Kuku Tetap Cantik dengan 10 Rekomendasi Merek Kutek Kuku Halal untuk Salat (2022)

Kuku Tetap Cantik dengan 10 Rekomendasi Merek Kutek Kuku Halal untuk Salat (2022)

Bagi sebagian besar perempuan muslim mengenakan kutek mungkin menjadi hal yang agak ribet. Karena, kebanyakan produk kutek akan menghalangi air saat akan wudu sehingga banyak yang mengenakan kutek saat masa haid saja. Tapi, saat ini ternyata ada lho merek-merek kutek yang tetap bisa Anda gunakan meskipun sedang tidak haid. Yuk, simak sampai selesai!

Kutek Halal, Apa Bedanya?

Di zaman modern ini, kutek halal semakin diburu oleh wanita muslim. Sebenarnya, apa sih yang membuat kutek kuku halal berbeda dibanding kutek yang biasa? Apakah benar kutek kuku halal bisa dipakai untuk salat?

Bukan hanya berlabel halal, kutek kuku halal biasanya juga berbeda dari segi penyerapannya terhadap air. Kutek kuku halal tidak menghalangi air wudu untuk bisa masuk ke dalam kulit maupun kuku.

Pada umumnya, kutek yang biasa beredar di pasaran akan membentuk lapisan yang tidak tertembus air, termasuk air wudhu. Hal inilah yang membuat wudu menjadi tidak sah jika wanita memakai kutek untuk sholat.

Namun, lain halnya dengan kutek halal, air wudhu tetap bisa menembus lapisan kutek dan masuk ke pori-pori kulit dan sela-sela kuku, sehingga wudhu menjadi tetap sah meski kuku dihiasi oleh kutek.

Sebagian besar kutek halal terbuat dari bahan utama yang disebut polimer. Bahan ini memiliki sifat bisa ditembus oleh air dan oksigen sehingga kutek dengan bahan polimer ini juga dianggap tidak akan menghalangi air wudu.

Ciri-ciri Kutek Halal

Jika Anda termasuk salah satu yang sedang mencari kutek kuku halal, maka Anda perlu mengetahui ciri-ciri yang biasa ada pada kutek kuku halal.

Hal ini sangat penting untuk menghindari Anda mendapatkan kutek kuku yang mengklaim produknya halal, namun pada kenyataannya air wudu tidak bisa menembus lapisannya. Berikut ini beberapa ciri-ciri kutek kuku halal yang cukup mudah untuk diamati, yaitu:

Bahan Dasar Kutek Kuku Halal

Ciri pertama dari kutek halal adalah dibuat dengan bahan dasar polimer yang diolah dengan teknologi khusus. Bahan polimer ini tidak hanya membuat kutek bisa ditembus oleh air, melainkan juga bisa ditembus udara.

Hal ini membuat kutek berbahan dasar polimer juga sering disebut sebagai kutek breathable. Tidak hanya itu, kutek kuku halal wajib tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan bagi umat muslim, seperti kandungan hewan maupun khamr.

Lapisannya Mudah Menyerap Air

Meski tampilan yang dihasilkan pada kuku bisa jadi sama saja, namun kutek kuku halal mudah menyerap air. Anda bisa mengetahuinya dengan cara menyiramkan air pada kuku yang sudah dilapisi kutek.

Jika Anda merasakan sensasi dingin dan segar saar kuku disiram air, artiknya kutek kuku yang dipakai mudah menyerap air sehingga kuku di bawah lapisan kutek pun terkena air.

Tekstur dan Aromanya Berbeda dari Kutek Biasa

Kutek kuku halal tidak mudah menggumpal atau mengental. Hal ini dikarenakan polimer yang menjadi elemen utama dalam pembuatan kutek kuku halal tidak mudah menggumpal. Bahkan sebaliknya, kutek kuku halal cenderung memiliki tekstur lembut dan tidak lengket.

Karena teksturnya yang ringan ini pula ditambah bahan kutek kuku halal yang bisa menyerap udara secara menyeluruh, kutek kuku halal cenderung cepat mengering setelah diaplikasikan. Tidak hanya itu, kutek kuku halal memiliki aroma yang berbeda jika dibandingkan dengan kutek kuku biasa.

Hal ini dikarenakan kutek kuku halal tidak mengandung alkohol sehingga aromanya pun tidak menyengat seperti kutek kuku biasa yang banyak beredar di pasaran.

Memiliki Sertifikat Halal

Walaupun kutek kuku halal dianggap bisa digunakan untuk sholat, akan lebih baik jika Anda memperhatikan apakah kutek kuku tersebut telah memiliki sertifikasi halal. Adanya sertifikasi halal bisa menjamin bahwa kutek kuku tersebut benar-benar mengandung bahan-bahan yang muslim friendly saja, tanpa kandungan hewan yang diharamkan maupun khamr yang juga haram untuk muslim.

Tidak Merusak Lapisan Alami Kuku

Seperti yang kita ketahui, memakai kutek kuku terlalu sering bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan kuku maupun tubuh secara umum. Dampak negatif yang bisa terjadi, misalnya, kuku bisa berubah warna menjadi kuning, kuku menjadi rapuh sehingga mudah patah.

Bahkan lebih ekstrim lagi penggunaan kutek kuku terlalu sering bisa merusak kesehatan organ dalam. Hal ini dikarenakan di dalam kutek kuku terkandung banyak sekali bahan kimia, serta bahan pembuatan kuku akan menutup lapisan kuku sehingga kuku dan kulit di sekitarnya akan sulit untuk ‘bernapas’.

Hal ini berbeda dengan kutek kuku halal, yang biasanya juga disebut sebagai breathable nail polish. Kutek kuku jenis ini masih menyediakan rongga untuk kuku yang tertembus udara dan air.

Dalam penelitian yang dilakukan pada percobaan pembuatan kutek kuku halal ini, ditemukan bahwa ketika selembar kertas diolesi kutek kuku halal, lalu diteteskan air di atas permukaannya, terbukti bahwa kertas tetap basah yang menunjukkan lapisan kutek tidak menghalangi masuknya air ke kertas.

Maka, bisa dianalogikan pada kuku yang menggunakan kutek kuku halal, kuku akan tetap bisa bernapas sehingga kuku dan kulit sekitarnya bisa lebih terjaga kesehatannya.

Rekomendasi Merek Kutek Kuku Halal untuk Salat

Inglot O2M Breathable Nail Enamel

Inglot O2M Breathable Nail Enamel adalah produk yang bisa dibilang sebagai pelopor kutek halal di dunia. Bahan-bahannya yang revolusioner, dimana air dan udara dapat menembus lapisan kutek, serta bahan khusus highly advanced polymer membantu untuk menjaga kesehatan kuku.

Pigmen warna kutek ini terbilang kuat sehingga bisa menghasilkan warna kuku yang cantik dan menarik. Inglot O2M Breathable Nail Enamel dibuat tanpa 4 bahan berbahaya, yaitu Toluene, Formaldehyde, Dibutyl phthalate dan Camphor.

Harga Rp. 185.250-398.000

Zahara Breathable Nail Polish

Zahara Breathable Nail Polish adalah kutek halal dan tembus air buatan Perancis yang mendapatkan sertifikasi kehalalannya dari Arab Saudi. Kemampuan tembus oksigen dan airnya telah melalui uji laboratorium sehingga Anda bisa memakainya untuk sholat dengan lebih tenang.

Kutek kuku halal ini juga diformulasikan dari bahan-bahan yang bebas dari 10 bahan berbahaya serta tidak diujicobakan pada hewan. Cepat kering saat diaplikasikan dan tahan lama hingga 14 hari membuat produk ini sangat layak untuk Anda pilih.

Harga Rp. 172.950-307.000

MS Glow Nail Polish

MS Glow Nail Polish bisa menjadi solusi bagi Anda yang masih meragukan apakah kutek kuku halal bisa dipakai untuk sholat. Kutek kuku ini telah tersertifikasi halal serta sudah mengantongi izin BPOM, bisa dengan mudah di peel off tanpa perlu kutek remover sebelum Anda wudhu.

Meski begitu, MS Glow Nail Polish ini juga diformulasikan dengan bahan-bahan yang membuat partikel air serta udara dapat terserap ke bawah permukaan kutek, sehingga kuku akan tetap sehat, bersih dan bisa dipakai untuk sholat.

Harga Rp. 29.999-100.000

Madame Gie Nail Shell Peel Off

Madame Gie Nail Shell Peel Off adalah pilihan lain kutek kuku buatan Indonesia. Tersedia dalam banyak pilihan warna yang menarik sehingga Anda bisa bebas memilih sesuai dengan tema tampilan yang Anda inginkan.

Bahan dasar kutek kuku ini adalah gel sehingga warnanya tidak mudah retak. Jika Anda ingin wudhu, Anda bisa mengelupas kutek ini dengan mudah tanpa sisa sehingga wudhu Anda bisa sah untuk melaksanakan ibadah.

Harga Rp. 6.000-40.000

Maya Cosmetics Nail Polish

Maya Cosmetics Nail Polish merupakan kutek kuku halal yang telah tersertifikasi 100% breathable, bisa ditembus air dan vegan. Diformulasikan dengan komposisi bebas dari 9 bahan berbahaya, yaitu Formaldehyde, Formaldehyde resin, Toluene, DBP (Dibutyl Phthalate), Camphor Xylene, Ethyl Tosylamide, Parabens, dan Acetone.

Jika Anda ingin menggunakan kutek kuku Maya Cosmetic ini untuk sholat, Anda disarankan untuk hanya mengoleskan 1 lapis kutek saja di permukaan kuku. Anda juga bisa menambahkan top coat jika dirasa perlu.

Harga Rp. 285.000-346.000

Emina Water Based Nail Polish

Emina Water Based Nail Polish bisa menjadi kutek kuku halal lokal lain yang bisa menjadi pilihan. Kutek kuku yang berbahan dasar air ini breathable dan dapat ditembus air hingga ke permukaan kuku.

Kutek kuku Emina Water Based Nail Polish tidak akan membuat kuku menguning ataupun rapuh. Tersedia dalam banyak warna-warna yang lucu, kutek ini mudah untuk dikelupas saat akan wudhu maupun saat ingin mengganti ke warna lainnya. Praktis sekali, kan?

Harga Rp. 15.000-31.000

Vivre Breathable Nail Polish

Vivre Breathable Nail Polish adalah kutek kuku halal buatan USA. Produk ini sudah tersertifikasi halal, yang sudah terdaftar juga di ISWA (Islamic Society of Washington).

Vivre Breathable Nail Polish juga mengandung vitamin C, B5 dan minyak argan, serta teruji laboratorium bisa tertembus air. Oleh karena itu, tidak hanya membuat kuku menjadi cantik, kutek kuku ini juga menutrisi kuku agar tetap terjaga kesehatannya.

Vivre Breathable Nail Polish ini juga cepat kering dan bebas dari 10 bahan berbahaya, seperti Formaldehyde, Formaldehyde Resin, Dibutyl Phthalate, Toluene, Camphor, TPHP, Paraben, Xylene, Ethyl Tosylamide dan Lead.

Harga Rp. 249.000-342.000

Nailberry L'oxygene Breathable Halal Nail Polish

Nailberry L’oxygene menyajikan koleksi kutek kuku breathable yang bisa tertembus udara serta kelembapan. Kutek kuku ini tahan lama dan memberi warna yang pekat berkilau, serta dibuat dengan bahan-bahan bebas dari 12 bahan berbahaya, vegan, cruelty free, gluten free dan bersertifikat halal.

Sertifikasi halal untuk Nailberry L’oxygene sesuai dengan peraturan International Halal Integrity Alliance yang merupakan bagian dari Islamic Chamber of Commerce & Industry (ICCI). Maka, Anda tidak perlu khawatir kuku akan rusak jika menggunakan kutek kuku halal yang satu ini.

Harga Rp. 315.000-415.000

Minevital Breathable Nail Enamel

Minevital Breathable Nail Enamel adalah kutek kuku halal produksi Turki. Kutek yang mengklaim wudhu-friendly ini terbuat dari bahan yang memungkinkan air untuk berpindah dari satu sisi lapisan kutek ke lapisan lainnya (breathable, water permeable).

Namun, proses ini terjadi di tingkat molekuler dan tidak bisa dilihat oleh mata. Meski telah teruji halal dan wudhu-friendly, Anda disarankan untuk tidak mengoles kutek kuku ini lebih dari 3 lapis.

Selain itu, sebagai bentuk kehati-hatian, Anda juga disarankan untuk mengusap-usap bagian kuku selama lebih dari 10 detik saat wudhu untuk memastikan air wudhu telah meresap hingga ke pori-pori kulit dan kuku yang tertutup kutek sehingga wudhu yang Anda lakukan sah untuk sholat.

Harga Rp. 39.920-160.200

Amara Nail Polish

Amara Nail Polish merupakan kutek kuku yang mudah dikelupas tanpa perlu remover atau aseton. Kutek kuku ini tidak akan membuat kuku rusak karena kemampuannya menyerap air dan oksigen.

Warnanya mengkilat setelah diaplikasikan dan tidak beracun sehingga aman digunakan oleh semua orang, bahkan anak-anak sekalipun. Tersedia dalam banyak warna yang menarik yang pasti disukai oleh anak-anak.

Harga Rp. 15.700-48.900
From our editorial team

Pastikan untuk Tidak Terlalu Banyak Mengoleskan Kutek

Sekalipun produk-produk kutek yang direkomendasikan BP-Guide bisa ditembus air, namun Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terlalu tebal saat mengoleskan kutek. Sebisa mungkin untuk menekan air beberapa detik pada bagian kuku yang diolesi kutek agar air dapat masuk secara merata.

Tag