10 Rekomendasi Termometer Digital Untuk Mengukur Suhu Tubuh Secara Akurat (2022)

10 Rekomendasi Termometer Digital Untuk Mengukur Suhu Tubuh Secara Akurat (2022)

Naiknya suhu tubuh bisa menjadi gejala awal penyakit tertentu. Untuk itulah diperlukan termometer digital agar Anda bisa mengetahui suhu tubuh secara akurat. Temukan rekomendasi termometer digital sesuai kebutuhan hanya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Termometer Adalah Alat Serbaguna yang Penting Buat Anda

Demam membuat suhu permukaan tubuh Anda terasa lebih panas saat disentuh. Dalam memastikan apakah suhu tubuh Anda lebih panas daripada suhu normal, Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan termometer.

Jika Anda mengetahui secara pasti bahwa suhu tubuh Anda atau keluarga Anda berada di atas atau di bawah suhu normal, maka Anda bisa dengan segera mengambil tindakan. Ini akan bermanfaat demi keselamatan.

Termometer yang Bisa Digunakan Untuk Mengatur Suhu Tubuh

Termometer Digital

Termometer digital dibuat dengan teknologi yang lebih modern untuk mengukur suhu tubuh. Di bagian ujungnya terdapat sensor yang bekerja membaca suhu tubuh saat Anda meletakkannya di lidah atau ketiak. Alat pengukur suhu tubuh ini dapat menunjukkan hasil secara cepat dan akurat. Termometer digital ini juga tersedia dapat beragam bentuk dan berbagai ukuran.

Termometer Telinga

Sesuai dengan namanya, termometer telinga digunakan untuk mengukur suhu bagian dalam telinga. Pada alat ini, terdapat sinar infrared yang akan membaca panas di dalam telinga. Anda perlu meletakkan alat ini di lubang telinga dengan benar, tidak terlalu ke dalam dan tidak terlalu ke luar. Pastikan Anda sudah membersihkan cairan telinga dan tidak mengalami infeksi telinga.

Termometer Air Raksa

Termometer air raksa ini berbentuk tabung panjang nan ramping dengan air raksa di dalamnya. Terdapat titik-titik angka penanda suhu. Volume air raksa di dalam tabung dapat berubah dengan cepat menyesuaikan suhu tubuh. Namun, termometer ini sudah mulai dilarang penggunaannya demi menghindari paparan merkuri yang berbahaya untuk tubuh.

Termometer Dahi

Termometer dahi termasuk ke dalam termometer modern atau termometer digital. Alat ini menggunakan sinar inframerah dalam membaca suhu. Anda cukup memosisikan sensor inframerah alat ini ke arah kening, agar sensornya dapat membaca panas yang keluar dari kepala. Anda bisa melihat hasil pengukuran suhu lewat angka yang tertera di layar alat ini.

Termometer Empeng

Sumber gambar www.jakartanotebook.com

Termometer yang satu ini didesain dengan bentuk seperti empeng atau dot karena alat ini memang dirancang khusus untuk digunakan oleh bayi maupun balita. Serupa halnya dengan empeng atau dot, Anda dapat mengukur suhu tubuh dengan memasukkannya ke dalam mulut si kecil. Namun, penggunaan alat ini terbilang cukup sulit karena bayi sulit diam beberapa saat.

Fitur yang Harus Ada di Termometer Digital

LED Backlight

Adanya LED backlight pada indikator layar termometer digital Anda akan mempermudah Anda membaca hasil pengukuran. Terutama saat Anda berada pada ruangan yang kurang pencahayaan.

Indikator Baterai

Indikator baterai pada termometer akan mencegah kehabisan daya baterai secara mendadak. Karena pasti tidak mengenakkan jika Anda sedang butuh mengukur suhu, tapi layar tetiba kedap-kedip akibat lowbat.

Waterproof

Pada umumnya termometer akan bersentuhan dengan orang sakit. Maka untuk menjaga kebersihannya, Anda perlu mencucinya. Fitur waterproof akan membuatnya lebih awet saat Anda membersihkannya.

Rekomendasi Termometer Digital Untuk Mengukur Suhu Tubuh Anda

Omron Termometer Digital MC-720

Termometer ini akan mengeluarkan bunyi beep yang panjang saat hasil pengukuran suhu muncul pada layar. Namun, Anda tak perlu khawatir membangunkan orang, karena alat ini juga dapat diatur ke dalam mode silent. Produk ini juga dapat menampilkan hasil dari pengukuran sebelumnya, sehingga Anda dapat membandingkan pengukuran suhu yang sudah dilakukan.

Harga Rp. 600.000-750.000

Beurer FT 65 Multi Functional Thermometer

Termometer keluaran Jerman ini hadir dengan garansi hingga 5 tahun. Garansi yang cukup panjang. Termometer ini didesain dengan bentuk yang nyaman untuk digenggam, sehingga dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Layarnya juga cukup besar supaya angka hasil pengukuran suhu tubuh pun dapat dengan mudah dibaca.

Harga Rp. 500.000-700.000

Onemed ThermoONE Alpha 1

Barangkali Anda sering melihat merek Onemed pada produk alcohol sanitizer. Onemed juga memproduksi termometer lho. Termometer digital dari Onemed ini memiliki fitur memori untuk menyimpan pengukuran terakhir. Pembacaan suhu juga lumayan lama, yaitu 60 detik. Ada juga fitur mati otomatis jika alat ini tidak digunakan selama 10 menit, sehingga menghemat baterai.

Harga Rp. 15.000-35.000

Omron Thermometer Digital MC-246

Termometer suhu tubuh digital dari Omron ini dapat membaca suhu tubuh dalam satuan Celcius ataupun Fahrenheit. Jadi Anda tak perlu repot-repot mengkonversi. Alat ini juga menyimpan data pengukuran terakhir sebagai bahan perbandingan suhu tubuh saat ini dan sebelumnya. Kelebihan lainnya adalah produk ini water resistant sehingga aman jika terkena air.

Harga Rp. 45.000-70.000

Puremed Thermometer Infrared

Termometer dari Thermogun ini memiliki tiga warna lampu latar yang akan berubah sesuai dengan suhu tubuh. Canggih ya? Anda pun dapat mengetahui Anda demam atau tidak hanya dengan melihat warna layar yang muncul saja. Lampu LED-nya juga akan memudahkan Anda melihat hasil pengukuran. Termometer ini dapat digunakan dengan menempelkannya ke dahi.

Harga Rp. 270.000-400.000

MIISOO Thermometer Digital Infrared Gun

MIISOO Thermometer Digital Infrared Gun ini memiliki sensor infrared untuk mengukur suhu tubuh, sehingga memudahkan Anda hanya perlu menempelkannya pada permukaan tubuh. Anda dapat mengatur mode pemakaian mengukur suhu bagian terluar atau permukaan bagian dalam. Dengan LED backlight, hasil pengukuran pun jadi terlihat lebih jelas. Alat ini dapat membaca dalam satuan C atau F.

Harga Rp. 100.000-300.000

Onehealth Digital Thermometer DT-01

Onehealth Digital Thermometer ini dapat membaca suhu tubuh dalam 1 menit, dengan ketepatan akurasi 0,1. Dengan layar LCD dan bunyi suara saat pengukuran selesai, Anda akan mudah mengukur suhu tubuh dengan alat ini. Anda dapat menggunakannya dalam rongga mulut recta dan bawah ketiak. Alat ini juga memiliki fitur memori sehingga Anda bisa melihat hasil pengukuran suhu sebelumnya.

Harga Rp. 20.000-50.000

Sinocare Infrared Thermometer AET-R1D1

Termometer dengan sensor infrared ini dapat mengukur suhu dengan jarak 15-50 mm dari dahi, sehingga memudahkan Anda mengukur suhu anak kecil. Termometer ini akan mengukur suhu badan dalam jangka waktu 1-3 detik. Dengan kapasitas memori hingga 32 hasil pengukuran, termometer digital dari Sinocare ini sangat praktis digunakan untuk seluruh anggota keluarga.

Harga Rp. 100.000-250.000

Rossmax Termometer Digital TG380Q

Termometer Digital Rossmax TG380Q hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mengukur suhu badan. Waktu yang sangat ringkas untuk mengukur suhu badan, terlebih bagi Anda yang kesulitan mengukur suhu anak-anak. Level keakuratannya juga tergolong tinggi, dengan satuan ukur Celcius dan Fahrenheit. Alat ini memiliki ujung yang elastis, waterproof, auto shut off, dan terdapat indikator baterai lemah.

Harga Rp. 50.000-150.000

Microlife MT 200 Digital Thermometer

Ujung termometer ini dilapisi emas demi mengurangi risiko alergi pada kulit yang sensitif. Sebuah inovasi yang menarik, terlebih jika Anda menggunakan termometer ini untuk mengukur suhu tubuh bayi yang notabene kulitnya masih sensitif. Selain itu, alat ini memiliki masa garansi yang berlaku seumur hidup! Jadi semakin percaya untuk menggunakan termometer digital ini?

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Sediakan Termometer Digital di Rumah Untuk Antisipasi Keluarga yang Sakit

Demam bisa menyerang kapan saja lho. Untuk itulah diperlukan termometer digital agar bisa dilakukan tindakan pencegahan lain jika suhu tubuh terus naik. Pilih produk termometer digital yang paling pas untuk Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas, lalu simpan dalam kotak P3K di rumah ya!

Tag