Inilah 15 Produk Ekspor Unggulan Indonesia yang Bikin Bangga (2021)!

Inilah 15 Produk Ekspor Unggulan Indonesia yang Bikin Bangga (2021)!

Indonesia sangat unggul dalam komoditas ekspornya berkat kekayaan alam yang melimpah. Aktivitas ekspor juga memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian negara lho. Melalui artikel ini, BP-Guide akan menampilkan deretan produk ekspor unggulan Indonesia yang membanggakan.

Indonesia Punya Banyak Komoditi yang Mendunia

Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah, sehingga membuat negara kita memiliki nilai ekspor yang sangt tinggi. Berbagai macam komoditi yang dihasilkan Indonesia sangat diminati di mancanegara. Mulai dari makanan, bahan baku, hingga sumber daya alam.

Hal tersebut membuat aktivitas ekspor di Indonesia sangat padat. Setiap harinya berbagai macam produk dikirimkan ke luar negeri. Ini adalah hal yang sangat positif karena dapat mendorong pertumbuhan perekonomian negara.

Keuntungan Ekspor Bagi Indonesia

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Kegiatan ekspor memberikan dampak yang sangat baik bagi semua industri yang ada di Indonesia. Jika jangkauan pasar semakin luas hingga ke berbagai negara, maka keuntungan yang didapatkan juga bisa lebih besar.

Selain itu, ekspor juga memicu industri dalam negeri untuk terus mengembangkan produknya dalam menghadapi persaingan yang kompetitif. Adanya inovasi juga berpotensi mendatangkan segmentasi pasar baru.

Meningkatkan Pendapatan Negara

Ekspor menjadi salah satu sumber pendapatan negara terbesar. Barang-barang yang dijual ke luar negeri bisa dihargai berkali-kali lipat, sesuai dengan kondisi perekonomian negara yang dituju. Ekspor barang ke luar negeri juga dikenakan pajak yang akan masuk ke dalam kas negara. Bukan hanya pendapatan negara saja yang mengalami peningkatan, tetapi juga keuntungan dari pihak yang menjual produknya.

Mengenalkan Nama Bangsa ke Seluruh Dunia

Semakin banyak produk yang diekspor ke luar negeri, maka semakin dikenal pula nama Indonesia di dunia. Setiap barang yang diproduksi di dalam negeri selalu diberi label "Made in Indonesia". Sehingga jika produk tersebut dipasarkan di luar negeri, penduduk negara lain akan tahu bahwa asalnya dari Indonesia.

Menghindari Kompetisi Dalam Negeri

Persaingan adalah hal yang tidak boleh diabaikan dalam industri perdagangan. Banyak perusahaan yang tidak bisa berkembang karena tidak bisa bersaing dengan kompetitornya. Adanya kegiatan ekspor dapat mengurangi persaingan lokal dan membantu banyak usaha untuk mengembangkan sayap dengan membidik pasar di negara lain.

Menjalin Hubungan Baik dengan Negara Lain

Ekspor adalah salah satu bentuk kerjasama yang dijalin dengan negara lain. Berawal dari hubungan ekspor-impor yang baik, bukan tidak mungkin kedua negara akan menjalin kerjasama lain di masa depan. Ekspor sangat menguntungkan bagi kedua pihak karena dalam hal ini negara eksportir membantu melengkapi kebutuhan negara yang membeli produk. Sementara negara pembeli turut berkontribusi dalam perekonomian negara eksportir.

15 Produk Ekspor Unggulan Dalam Negeri

Kopi

Bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Jenis kopi utama yang banyak diekspor adalah robusta dan arabika yang dihasilkan dari berbagai daerah. Kedua varietas kopi tersebut sangat diminati di seluruh dunia.

Jenis kopi lain yang sangat diminati adalah kopi toraja, kopi kintamani, dan tentu saja kopi luwak. Brasil, Italia, Argentina, Inggris, Thailand, Jepang, dan Hong Kong termasuk negara yang membeli kopi dari Indonesia.

Perhiasan

Hasil tambang Indonesia termasuk salah satu yang terbesar di dunia dan menghasilkan banyak logam mulai seperti emas dan perak. Emas dan perak yang sudah berbentuk perhiasan adalah salah satu komoditi ekspor unggulan negara ini. Negara yang menjadi sasaran ekspor perhiasan adalah Swiss, Hong Kong, Singapura, Jepang, dan Taiwan.

Rempah-rempah

Sudak sejak masa penjajahan Portugis dan Belanda rempah-rempah menjadi buruan negara-negara di Eropa. Hingga saat ini, Indonesia masih menyuplai rempah-rempah ke berbagai negara. Jenis rempah yang laris adalah seperti lada, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan kunyit. Dari semua produk tersebut, kayu manis menjadi andalan. Indonesia dikenal sebagai penghasil kayu manis berkualitas terbaik di seluruh dunia.

Produk Kulit

Masyarakat Indonesia adalah pengrajin kulit yang sangat andal. Terbukti dengan tingginya minat terhadap berbagai produk kulit seperti tas, sepatu, dompet, dan aksesori lainnya. Pusat industri kerajinan kulit Indonesia ada di daerah Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur. Berbagai kerajinan kulit Indonesia diekspor ke negara seperti Tiongkok, Australia, Malaysia, dan Vietnam.

Batu Permata

Tidak hanya perhiasan yang laris manis hingga ke luar negeri, batu permata dari Indonesia yang sering dipasang di perhiasan juga tinggi peminat. Alam Indonesia yang sangat kaya membuat banyak batu permata mudah ditemukan. Negara tujuan ekspor batu permata dari Indonesia adalah Hong Kong, Singapura, dan Uni Emirat Arab.

Karet dan Produknya

Negara Indonesia punya perkebunan karet yang sangat luas dan tersebar di berbagai pelosok. Tidak heran hal ini membuat Indonesia dinobatkan sebagai penghasil karet terbesar di dunia setelah Thailand. Karet diekspor dalam bentuk asli hingga produk turunannya juga. Tujuan ekspor karet adalah Jepang, Taiwan, Belgia, Italia, Belanda, Korea Selatan, Mesir, dan Arab Saudi.

Udang

Indonesia adalah negara perairan terbesar di dunia. Tidak mengherankan jika udang menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan negara ini. Data Badan Pusat Statistik di tahun 2020 mencatat nilai ekspor udang dan ikan sepanjang tahun adalah 3,5 miliar dolar AS. Industri ini sama sekali tidak terdampak oleh pandemi dan tetap mendatangkan keuntungan yang besar.

Negara yang menjadi tujuan ekspor udang dan sari laut dari Indonesia adalah Inggris, Belgia, AS, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Australia, dan masih banyak lagi.

Kelapa Sawit

Setelah Malaysia, Indonesia menjadi negara terbesar kedua di dunia dalam produksi kelapa sawit. Tanaman tersebut diekspor dalam bentuk minyak ke seluruh dunia. Di tahun 2020 saja, minyak kelapa sawit menduduki peringkat pertama komoditi ekspor non migas dengan nilai mencapai 20,72 miliar dolar AS.

Minyak kelapa sawit diekspor ke lebih dari 10 negara termasuk Jerman, Italia, Rusia, AS, Afrika Selatan, Singapura, dan Mesir.

Mebel

Furnitur kayu dan mebel dari Indonesia sangat terkenal di dunia. Terutama mebel Jepara yang punya ukiran khas dan dihargai sangat mahal. Majunya industri mebel tidak lepas dari produksi kayu Indonesia yang sangat melimpah. Bahkan Presiden Jokowi pernah menjadi pengusaha mebel yang sukses besar. Negara yang menjadi tujuan ekspor mebel antara lain adalah AS, Inggris, Belanda, Prancis, Spanyol, Australia, dan masih banyak lagi.

Alas Kaki

Siapa sangka produk alas kaki dari Indonesia sangat diminati di seluruh dunia? Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa Indonesia menjadi produsen alas kaki terbesar keempat di dunia pada tahun 2019. Saat itu, jumlah produksi alas kaki dalam negeri mencapai 1.271 juta pasang!

Tujuan ekspor alas kaki "Made in Indonesia" antara lain adalah Inggris, Belgia, Italia, AS, Jerman, Jepang, Turki, Korea Selatan, dan Jepang.

Tekstil dan Produknya

TPT atau tekstil dan produk tekstil juga termasuk komoditi ekspor yang besar dari Indonesia. Ini tidak lepas dari pesatnya pertumbuhan industri tekstil di Indonesia. Produk tekstil yang laris tidak hanya batik saja, tetapi juga bahan baku yang banyak digunakan oleh merek fashion ternama.

Tekstil dari Indonesia diekspor ke negara seperti AS, Jerman, Panama, Jerman, Italia, Belanda, Meksiko, Prancis, dan Arab Saudi.

Komponen Otomotif

Banyak produsen otomotif ternama dunia seperti Mercedes Benz, BW, Suzuki, Nissan, dan Daihatsu yang mengandalkan komponen asli buatan Indonesia. Mereka juga membuka cabang resmi di Indonesia dan memproduksi kendaraan dengan komponen yang dibuat di Indonesia. Produk komponen otomotif diekspor ke Jerman, Prancis, AS, Inggris, Sri Lanka, Kanada, dan AS.

Kakao

Iklim tropis membuat banyak tanaman tumbuh subur di Indonesia, termasuk kakao. Kakao digunakan sebagai bahan baku pembuatan coklat di Eropa. Negara peminat kakao dari Indonesia antara lain adalah Swiss, Belgia, Rusia, Inggris, Kanada, Sri Lanka, Brasil, AS, dan masih banyak lagi.

Produk Elektronik

Indonesia juga sangat unggul dalam hal produksi barang elektronik. Peminatnya bukan hanya dari dalam negeri saja, tetapi sudah sampai ke mancanegara. Hal ini membuktikan bahwa kualitas produk eletktronik buatan Indonesia sudah memenuhi standar internasional. Pendapatan negara dari ekspor barang elektronik juga tidak main-main, mencapai 2,39 miliar dolar AS di tahun 2020 lalu.

Negara tujuan ekspor barang elektronik antara lain adalah Jerman, Italia, Belanda, Belgia, Malaysia, Hong Kong, dan Taiwan.

From our editorial team

Kelancaran Ekspor Berdampak Baik Buat Masyarakat

Dari artikel BP-Guide di atas, produk ekspor unggulan Indonesia datang dari berbagai sektor. Bukan hanya negara lho yang diuntungkan dengan kelancaran kegiatan ekspor, tetapi masyarakat juga bisa merasakan dampak positifnya. Misalnya seperti adanya peluang membuka usaha baru atau lapangan pekerjaan pada industri ekspor unggulan.