Komunikasi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik Ini (2020)

Komunikasi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik Ini (2020)

Pada saat seperti sekarang ini, kegiatan belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Untuk itu, Anda membutuhkan alat yang bisa menunjang kegiatan belajar dan bekerja dengan lebih baik. Salah satunya adalah webcam. Untuk produk webcam, kami merekomendasikan merek Logitech yang sudah tidak diragukan lagi. Cek rekomendasinya dari kami segera!

Mengenal Webcam Lebih Dalam

Di masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas bekerja dan belajar banyak dilakukan dari rumah. Sekolah, kuliah, hingga rapat untuk pekerjaan mulai memanfaatkan teknologi terkini agar bisa tetap bertatap muka tanpa bertemu secara langsung. Salah satu alat yang paling dibutuhkan sekarang ini adalah webcam.

Web camera atau yang kerap disingkat webcam merupakan sebuah kamera digital yang bisa dihubungkan ke komputer atau laptop. Webcam akan mengirimkan gambar-gambar secara langsung dari mana pun lokasinya ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan internet.

Dulunya webcam dikenal sebagai barang mahal karena tidak banyak digunakan masyarakat dan fungsinya masih terbatas. Namun, semakin majunya teknologi dan makin tingginya kebutuhan manusia akan webcam membuat produsen banyak membuat webcam dengan aneka fitur menarik dan dengan harga yang terjangkau.

Jenis webcam pun sangat beragam, ada yang dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Fitur-fitur yang umum pada sebuah webcam adalah mikrofon, lampu indikator, kemampuan digeser sesuai keinginan, dan sensor pendeteksi gerakan.

Fungsi webcam sendiri sangat banyak, salah satunya adalah untuk berkomunikasi langsung tanpa harus bertemu. Kita bisa dengan mudah melihat wajah lawan bicara kita dengan webcam melalui beberapa aplikasi seperti Google Meet, Skype, Zoom, Google Hangout, Viber, dan lain sebagainya. Ini tentu sangat berguna untuk kegiatan belajar mengajar di masa seperti sekarang ini.

Fungsi webcam berikutnya adalah untuk konferensi jarak jauh. Ini sangat penting untuk yang bekerja dan misalnya saja sedang berada di luar negeri. Dengan webcam, Anda bisa tetap berkonferensi di mana pun Anda berada dengan bantuan webcam yang terpasang pada gadget Anda.

Cara Menggunakan Webcam

Untuk Anda yang baru saja mengenal webcam atau masih asing dengan alat yang satu ini, tentu wajib tahu cara menggunakannya. Ini supaya Anda bisa lebih mudah mengoperasikannya. Pertama, pastikan bahwa webcam Anda sudah terkoneksi pada komputer atau laptop.

Selanjutnya, tunggu panel pengaturan webcam muncul pada layar komputer. Atur panel yang ada di layar komputer lalu buka pengaturan webcam sesuai kebutuhan. Sesuaikan dengan apa yang Anda inginkan mulai dari resolusi layar, kecepatan internet, dan tingkat cahaya.

Tips Memilih Webcam

Cek Fiturnya

Saat akan membeli sebuah webcam, Anda harus paham betul mengenai fitur bawaannya. Guna mencari fitur yang cocok, sebaiknya sesuaikan dengan tujuan Anda untuk menggunakannya. Dengan begini, maka Anda bisa memilih fitur yang paling pas untuk webcam yang akan Anda beli.

Misalnya saja webcam akan digunakan untuk mengawasi buah hati. Saat Anda pergi atau sedang tidak di rumah, maka Anda bisa tetap melihat aktivitas buah hati Anda. Pilih fitur webcam yang bisa menangkap dengan jelas segala yang terjadi meski dalam keadaan minim cahaya sekali pun. Ini akan sangat berguna, utamanya jika Anda memakai mode malam supaya Anda tahu dengan jelas aktivitas buah hati dan bisa menjamin keamanannya.

Semisal webcam dipergunakan untuk video call, Anda wajib memilih webcam yang memiliki fitur pendukung. Di antaranya adalah mikrofon dan speaker. Kedua fitur tersebut akan bikin Anda dan lawan bicara Anda lebih nyaman dan bisa berkomunikasi dengan lebih lancar.

Pilih Kualitas Gambarnya

Pastikan memilih webcam berdasarkan kualitas gambarnya. Untuk menentukan kualitas gambar yang bagus, ada beberapa aspek yang harus dicek seperti jumlah piksel maksimal, frame rate, dan sudut pandang. Dengan kualitas gambar yang bagus, maka Anda bisa memanfaatkan webcam dengan lebih maksimal.

Aspek pertama untuk menentukan bagus tidaknya gambar adalah pikselnya. Makin tinggi pikselnya maka tentu makin jernih gambar yang dihasilkan. Namun, perlu diingat webcam tidak sama dengan kamera digital. Untuk webcam, makin tinggi pikselnya artinya semakin besar jumlah data yang dikirim melalui jaringan.

Resolusi pada sebuah webcam tidak sebesar resolusi pada kamera biasa. Umumnya, webcam memiliki resolusi kamera sebesar 2 megapiksel. Kendati demikian, meski resolusinya lebih kecil dari itu, webcam sudah menampilkan hasil yang cukup bagus.

Aspek selanjutnya yang mendukung gambar pada webcam adalah frame rate. Makin tinggi frame rate yang dimiliki maka video yang dihadirkan juga makin halus dan makin indah. Kendati demikian, kualitas gambar tergantung pada spesifikasi komputer, internet, dan lainnya. Setidaknya, Anda membutuhkan frame rate sekitar 30 fps atau lebih untuk menghasilkan video yang jernih.

Terakhir, sudut pandang juga bisa menjadi aspek yang tepat untuk menentukan bagus tidaknya webcam tersebut. Makin luas sudut pandangnya maka makin luas area yang bisa tertangkap. Akan lebih tepat jika sudut pandangnya luas, apalagi jika webcam digunakan sebagai kamera pengintai.

Pertimbangkan Lensa dan Sensor

Jangan lupa untuk mempertimbangkan lensa dan sensor saat memilih webcam. Umumnya untuk lensa, ada lensa yang fixed dan tidak bisa diganti namun ada juga lensa yang kacanya bisa diganti-ganti fokusnya. Namun, makin tingginya aktivitas yang memerlukan lensa, maka makin banyak juga orang yang membutuhkan webcam dengan kemampuan lensa yang bisa diubah fokusnya meski harganya jauh lebih mahal.

Sensor juga menjadi salah satu fitur yang wajib diperhatikan saat memilih webcam. Fungsi sensor adalah untuk mengubah cahaya menjadi gambar digital. Ada 2 sensor pada sebuah webcam yakni CMOS dan CCD. Keduanya sama namun memiliki sedikit perbedaan. Bedanya adalah sensor CCD memiliki sensitivitas cahaya yang cukup tinggi. Selain itu, dynamic range dari sensor CCD juga lebih lebar. Ini membuat video yang dihasilkan akan lebih baik.

Sesuaikan dengan Bujet

Pastikan webcam yang Anda beli sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Umumnya webcam yang terjangkau memiliki kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 1 juta. Sementara, untuk webcam dengan harga menengah ke atas bisa kisaran Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

Tentu saja harga webcam akan sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Lihat kebutuhan Anda dan pastikan membeli yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu beli yang terlalu mahal jika dengan webcam harga terjangkau Anda sudah bisa mendapatkan fitur yang Anda butuhkan. Dengan begini, bujet Anda bisa tetap aman hingga akhir bulan.

Ini Dia Rekomendasi Webcam Logitech Terbaik

Logitech C922 Pro Stream Webcam

Logitech C922 Pro Stream Webcam merupakan produk yang bisa jadi pilihan. Ada fitur automatic low light correction yang diunggulkan dari produk yang satu ini. Fitur tersebut bisa memaksimalkan proses streaming dan perekaman. Gambar dan video yang dihasilkan begitu jernih karena resolusinya cukup tinggi yakni 1080 piksel pada 30 fps.

Fitur lain yang menarik dari produk yang satu ini adalah adanya 2 buah mikrofon yang menempel pada webcam. Mikrofon ini bisa menangkap suara dari berbagai arah dengan kejernihan tinggi. Warna dan cahaya yang dihasilkan lebih kaya meski Anda berada pada ruangan dengan cahaya yang minim. Webcam ini juga dibekali fitur color correction untuk membuat gambar jadi lebih tajam.

Harga Rp. 1.465.000-2.300.000

Logitech C310

Berikutnya, Anda bisa melirik Logitech C310 sebagai webcam andalan. Produk yang satu ini hadir dengan clip universal. Ini membuatnya bisa digunakan untuk berbagai alat mulai dari komputer, laptop, LCD, kamera, dan lain sebagainya. Fitur webcam yang satu ini cukup lengkap. Mulai dari penerangan otomatis, hingga adanya mikrofon. Fitur antinoise membuat suara yang dihasilkan lebih jernih dan jelas tanpa terganggu suara berisik di sekitar.

Ada juga fitur koreksi cahaya sehingga gambar dan video yang dihasilkan begitu tampak alami dan cerah. Kualitas video juga berjalan mulus karena frame rate-nya 30fps.

Harga Rp. 466.830-899.990

Logitech C270 HD

Logitech C270 HD bisa jadi pilihan selanjutnya. Webcam yang satu ini cocok untuk para YouTuber. Ini karena kualtias gambar dan videonya benar-benar sangat mempesona. Anda bisa mendapatkan gambar dengan resolusi 720p High Definition.

Ada fitur koreksi cahaya otomatis sehingga bisa menampilkan kesan yang alami dan jelas meski Anda berada dalam ruangan yang minim cahaya. Mikrofon pada produk ini dilengkapi fitur noise-reducing. Hal ini untuk memastikan suara Anda terdengar jelas bahkan jika Anda berada dalam lingkungan yang bising.

Harga Rp. 555.000-750.000

Logitech B525

Desain Logitech B525 tentu sangat mengagumkan bagi yang pertama melihatnya. Produknya bisa dilipat sehingga tampak sangat ringkas. Fiturnya lengkap dan pastinya kualitasnya juga bagus sehingga membuat produk yang satu ini jadi incaran banyak orang.

Ada universal mounting clip sehingga Anda bisa mudah memasangkannya pada gadget yang Anda inginkan. Kualitas videonya HD 1080p yang ditangkap 30 frame per detik jadi bisa menghasilkan gambar yang cerah walaupun cahaya sekitarnya redup. Produk ini cocok untuk para pebisnis karena bisa mudah terintegrasi dengan LifeSize, Vidyo, Zoom, Broadsoft, dan lainnya.

Harga Rp. 667.000-1.150.000

Logitech C920 HD Pro

Anda tidak bisa melewatkan Logitech C920 HD Pro. Produk yang satu ini hadir dengan Snapdragon 732G demi kelancaran penggunaan. Produk ini juga menghasilkan sebuah konten video dengan resolusi 1080p. Desainnya keren dan canggih sehingga bikin siapa saja tertarik untuk memilikinya. Produk juga dilengkapi dengan fitur auto focus. Bagian mikrofonnya pun bisa mengurangi kebisingan sehingga suara yang dihasilkan lebih jelas dan lebih jernih.

Harga Rp. 1.750.000-5.206.000

Logitech BCC950

Logitech BCC950 menjadi produk yang tidak bisa Anda lewatkan. Webcam menarik yang satu ini mudah untuk di-install di mana saja. Produk ini bisa menghasilkan Video HD dan audio yang jernih. Cakupan videonya juga luas sehingga cocok untuk konferensi maupun untuk kamera pengintai.

Produk yang satu ini juga dilengkapi dengan footprint dan kamera setinggi pandangan mata. ini membuat webcam sangat cocok untuk Anda yang memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Bagian mikrofonnya memiliki noise-cancelling dan omni-directional sehingga bisa membuat suara dan anggota lainnya terdengar dengan jelas bahkan hingga yang berjarak 2 meter sekali pun.

Harga Rp. 4.000.000-7.769.000

Logitech C930e

Logitech C930e ini juga bisa jadi pilihan selanjuntya. Webcam yang satu ini hadir dengan resolusi yang tinggi yakni 1080 piksel. Ada juga teknologi H.264 yang membuat webcam bisa menjaga ukuran file hasil dari recording agar tetap kecil tanpa mengurangi kualitas video.

Dengan alat ini, Anda bisa melakukan video call dengan lebih memuaskan. Audio yang dihasilkan juga bagus dan jernih. Sudut pandangnya mencapai 90 derajat sehingga nyaman digunakan untuk konferensi.

Harga Rp. 2.180.000-4.357.000

Logitech C615 HD Webcam

Jangan lewatkan untuk memiliki Logitech C615 HD Webcam. Produk yang satu ini bisa bisa memberikan gambar yang maksimal dan berkualitas HD. Meski harganya terjangkau, namun kualitasnya tidak akan mengecewakan. Ini karena ada resolusi 1080 piksel dengan frame rate 30fps yang bisa membuat hasil gamar dan video lebih indah.

Produk ini dapat diputar 360 derajat untuk mengakomodasi sudut mana pun. Ada juga fitur autofocus yang cepat dan mulus untuk menjaga sosok Anda tetap fokus. Desain webcam ini begitu indah sehingga Anda mudah membawanya ke mana saja tanpa ribet. Bagian mikrofonnya memiliki fitur peredam bising sehingga Anda bisa mendengarkan suara dengan lebih jernih.

Harga Rp. 1.250.000-2.625.000

Logitech C170

Logitech C170 juga merupakan produk andalan selanjutnya. Ini adalah webcam yang dibanderol dengan sangat terjangkau dan cocok untuk Anda yang sedang bokek. Produk ini hadir dengan resolusi video VGA (640 x 480 p) dan XVGA (1024 X 768 p). Kamera web yang satu ini hadir dengan teknologi Logitech Fluid Crystal. Berkat adanya teknologi tersebut maka Anda bisa membuat video berjalan lebih mulus dan menghasilkan gambar yang jernih dan berwarna tajam.

Harga Rp. 260.000-1.694.000

Logitech BRIO ULTRA HD PRO WEBCAM

Logitech BRIO ULTRA HD PRO WEBCAM menjadi produk berikutnya untuk Anda. Produk yang satu ini cocok untuk konferensi video, streaming, atau perekaman video. Fiturnya sangat banyak dan bisa memuaskan Anda. Ada kamera 4K ultra high-def premier yang akan menghadirkan 5 kali digital zoom, frame rate tinggi, kinerja low-light terbaik, dan HDR terbaik.

Webcam yang satu ini juga memiliki resolusi 1080p dengan frame rate 30 fps sehingga video yang dihasilkan lebih indah. Ada juga fitur kontrol cahaya sehingga hasilnya akan lebih baik meski dalam kondisi ruangan yang terlalu redup.

Harga Rp. 4.677.000-6.790.000
From our editorial team

Pastikan Webcam Mudah Dipasang

Saat membeli webcam, Anda harus memperhatikan faktor pemasangannya, apakah cukup mudah dipasang langsung atau perlu menggunakan alat bantu. Anda juga harus mempertimbangkan apakah webcam yang akan dibeli bisa dipasang tanpa menggunakan kabel supaya semakin praktis.