berbahan suede premium.

Nike Vapormax – Dark Mushroom

Sumber gambar www.kixify.com

Pada tahun 2018, salah satu gaya yang diprediksi akan populer adalah sepatu dengan warna monokrom dan bentuk sol yang tegas. Warna seperti putih, abu-abu, hitam, dan metalik memberikan kesan futuristik.

Nike Vapormax – Dark Mushroom adalah salah satu pilihan sepatu yang memenuhi kriteria tersebut. Dengan pilihan warna-warna monokrom dan desain yang nyaman, Anda dapat bebas menggunakannya baik untuk olahraga atau pun acara jalan-jalan biasa. Dapatkan sepatu ini dengan harga Rp 2.850.000 kicksonfire.com.

From our editorial team

Pertimbangkan Bujet jika Ingin Membeli Sneakers

Yup, Anda mengaku pencinta sneakers atau sneakerhead? Anda perlu melihat beberapa rekomendasi yang keren-keren pilihan tim BP-Guide di atas. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastinya sesuaikan dengan bujet yang Anda miliki. Jangan sampai hasrat Anda memiliki sneakers menjadikan kantong Anda kempes di awal bulan. Jika memang Anda ingin membeli dengan bujet yang belum memadai, Anda bisa menabung untuk membelinya. Pastikan segala sesuatunya terukur dan terencana.