8 Gaya Baju 80-an Pria yang Mulai Ngetren Lagi di 2018

8 Gaya Baju 80-an Pria yang Mulai Ngetren Lagi di 2018

Era 80-an memiliki ciri khas fashion tersendiri, khususnya gaya berpakaian kaum pria. Outfit warna-warni, aksesori sporty, berikut model rambut afro, banyak terlihat pada masa tersebut. 30 tahun berlalu, ternyata gaya fashion 80-an kembali digemari banyak pria masa kini.

Gaya Baju 80-an Pria Kembali Digemari

Sumber gambar busstoppodcast.com

Gaya berpakaian selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Ada kalanya tiba-tiba model baju lawas kembali populer di masyarakat dan digemari banyak orang. Layaknya roda yang terus berputar, belakangan tren baju era 80-an mulai mencuat kembali. Banyak anak muda mulai berpakaian ala para orang tua mereka kala masih belia.

Pada era 80-an, beberapa jenis pakaian, seperti celana high cut, legging warmers, dan baju berwarna neon, menjadi favorit dan jadi andalan untuk mendukung penampilan. Setelah sempat memudar ditelan tren baru, kini mode baju 80-an kembali booming. Banyak pria tampil percaya diri dengan mengaplikasikan gaya berpakaian yang satu ini.

Cara Tampil Keren ala Pria 80-an

Gaya Rambut Eighties

Jika memang ingin tampil dengan gaya 80-an, usahakan jangan setengah setengah. Bukan cuma pakaian, tatanan rambut pun harus disesuaikan. Tahun 80-an ditandai oleh popularitas model rambut kribo dengan volume besar. Plus aksesori pelengkap, yakni headband yang melingkar di sekeliling kepala.

Ada pula model rambut mohawk mullet, yang panjang pada bagian belakang dan pendek di bagian atas. Bahkan beberapa ada yang membuatnya menjadi semacam kucir. Kamu juga bisa memilih gaya jambul yang sempat nge-tren di 80-an, yakni potongan rambut yang bagian depannya dipotong sasak ke atas.

Choker? Kenapa Tidak!

Sumber gambar hauspanorama.com

Jika kamu sudah memilih model rambut 80-an yang akan menjadi andalan dalam penampilanmu, sekarang saatnya menambahkan aksesori. Salah satunya adalah kalung choker. Kalung ini memang khas karena bentuknya yang mengikat ketat di leher.

Ketika mengenakan kalung choker, sebaiknya gunakan baju yang bagian kerahnya terbuka lebar, agar choker terkesan lebih menonjol. Untuk pilihan material, kamu bisa menggunakan strands, beeds, atau bahan lain yang nyaman dipakai.

Ikat Pinggang dan Jam Tangan

Sumber gambar pinterest.com

Selain choker, kamu perlu aksesori lain untuk membuat penampilan ala 80-an-mu semakin lengkap. Ada dua jenis aksesori yang direkomendasikan, yakni jam tangan dan ikat pinggang.

Jam tangan digital berbentuk persegi yang dilengkapi kalkulator begitu populer saat itu, jadi kamu bisa memakainya untuk bergaya 80-an. Kalau kamu punya, pakailah jam tangan maskulin seperti produk G-Shock yang dulu juga sempat populer.

Ikat pinggang juga bisa menonjolkan tampilan 80-an jika kamu bisa memilih yang tepat. Carilah ikat pinggang dengan warna ngejreng seperti merah atau biru. Pastikan baju atasan tidak menutup ikat pinggang ketika dipakai.

Beberapa Model Baju 80-an Pria yang Bisa Dipilih

Jas Panjang & Topi

Sumber gambar Zalora

Jas panjang menjadi favorit banyak pria pada dekade 80-an. Untuk saat ini, kamu juga bisa memakainya tanpa terlihat ketinggalan zaman. Kamu bisa mengenakan aksesoris tambahan, seperti topi fedora, agar tampak lebih modern. Topi fedora ini pun sempat nge-tren di masa yang sama.

Rekomendasi jas panjang jatuh pada Mens Coat Long Sleeve With Pocket dari Noir Sur Blanc. Produk yang hadir dalam varian warna abu-abu ini menggunakan katun sebagai bahan utamanya. Ukurannya regular fit, potongan yang pas untuk model baju modern. Kamu bisa membelinya di Zalora seharga Rp 1.199.000.

Sementara topinya, kamu bisa memilih produk Elfs Shop. Topi berdiameter 21 cm ini berbahan beludru dan berwarna abu-abu tua. Desainnya trendi menggunakan aksen dari karet, juga dengan detail stitching rapi yang dibanderol seharga Rp 45.000 saja di Blibli.

Baju Rajut

Sumber gambar Zalora

Baju rajut juga termasuk pakaian pria yang tren di era 80-an. Baju jenis ini memiliki beragam model, mulai dari sweater, vest, cardigan, syal, hingga tas. Namun umumnya para pria lebih suka memakai baju rajut jenis sweater dan vest.

Rekomendasi baju rajut kali ini adalah Rib Black White dari H&R. Atasan berupa kardigan ini menggunakan aksen ribbed dengan kerah berbentuk V. Kardigan rajut warna hitam ini berukuran regular fit dan dibuat dengan material katun. Kamu bisa memilikinya seharga Rp 379.900 di Zalora.

Selanjurnya adalah Plainny, yaitu rompi atau vest rajut pria dari Gudang Fashion Rompi Rajut Pria. Rompi berwarna abu-abu ini didesain kekinian dan bisa kamu pilih di Matahari Mall dengan harga Rp 71.000.

Baju Turtleneck

Sumber gambar Zalora

Seperti diketahui, baju turtleneck identik dengan model kerah yang tinggi hingga menutup leher. Baju yang memberi kesan hangat ini pun terdiri dari beberapa jenis, di antaranya classic turtleneck, sleeveless turtleneck, cowl turtleneck, dan oversized turtleneck.

Pilihan pertama adalah Noir Sur Blanc Mens Turtleneck Long Sleeve Blue. Sweater berkerah tinggi ini memiliki ukuran regular fit dan berlengan panjang. Dapatkan sweater berwarna biru ini di VIP Plaza dengan harga Rp 377.300.

Pilihan kedua jatuh pada MANGO Man Turtleneck Wool Sweater. Sweater kasual berwarna abu-abu ini berbahan wool dengan ukuran relaxed fit. Dapatkan produk keren ini di Zalora seharga Rp 579.000.

Jaket Bomber

Sumber gambar Berrybenka

Uniknya, jenis baju 80-an pria yang satu ini kembali populer usai Presiden Indonesia, Joko Widodo, tertangkap kamera sering mengenakannya kala beraktivitas. Sebenarnya, jaket bomber telah meraih popularitas mendunia. Bukan cuma orang-orang terkenal, bahkan masyarakat awam pun sering terlihat memakainya sehari-hari.

Produk jaket bomber yang direkomendasikan adalah Berrybenka Label Men Squad Killers Bomber Black. Jaket bomber warna hitam ini dilengkapi dengan aksen print pada punggung bagian atas. Berbahan parasut, jaket ini dijual di Berrybenka seharga Rp 369.000.

Lalu ada Winggo Jaket Bomber yang dibuat dari bahan taslan wp premium. Dilapisi dakron tebal, membuat jaket ini empuk dan nyaman dipakai. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 145.900 di Matahari Mall.

Pakaian Berwarna Colorfull

Sumber gambar Tokopedia

Pakaian dengan warna-warna cerah juga bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin tampi bergaya 80-an. Salah satunya dengan memakai Kaos Polos "NEON" Unisex Premium untuk menunjang penampilanmu. Kaos berbahan 100 persen polyester 150 gsm ini tersedia dalam berbagai ukuran.

Jika tertarik, silakan berkunjung ke Tokopedia untuk mendapatkan kaos berwarna kuning neon ini, dengan merogoh kocek sebesar Rp 55.000 saja.

Jaket "Members Only"

Sumber gambar Members Only

Selain jaket bomber, jaket "members only" juga sempat populer di era 80-an. Jaket ini memunculkan kesan eksklusif bagi pemakainya. Umumnya dibuat menggunakan bahan katun atau polyester yang dipadukan dengan nilon. Sementara pada bagian pinggang dan lengannya menggunakan bahan karet elastis.

Kami memilihkan produk Men's Packable Jacket jika kamu ingin mencoba memakainya. Jaket dengan aksen resleting kecil di bagian belakang ini terbuat dari 100 persen polyester. Kamu bisa memilikinya dengan harga Rp 884.487 di Members Only.

Selanjutnya ada Men's Faux Leather Iconic Racer. Berbahan kulit sintetis, jaket ini dilengkapi dengan logo, yang menjadi ciri khas Members Only, pada bagian dada. Lalu dua kantong di bagian pinggang. Terbuat dari 100 poliuretan, jaket ini bisa kamu dapatkan di Members Only dengan harga Rp 1.360.750.

Sweater Motif

Sumber gambar Zalora

Pilihan model berikutnya dari era 80-an adalah sweater motif. Biasanya sweater ini berbentuk cardigan atau pullover. Rekomendasi kami adalah Stripe Knit Sweater yang dijual di Zalora seharga Rp 399.000. Sweater ini berukuran regular fit, menggunakan bahan katun dan hadir dalam varian warna abu-abu berpadu biru.

Kamu juga bisa memilih Papercut Men Cliff Sweater Pria berikut ini. Sweater long sleeves ini berbahan katun dengan desain round neckline. Ada ribbed pada bagian cuff dan hem di bottom. Dapatkan sweater trendi ini di Blibli seharga Rp 247.200.

Kemeja Slimfit

Sumber gambar Zalora

Pakaian satu ini akan cocok untuk pria berbadan langsing. Kemeja slimfit memang sengaja dibuat dengan potongan yang pas di badan. Akibatnya, tidak semua orang tampak keren saat mengenakannya, apalagi mereka yang memiliki bentuk badan lebar.

Rekomendasi kami adalah Kemeja Slim Fit Pria dari Gudang Fashion. Kemeja berwarna merah ini terbuat dari katun yang dingin dan nyaman di kulit. Tersedia mulai dari ukuran M hingga XL. Kamu bisa membelinya di Matahari Mall dengan harga Rp 111.500.

Selanjutnya adalah MANGO Man Slim-Fit Cotton Chambray Shirt. Kemeja berwarna biru ini memiliki model lengan panjang berkerah, dengan detail kantong. Terbuat dari katun, kemeja ini bisa kamu beli di Zalora seharga Rp 539.000.

Jaket Kulit

Sumber gambar Blibli

Popularitas jaket kulit tak pernah lekang oleh waktu. Terutama pada tahun 80-an, di mana jaket kulit seakan-akan adalah baju wajib pakai bagi setiap pria saat tampil di depan umum. Mengenakan jaket kulit akan meningkatkan aura kelaki-lakianmu. Kamu bakal tampak lebih macho dan maskulin.

Jika kamu ingin punya koleksi jaket kulit, silakan melihat produk Elfs Shop Vienna Jaket Kulit. Jaket berwarna hitam terbuat dari kulit vienna dengan detail kancing dan 2 kantong samping. Kamu bisa mendapatkannya di Bibli, yang membanderolnya Rp 150.000 saja.

Kemudian ada Nakumi Jaket Kulit Wolverine. Jaket berwarna cokelat ini memiliki desain cakar adamantium, seperti yang dimiliki Wolverine. Berbahan kulit sintetis dengan ukuran M hingga XL, Matahari Mall membanderolnya hanya seharga Rp 115.000.

From our editorial team

Pria Harus Punya Kepercayaan Diri yang Tinggi

Pada dasarnya laki-laki memang tidak terlalu memedulikan penampilan. Tak suka terlalu pilih-pilih pakaian. Paling-paling, pertimbangan utamanya hanyalah soal kenyamanan. Namun apabila Anda memang seorang pria yang ingin tampil trendi dan bergaya, jangan pernah lupa satu hal, bahwa penampilan apa pun akan terlihat bagus jika diimbangi dengan kepercayaan diri. Entah bergaya 80-an, 60-an, atau bahkan ala hipster milenial, Anda bakal terlihat lebih tampan jika memiliki kepercayaan diri yang tinggi.