10 Kebaya Wisuda Modern untuk Tampil Istimewa Saat Wisudamu

10 Kebaya Wisuda Modern untuk Tampil Istimewa Saat Wisudamu

Selain digunakan untuk acara bernuansa adat, kebaya juga banyak digunakan untuk wisuda. Kebaya yang memiliki karakteristik anggun dan cantik sepertinya dianggap sesuai untuk dipakai di momen wisuda yang istimewa. Pemilihan kebaya yang tepat pasti akan membuat momen wisudamu menjadi tak terlupakan.

Sedang Mempersiapkan Keperluan Wisuda? Kebaya Modern Bisa Menjadi Pilihan

Bagi mahasiswa, wisuda adalah momen yang ditunggu kedatangannya. Pada saat ini, kelulusan seorang mahasiswa diresmikan di depan teman, keluarga, dosen, bahkan dambaan hati. Momen ini biasanya menjadi saat terakhir mahasiswa bertemu dengan teman-teman dan dosennya.

Untuk itu banyak mahasiswa yang mempersiapkan diri agar bisa tampil secara maksimal di hari yang istimewa. Persiapan ini bahkan sudah dilakukan beberapa bulan sebelumnya. Salah satu yang dipersiapkan adalah busana wisuda. Bagi mahasiswi, busana wisuda yang biasa dikenakan adalah kebaya, terutama kebaya dengan desain modern. Kebaya memang dapat menciptakan penampilan yang anggun dan menawan saat wisuda. Mahasiswi berhijab pun banyak yang memilih kebaya sehingga tidak monoton dalam penampilan. Kebaya yang dipilih diusahakan agar tetap sesuai syariat Islam.

Tips Tampil Sempurna Saat Wisuda dengan Kebaya Modern

Momen wisuda adalah saat yang istimewa yang ditunggu kehadirannya oleh mahasiswa. Karena istimewa, pemilihan kebaya untuk dipakai saat wisuda pun harus yang istimewa pula. Namun perhatikan beberapa hal sebelum membeli kebaya agar bisa tampil sempurna saat wisuda.

Pilih Kebaya dengan Bahan yang Menyerap Keringat

Pilihlah kebaya berbahan katun. Bahan ini dapat menyerap keringat dan lebih nyaman dikenakan. Saat ini banyak sekali kebaya modern berbahan katun yang tidak saja nyaman dikenakan namun juga memiliki beragam model.

Selain itu, kamu juga bisa memilih kebaya dengan bahan yang halus. Kebaya berbahan halus membuat tubuh tampak ramping dan juga ringan saat dikenakan. Kamu pun akan tampak cantik saat wisuda.

Apabila kamu memilih kebaya berbahan yang transparan seperti brokat dan disertai dengan lapisan, pilihlah lapisan dalam kebaya yang menyerap keringat. Jika lapisan dalam ini tidak menyerap keringat, kebaya akan terasa panas dan gatal saat dipakai.

Hindari Penggunaan Kebaya yang Tidak Sesuai Ukuran

Kamu perlu mencocokkan kebaya dengan warna kulit dan bentuk tubuh. Bentuk tubuh yang berbeda-beda tentu memerlukan bentuk kebaya yang berbeda juga. Untuk wanita bertubuh gemuk, pilih kebaya yang pas dengan ukuran tubuh, namun jangan terlalu ketat. Perhatikan pula bentuk leher kebaya. Wanita bertubuh gemuk sebaiknya jangan memilih kebaya dengan leher berbentuk V. Bagian dada akan lebih terlihat dan bagian pundak justru tertutup semua. Kebaya berwarna gelap juga bisa dipilih wanita bertubuh gemuk untuk menampilkan kesan tubuh yang lebih langsing.

Sedangkan untuk wanita yang berbadan kurus, hindarilah kebaya yang terlalu besar atau longgar. Penampilanmu pasti akan terlihat aneh. Kenakan kebaya dengan siluet di bagian pinggang. Kamu juga bisa memakai kemben agar tampak cantik dan tubuh terlihat lebih berisi.

Pilih Motif Kebaya yang Sederhana

Pemilihan motif kebaya cenderung ditujukan untuk wanita bertubuh gemuk. Para mahasiswi yang memiliki tubuh gemuk atau berisi disarankan untuk tidak memilih kebaya yang memiliki banyak motif, manik-manik, atau payet. Kebaya seperti ini membuat tubuh terlihat lebih besar karena banyaknya hiasan pada kebaya. Motif yang dipilih sebaiknya yang berukuran kecil agar tubuh tampak ramping.

Bergaya Modis dengan Baju Wisuda Modern yang Cantik

Kebaya dengan Detail Pita di Bagian Pinggang yang Anggun

Sumber gambar id.pinterest.com

Saat ini sudah banyak model kebaya yang memiliki tambahan pita pada bagian pinggang. Hal ini memang bertujuan untuk mempermanis penampilan pemakai dan membuat kebaya tampak berbeda dan modern. Pita yang digunakan biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan berkilau seperti polyester dan satin.

Jika kebaya yang dibeli tidak memiliki hiasan pita, kamu bisa berkreasi membuat pita sendiri. Bahan dan alat yang diperlukan adalah kain yang agak tebal, gunting, pita satin yang lebar, mutiara, manik-manik, jarum dan benang jahit, gelas atau sejenisnya, dan pensil atau spidol.

Cara membuatnya adalah seperti ini. Taruh permukaan gelas di atas kain dan jiplak untuk membuat pola ikat pinggang. Potong kain tersebut mengikuti pola yang telah dibuat. Jahit dan rangkai manik-manik dan mutiara pada pinggiran kain berbentuk bulat tersebut sesuai selera. Ukurlah pita satin sesuai lingkar pinggang kemudian potong sesuai ukuran tersebut. Namun, akan lebih indah jika ukuran pita dilebihkan agar dapat menjuntai layaknya kupu-kupu. Tempelkan kain yang telah dipasang mutiara dan manik-manik di tengah pita dan jahitlah keempat sisinya agar menempel kuat.

Jika tidak sempat membuat pita untuk kebaya, beli saja kebaya dengan detail pita yang sudah jadi di Tokopedia. Kebaya ini berbahan brokat dengan furing pinggang karet. Dilengkapi dengan pita berwarna emas. Dijual dengan harga Rp 86.000.

Kebaya dengan Detail Obi yang Istimewa

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hiasan lainnya yang bisa kamu tambahkan di baju kebaya adalah obi. Obi adalah sehelai kain yang digunakan untuk mengikat kimono dan keikogi (seragam karate). Obi pada kebaya berfungsi menampilkan lekuk tubuh sehingga tampak lebih indah. Warna obi beragam sehingga mudah disesuaikan dengan warna kebaya.

Ada beberapa jenis dan model obi yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap kebaya. Pertama ada obi dengan lipatan yang mengarah dari atas ke bawah. Jenis obi ini seringkali ditambahkan pin sebagai aksesori tambahan. Kedua adalah obi selendang. Perhatikan penampilan para peserta kontes kecantikan yang biasanya menggunakan semacam selendang. Kamu bisa mencontoh pemakaian selendang tersebut untuk dijadikan model obi pada kebaya. Selanjutnya ada obi pita. Jenis ini yang paling sering dipakai karena bentuknya simpel dan minimalis. Selain itu, posisi ikatan juga bisa berada di depan, samping, sedikit ke atas, atau ke bawah.

Salah satu contoh kebaya dengan obi adalah produk kebaya yang satu ini. Model kebaya berukuran all size ini tidak seperti model kebaya pada umumnya karena memiliki bentuk kerah bulat sehingga terlihat lebih modern. Semakin cantik pula karena dilengkapi dengan obi. Kebaya berbahan brokat ini dibanderol dengan harga Rp 220.000 di Tokopedia.

Tea Dress Brokat Modern

Sumber gambar ragamfashion.com

Tidak semua mahasiswi menyukai kebaya dan kain ala Indonesia. Untuk kamu yang ingin mengenakan busana lain selain kebaya, maka bisa memilih tea dress modern. Gaun seperti ini bisa dibuat hingga mencapai lutut. Bahan brokat biasanya dipilih untuk gaun tea dress sehingga terlihat cantik. Brokat juga cocok untuk acara formal seperti wisuda. Warna-warna lembut seperti merah muda, peach, atau hijau tosca dan lainnya bisa kamu pilih agar terlihat anggun.

Kamu bisa membeli salah satu produk tea dress di Tokopedia. Bagian atas gaun menggunakan bahan renda berwarna putih yang sangat feminin dengan bagian bawah gaun yang berwarna peach. Aksen pita pada gaun membuat pemakainya semakin manis. Kamu bisa membeli gaun ini dengan harga Rp 75.000.

Kebaya Model Peplum

Sumber gambar www.rumahmodedewi.com

Kini berkembang pula kebaya model peplum yang modis dan modern. Kebaya model peplum memiliki lipatan di bagian bawahnya sehingga terlihat mengembang. Bagi wanita bertubuh gemuk, kebaya peplum bisa menyamarkan perut. Sedangkan untuk yang berbadan kurus, kebaya peplum dapat membuat tubuh terlihat lebih berisi. Paduan yang tepat untuk kebaya peplum yang panjangnya sampai paha ini adalah rok span atau kain yang pas di tubuh. Hasilnya, kamu akan terlihat cantik dan elegan dengan perpaduan busana tersebut.

Coba saja kebaya model peplum yang satu ini. Berbahan brokat hijau, kebaya ini juga tampil modern karena bentuk lehernya yaitu leher sabrina. Cocok dipakai jika kamu memiliki bentuk bahu yang indah. Ukuran yang tersedia adalah S, M, dan L. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 380.000.

Kebaya Kutu Baru yang Modis dan Modern

Sumber gambar id.pinterest.com

Jika beberapa pilihan kebaya di atas adalah kebaya modern, pilihan selanjutnya adalah kebaya yang sejak dahulu sudah dikenakan wanita Indonesia yaitu kebaya kutu baru. Saat ini kebaya kutu baru muncul lagi dengan bermacam warna dan model yang modern.

Kebaya kutu baru adalah model kebaya khas Jawa yang memiliki ciri khas kerah yang jatuh lurus hingga ujung kain. Kebaya kutu baru biasa dilengkapi dengan selendang yang dipasang di bagian pundak. Padukan pula dengan kain songket atau rok span yang senada dengan kebaya.

Salah satu produk kebaya kutu baru bisa ditemukan di grosirkebaya.com. Di sini kamu bisa membeli kebaya kutu baru berbahan katun. Terdapat detail bordir yang cantik berwarna kuning emas pada kebaya ini. Ukuran yang tersedia adalah M, L, XL, XXL, dan XXXL. Harganya adalah Rp 95.000.

Kebaya Panjang Berbahan Renda yang Feminin

Sumber gambar www.bajugamisku.com

Bahan renda juga banyak dipilih sebagai bahan kebaya. Bahan renda memiliki kesan mewah. Kebaya berbahan renda akan membuat pemakainya tampak elegan sekaligus feminin. Kebaya cantik pada gambar di atas berbahan sutra thailand dengan aksen renda prada dan tule. Bawahannya terbuat dari sutra thailand dengan kombinasi tule. Tersedia dalam 3 varian warna yaitu ungu, merah, dan hijau tosca. Ukuran baju adalah one size yang muat hingga ukuran M. Jika menginginkan kebaya ini, kamu bisa membeli di bajugamisku.com dengan harga Rp 145.000.

Kebaya Berwarna Hitam Nan Elegan

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kebaya berwarna hitam dapat menciptakan penampilan yang anggun. Warna hitam yang cukup netral tentu bisa dipadukan dengan warna lainnya. Salah satunya adalah kebaya hitam ini. Kebaya ini memiliki aksen bordir bunga berwarna merah muda dan putih sehingga terkesan manis. Bahannya menggunakan katun sehingga nyaman dikenakan. Leher kebaya berbentuk persegi sehingga bagian dada dan bahu terlihat seimbang. Ukuran yang tersedia adalah S. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 349.000.

Kebaya dengan Leher Berbentuk V untuk Wanita Bertubuh Gemuk

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi kamu yang bertubuh cukup berisi, disarankan untuk mengenakan busana dengan leher berbentuk V. Model leher baju ini bisa memberikan kesan leher yang jenjang dan ramping. Model kebaya berleher V bisa kamu peroleh di Tokopedia. Kebaya seharga Rp 700 ribu ini memiliki detail payet sebagai hiasannya. Pada kainnya terdapat aksen bordir sehingga terlihat lebih cantik. Kenakan kain atau rok polos sebagai penyeimbang kebaya berwarna biru yang sudah memiliki detail payet ini.

Kebaya Model Sabrina dengan Sentuhan Modern

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mengikuti tren busana saat ini, kebaya pun sudah dimodifikasi menjadi kebaya model sabrina. Kebaya semacam ini menonjolkan keindahan leher dan bahu pemakainya. Terlihat feminin sekaligus juga modern.
Kamu bisa membeli salah satu produk kebaya model sabrina di Tokopedia. Kebaya ini berlengan pendek dan terbuat dari bahan tule dengan detail payet di seluruh kebaya. Warna pilihannya sangat beragam, yaitu krem, cokelat, putih, moka, hijau tua, biru elektrik, biru turkish, hitam, oranye, pink, merah, pink dusty, mint, tosca, gold, ungu muda, dan ungu tua. Ukurannya adalah S, M, L, dan XL. Harganya hanya Rp 175.000.

Kebaya Bernuansa Emas yang Mempesona

Sumber gambar idemodelkebayamodern.com

Warna emas untuk kebaya akan menciptakan kesan memukau. Apalagi jika bahan yang digunakan adalah bahan brokat, pasti akan bertambah elegan. Misalnya adalah kebaya yang satu ini. Bagian atas kebaya menggunakan bahan brokat sedangkan bagian bawahnya menggunakan bahan sifon dan satin. Cocok sekali jka dipakai untuk acara wisuda. Ukuran yang tersedia adalah M dan dijual dengan harga Rp 160.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Memakai Kebaya Sesuai dengan Kepribadian Membuatmu Terlihat Lebih Enak Dipandang

Selain ukuran, pemilihan kebaya juga harus didasarkan dengan kepribadian. Salah satu pilihan kebaya di atas tentu ada yang sesuai dengan kepribadianmu. Hal ini penting agar kamu nyaman memakainya. Kenakan juga riasan yang alami dan tahan lama karena acara wisuda biasanya berlangsung seharian.