Suka Berburu Kuliner Enak? Ini 10 Rekomendasi Street Food Murah di Jakarta!

Suka Berburu Kuliner Enak? Ini 10 Rekomendasi Street Food Murah di Jakarta!

Bicara soal makanan memang tidak ada habisnya. Buat Anda pemburu kuliner murah, BP-Guide akan memberikan rekomendasi street food yang murah dan enak di area Jakarta. Yuk, simak apa saja daftarnya!

Jakarta Punya Banyak Street Food Murah dan Enak yang Wajib Dicoba

Sebagai kota metropolitan, Jakarta menghadirkan berbagai hal yang bisa dinikmati, mulai dari mal-mal besar lengkap dengan bioskop dan permainan, gemerlap lampu-lampu kota, hingga kuliner jalanan yang tak kalah menariknya.

Meskipun berada di pinggir jalan dengan harga sangat bersahabat di kantong, street food Jakarta memiliki citra rasa yang lezat dan mampu bersaing. Pilihannya juga ada banyak, untuk memanjakan lidah Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berburu Street Food

Harga Makanan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli street food adalah harganya. Agar kantong tidak jebol, atau malah tekor, cek dulu harga makanan yang mau Anda beli.

Untuk mengecek harga makanan street food di suatu tempat, Anda bisa bertanya langsung kepada penjualnya, atau melihat harganya di papan menu.

Keramaian Pengunjung

Jika Anda baru mau pertama kalinya mencoba suatu street food, dan Anda bingung apakah jajanan di sana enak. Atau, jika di suatu kawasan ada pedagang menjual makanan yang sama, dan Anda bingung mana yang enak.

Oleh karena itu, Anda bisa melihat jumlah pembeli. Tempat makan yang enak biasanya ramai pembeli. Kalau tempatnya sepi, bisa jadi karena kurang enak atau mahal.

Kebersihan Tempatnya

Santapan yang higienis akan berpengaruh terhadap kesehatan, terutama kesehatan pencernaan Anda. Jadi, perlu Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah tempat makan Anda terjaga kebersihannya.

Anda bisa melihat bagaimana kebersihan gerobak, serta lingkungan tempat makan. Pilihlah lokasi warung yang jauh dari TPA atau selokan, walaupun pengunjungnya ramai. Juga, sebaiknya Anda lap dulu peralatan makan dengan tisu.

Bahan Makanan yang Digunakan

Sebelum membeli dan terlanjur mengonsumsinya, sebaiknya Anda memastikan apa bahan makanan yang digunakan oleh penjual. Ini penting untuk mencegah risiko yang tidak Anda inginkan. Beberapa bahan makanan mungkin menjadi pantangan bagi Anda. Beberapa makanan juga mungkin mengandung bahan yang kurang baik bagi kesehatan, seperti MSG.

Pesan Secukupnya

Jangan sampai Anda memesan terlalu banyak makanan, namun ujung-ujungnya tidak sanggup menghabiskannya. Sayang banget kan, makanannya jadi mubazir?

Anda bisa menanyakan berapa besar porsi yang dihidangkan. Jika terlalu banyak, pesanlah setengah porsi. Jika Anda boleh mencicipi terlebih dahulu, maka Anda bisa memastikan apakah Anda benar-benar suka dengan rasanya.

Rekomendasi Street Food Enak dan Murah di Jakarta

Food Fighters

Anda bingung mencari tempat nongkrong murah meriah di Jakarta Selatan? Cobalah pergi ke Food Fighters yang berlokasi di Blok M Square. Tempat makan ini berdekatan dengan Fave Hotel. Di sini, ada banyak menu makanan dengan nama-nama unik, seperti Manohara, Mie Chio, Judas Kitchen, dan masih banyak lagi. Kisaran harga makanannya di bawah Rp 50 ribuan!

Bakso Pak Kumis Blok S

Bagi Anda penggemar bakso, sudahkah Anda datang ke Bakso Pak Kumis yang terletak di Blok S, Jaksel ini? Bakso Pak Kumis ini telah berdiri sejak tahun 1987 dan menjadi inisiator kumpulnya para pedagang kaki lima di Blok S, loh!

Ada beberapa pilihan bakso yang tersedia dengan kuah yang kental dan lezat. Menariknya, di sini Anda bisa meracik bumbu sendiri untuk bakso yang Anda pesan. Harganya berkisar dari Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

Gulai Tikungan Blok M

Sesuai dengan namanya, Gulai Tikungan alias Gultik ini memang terletak di tikungan, tepatnya tikungan Jalan Bulungan dan Mahakam. Tempat makan ini tampak sederhana, namun tidak dengan menu-menu gulai yang dihadirkannya.

Gulai di sini menggunakan beberapa bagian sapi, seperti tetelan, jeroan, dan daging yang empuk. Kuah santannya pun terasa nikmat dan membuat ingin nambah berkali-kali. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 10 ribuan.

Nasi Uduk Kebon Kacang

Sebagai makanan khas Betawi, Anda mungkin bisa dengan mudahnya menemukan nasi uduk di Jakarta. Namun, jika Anda mau tahu tempat nasi uduk yang ngetop, datanglah ke Nasi Uduk Kebon Kacang yang telah berdiri sejak 1960 ini.

Tak hanya menawarkan cita rasa yang gurih, Nasi Uduk Kebon Kacang ini juga memberikan pilihan lauk mulai dari ayam, tempe, jeroan, dan sebagainya. Harganya berkisar antara Rp 15 ribu sampai Rp 40 ribu.

Roti Bakar Eddy

Roti bakar termasuk jajanan street food yang mainstream. Saking banyaknya yang jual roti bakar, mungkin Anda sampai bingung milih outlet yang mana. Jika begitu, cobalah Roti Bakar Eddy yang legendaris ini.

Roti Bakar Eddy adalah karya dari Eddy Supardi sejak tahun 1971. Bermula dari Blok M, sekarang telah banyak cabangnya di Jakarta. Penasaran, bukan? Untuk harganya, berkisar dari Rp 15 ribu sampai Rp 25 ribu.

Nasi Goreng Kebon Sirih

Salah satu outlet nasi goreng legendaris yang patut Anda coba adalah Nasi Goreng Kebon Sirih yang sudah ada sejak tahun 1958. Bahkan kini sudah ada cabang-cabang lain selain di Jalan Kebon Sirih.

Di sini, menu utamanya adalah Nasi Goreng Kambing. Jika Anda tidak suka kambing, Anda bisa memesan menu lain. Nasi goreng yang dijual di sini memiliki rasa khas yang kaya akan rempah-rempah. Harganya mulai dari Rp 19 ribuan.

Warteg Warmo

Warteg atau Warung Tegal sangat khas akan harganya yang murah meriah namun mengenyangkan. Salah satu warteg melegenda di Jakarta adalah Warteg Warmo. Di sini, Anda bisa makan beraneka macam masakan.

Hebatnya, Warteg Warmo ini buka selama 24 jam. Dengan membayar seharga mulai dari Rp 13 ribuan, Anda bisa mengisi perut hingga kenyang di warteg legendaris ini.

Seafood Mulyono 94

Seafood Mulyono 94 ini berlokasi di Gunung Sahari. Tempat makan ini selalu ramai setiap hari. Namun, Anda tak perlu khawatir menunggu lama karena pedagangnya sangat cekatan.

Di sini, Anda bisa memilih berbagai macam hidangan mulai dari cumi, udang, kerang, dan ikan. Harganya mulai dari Rp 20 ribuan, dan jadikanlah tempat ini sebagai tempat nongkrong asyik bersama teman.

Mie Ayam Gondangdia

Jika Anda merupakan pecinta mie ayam, masukkanlah mie ayam Gondangdia ini ke dalam daftar kuliner Anda. Mie ayam ini sudah berdiri sejak 1968, dan masuk punya banyak penggemar hingga saat ini.

Mie ayam Gondangdia telah bertahun-tahun menghadirkan mie ayam dengan cita rasa yang lezat dan khas. Anda hanya perlu merogoh kocek dengan harga mulai dari Rp 20 ribuan.

Martabak San Fransisco

Bermula di Bandung, gerai Martabak San Francisco ini sudah berdiri sejak tahun 1967. Sekarang, Anda bisa menemukannya di Jakarta. Di kedai ini, tersedia martabak manis dan juga martabak telur.

Untuk martabak manis, tersedia berbagai variasi lengkap dengan topping kekinian. Sementara untuk martabak telur, Anda bisa memilih martabak yang menggunakan telur bebek atau telur ayam. Harganya mulai Rp 50 ribuan, tapi porsinya besar, dan bisa Anda nikmati bersama dengan yang lain.

Seblak Jeletet Murni

Anda merupakan penggemar makanan pedas? Anda patut memasukkan Seblak Jeletet Murni ke dalam daftar kuliner yang ingin dicoba. Dilihat dari penampilannya saja, bisa bisa Anda menelan ludah karena warnanya yang merah menyala.

Seblak di sini juga tersedia dengan berbagai varian topping, seperti ceker, bakso, makaroni, dan masih banyak lagi. Dengan harga mulai Rp 20 ribuan, Anda bisa mendapatkan satu porsi seblak yang sangat cocok untuk menghangatkan perut.

Pujasera Blok S

Meskipun jalanan Senopati begitu ramai dan terlihat mahal, namun ada kawasan tersembunyi yang menjajakan street food murah meriah, yaitu di Pujasera Blok S yang berada tepat setelah lapangan Blok S.

Pada hidden gems di Senopati ini, Anda bisa menemukan beraneka macam makanan, mulai dari ayam goreng, nasi goreng, sate-sate, dan makanan lainnya dengan harga mulai Rp 10 ribuan.

Bubur Ayam Barito

Di Jl. Gandaria Tengah III, terdapat tempat makan yang buka setiap hari mulai pukul 7 malam. Namanya Bubur Barito. Di sini Anda bisa menyantap bubur ayam sambil menikmati pemandangan kota Jakarta.

Bubur ayam di sini memiliki tekstur yang sangat lembut dan dilengkapi dengan banyak topping. Harga Bubur Ayam Barito ini juga masih sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 15 ribuan saja.

Kuliner Pecenongan

Di Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, Anda bisa menemukan beraneka macam jajanan pinggir jalan, baik siang maupun malam. Namun, semarak kuliner akan terasa lebih meriah pada malam hari.

Jika Anda sedang berada di Jakarta, sempatkanlah untuk datang ke sini. Tempat ini merupakan surga kuliner karena terdapat berbagai macam jajanan, mulai dari seafood, Chinese food, dan banyak lagi. Harganya pun bersahabat, mulai Rp 20 ribuan saja.

Sate Ayam Kambing RSPP

Di daerah Blok M, tepatnya persis di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina, ada Sate Ayam Kambing yang sangat melegenda. Tempat ini pun akrab dengan nama Sate Ayam Kambing RSPP.

Dengan harga mulai dari 17 ribuan, Anda bisa mendapatkan sate dengan potongan daging yang besar-besar. Daging ayamnya empuk dan daging kambingnya tidak berbau. Bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Kuah kacangnya juga sangat nikmat.

From our editorial team

Jadi, Mau Coba yang Mana Dulu Nih?

Gimana, sangat menggoda selera bukan rekomendasi street food dari BP-Guide di atas? Yuk, segera buat daftar tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi. Biar lebih seru, ajak juga rekan kerja atau sahabat ya!