11 Rekomendasi Buku Travel 2019 yang Dijamin Bikin Kamu Baper Pengen Jalan-jalan

11 Rekomendasi Buku Travel 2019 yang Dijamin Bikin Kamu Baper Pengen Jalan-jalan

Traveling sudah menjadi kebutuhan saat ini. Namun sebelum pergi, ada baiknya kamu mencari referensi dari buku-buku travel yang ada. BP-Guide akan memberikan rekomendasi buku travel yang akan membuat kamu ingin cepat-cepat berlibur.

Sebuah Perjalanan Memiliki Banyak Cerita dan Makna yang Bisa Dibagi dengan Orang Lain

Sumber gambar fluentin3months.com

Setiap perjalanan yang telah kita lakukan pasti memiliki makna tersendiri dan menyimpan banyak cerita. Tidak jarang kita ingin orang lain merasakan apa yang kita alami dengan membagi cerita tersebut kepada mereka. Banyak penulis yang secara khusus menceritakan perjalanan mereka ke sebuah tempat menjadi buku.

Tidak harus ke tempat yang jauh, pengalaman hidup sehari-hari pun adalah perjuangan untuk kita. Menceritakan kejadian bermakna yang dapat diambil hikmahnya oleh orang lain, seperti catatan harian Anne Frank yang sangat menginspirasi.

Beda Buku Travel Guide dengan Travel Literature

Sumber gambar telegraph.co.uk

Sebelum mencari buku perjalanan wisata, kamu harus paham bahwa ada dua jenis buku yaitu travel guide dan travel literature. Meski sekilas sama-sama berisi panduan tentang sebuah tempat, keduanya ternyata berbeda jauh.

Travel guide biasanya berisi tentang informasi umum sebuah tempat wisata. Misalnya biaya yang diperlukan, tips saat melakukan perjalanan, tarif penginapan, berbagai hotel yang tersedia, tempat makan recommended dan tips menghemat selama perjalanan. Beberapa buku tentang travel guide yang paling terkenal adalah "Lonely Planet". Namun sayangnya, isi dalam travel guide tidak dapat diandalkan ketika ada tempat-tempat wisata baru atau perubahan lainnya. Buku Lonely Planet saja sudah berulang kali direvisi.

Sementara travel literature lebih terfokus pada rasa perjalanan itu sendiri. Pada buku ini sangat jarang ditemukan tentang harga penginapan atau biaya transportasi. Pembaca akan diajak menjelajah melalui sudut pandang si penulis lengkap dengan pengalaman yang ia alami selama perjalanan. Kamu akan merasa seolah-olah ikut melakukan perjalanan. Travel literature dapat ditulis dalam bentuk fiksi atau non fiksi.

11 Rekomendasi Buku Travel untuk Traveling

Jelajah Tiga Daulah: Journey to the Greatst Ottoman - Marfuah Panji Astuti

Sumber gambar gramedia.com

Buku yang menjelajahi jejak kerajaan Ottoman di Turki ini akan membawa pembaca berkeliling indahnya Istanbul, menyaksikan, Blue Mosque, Selat Bosphorus, Aya Sofya, sampai gunung salju Cappadoccia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari buku ini, seperti bagaimana Daulah Utsmani menorehkan sejarah dengan menaklukkan Konstantinopel.

"Jelajah Tiga Daulah: Journey to the Greatst Ottoman" karya Marfuah Panji Astuti tersedia di Gramedia dengan harga Rp 89.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 76.650.

Backpacking: Thailand Malaysia Singapura Di Bawah 2 Juta - Ikhsan Bani

Sumber gambar bukukita.com

Buku ini cocok untuk kamu yang ingin keluar negeri dengan bujet minim. Selain itu, dengan membaca buku ini kamu yang belum pernah backpacking ke luar negeri pasti jadi ingin berangkat.

Backpacking di negara orang tidak menakutkan seperti yang dibayangkan. Mulai saja dari negara yang dekat seperti Malaysia, Singapura, atau Thailand. Atau langsung pergi ke tiga negara tersebut sekaligus juga boleh!

Buku ini akan memberikan tips bagaimana cara menjelajah ketiga negara tersebut dengan uang seadanya. Buku "BACKPACKING: Thailand-Malaysia-Singapura di Bawah 2 Juta" tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 46.400, serta di Buku Kita dan Gramedia dengan harga Rp 54.500.

Melancong Irit ke Iran - Hairun Fahrudin

Sumber gambar tokopedia.com

Traveling ke luar negeri bisa dimulai dari negara Asia terlebih dulu. Jika kamu ingin mengunjungi negara yang antimainstream seperti Iran, buku karya Hairun Fahrudin ini akan cocok buat kamu.

Melalui buku ini kamu akan diajak menelusuri sejarah revolusi Islam di Iran pada tahun 1979, menengok sisa kejayaan Persepolis, ziarah ke makam penyair legendaris Hafez, serta mengunjungi artefak peninggalan Zoroaster. Menariknya, perjalanan dilakukan dengan bujet minim ala backpacker. Ada banyak tips berguna yang bisa kamu dapatkan dalam buku ini.

"Melancong Irit Ke Iran" tersedia di Bukalapak, Tokopedia, dan Buka Buku dengan harga Rp 63.000.

Journey in Berlin - Niken Sari

Sumber gambar gramedia.com

Siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke Eropa? Sebelum pergi ke sana, ada baiknya kamu membaca pengalaman dari orang-orang yang sudah lebih dulu pergi. Misalnya Niken Sari yang menulis buku "Journey in Berlin".

Dalam buku ini kamu akan mengetahui berbagai destinasi wisata favorit di Berlin, pemandangan alam yang indah, kecanggihan teknologi di Jerman, sistem transportasi modern, dan banyak lagi faktor yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Ada juga percakapan dasar dan beberapa kosakata Jerman sederhana yang akan sangat membantu. Untuk kamu yang Muslim, buku ini juga menyediakan rekomendasi restoran halal di Berlin.

"Journey in Berlin" dijual di Tokopedia dengan harga Rp 31.800 dan di Gramedia dengan harga Rp 39.800.

Family Backpacking Seoul - Pena Nusantara

Sumber gambar gramedia.com

Efek dari booming-nya drama Korea dan K-Pop, banyak orang yang berbondong-bondong ingin mengunjungi negara ginseng tersebut. Seoul pasti menjadi destinasi wisata pertama yang ingin dituju. Kota ini memiliki banyak kawasan wisata yang dapat dikunjungi sendiri atau ramai-ramai bersama teman dan keluarga.

Buku "Family Backpacking Seoul" memberikan banyak tips buat kamu yang ingin pergi bersama keluarga, tepatnya ke kota Seoul. Terdapat banyak informasi yang bermanfaat seperti transportasi, akomodasi, dan kawasan yang bisa dikunjungi.

Buku "Family Backpacking Seoul" oleh Pena Nusantara dijual di Bukalapak dengan harga Rp 38.800 dan di Tokopedia dengan harga Rp 37.800.

Jogja Culinary & Nongkrong Recommended 6 - Raffendie

Sumber gambar tokopedia.com

Rasanya tidak pernah bosan mengunjungi Yogyakarta meski sudah puluhan kali ke kota itu. Yogya adalah kota wisata yang selalu menarik, terutama jika kamu suka berwisata kuliner. Buku ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata, kuliner spesial, kafe, dan restoran yang hits serta tidak ketinggalan view yang menarik. Buku laris ini bahkan sudah ditulis hingga 6 jilid lho!

"Jogja Culinary And Nongkrong Recommended 5" by Raffendie dijual di Tokopedia dengan harga Rp 49.725 dan di Gramedia dengan harga Rp 48.900.

Explore Indonesia! - Puput Alvia

Sumber gambar gramedia.com

Jangan dulu berpikir ke luar negeri. Negara kita sendiri sangat kaya akan tempat wisata menarik yang tidak habis dikunjungi. Buku "Explore Indonesia: menghadirkan berbagai tempat wisata yang menarik di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Segala jenis wisata mulai dari wisata budaya, alam, hingga wisata kuliner dibahas secara tuntas. Lengkap dengan panduan menuju tempat wisata.

Buku "Explore Indonesia!" oleh Puput Alvia tersedia di Gramedia dan Bukupedia dengan harga Rp 50.000 serta di Bukalapak dengan harga Rp 55.000.

The Naked Traveler - Trinity

Sumber gambar tokopedia.com

Trinity adalah traveler independen asal Indonesia yang telah menulis 14 buku mengenai traveling. Serinya yang paling terkenal yaitu "The Naked Traveler" bahkan telah diangkat ke layar lebar dengan judul "Trinity The Nekad Traveler" yang diperankan oleh aktris Maudy Ayunda.

Trinity menuliskan perjalanannya ke berbagai tempat di Indonesia, ke kawasan yang belum pernah dieksplorasidan masih indah dan asri. Tidak lupa ia menyertakan tips-tips penting untuk perjalanan di dalam maupun di luar negeri. Tulisan Trinity telah menginspirasi banyak orang.

Dapatkan buku "The Naked Traveler 7" by Trinity di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

18 Hours Before Jet Lag: Germany Munich - Ashni Sastrosubroto

Sumber gambar bukalapak.com

Satu lagi buku yang berisi tentang perjalanan di Jerman, tepatnya di kota Munich. Lebih dari sekadar traveling, dalam buku ini dituliskan mengenai hal-hal penting yang harus dipersiapkan saat keluarga pindah ke Munich, Jerman.

Ashni Sastrosubroto, sang penulis, memberikan tips tentang dokumen yang harus dipersiapkan dalam waktu 2 bulan, bagaimana cara mengurus dokumen tersebut, hingga cara mengatur keuangan di negara baru. Dalam buku ini juga ditulis bagaimana cara mengatasi kejenuhan di negara orang dan masih banyak lagi.

"18 Hours Before Jet Lag: Germany Munich" oleh Ashni Sastrosubroto dijual di Bukalapak dengan harga Rp 64.000 dan di Gramedia dengan harga Rp 75.000.

Homesick for Seoul - Fiona Natalia

Sumber gambar gramedia.com

Lagi-lagi buku yang berisi catatan perjalanan di kota Seoul, Korea Selatan. Penulis buku ini, Fiona Natalia ternyata selalu ingin kembali ke Seoul. Ia tidak peduli meski harus bergulat dengan musim dingin. Ia masih ingin kembali untuk musim-musim yang lain.

Buku ini berisi tips yang sangat berguna untuk siapa saja yang berencana traveling ke Korea dengan destinasi antimainstream seperti berkunjung ke kafe artis, tempat nongkrong yang nge-hits, atau ke coffee shop fancy yang ada di sana. Kamu akan menemukan banyak tempat yang tidak pernah ada di paket-paket yang ditawarkan tur Korea, beserta dengan review menarik dari penulisnya.

"Homesick For Seoul" Oleh Fiona Natalia tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 74.800 dan di Gramedia dengan harga Rp 85.000.

101 Travel Tips & Stories - Claudia Kaunang

Sumber gambar gramedia.com

Dalam buku karya Claudia Kaunang dkk ini kamu akan menemukan tips-tips traveling di berbagai daerah di seluruh penjuru tanah air mulai dari Medan, Padang, Belitung, Palembang, Solo, Magelang, Malang, Bawean, Samarinda, Kendari, Lombok, hingga Buton. Melalui buku ini kamu akan tersadar akan indahnya alam Indonesia yang sangat sayang dilewatkan.

Buku "101 Travel Tips & Stories : Indonesia 1" oleh Claudia Kaunang Dkk tersedia di Gramedia dengan harga Rp 78.000 dan di Lazada dengan harga Rp 100.000.

Infografik berikut ini bisa kamu cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Membaca Buku Traveling Sangat Berguna Sebelum Kamu Berlibur

Sebelum kamu traveling ke suatu tempat, membaca travel guide atau travel literature sangat penting dan bermanfaat. Kamu akan mendapatkan gambaran umum mengenai destinasi wisata, akomodasi, sampai harga penginapan. Dengan rekomendasi buku traveling dari BP-Guide di atas, semoga traveling-mu semakin menyenangkan, ya!

Tag