Mau ke Raja Ampat? Nggak Perlu Ribet Kalau Kamu Pakai 5 Tour Raja Ampat Ini!

Mau ke Raja Ampat? Nggak Perlu Ribet Kalau Kamu Pakai 5 Tour Raja Ampat Ini!

Saking jauhnya dari kota-kota besar di Indonesia, Raja Ampat kadang bikin keki kalau kamu udah niat mau berlibur ke sana. Tapi jangan khawatir, BP-Guide punya rekomendasi 5 tour Raja Ampat yang bakal memudahkan kamu untuk menikmati liburan di sana. Yuk cek aja langsung di bawah ini!

Wisata Alam yang Sejuk dan Masih Terjaga Keasliannya di Ujung Timur, Tour Raja Ampat

Setelah sekian lama seakan tersisihkan, wilayah Indonesia bagian timur mulai menggeliat dan memamerkan pesona mereka dengan berbagai resources pariwisatanya. Salah satu yang paling terkenal di antaranya adalah Raja Ampat.

Praktis saat ini tidak ada yang tidak kenal Raja Ampat. Destinasi wisata yang terletak di Papua Barat ini telah terkenal hingga tingkat internasional. Keindahan alam lautnya jarang ada yang menandingi. Terbukti dengan telah begitu banyaknya penghargaan yang menghampirinya.

Penghargaan terakhir yang diterima Raja Ampat adalah dari Dive Magazine. Majalah diving dari Inggris ini menobatkan Raja Ampat sebagai spot diving terbaik di dunia. Pencapaian tersebut tentunya berkat kesigapan pemerintah dan operator swasta yang selalu siap menjaga keaslian dan keasrian alamnya, sehingga pengunjung yang melakukan Tour Raja Ampat akan selalu terkesan karenanya

Tempat Wisata Saat Tour Raja Ampat

Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan. Lokasi ini berada di wilayah administrasi kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Ada empat pulau utama di Raja Ampat, yaitu Pulau Batanta, Pulau Misool, Pulau Waigeo, dan Pulau Salawati. Ada berbagai spot menarik di wilayah tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.

Perairan Pulau Misool

Selain pulaunya yang sangat sedap dipandang mata, perairan pulau Misool juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Kawasan pantai Pulau Misool merupakan paduan antara hutan bakau yang sejuk dan pantai yang indah. Kamu bisa berjalan-jalan di hamparan pasir putihnya yang lembut sambil menatap birunya laut. Dan laut di sini sangatlah bening, hingga Kamu tidak perlu menyelam untuk menikmati keindahan penghuninya.

Kepulauan Pianemo

Sumber gambar www.journeyera.com

Kepulauan Pianemo berada dalam satu wilayah dengan pulau Waigeo. Masyarakat setempat menyebut kepulauan Pianemo sebagai ‘Wayag Kecil,’ karena memiliki keindahan alam dan gugusan batuan karst yang setara dengan yang dimiliki pulau Wayag yang telah sangat terkenal di dunia itu. Perbedaannya hanyalah bahwa semuanya jauh lebih kecil ukurannya dibanding dengan keadaan di Wayag.

Gugusan pulau karang kecil, berpadu dengan laut yang biru dan sangat bening, membuat kawasan ini surga bagi para pemburu keindahan alam. Untuk mengelilingi tempat ini disarankan untuk mulai berjalan-jalan di pagi hari. Dan jangan lupa membawa kamera terbaik kamu.

Cape Kri

Sumber gambar postimg.org

Cape Kri adalah titik penyelaman yang wajib Kamu kunjungi saat berada di Raja Ampat. Wilayah ini berada di kawasan Pulau Kri, Desa Yenbuba, Distrik Meos Mansar, satu wilayah dengan pulau Waigeo, Kabupaten Raja Ampat.

Titik penyelaman di Cape Kri terkenal memiliki koleksi biota laut yang sangat lengkap. Ada lebih dari 450 spesies terumbu karang, ribuan jenis ikan, dan 6 spesies kura-kura akan menyambut kamu. Berbagai peninggalan perang dunia ke-2 yang telah menjadi terumbu karang akan menambah keindahan dan pengalaman diving kamu.

Desa Saporken

Sumber gambar www.tripadvisor.co.id

Selain wisata bahari yang sangat memesona, Raja Ampat juga memiliki wisata alam bebas yang tak kalah menariknya. Di desa Saporken, pulau Waigeo bagian selatan, Kamu bisa menikmati keindahan alam dan fauna langka burung cendrawasih.

Seperti di Sawingrai (pulau Gam), di Saporken Kamu bisa menyaksikan burung cendrawasih merah dan cendrawasih Wilson. Burung ini hanya muncul di pagi hari. Kamu diharapkan tidak memakai wewangian pada saat ingin menyaksikannya, karena burung ini sangat sensitif dengan bebauan.

Puncak Harfat Jaya

Salah satu spot yang paling tepat untuk menyaksikan pemandangan Raja Ampat dari ketinggian adalah puncak Harfat Jaya. Lokasi ini terletak di pulau Misool bagian selatan. Puncak Harfat (diambil dari nama pasangan suami-istri yang pertama kali membuat home stay di tempat ini, Harun dan Fatma Sapua), menawarkan wisata alam seperti hiking atau trekking, menjelajahi alam hingga berakhir di puncak Harfat Jaya untuk menyaksikan panorama alam Raja Ampat dari puncaknya.

5 Tour untuk Kamu Coba di Raja Ampat

Dengan akomodasi sendiri, Kamu bisa berkunjung ke Raja Ampat kapan saja. Namun begitu, jika kamu tidak ingin repot mengurus segala hal terkait akomodasi dan penentuan spot-spot yang ingin kamu kunjungi, ada beberapa daftar tour yang bisa kamu ikuti.

Raja Ampat Holidays

Salah satu travel agent yang telah berpengalaman mengelola tur di Raja Ampat adalah Raja Ampat Holidays. Travel agent ini akan melayani segala kebutuhanmu selama berlibur di Raja Ampat, dari liburan keluarga, outing, reuni, atau company gathering.

Ada empat paket wisata Raja Ampat yang ditawarkan oleh Raja Ampat Holidays: Paket 3D2N Pianemo Tour Raja Ampat, Paket 4D3N Pianemo Tour Raja Ampat, Paket 4D3N Wayag Raja Ampat, dan Paket 5D4N Misool Tour Raja.

Secara umum, fasilitas yang disediakan adalah transportasi dari Sorong-Waisai PP, akomodasi (makan 3x plus makanan ringan, teh, kopi, air putih), speedboat tour, Raja Ampat PIN entrance, handuk, dan pajak pemerintah 10%. Fasilitas tidak termasuk tiket penerbangan, pengeluaran pribadi, tips pemandu, diving, porter, serta penyewaan alat diving.

Biaya per orang berkisar antara Rp 4.000.000-an hingga Rp 9.000.000-an. Kamu bisa memesannya melalui Email RajaAmpatHolidays@gmail.com atau WA/CALL/SMS 082344114466.

Bayu Buana Travel Services - Raja Ampat Package Tour

Sumber gambar www.bayubuanatravel.com

Salah satu operator yang sangat berpengalaman melayani tour Raja Ampat adalah Bayu Buana Travel Service. Travel agent yang telah berdiri sejak 1972 ini hanya menyediakan satu paket tur ke Raja Ampat, yaitu Paket 4D3N Raja Ampat Paradise Tour.

Fasilitas yang bisa kamu dapatkan adalah akomodasi mobil di Sorong dan Waisai (ber-AC), tiket ferry ekspres PP, penginapan di Raja Ampat (2 malam, plus 1 malam di Sorong), makan dan minum selama dalam tour, speedboat, pelampung, boks P3k, dan Pemandu. Fasilitas tidak termasuk tiket pesawat , makan-minum di luar jadwal tur, serta kegiatan diving dan perlengkapannya. Biaya per orang adalah Rp. Rp 8.770.000. (semakin banyak yang ikut, maka biaya akan semakin murah).

Pemesannya bisa melalui www.bayubuanatravel.com atau melalui telepon 62-21-23509999.

Pamitran Tours - Raja Ampat Tour Package

Sumber gambar pamitrantours.com

Salah satu alternatif bagus jika kamu ingin tour ke Raja Ampat adalah dengan melalui Pamitran Tours. Travel agent ini menyediakan 7 paket wisata ke Raja Ampat: Paket 4D3N Utara Raja Ampat, Paket 7D6N Utara Raja Ampat, Paket 10D9N Utara Raja Ampat, Paket 5D4N Misool Raja Ampat, Paket 4D3N Wayag Raja Ampat, Paket 4D3N Pianemo Raja Ampat, serta Paket 4D3N Wayag & Pianemo Raja Ampat.

Fasilitas paket wisata termasuk kapal, speedboat, makan-minum, air mineral, dan transfer bandara. Biaya per orang berkisar antara Rp 5.000.000-an hingga Rp 14.000.000-an. Untuk keterangan lebih lanjut kamu bisa menghubungi telepon +62274 520545 (Mobile / WA: +62 811 263 7768) atau bisa melalui website www.pamitrantours.com.

Kakaban Trip - Fun Raja Ampat Trip

Sumber gambar www.instagram.com

Kakaban trip merupakan travel agent yang memiliki spesialisasi tour wisata di wilayah Indonesia bagian timur. Hanya ada satu paket wisata Raja Ampat yang diselenggarakan oleh Kakaban trip: 5D4N Raja Ampat Trip ( penjelajahan kawasan Pianemo, Teluk Kabui, Wayag dan Arborek).

Paket wisata telah termasuk tiket pesawat PP (dengan Lion Air), kapal, speedboat, penginapan, retribusi spot wisata, makan-minum (3kali), island hoping, serta pemandu wisata lokal. Sementara itu untuk selam dan snorkeling kamu harus mengeluarkan biaya sendiri.

Biaya paket ini antara Rp 7.000.000-an hingga Rp 9.000.000-an. Kamu bisa memesan melalui telepon (021) 8370 3157 (Mobile / WA: 081 211 888 999 , 081 588 121 55) atau dengan mengunjungi situsnya di www.kakabantrip.com.

Deni Malingkas’ Raja Ampat Adventures

Sumber gambar www.stayrajaampat.com

Deni Malingkas’ Raja Ampat Adventures bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin tour ke Raja Ampat dengan penuh kenyamanan. Kamu akan mengelilingi raja Ampat di atas kapal mewah yang dilengkapi kapal selam mini untuk menikmati keindahan Raja Ampat dari dasar laut.

Tour ini menyediakan dua paket wisata: Paket Raja Ampat liveaboard 8 day Dampier Strait/Wayag dan Paket Raja Ampat liveaboard 10 day Dampier Strait/Wayag. Paket termasuk transfer hotel-kapal di Sorong, fasilitas kamar di kapal, makan-minum, serta penyewaan alat selam. Sementara itu untuk tiket penerbangan, tips kru, biaya izin memasuki wilayah Marine Raja Ampat tidak termasuk dalam fasilitas.

Biaya per orang antara Rp 20.000.000-an hingga Rp 25.000.000-an. Kamu bisa memesan melalui telepon atau WA di 62 81354001932 atau melalui situs website www.stayrajaampat.com.

Tips Berlibur Saat Tour Raja Ampat

Setelah kamu memilih travel agent yang cocok, saatnya untuk mempersiapkan diri. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar liburanmu ke Raja Ampat selalu menyenangkan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Membawa Sunblock

Karena kamu akan berwisata di daerah yang penuh dengan sinar matahari, maka kamu harus siap dengan benda-benda yang bisa melindungimu dari teriknya sang surya, seperti topi dan, utamanya, sunblock.

Kamu bisa menikmati Raja Ampat tanpa perlu takut kulit terbakar atau tanpa perlu membungkus diri dengan jaket rapat, rahasianya adalah sunblock. Lotion sunblock akan melindungi kulitmu selama berjam-jam bermain di bawah teriknya hari. Karena kamu akan banyak bermain di air, pilihlah sunblock yang tahan air. Sehingga di mana pun aktivitasmu, kulitmu akan tetap sehat dan segar tanpa khawatir radiasi matahari.

Siapkan Kamera dengan Casing Underwater

Ke Raja Ampat sampai kelupaan kamera adalah disaster. Terlalu banyak keindahan yang mestinya bisa kamu abadikan akhirnya menghilang percuma. Oleh karena itu, persiapkan kamera terbaikmu. Selain kamera reguler, bawalah action camera seperti GoPro, karena kamera ini bisa kamu ajak memotret di bawah air. Selain itu, bawa selalu baterai cadangan –karena tidak asyik kalau kamu sedang mendapat pemandangan indah, namun baterai kamera kamu satu-satunya habis setrumnya.

Cari Infromasi Spot Cantik Terlebih Dahulu

Karena ada terlalu banyak keindahan di Raja Ampat, maka kamu perlu membuat prioritas spot mana saja yang wajib kamu kunjungi, sehingga liburanmu menjadi efektif namun juga mengesankan. Selain spot diving yang berjibun; jika kamu ingin berwisata pantai, ada beberapa yang direkomendasikan, seperti Pantai Aborek, Pantai Cemara, Pantai Waisai Torang Cinta, Pantai Waiwo, Pantai Yeben. Semua itu tersebar di beberapa pulau utama seperti Pulau Batanta, Misool, Salawati, dan Waigeo.

From our editorial team

Tak lagi khawatir tentang apapun jika sudah ikut paket tour

Mempersiapkan sendiri segala hal yang berkaitan dengan liburan ke Raja Ampat memang melelahkan, karena itu, pilihan terbaikmu adalah ikut paket tour. Tenang saja, kamu tak perlu takut kalau liburanmu jadi tak seru, sebab paket-paket yang kami rekomendasikan di atas menyediakan keseruan yang nggak bakal kamu lupakan!

Tag