8 Rekomendasi Cat Akrilik yang Sering Dipakai Seniman di 2022!

8 Rekomendasi Cat Akrilik yang Sering Dipakai Seniman di 2022!

Keberadaan cat akrilik kini makin melimpah seiring dengan banyaknya permintaan dan kebutuhan masyarakat. Yuk, cek rekomendasi terbaik cat akrilik yang biasa dipakai seniman di tahun 2022!

Kegunaan Cat Akrilik

Cat merupakan sarana penting bagi para pelukis. Salah satu cat yang kini mulai digemari adalah cat akrilik, yang bisa dikatakan sebagai perpaduan antara cat minyak dan cat air. Cat akrilik merupakan cat yang terbuat dari pigmen tersuspensi dalam emulsi polimer akrilik. Berdasarkan sifatnya, cat akrilik mudah larut ke dalam air. Jika sudah kering, cat ini mampu tahan air. Biasanya, cat akrilik banyak digunakan untuk dalam pembuatan karya seni, seperti melukis.

Kelebihan Cat Akrilik

Dibandingkan cat air dan cat minyak, cat akrilik lebih cepat kering. Perawatannya pun mudah, hanya perlu air untuk membersihkan peralatannya. Juga saat menempel pada benda lain, pembersihannya pun mudah. Selain itu, cat akrilik lebih aman untuk anak-anak.

Cara Memilih Cat Akrilik Sesuai Saran Pakar

Sesuaikan dengan Media

Sebelum membeli, kamu perlu menentukan lebih dulu media apa yang akan kamu lukis, misalnya kain, kanvas, atau keramik. Beberapa cat akrilik akan lebih mudah menempel di media tertentu, tergantung klaim produknya. Pastikan untuk selalu mengecek di labelnya ya.

Cermati Volume

Setiap brand memiliki volume berbeda-beda. Pastikan untuk mengecek volume yang tertera pada kemasan agar jumlahnya sesuai dengan kebutuhanmu. Pada umumnya, cat akrilik yang beredar di pasaran memiliki volume 10 ml. Pertimbangkan pula untuk menyisakan cat, sebab ada kemungkinan kamu perlu mencampurnya dengan warna lain untuk menghasilkan warna tertentu.

Perhatikan Jenis Warna

Beragam merek cat akrilik yang beredar di pasaran memiliki beberapa varian warna. Ada yang hanya punya 6 warna dasar. Namun, ada juga yang sampai 57 warna. Masing-masing warna belum tentu cocok dengan keinginanmu. Beberapa produsen menawarkan jenis warna tertentu, seperti kuning mustard. Berdasarkan pengalaman pakar, warna cat akrilik di kemasan tidak jauh berbeda dengan warna aslinya, Bisa dibilang pada umumnya cukup akurat. Inilah yang juga jadi penentu apakah cat akrilik itu berkualitas. Jika cat telah kering dan warnanya sesuai kemasan, berarti cat akrilik tersebut berkualitas baik.

8 Rekomendasi Cat akrilik Terbaik Pilihan Ilustrator

Winsor & Newton Designers Gouache

Cat akrilik merek Winsor & Newton Designers' Gouache sudah menjadi produk yang luar biasa bagi para ilustrator. Cat akrilik terbaik ini sangat pigmented, dan memiliki formulasi mudah kering. Produk ini memiliki enam warna primer, yaitu kuning, merah, biru, hitam, putih, dan green middle. Masing-masing memiliki volume 14 ml. Warna-warna dasar tersebut bisa kamu campurkan sesuai tingkat warna yang kamu inginkan. Hasil campuran warnanya pun tidak membuat kualitasnya berkurang karena memang cat akrilik ini berkualitas premium. Kamu bisa dapatkan produk ini di marketplace.

Harga Rp. 400.000-700.000

Reeves Gouache

Produk ini sudah populer di kalangan ilustrator dan seniman grafis, yakni Reeves Gouache. Cat akrilik terbaik ini memang menawarkan pigmentasi sempurna dengan hasil akhir matte. Bahan cat Reeves Gouache bebas dari zat-zat beracun dan sesuai dengan standar dari American Society for Testing and Materials (ASTM). Terdiri atas 24 tubes dengan masing-masing berisi 10 ml. Kamu akan dimanjakan dengan warna-warna menarik yang semakin meningkatkan kreativitasmu. Langsung cek marketplace favoritmu ya.

Harga Rp. 100.000-130.000

Styloz Fabric and Leather Paint

Styloz Fabric and Leather Paint merupakan cat akrilik berbahan dasar air, khususnya dipakai untuk pelapisan, melukis, menggambar di media denim, kulit atau kulit sintetis, dan lain-lain. Cat akrilik keluaran Styloz ini terbilang baik di kelasnya, bahkan setara dengan produk-produk internasional. Formulasinya dapat menyerap dengan cepat pada berbagai media lukis, sehingga menghasilkan warna indah. Cat akrilik terbaik ini juga tidak berbau, cocok untuk kamu yang sensitif terhadap bau-bauan.

Harga Rp. 78.000-85.000

Liquitex Basics Acrylic Paint

Merek cat akrilik satu ini memiliki pigmentasi cukup tinggi dengan hasil akhir satin, Liquitex Basics Acrylic Paint yang menjadi primadona mulai dari siswa, pemula, maupun seniman profesional. Formulasinya sangat oke, yang lentur saat kering, dengan konsistensi seperti mentega namun memberikan hasil akhir yang luar biasa lembut. Cat akrilik terbaik ini sudah banyak dijual di marketplace Indonesia.

Harga Rp. 230.000-250.000

Greebel Acrylic Colour Paint

Greebel merupakan salah satu brand yang cukup diminati di Indonesia karena harganya terjangkau dengan produk yang sudah memenuhi standar internasional. Brand ini juga memproduksi cat akrilik terbaik dengan warna lebih pekat dan daya lekat yang baik. Tak kalah dengan brand lain, Greebel Acrylic Colour Paint ini juga menawarkan kualitas tinta cepat kering. Hasil akhirnya tampak mengilap dengan warna cerah di berbagai media lukis. Kamu dapat berkreasi sesuai teknik yang kamu sukai. Cat akrilik ini tersedia dalam dua ukuran, 10 ml dan 30 ml. Kamu bisa mendapatkannya secara satuan maupun set.

Harga Rp. 7.800-8.500

Sakura Acrylic Tube

Sakura Acrylic Tube adalah satu cat akrilik terbaik yang akan memanjakan kreativitasmu dengan 57 warna yang ditawarkan. Cat dari brand ini cocok untuk media apa pun dengan hasil akhir tahan air yang mengkilap, membuat cat ini tidak mudah luntur. Namun, yang perlu diwaspadai adalah teksturnya yang lebih lengket. Jadi perlu hati-hati saat mengaplikasikannya di media. Cat akrilik terbaik ini cukup terjangkau lho harganya. Langsung aja klik marketplace langgananmu untuk cek harganya!

Harga Rp. 280.000-315.000

Marie's Acrylic Colours

Jika kamu mencari cat akrilik dengan standar internasional dan hasil akhir yang tidak main-main, inilah jawabannya. Marie's Acrylic Colours merupakan cat akrilik terbaik yang dirancang untuk kebutuhan para seniman. Warna-warna yang dihasilkan lebih cemerlang, tidak gampang pudar. Tak hanya itu, pengaplikasian ke media juga lebih cepat kering, sangat patut dipertimbangkan sebagai pilihanmu. Terdapat tujuh warna dasar yang bisa kamu campurkan sesuai kreativitas. Cat akrilik ini dapat digunakan di berbagai media, seperti kanvas, kayu, kertas, bambu, dan lain-lain.

Harga Rp. 9.000-16.000

Angelus Acrylic Leather Paint

Angelus Acrylic Leather Paint adalah cat akrilik terbaik produksi USA, yang mulanya digunakan untuk benda-benda berbahan dasar kulit, seperti dompet, tas, dan sepatu. Namun, produk ini juga bisa diaplikasikan pada media lain. Saat pemakaian, kamu bisa melarutkannya ke air atau pun tanpa air. Proses pengeringannya tergolong cepat. Namun, harganya brand ini cukup mahal. Tak heran ya jika ini termasuk cat akrilik terbaik di kelasnya. Warna yang ditawarkan sangat beragam, nyaris semua warna yang kamu inginkan ada. Langsung saja search di marketplace ya!

Harga Rp. 89.000-112.000
From our editorial team

Rekomendasi cat akrilik terbaik 2022 hanya ada di BP-Guide.id!

Tunggu apalagi, segera dapatkan cat akrilik yang kamu butuhkan lewat link di atas ya! Kepoin lebih lanjut di artikel-artikel kami untuk mendapatkan info lain yang bermanfaat buatmu!

Tag