10 Rekomendasi Kado Ultah untuk Anak Cowok yang Edukatif dan Menghibur (2020)

10 Rekomendasi Kado Ultah untuk Anak Cowok yang Edukatif dan Menghibur (2020)

Menjelang hari ulang tahun si jagoan kecil, orang tua pasti sibuk menyiapkan kado untuknya. Jangan sembarang memberi kado, pastikan kado buat anak cowok kesayangan bisa mendidik sekaligus menghibur. Simak rekomendasi kado apa saja yang bisa kamu berikan padanya melalui artikel BP-Guide berikut ini.

Orang Tua Tentu Ingin Memberikan yang Terbaik Saat Anak Berulang Tahun

Sumber gambar thriftyfun.com

Orang dewasa dan anak-anak memaknai ulang tahun secara berbeda. Bagi orang dewasa, ulang tahun bukan lagi sesuatu yang harus disambut dengan meriah. Berbeda dengan anak-anak yang menganggap bahwa ulang tahun adalah momen selebrasi di hidup mereka yang harus dirayakan dengan berbagai macam hal.

Tidak harus mewah memang, tetapi ketika berulang tahun anak pasti mengharapkan adanya kado dari orang tua mereka. Itulah mengapa mereka menunggu-nunggu tibanya hari ulang tahun mereka. Pada satu hari yang istimewa ketika mereka dilahirkan, mereka akan merasa dimanja dan begitu disayang oleh semua orang.

Agar anak tidak merasa kecewa, orang tua harus mempersiapkan momen ulang tahun anak dengan baik. Berikan anak kado yang akan selalu ia kenang saat ia dewasa nanti. Jika ada rezeki lebih, boleh juga lho merayakan ulang tahun anak bersama dengan teman-teman dan keluarga besar.

Jenis Inspirasi Barang yang Bisa Dijadikan Kado

Barang yang Bisa Membuatnya Aktif Bermain

Sumber gambar wallpaperflare.com

Dibandingkan dengan anak cewek, anak cowok lebih aktif dari segi aktivitas dan kegiatan permainan. Masa karantina karena wabah COVID-19 bisa membuat mereka stres karena kurang kegiatan dan tidak bisa bertemu dengan teman-teman. Bisa-bisa anak kehilangan media untuk menyalurkan energi mereka yang berlebih.

Berikan anak cowok kado yang bisa membuatnya tetap aktif walau hanya di rumah saja. Jangan lupa juga, mainan yang berikan harus mengandung tujuan edukasi tersendiri untuk menunjang tumbuh kembang anak. Misalnya mainan sederhana yang bisa melatih kecerdasan otak dan kemampuan dasar anak, agar mereka tetap merasa terhibur selama menjalani sekolah dari rumah.

Barang yang Bisa Merangsang Saraf Motorik Kasar

Sumber gambar babylist.com

Jika anak masih berada dalam usia emas di mana tumbuh kembangnya harus didukung secara optimal, pastikan mainan yang diberikan bisa melatih saraf motorik kasar mereka. Pengajaran Montessori kini sedang sangat diminati di kalangan orang tua.

Mainan Montessori dapat memberikan stimulan pada tumbuh kembang anak. Media yang digunakan adalah mainan yang sangat menghibur dan membuat anak merasa penasaran. Terutama bagi anak-anak yang masih suka bermain, jangan sampai memberikan mereka sesuatu yang membosankan dan tidak membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi mainan tersebut.

Barang yang Memunculkan Ide Kreatif

Sumber gambar goodhousekeeping.com

Selain perkembangan sarafnya, kreativitas anak juga harus dilatih sejak dini. Mainan menjadi media yang paling efektif untuk mengembangkan jiwa kreatif mereka. Satu hal yang harus diingat orang tua, tidak perlu memberikan terlalu banyak mainan pada anak. Hal itu justru akan membuat mereka merasa bosan.

Lebih baik beri anak sedikit mainan, namun yang selalu membuatnya merasa penasaran dan memunculkan ide-ide kreatif dalam diri mereka. Misalnya mainan DIY (Do It Yourself) dan mainan kerajinan tangan yang bisa dikreasikan sendiri. Saat-saat menciptakan mainan sendiri ini bisa jadi momen yang intim bagi anak dan orang tua, lho.

Barang yang Dapat Menyalurkan Hobi Anak

Meski usianya masih kecil, anak-anak pasti punya hobi masing-masing. Misalnya, anak cowok ada yang suka main mobil-mobilan, pesawat, atau olahraga sejak dini. Kembangkan aktivitas yang sesuai dengan minat anak agar mereka semakin bersemangat.

Ketika mereka menerima sesuatu yang sesuai dengan hobi mereka, anak-anak pasti tidak henti-henti memainkannya. Namun, orang tua juga harus ingat. suasana hati anak mudah berubah. Begitu pula dengan hobi mereka. Bisa jadi, hobi ini hanya bertahan selama beberapa saat saja. Orang tua harus bisa memahami jalan pikiran anak dan mendukung setiap hobi baru yang mereka kembangkan.

Rekomendasi Kado Ultah Anak Cowok 2020

Lego

Bicara soal mainan untuk melatih kreativitas dan daya pikir anak, tentu yang satu ini jawabannya. Lego adalah mainan yang melatih anak untuk membangun strategi dan pemecahan masalah saat menyusun setiap kepingnya. Saat bermain Lego, mata dan motorik anak dilatih untuk berkoordinasi.

LEGO City 60222 Snow Groomer ini adalah salah satu seri yang menarik. Dilengkapi dengan figur seorang pemain ski dan seorang supir sebagai pemeran utamanya. Tidak lupa keping-keping Lego yang harus disusun untuk membentuk minifigure cab, tracks, dan 6-stud rapid shooter snow cannon. Tersedia aksesori pelengkap seperti ala ski, 12 stud salju, dan 2 buah tiang ski

Anak akan dilatih untuk merangkai 197 kepingan terpisah agar menjadi serangkaian bangunan lego yang menarik. Dengan box berukuran 26 x 29 x 6 cm, dimensi mainan Lego setelah dirangkai adalah 10 x 18 x 12 cm.

Harga Rp. 195.000-215.000

Monopoli

Mainan lain yang bisa mengasah daya pikir, pemecahan masalah, dan strategi adalah Monopoli. Monopoli adalah mainan yang harus dimainkan oleh banyak orang, sehingga sekaligus melatih jiwa sosial anak.

Papan Monopoli standar internasional ini adalah 5 in 1 Games. Ada 5 jenis permainan berbeda dan bisa dimainkan hanya dalam satu mainan ini yaitu Monopoli, Catur, Halam, Ludo, dan Ular Tangga. Ini adalah cara yang tepat untuk mengalihkan perhatian anak dari gadget.

Monopolinya sendiri memiliki kelengkapan seperti 1 buah papan permainan, 2 buah dadu, uang Monopoli, kartu negara beserta bangunan dan tempat publik lain, 24 pion catur, dan 35 pion Ludo atau Halma.

Dengan papan berukuran 100 x 80 cm, anak-anak pasti puas memainkannya. Kertasnya yang tebal membuat mainan ini tidak mudah rusak dan robek meskipun sering dilipat dan terinjak-injak oleh si kecil.

Harga Rp. 20.000-25.000

Rubik

Rubik adalah mainan yang populer di semua kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa. Mainan ini bisa mengajarkan anak berbagai macam prinsip penting dalam matematika, melatihnya untuk menganalisis masalah dari semua sisi dan mencoba memecahkannya. Agar bisa menyusun rubik dengan benar, diperlukan pemikiran kritis, sistematis, dan terukur.

Mainan rubik 3x3 ini bisa jadi kado yang bermanfaat buat anak. Namun mainan ini bisa menimbulkan stres juga jika anak tidak kunjung bisa memecahkan masalah dan menemukan solusinya. Untuk itulah orang tua perlu mendampingi anak selama ia bermain rubik.

Harga Rp. 35.000-40.000

Sepatu Roda Anak

Lebih dari sekadar kegiatan yang menyenangkan, bermain sepatu roda bisa melatih koordinasi mata dan kaki anak sekaligus keseimbangan tubuhnya. Agar bisa mahir bermain sepatu roda, anak memang harus berlatih selama beberapa waktu. Semakin anak ahli dalam bersepatu roda, maka semakin baik pula koordinasi tubuhnya.

Sepatu Roda Anak dan Dewasa Inline Skate Full Karet PU Nyala 1 JF626 hadir dalam berbagai macam pilihan warna menarik. Ada pink, biru, hijau, dan kuning. Menariknya lagi, sepatu tersedia dalam ukuran anak dan dewasa, jadi orang tua bisa bermain bersama dengan anak.

Sepatu roda terbuat dari bahan yang kuat, yaitu aluminium untuk frame-nya dan PU full karet pada roda untuk fleksibilitas yang semakin baik. Rem berada di sepatu bagian kanan dan mudah untuk dikendalikan. Salah satu fitur menarik dari sepatu roda ini adalah roda yang bisa menyala saat berputar.

Harga Rp. 114.000-140.000

Alat Lukis/Mewarnai

Setiap anak memiliki hobi yang berbeda. Apabila anak suka mewarnai atau melukis, dukung dengan perlengkapan yang akan melatih hobi tersebut. Aktivitas melukis dan mewarnai bisa melatih daya imajinasi anak dan membantu tumbuh kembang otaknya.

Sakura Koi Watercolor adalah cat air yang bisa mendukung hobi si kecil. Satu set cat air ini memiliki 12 warna berbeda yang bisa ia gunakan. Kemasannya mudah dibawa dan tidak merepotkan, dilengkapi pula dengan kuas agar si kecil langsung bisa memulai kegiatan yang disukainya.

Agar warna yang dihasilkan semakin tajam, disarankan untuk tidak menggunakan air yang mengandung kapur atau zat besi. Selalu bersihkan kuas secara rutin agar satu warna tidak tercampur dengan warna yang lain.

Harga Rp. 165.000-175.000

Pianika

Sejak dalam kandungan, anak pasti sudah familiar dengan musik. Tidak hanya sekadar hiburan, musik menyimpan sejuta manfaat buat tumbuh kembang anak. Di antara manfaat musik untuk anak adalah mengurangi kecemasan pada anak, mengendalikan emosi dan perilaku tidak terkontrol pada anak, dan memberikan stimulasi pada otak mereka.

Seorang anak boleh diberi latihan musik sedini mungkin. Bisa dimulai dengan memberikan Pianika YAMAHA P37D P 37D oni. Pianika buatan Yamaha ini memiliki kualitas tone dan intonasi nada ideal, pas untuk digunakan pemula maupun profesional. Pianika model Alto ini memiliki 37 kunci nada. Yuk, latih dan kembangkan bakat anak dengan alat musik kece yang satu ini.

Harga Rp. 665.000-720.000

Bola

Laki-laki dan sepak bola adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bukan sesuatu yang mengherankan kalau si kecil suka bermain bola, lho. Hobi ini bahkan bisa tumbuh sejak masa kanak-kanak. Buat si jagoan yang gemar main bola, kado yang satu ini jelas paling cocok untuknya.

Bola MIKASA SWL 310 DAN FT5 adalah bola berkualitas impor yang bisa membantu anak mengasah kemampuannya menggocek si kulit bundar. Terbuat dari bahan PU kulit yang lembut dengan diameter 17 mm dan berat 175 gram. Bola ini hadir dalam desain klasik hitam dan putih yang terlihat estetik. Dengan menggunakan bahan yang memenuhi standa FIFA, jelas bola ini awet dan tahan lama. Satu set bola sudah termasuk pentil gratis dan jaring gratis.

Harga Rp. 73.000-85.000

Raket Bulutangkis

Olahraga tidak harus sepak bola, lho. Bulutangkis juga bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak. Manfaat bulutangkis untuk kesehatan antara lain adalah meningkatkan fleksibilitas tubuh dan memperkuat otot jantung.

Untuk mendukung hobinya dalam bermain olahraga bulutangkis, berikan saja RAKET BADMINTON ANAK YONEX 2 sebagai kado ulang tahun. Raket yang kuat dan berkualitas ini terbuat dari rangka aluminium yang kokoh dan tidak mudah bengkok. Untuk setiap pembeliannya juga disertai tas dan shuttlecock gratis.

Tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu merah, biru, hijau, dan hitam. Ada bonus grip juga untuk menahan pegangan raket tetap kokoh saat telapak tangan sedang berkeringat.

Harga Rp. 65.000-160.000

Jaket

Anak kecil cenderung lebih mudah sakit daripada orang dewasa karena daya tahan tubuh mereka yang relatif lemah. Oleh karena itu, lindungi anak dari suhu dingin dan angin yang bisa menyebabkan sakit dengan jaket pelindung yang tebal.

Jaket Pedro Anak terbuat dari bahan parasut despo di bagian luar dengan ukuran all size. Bagian lapisan dalam atau furingnya terbuat dari bahan fleece yang lembut dan nyaman. Jaket ini juga dilengkapi dengan hoodie permanen yang tidak dapat dilepas. Jaket ini memiliki fitur 80% waterproof yang mampu menahan air saat hujan gemericik yang tidak terlalu deras. Cocok untuk anak usia 5-8 tahun.

Harga Rp. 73.740-84.600

Topi

Tidak hanya jaket saja lho yang diperlukan untuk menjaga kesehatan anak. Si kecil juga harus dilindungi dari sengatan terik matahari di siang hari saat ia berkegiatan. Agar ia selalu ingat dengan orang tua tersayang di mana saja mereka berada, kado yang satu ini adalah jawabannya.

TOPI ANAK MODEL BUCKET TP-11 akan membuat gaya anak makin kece sekaligus melindungi wajahnya dari sengatan sinar matahari. Topi produksi lokal ini terbuat dari bahan katun dengan motif sablon berkualitas. Tersedia dalam 3 jenis lingkar kepala yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala anak.

Harga Rp. 43.000-45.000
From our editorial team

Kado Mengajarkan Anak untuk Bertanggung Jawab

Kado bukan sekadar pemberian dari orang tua ke anak. Gunakan kado sebagai media untuk mengajarkan arti tanggung jawab kepada si kecil. Misalnya dengan memintanya untuk membereskan mainan setelah ia selesai bermain. Dengan demikian, anak akan terbiasa secara perlahan. Segera pilih kado ulang tahun yang paling cocok buat si kecil dari rekomendasi BP-Guide di atas, ya!