Yuk, Kenali 7 Tips dan Rekomendasi Jenis Sepatu yang Nyaman Dipakai

Yuk, Kenali 7 Tips dan Rekomendasi Jenis Sepatu yang Nyaman Dipakai

Punya sepatu banyak tapi banyak yang nganggur? Atau, punya sepatu banyak gara-gara modelnya yang imut? Sah-sah saja, asalkan sepatu nyaman dipakai dan sesuai dengan kepribadian kamu ya. Nah, berikut BP-Guide memberikan tips memilih sepatu yang nyaman. Selain itu, ada juga model sepatu yang nyaman kamu kenakan saat berjalan-jalan.

Untuk kamu yang masih belum berjodoh dengan sepatu, mungkin saja kamu tidak cocok dengan model dan bahannya. Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya perlu memperhatikan fleksibilitas dan kenyamanan sol agar kaki mudah melangkah jauh. Nah, sebenarnya apa sih kriteria sepatu yang nyaman dipakai? Clue-nya, tidak ada patokan atau aturan pasti. Setidaknya, poin-poin ini bisa membantu kamu.

7 Tips Memilih Alas Kaki yang Tepat

Kenali Bentuk dan Karakteristik Kaki

Sumber gambar www.racked.com

Setiap orang memiliki bentuk dan karakter kaki yang unik dan berbeda. Saking unik dan berbedanya, produsen sepatu berlomba-lomba merancang sepatu dengan berbagai bentuk, ukuran, dan model agar cocok dikenakan bagi konsumen. Kenali bentuk kakimu, apakah lebar memendek, langsing memanjang? Atau bagaimana? Bentuk kaki dan karakteristiknya turut mempengaruhi kenyamanan kaki saat menyentuh sol dalam sepatu. Kalau nyaman, kaki pun nyaman pula melangkah.

Ketahui Ukuran Kaki

Sumber gambar www.myfootdr.com.au

Paling tidak, kenali ukuran kaki kamu. Apakah termasuk ke ukuran XS, S, M, L, XL, XXL, atau XXXL? Ukuran sepatu dengan aturan alfabetis seperti ini tertera di sepatu merek tertentu. Sedangkan ukuran sepatu dengan angka seperti 36, 37, 38, 39, 40, 41, 42, juga demikian. Selain itu, jika kamu membeli sepatu secara online, perhatikan bagian insol atau bagian dalam sol sepatu. Biasanya kalau L, ukurannya 39-40, insol 26 cm.

Beli Sepatu di Sore Hari

Sumber gambar shoeaholicsanonymous.com

Ternyata, waktu pembelian sepatu berpengaruh pada kaki lho. Sore hari cocok dimanfaatkan untuk beli sepatu, karena ukuran kaki akan mencapai ukuran maksimal setelah seharian beraktivitas. Pun juga, beli di sore hari juga cocok untuk bersantai usai sibuk. Cocok nggak nih?

Coba Sepatu dengan Berdiri, Lalu Jalan di Lantai Keras

Sumber gambar www.feedster.com

Ketika kamu sudah di toko, lalu bertemu satu sepatu yang menarik hati atau bikin kepo, langsung ambil! Jangan tunggu-tunggu sebelum diambil orang. Nanti kamu menyesal hehe. Begitu sepatu sudah diambil, cobalah sepatu sambil berdiri. Pastikan masih ada cukup ruang antara jari-jari kaki dengan ujung sepatu. Kalau terlalu longgar, coba sepatu lain. Setelah pas, cobalah berjalan dengan sepatu itu di lantai keras. Kamu akan merasakan nyaman atau tidaknya sepatu.

Jangan Lupa, Pegang Sepatu di Bagian Dalam, Tumit dan Ujungnya. Fleksibel Tidak?

Sumber gambar blue.kumparan.com

Ya, sambil mencoba sepatu, sambil pegang sepatu di bagian tumit dan ujungnya. Jika sepatu ini bagus, maka kulit sepatu akan lentur dan bertekstur lembut. Sehingga kaki tidak mudah lecet. Selain itu, kelenturan sepatu ini juga berpengaruh ketika kamu memakai kaus kaki. Semakin lentur sepatu, semakin mudah dilepas-pasang.

Pilih Bahan yang Mudah Dicuci dan Lentur

Sepatu dengan bahan yang lentur, mengurangi lecet dan rasa sakit kaki saat melangkah. Sementara itu, pilih pula bahan yang mudah dicuci. Agar, kualitas sepatu tetap terjaga dan terawat. Misalnya, bahan kulit sintetis cenderung mudah dibersihkan jika ada noda membandel dibanding bahan suede. Dan kelenturan sepatu, memudahkan kamu yang suka terburu-buru memasang sepatu ketika berdiri. Karena itu, sepatu yang tahan lama, adalah sepatu yang lentur dan mengikuti bentuk kaki ya.

Sesuaikan Sepatu dengan Warna Kulit atau Baju yang akan Digunakan

Sumber gambar www.pinterest.es

Menyesuaikan sepatu dengan warna kulit atau baju, membuat setelan pakaian yang kamu pakai menjadi tambah serasi. Misal, bagi kamu yang berkulit gelap, pilihlah sepatu berwarna netral seperti hitam atau cokelat. Jika kamu mengenakan pakaian berwarna terang seperti putih, kuning, merah muda, merah, atau neon, kenakanlah sepatu berwarna netral sebagai penyeimbang. Misalnya warna hitam, putih, atau krem.

Jenis-jenis yang Nyaman Dipakai

Itulah 7 tips mengenakan dan memilih sepatu yang nyaman dipakai. Lalu, apa saja sih jenis-jenis sandal dan sepatu yang nyaman dipakai? Ini dia ulasannya.

1. Sepatu Sandal

Sumber gambar www.myntra.com

Model sepatu ini cenderung terkesan santai, ringan, dan praktis. Sehingga, banyak orang yang mengenakannya ketika berwisata, kuliah, atau jalan jauh. Biasanya, sepatu sandal berbahan kain atau belacu (suede). Agar lebih nyaman, pilih sepatu dengan bahan kain yang cukup elastis, pas dengan ukuran kaki, dan sol tidak terlalu tipis untuk mengurangi kaki pegal.

2. Sepatu Sneakers

Sumber gambar www.jumia.co.ke

Bicara soal sepatu sneakers, tidak ada habis-habisnya. Tren sepatu ini selalu ada tiap waktu. Berbagai merek terkenal juga mengeluarkan sepatu sneakers yang bergaya dan tidak terlalu sporty. Sepatu ini cocok sebagai pasangan untuk outfit kasual. Pilihlah sepatu yang bersol karet nyaman dengan bantalan tebal agar mampu menopang kaki. Sehingga, jika kamu jalan jauh, sepatu tidak mudah aus.

3. Moccasins

Sumber gambar www.markandgraham.com

Sepatu model androgini, yang bisa dikenakan untuk laki-laki dan perempuan ini masih laris manis di pasaran. Modelnya yang semi-formal, memudahkan pekerja mengenakan sepatu ini namun masih berkesan santai. Sepatu moccasins juga cocok untuk berbagai musim. Namun, pilihlah yang berbahan kulit tipis atau suede. Karena, kedua bahan ini bersifat elastis dan memberi kesan nyaman saat kaki melangkah.

4. Sepatu Slip on

Sumber gambar www.ridestore.com

Malas pakai sandal, tapi ribet pakai sepatu? Solusinya ada di sepatu slip on. Sepatu ini cocok bagi kamu yang hobi bergaya simpel, tapi tetap classy. Pasalnya, sepatu slip on sering didesain dengan model kasual. Agar lebih ciamik, pilihlah sepatu dengan sol dalam berbahan busa. Karena, sol tersebut memiliki bantalan elastis dan ringan.

5. Mules dengan Hak Rendah

Sumber gambar www.blibli.com

Siapa bilang sepatu mules dengan hak rendah terlalu formal untuk pergi sambil bersantai? Wajar, sepatu ini terlihat formal dan sering digunakan pekerja untuk pergi ke kantor. Namun, sepatu ini juga cocok untuk liburan jarak jauh dan nyaman dipakai ketika melangkah.

Pilihlah sepatu mules dengan hak rendah, karena mampu mengurangi pegal kaki. Selain itu, karena sepatu mules tidak memiliki bantalan sol, maka hak rendah itulah yang mengurangi gesekan saat berpijak di permukaan yang datar dan keras.

6. Sandal Platform

Sumber gambar www.zalora.co.id

Tren sandal platform masih meraja. Penggemarnya pun masih setia, karena tampilannya yang playful, modern, dan mobile. Meski terlihat seperti sepatu wedges, tapi sebenarnya ini adalah sandal yang berhak rata dan ringan. Sandal platform biasanya dirancang dengan hak rata yang tinggi untuk menambah kesan tinggi, juga mengurangi kaki pegal. Tampilan warna lebih cerah dan dilengkapi tali-tali sebagai penopang kaki. Sandal platform cocok dikenakan saat bersantai atau bepergian jauh. Jangan lupa, sesuaikan dengan outfit-mu juga ya!

From our editorial team

Pilih sepatu sesuai kepribadianmu

Itulah jenis-jenis sandal dan sepatu yang nyaman dipakai. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu bisa memilih sepatu yang sesuai dengan kepribadian dan favoritmu. Jangan sampai salah beli sepatu lagi gara-gara tergoda atau mengikuti tren ya!