10 Rekomendasi Tempered Glass untuk Melindungi Layar Gadget (2022)

10 Rekomendasi Tempered Glass untuk Melindungi Layar Gadget (2022)

Tempered glass dirancang dengan material yang kuat, cukup tebal, lentur, dan jernih sehingga bisa meningkatkan visibilitas layar. Dengan begitu, permukaan layar akan terlindung dari kotoran dan benturan. Yuk, pilih yang paling pas untuk smartphone Anda!

Pentingnya Menggunakan Tempered Glass

Semua ponsel pintar atau gadget saat ini sudah tidak lagi menggunakan tombol fisik. Fungsi tombol fisik digantikan dengan tombol virtual dalam konsep layar sentuh berukuran besar. Bahkan, layar ponsel menjadi komponen terbesar dari dimensi ponsel keseluruhan. Artinya, komponen ini menjadi bagian yang paling mudah rusak, retak, atau tergores.

Pasalnya, pengguna gadget biasa menyimpan ponselnya di saku celana atau di dalam tas yang sangat mungkin tergesek dengan barang lain yang lebih tajam dan keras. Alhasil, layar ponsel bisa lecet dan retak. Untuk mengatasi hal itu, dibutuhkan perlindungan tambahan untuk menjaga agar layar ponsel tetap aman.

Kerusakan pada layar ponsel membutuhkan biaya reparasi yang cukup mahal. Ditambah lagi, layar ponsel yang retak bisa menyulitkan Anda saat melihat tampilan ponsel. Sensor sentuhnya juga bisa ikut rusak. Screen protector atau tempered glass merupakan produk aksesoris ponsel yang kehadirannya menjadi hal wajib, bersama dengan penggunaan casing handphone.

Jika casing handphone dapat melindungi bazel belakang ponsel, maka tempered glass lah yang bertugas melindungi bagian depan ponsel alias layar utamanya. Bahkan sekalipun ponsel Anda terjatuh, bagian yang retak biasanya hanyalah bagian tempered glass saja, sementara layar utamanya tetap dalam kondisi baik. Selain itu, beberapa jenis tempered glass bahkan bisa melindungi layar dari bekas sidik jari dan menjaga privasi penggunanya.

Jenis-jenis Case Screen Protector

Tempered Glass

Sebenarnya, tempered glass merupakan salah satu dari beberapa jenis screen protector yang umum dijumpai. Bisa dibilang, tempered glass merupakan produk screen protector yang paling populer. Pasalnya, tempered glass dijual dengan harga yang lebih murah.

Meski begitu, tempered glass mampu melindungi layar dari berbagai jenis benturan benda tumpul dan tajam. Tempered glass sendiri dibuat dari kaca yang sudah diproses dengan suhu tinggi sehingga tidak mudah tergores dan pecah.

Anti Gores Hydrogel

Sumber gambar www.blibli.com

Selain tempered glass, hydrogel merupakan jenis screen protector yang cukup populer, terutama untuk hp keluaran terbaru. Hydrogel memiliki banyak kelebihan, yakni tidak akan pecah, bisa menahan segala bentuk goresan, serta tidak meninggalkan sidik jari.

Menariknya lagi, meskipun lebih tipis dari tempered glass, hydrogel mampu memberikan perlindungan yang lebih baik terutama bagi hp yang kurang sensitif. Bahkan, hydrogel mampu meningkatkan sensitivitas layar hp.

Anti Gores Clear

Anti gores clear merupakan yang termurah dibandingkan jenis screen protector lain. Anti goren ini hanya dibuat dari bahan plastik tipis layaknya stiker bening. Anti gores clear biasanya menjadi anti gores bawaan saat Anda baru membeli hp.

Anti gores ini dibanderol dengan harga yang murah karena hanya mampu melindungi layar dari goresan saja. Namun, tak mampu melindunginya dari benturan dan bekas sidik jari.

Anti Gores Blue Ray

Sumber gambar shopee.co.id

Anti gores blue ray sebenarnya dibuat dari bahan serupa dengan tempered glass. Hanya saja, terdapat lapisan khusus yang mampu melindungi mata dari sinar biru yang dapat merusak penglihatan. Lapisan ini mampu melindungi pancaran blue ray yang membuat layar hp terlihat lebih redup. Sayangnya, anti gores ini membuat warna layar hp Anda jadi kurang realistis.

Anti Gores Matte

Sumber gambar shopee.co.id

Anti gores matte juga dibuat dari bahan serupa tempered glass, namun memiliki lapisan atas dengan finishing matte atau doff. Anti gores ini tidak akan meninggalkan bekas jari dan minyak di permukaan layarnya.

Tak hanya itu, sebagian anti gores matte dilengkapi fitur anti-spy. Dengan fitur ini, layar hp akan terlihat gelap ketika dilihat dari sudut miring, sehingga tidak akan bisa dilihat oleh orang di sebelah Anda.

Tips Memilih Tempered Glass

Bedakan dengan Anti Gores Plastik

Sumber gambar www.hargalaptop.my.id

Setelah mengetahui jenis-jenis screen protector, tentu Anda sudah bisa membedakan antara tempered glass kaca dengan anti gores plastik. Pasalnya, masih banyak pengguna yang sulit membedakan keduanya. Alhasil, banyak pengguna yang salah menyebutkan namanya sehingga membeli screen protector yang tidak tepat. Padahal, tempered glass kaca memiliki kualitas yang lebih baik meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Periksa Tingkat Kekerasannya

Langkah selanjutnya, Anda perlu memeriksa tingkat kekerasan tempered glass. Semakin tinggi tingkat kekerasannya, maka kemampuannya dalam menahan goresan dan benturan akan semakin baik.

Disarankan memilih tempered glass dengan tingkat kekerasan 9H. Sebab, tempered glass ini mampu menahan semua goresan, kecuali goresan benda aluminium.

Bahkan, material 9H sudah teruji dengan goresan pensil 9H yang dikenal paling keras dibandingkan pensil standar yang ada.

Ketahui Fungsinya

Seperti dijelaskan sebelumnya, tempered glass memiliki beberapa versi. Mulai dari anti blue ray, anti spy, matte, hingga anti glare. Anti blue ray dapat melindungi mata dari cahaya biru, anti spy dapat menjaga privasi Anda di tempat umum, matte memberikan finishing layar doff yang tidak meninggalkan bekas jari, sedangkan anti glare memberikan finishing tempered glass yang tidak silau alias memantulkan bayangan. Pilihlah tempered glass dengan fungsi yang sesuai kebutuhan Anda.

Ketahui Ketebalannya

Tempered glass memiliki ketebalan yang berbeda, umumnya antara 0.2 mm – 0.4 mm. Semakin tebal tempered glass, maka kemampuannya menahan benturan akan semakin baik. Namun, kurang cocok untuk hp dengan sensitivitas layar yang kurang baik serta bisa membuat transmisi cahaya menjadi kurang baik. Oleh karena itu, sesuaikanlah ketebalannya dengan sensitivitas layar dan kebutuhan penggunaan Anda.

Pastikan Ukurannya Sesuai

Tempered glass dirancang agar kompatibel dengan tipe hp tertentu. Artinya, pilihlah tempered glass yang dibuat untuk seri hp yang kamu punya. Pasalnya, setiap hp memiliki ukuran layar yang berbeda, tata letak kamera yang berbeda, dan sudut yang berbeda.

Selain itu, Anda juga perlu teliti memilih tempered glass. Pasalnya, ada tempered glass yang memiliki garis tepi berwarna hitam yang bisa menutupi bagian tepi layar, sehingga memberikan efek layar hp yang lebih sempit. Sebaiknya, coba ukur dimensi layar hp Anda dengan tempered glass yang akan digunakan.

Rekomendasi Tempered Glass Terbaik

Hydra+ Matte

Rekomendasi pertama adalah screen protector Hydra+ Matte yang dibuat dari material hydrogel menyerupai kaca yang dirancang khusus untuk melindungi layar hp dari goresan. Tempered glass ini juga dapat menjaga layar agar tetap nyaman saat digunakan dengan kejernihan yang sangat tinggi, sentuhan yang smooth, responsif, anti sidik jari, dan melindungi semua sisi layar.

Menariknya, bagi Anda yang menggunakan casing hp, Anda bisa meminta agar tempered glass Hydra+ ini dipotong lebih kecil sehingga tidak mengganjal ketika menggunakan casing.

Harga Rp. 69.000-138.000

Hydra+ Privacy

Rekomendasi kedua adalah screen protector Hydra+ Privacy yang dibuat dari material hydrogel menyerupai kaca yang dirancang khusus untuk melindungi layar hp dari goresan. Tempered glass ini juga dapat menjaga layar agar tetap nyaman saat digunakan dengan kejernihan yang sangat tinggi, sentuhan yang smooth, responsif, anti sidik jari, dan melindungi semua sisi layar.

Menariknya, tempered glass ini dibuat dengan teknologi anti-peep, sehingga tidak akan bisa diintip dari sudut yang miring. Dengan begitu privasi Anda tetap terjaga meski di tempat umum.

Harga Rp. 75.000-150.000

Uneed Hybrid Pro

Rekomendasi selanjutnya adalah screen protector Uneed Hybrid Pro yang dibuat dari material ultimate fiberglass technology khusus untuk melindungi layar hp dari goresan. Tempered glass ini juga dapat menjaga layar agar tetap nyaman saat digunakan dengan 4 lapisan film.

User experience-nya menghasilkan sentuhan yang smooth, responsif, anti sidik jari, jernih, self healing, dan melindungi semua sisi layar. Tambahan lagi, tempered glass ini tersedia dalam varian anti glare, anti spy, anti blue light, dan clear.

Harga Rp. 79.000-199.000

Brooklyn Privacy Tempered Glass

Jika Anda pengguna iPhone 13, 12, 11, X, XR, atau XS, Anda dapat memilih Brooklyn Privacy Tempered Glass ini. Tempered glass kaca ini memiliki ketahanan yang ditingkatkan dan menggunakan Japan Anti-Fingerprint oil yang tidak akan meninggalkan bekas minyak dan sidik jari.

Tempered glass ini memiliki tingkat kekerasan hingga 9H dengan visibilitas yang sangat jernih, responsif, anti debu, mampu melindungi semua area layar, dan memiliki permukaan yang lebih halus.

Harga Rp. 88.000-110.000

Brooklyn Poniless Tempered Glass

Bagi pengguna iPhone 13, 12, 11, X, XR, atau XS, Anda dapat memilih Brooklyn Poniless Tempered Glass ini. Tempered glass kaca ini memiliki ketahanan yang ditingkatkan dan menggunakan Japan Anti-Fingerprint oil yang tidak akan meninggalkan bekas minyak dan sidik jari.

Tempered glass ini memiliki tingkat kekerasan hingga 9H dengan visibilitas yang sangat jernih, responsif, anti debu, mampu melindungi semua area layar, dan memiliki permukaan yang lebih halus. Bedanya, tempered glass ini memiliki cutting di bagian atas yang memberikan ruang bagi kamera depan dan speaker.

Harga Rp. 69.000-85.000

Copper Tempered Glass Full Glue

Rekomendasi berikutnya adalah screen protector Copper Tempered Glass Full Glue yang dibuat dari material kaca berteknologi Jepang khusus untuk melindungi layar hp dari goresan.

Tempered glass ini juga dapat menjaga layar agar tetap nyaman saat digunakan dengan tingkat kekerasan 9H dan ketebalan 0.3 mm, sentuhan yang smooth, responsif, anti sidik jari, jernih, dan melindungi semua sisi layar.

Menariknya, tempered glass ini tersedia untuk berbagai tipe hp baik Android maupun iPhone.

Harga Rp. 52.500-100.000

Whitesone EZ Premium

Tempered glass Whitesone EZ Premium menggunakan material kaca dengan ketahanan yang ditingkatkan, sehingga tidak akan meninggalkan bekas minyak dan sidik jari.

Tempered glass ini memiliki tingkat kekerasan hingga 9H dengan visibilitas yang sangat jernih, responsif, anti debu, mampu melindungi semua area layar, dan memiliki permukaan yang lebih halus. Selain itu, tempered glass ini juga case friendly.

Harga Rp. 199.000

Brooklyn Gaming Tempered Glass

Brooklyn Gaming Tempered Glass ini memiliki ketahanan yang ditingkatkan dan menggunakan Japan Anti-Fingerprint oil yang tidak akan meninggalkan bekas minyak dan sidik jari.

Tempered glass ini memiliki tingkat kekerasan hingga 9H dengan visibilitas yang sangat jernih, responsif, anti debu, mampu melindungi semua area layar, dan memiliki permukaan yang lebih halus. Tempered glass ini dibuat khusus untuk kebutuhan gaming yang melindungi layar dari bekas jari dan debu.

Harga Rp. 88.000-110.000

Brooklyn UV Tempered Glass

Brooklyn UV Tempered Glass memiliki ketahanan yang lebih baik dan menggunakan bahan ASAHI Jepang yang tidak akan meninggalkan bekas minyak dan sidik jari.

Tempered glass ini memiliki tingkat kekerasan hingga 9H dengan visibilitas yang sangat jernih, responsif, anti debu, mampu melindungi semua area layar, dan memiliki permukaan yang lebih halus.

Tempered glass ini dibuat khusus dengan lapisan anti UV yang bisa melindungi mata Anda dari kerusakan.

Harga Rp. 99.000-119.000

BENKS V Pro

Rekomendasi terakhir adalah tempered glass BENKS V Pro yang memiliki ketebalan 0.3 mm serta dilengkapi lapisan anti glare dan matte.

Tempered glass ini bisa mencegah bekas jari pada permukaan layar. Selain itu, tempered glass ini memiliki permukaan yang halus, tidak memantulkan bayangan, anti debu, dan nyaman digunakan saat bermain game.

Harga Rp. 130.000
From our editorial team

Tempered Glass Tidak Hanya untuk Melindungi Saja, Namun Juga Membuat Smartphone Lebih Estetik

Layar adalah bagian utama yang selalu diperhatikan pada sebuah smartphone. Oleh sebab itu, memilih tempered glass yang terbaik adalah wajib! Yuk, pilih salah satu rekomendasi terbaik dari para ahli kami!

Tag