Manjakan Mata dengan Visual Tajam dari 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik Tahun 2021 Ini!

Manjakan Mata dengan Visual Tajam dari 10 Rekomendasi TV OLED Terbaik Tahun 2021 Ini!

Buat Anda yang suka menonton film hingga streaming video, TV OLED akan memanjakan Anda dengan kualitas gambar dan suara yang mumpuni. Simak rekomendasi TV OLED terbaik di tahun 2021 dari BP-Guide berikut ini. Ada juga tips-tips memilih TV OLED yang sesuai kebutuhan Anda.

Teknologi TV OLED Memanjakan Mata Anda dengan Visualnya

Sudah sejak lama TV menjadi salah satu sarana hiburan bagi banyak orang. Dari tahun ke tahun, teknologi TV pun selalu dikembangkan seperti dengan munculnya TV OLED.

OLED atau Organic Light-Emitting Diode adalah teknologi yang sangat memanjakan mata penonton dengan visual yang mengagumkan. Gambar TV OLED jauh lebih tajam, lebih jernih, dan lebih detail sehingga tampak seperti nyata. TV seperti ini sangat wajib untuk dimiliki oleh Anda yang suka menikmati tontonan di layar yang besar.

Aspek yang Harus Diperhatikan Saat Membeli TV OLED

Ukuran Layar

Ukuran layar sebuah TV sama pentingnya dengan resolusi gambar. Semakin luas layar TV, tentu semakin lega pula Anda ketika menontonnya. TV OLED hadir dengan ukuran layar mulai 55 inci hingga yang paling besar adalah 65 inci. Jika Anda sudah mantap memilih TV OLED, pastikan Anda punya ruangan yang cukup besar juga untuk menampungnya agar jarak menonton TV tidak terlalu dekat.

Resolusi Gambar

Kualitas dan resolusi gambar harus menjadi aspek yang diutamakan saat Anda akan membeli TV OLED. Dibandingkan dengan TV LCD, OLED memang bisa menghasilkan gambar yang jauh lebih bagus. Namun setiap merek TV tentu memiliki perbedaan pada resolusi gambar yang dihasilkan meski sama-sama menggunakan panel OLED.

Kemampuan TV dalam memproses gambar dari internet juga penting agar Anda tetap bisa menikmati gambar tajam dengan beragam resolusi. Apalagi Anda yang suka streaming YouTube, cek apakah TV OLED mendukung resolusi 4K atau tidak.

Bentuk Layar

Jangan lupa pertimbangkan bentuk layar saat Anda akan membeli TV OLED. Anda bisa memilih TV yang datar atau TV yang layarnya cekung. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jika Anda menikmati TV sendirian, maka layar datar tidak masalah. Sementara itu, TV layar cekung ideal untuk ruangan luas dan untuk ditonton bersama. Dari segi harga, TV layar cekung tentu lebih mahal dari layar datar.

Kualitas Suara

Selain gambar, kualitas suara juga harus diperhatikan. Menonton dengan gambar yang tajam dan suara yang menggelegar tentu akan membuat waktu santai semakin menyenangkan. Pastikan TV memiliki suara mumpuni yang mendukung kualitas gambarnya. Cek juga kompatibilitas TV dengan speaker tambahan agar Anda tahu apakah Anda bisa menggunakan speaker eksternal atau tidak.

Aksesori Pendukung

Untuk Anda yang menggunakan TV tidak sekadar sebagai tontonan saja, pastikan kompatilbilitasnya dengan perangkat yang lain. Misalnya apakah TV bisa disambungkan dengan home theatre, PlayStation atau konsol lainnya, dan DVD atau Blu-Ray player. Jika TV kompatibel dengan perangkat lain, maka Anda juga bisa menggunakannya dengan maksimal.

Tips Membeli TV OLED yang Sesuai Kebutuhan

Pastikan Kualitasnya

Kini tidak terhitung jumlah produsen yang mengeluarkan TV jenis OLED. Harga jualnya pun beragam, sehingga Anda akan mudah tergoda untuk membeli TV yang murah. Tentu saja membeli TV OLED harus disesuaikan dengan bujet yang Anda miliki.

Oleh karena itu, pastikan kualitas TV sebelum Anda membelinya. Misalnya berapa lama layar TV dapat bertahan karena layar OLED memiliki "jangka waktu" tersendiri.

Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Menyesuaikan luas layar TV dengan ukuran ruangan sangat penting untuk memastikan Anda dapat melihat TV dari jarak yang nyaman. Jarak terpendek yang paling ideal saat menonton TV adalah 1 meter. Nah, jika TV akan dipasang di dalam kamar tidur yang tidak terlalu luas, hindari memilih TV yang terlalu besar karena Anda akan merasa kurang nyaman dengan jaraknya yang dekat. Sebaliknya, untuk ruangan yang luas seperti ruang keluarga, Anda boleh memasang TV yang besar untuk dinikmati bersama.

Cek Fitur-Fitur yang Ada

TV dengan teknologi terkini seperti OLED sudah dibekali dengan banyak fitur canggih untuk memaksimalkan tontonan yang Anda nikmati. Beberapa fitur yang banyak dicari antara lain adalah dukungan sistem operasi Android hingga layanan streaming secara langsung melalui TV Anda. Ada juga fitur tuner yang memungkinkan Anda untuk merekam acara favorit untuk ditonton nanti.

Rekomendasi TV OLED Buat Anda yang Suka Nonton Film

SONY BRAVIA KD-65A8F

SONY BRAVIA KD-65A8F menjadi produk pertama yang direkomendasikan buat Anda. Ini adalah TV yang sangat pas jika Anda sangat suka menonton film lewat TV sekaligus bermain PlayStation di layar yang besar. TV seluas 65 inci ini sudah mendukung kualitas gambar 4K dan Dolby Vision untuk gambar yang lebih hidup dan tajam. Resolusi gambar yang dihasilkan oleh TV ini adalah 3840x2160 piksel. Selain itu, HDR Gaming khusus memanjakan Anda si gamers sejati yang suka bermain PlayStation.

Harga Rp. 30.000.000-45.000.000

Xiaomi Mi TV Master 65-inch OLED

Menonton film di TV dengan kualitas gambar saja tidak cukup tanpa didukung oleh suara yang tajam dan menggelegar. Jika TV seperti itu yang Anda cari, maka Xiaomi Mi TV Master 65-inch OLED adalah jawabannya. TV yang satu ini memiliki suara powerful dengan teknologi Dolby Atmos 21.2 yang ada di dalamnya.

Efek suara yang dihasilkan membuat Anda serasa menonton film di bioskop. Kalau Anda merasa suara yang dihasilkan kurang bombastis, Anda bisa menambahkan satu set subwoofer yang dijual secara terpisah. Dari sisi gambar, TV dengan layar seluas 65 inci ini memiliki resolusi 3840x2160 piksel, menjamin visual dengan warna yang lebih hidup dan tajam.

Harga Rp. 28.000.000-35.000.000

SONY A9F Master Series OLED 4K Ultra HDR

Rekomendasi lain dari merek SONY, yaitu SONY A9F Master Series OLED 4K Ultra HDR. TV yang memiliki layar 55 inci ini dibekali sebuah fitur khusus bernama Pixel Contrast Booster yang dapat mempertajam warna gambar dan membuatnya terlihat lebih nyata. Ada juga Acoustic Surface Audio+ yang mampu memaksimalkan suara yang dihasilkan oleh TV untuk memberikan pengalaman menonton yang luar biasa.

Harga Rp. 21.000.000-25.000.000

LG OLED TV Smart+ 65E6T

Siapa yang tidak kenal dengan LG? Sebagai salah satu merek peralatan elektronik yang sudah diakui kualitasnya, semua produk LG selalu dilirik oleh masyarakat. Tidak terkecuali LG OLED TV Smart+ 65E6T.

TV OLED ini dapat memberikan tampilan gambar berkualitas tinggi dengan resolusi hingga 8,3 juta piksel. Mata Anda akan dimanjakan dengan warna-warna yang lebih hidup sehingga apa yang Anda tonton terasa lebih nyata.

Harga Rp. 45.000.000-55.000.000

LG 65 Inch OLED 4K Dolby Vision IQ & Dolby Atmos - AI ThinQ

TV bukan sekedar media untuk memuaskan Anda dalam menonton film favorit saja, tetapi juga sebagai elemen dekorasi yang membuat ruangan terlihat lebih estetik. Seperti LG 65 Inch OLED 4K Dolby Vision IQ & Dolby Atmos - AI ThinQ, TV dengan layar datar dan bezel tipis yang semakin mempercantik ruangan Anda.

Tidak hanya desainnya yang tipis dan modern saja, TV ini juga dibekali dengan sederet fitur unggulan. Sebut saja seperti Dolby Vision IQ, Dolby Atmos, Bluetooth Surround Ready, dan Filmmaker Mode. Mata dan telinga Anda akan dimanjakan dengan kualitas gambar dan suara yang sama bagusnya.

Harga Rp. 43.000.000-53.000.000

Panasonic OLED TV TH-55FZ950G

Fleksibilitas kadang juga menjadi aspek yang dipertimbangkan saat seseorang membeli TV. TV yang fleksibel mudah dipindahkan sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Panasonic OLED TV TH-55FZ950G adalah TV yang dilengkapi dengan tatakan atau kaki di bagian bawah, memudahkannya untuk ditaruh di atas meja.

Desain kaki dirancang secara tipis dan elegan, membuatnya terlihat lebih modern. Dengan layar seluas 55 inci, TV ini mampu menyuguhkan resolusi gambar hingga 3840x2160 piksel. Selain itu, TV OLED dari Panasonic ini juga sudah mendukung kualitas gambar 4K.

Harga Rp. 34.000.000-37.000.000

LG OLED 55B8PTA

LG OLED 55B8PTA adalah TV pintar yang Anda cari. TV ini dibekali prosesor pintar alpha 7 dengan tampilan gambar hingga 4K, membuatnya terlihat lebih nyata dan hidup. Fitur bawaan lain yang membuat TV ini semakin unggul adalah Dolby Atmos untuk kualitas suara yang lebih tajam dan menggelegar. Nikmati pengalaman menonton bak di dalam bioskop dengan TV berkualitas yang satu ini.

Harga Rp. 17.000.000-22.000.000

Xiaomi LUX Transparent TV OLED 55 Inch

Xiaomi, produsen barang-barang elektronik asal China ini tidak hentinya meluncurkan inovasi baru. Salah satunya adalah Xiaomi LUX Transparent TV OLED 55 Inch yang menjadi TV transparan pertama di dunia. TV ini memang dirancang khusus untuk kelas high end yang menikmati teknologi canggih.

Bezel layar TV sangat tipis hingga nyaris tidak terlihat, memberikan tampilan futuristik yang mengagumkan. TV ini juga dibekali dengan teknologi self luminous OLED sehingga warna gambar menjadi lebih hidup. TV pintar ini juga bisa menerima perintah suara dan memberikan informasi yang Anda inginkan. Misalnya tentang kondisi cuaca hari ini atau memutarkan tontonan favorit Anda tanpa Anda perlu menggerakkan tangan.

Harga Rp. 95.000.000-100.000.000

Sony A9G Master Series OLED ULTRA HD 4K

TV yang akan direkomendasikan berikut ini diciptakan untuk Anda yang suka menonton serial Netflix. Sony A9G Master Series OLED ULTRA HD 4K hadir dengan layar 65 inci yang dapat memberikan tampilan sangat lega.

Teknologi khusus bernama Netflix Calibrated Mode di dalam TV ini mampu memberikan sensasi menonton Netflix dengan kualitas suara setara bioskop. Pada remote TV juga terdapat tombol khusus Netflix yang memudahkan Anda mengakses layanan tersebut hanya dengan satu kali klik saja. TV canggih ini sudah terkoneksi secara otomatis dengan Netflix tanpa perlu diatur terlebih dahulu.

Harga Rp. 54.000.000-65.000.000

LG OLED UHD 4K 55C7T

LG OLED UHD 4K 55C7T menjadi produk TV OLED terakhir yang direkomendasikan kepada Anda. TV yang memiliki luas layar 55 inci ini memberikan ketajaman gambar yang diimbangi dengan kualitas audio mumpuni dengan Dolby Vision. Tidak hanya menonton tayangan favorit saja, Anda juga bisa mengakses ribuan tayangan lain yang ada di YouTube, Netflix, dan platform lainnya melalui G-S,mart TV webOS

Harga Rp. 23.000.000-28.000.000
From our editorial team

Meski Harganya Mahal, Namun Setara dengan Kualitasnya

Jika Anda ingin memiliki TV OLED terbaik seperti yang direkomendasikan BP-Guide di atas, Anda memang harus menyiapkan bujet lebih. Salah satu penyebab mahalnya harga TV OLED adalah teknologi canggih dan layarnya yang sangat luas. Tapi tenang saja, kualitas dan kepuasan yang Anda dapatkan setara dengan uang yang Anda keluarkan kok!