Liburan ke Singapura? Cek Dulu 10 Rekomendasi Oleh-oleh ini untuk Orang Tersayang

Liburan ke Singapura? Cek Dulu 10 Rekomendasi Oleh-oleh ini untuk Orang Tersayang

Singapura adalah salah satu negara tujuan wisata bagi orang Indonesia. Mau solo traveling pun aman. Namun tentu teringat keluarga di rumah. Kalau begitu, beli oleh-oleh khas Singapura saja. Nih 10 rekomendasi oleh-oleh dari Singapura versi BP-Guide.

Ke Singapura Tanpa Berbelanja? Sulit Rasanya!

Sumber gambar Shutterstock

Tentu terasa kurang jika liburan tanpa berbelanja. Membeli barang-barang meski sekadar untuk suvenir atau oleh-oleh telah menjadi suatu keharusan ketika bepergian. Apalagi ketika jauh-jauh liburan di Singapura yang dikenal sebagai surganya belanja. Selain berbagai tempat wisata yang keren, banyak outlet-outlet resmi dari produk-produk branded dunia yang tersedia di Singapura.

Tips Berbelanja Pintar dan Hemat di Singapura

Banyaknya outlet belanja di Singapura bisa jadi membuatmu kalap dalam menghabiskan uang. Agar tak kehabisan uang kala berbelanja, yuk ikuti tips belanja pintar dan hemat berikut!

Cari Tahu Lokasi Tempat Belanja

Sumber gambar Shutterstock

Tips belanja pintar dan hemat di Singapura yang pertama adalah mengetahui tempat-tempat belanja yang recommended. Menentukan lokasi belanja adalah hal yang penting, karena selain mengetahui outlet-outlet yang menjual produk ramah di kantong, kamu juga bisa mempertimbangkan biaya transportasi untuk menjangkau outlet belanja.

Menjadi surganya belanja, kamu bisa mendapatkan produk-produk branded dengan harga terjangkau di Singapura. Bagi kamu yang ingin berbelanja untuk suvenir maupun pribadi, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat seperti Bugis Street, ION Orchard, Mustafa Centre, dan masih banyak lagi.

Survei Harga dan Diskon

Sumber gambar Shutterstock

Selain mengetahui lokasi-lokasi yang direkomendasikan untuk berbelanja, kamu juga bisa melakukan survei harga dan juga diskon untuk mendapatkan penawaran termurah dari barang yang kamu cari.

Jika barang yang kamu inginkan dijual di beberapa toko, informasi harga bisa memudahkan untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik. Cari tahu pula jadwal diskon yang sesuai dengan hari-hari besar, misalnya saja Christmas Sale, Valentine Sale, atau End Year Sale.

Tawar Menawar

Sumber gambar Shutterstock

Tak cuma di Indonesia, kamu juga bisa melakukan tawar menawar kala berbelanja di Singapura. Untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik, jangan ragu untuk menawar harga. Tentunya, kamu harus menawar dengan harga yang wajar. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan riset harga dari beberapa toko sebelum memutuskan untuk menawar.

Hal lain yang harus kamu tahu, tidak semua tempat mengizinkanku untuk menawar harga. Jadi, kamu harus tahu lokasi-lokasi belanja yang memungkinkan untuk melakukan tawar menawar. Beberapa tempat belanja yang direkomendasikan dan memungkinkan untuk menawar harga adalah Lucky Plaza, Scape Marketplace, dan China Square Central.

Minta Struk Pembelian

Sumber gambar Shutterstock

Ketika berbelanja, jangan lupa untuk selalu meminta struk atau bon pembelian. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa uang yang kamu bayarkan sesuai dengan harga barang. Selain itu, beberapa asuransi travel tidak memasukkan barang tanpa bukti transaksi ke dalam asuransi. Sehingga, tidak ada yang bisa bertanggung jawab jika belanjaanmu hilang atau rusak.

Selain itu, struk pembayaran juga bisa digunakan untuk mengklaim refund GST (Goods and Service Tax). Dengan meminta struk pembayaran, kamu pribadi juga bisa mengontrol pengeluaran sehingga tidak kalap di kala belanja.

Rekomendasi 10 Oleh-oleh dari Singapura

Nasi Lemak Tea

Sumber gambar Naiise

Berlibur ke Singapura rasanya tidak lengkap jika tak mencicipi nasi lemak. Nasi yang gurih dan dilengkapi oleh berbagai lauk ini memang sedap dinikmati apalagi dengan aroma teh. Ingin membawa nasi lemak beraroma teh, kamu bisa membeli Nasi Lemak Tea yang sedap dan nikmat.

Nasi Lemak Tea ini adalah hidangan yang terbuat dari campuran beras harum hojicha, genmaicha, serpihan kelapa, pandan kering, cabai kering, dan juga penyedap. Cara penyajiannya pun sederhana, cukup seduh 2 gram nasi lemak tea dengan 200 ml air selama 3-4 menit. Produk ini bisa kamu beli di Tea shop : 333 Kreta Ayer Road #03-25, Singapore 080333 seharga 18 SGD atau Rp 180.000.

Tiger Balm

Sumber gambar Befree Blog

Jalan-jalan seharian di Singapura membuat badan pegal-pegal? Jangan khawatir, kamu bisa membeli produk Tiger Balm yang dapat meredakan pegal dan juga nyeri. Bukan sembarang balsam, produk berlogo harimau ini diracik oleh Aw Chu Kin, ahli herbal dari Tiongkok.

Balsam dengan aroma khas ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh, apalagi untuk orangtua yang menunggu di rumah. Dijual dengan harga kisaran SGD 5.5 atau sekitar Rp 56.000, produk ini bisa kamu dapatkan di apotek-apotek sekitar pusat kota.

Gantungan Kunci

Sumber gambar Befree Blog

Salah satu oleh-oleh yang tak pernah terlewat ketika liburan adalah gantungan kunci. Ketika liburan di Singapura, oleh-oleh gantungan kunci juga wajib dibeli. Gantungan kunci Singapura memiliki desain yang khas, seperti gambar atau replika Merlion dan Marina Bay Sands.

Gantungan kunci yang menjadi oleh-oleh favorit ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Harganya berkisar 2-10 SGD atau sekitar Rp 20.000 – Rp 100.000. Harga gantungan kunci tergantung motif dan juga tingkat kerumitan pembuatannya.

Parfum Tanpa Alkohol

Sumber gambar Befree Blog

Ingin beli oleh-oleh yang berkesan bagi keluarga di rumah kala liburan di Singapura? Kamu bisa memilih parfum sebagai oleh-oleh andalan. Berbelanja parfum di Singapura, sebaiknya kamu membeli parfum dengan aroma anggrek hibrida yang merupakan bunga nasional Singapura. Memiliki aroma yang wangi dan berkesan, parfum yang dibuat dari varietas anggrek asli ini juga dikemas dalam botol yang elegan.

Tertarik membeli parfum dengan pesona Singapore Memories untuk orang di rumah, kamu bisa membelinya di daerah Bugis, kawasan Chinatown, dan juga beberapa outlet seperti di Isetan. Bisa juga di Mega flagship store, Marina Bay Cruise Center, Naiise, Sentosa Fun Shop, dan juga Singapore Visitor Centre. Harganya pun beragam, kisaran 28-170 SGD atau sekitar Rp 280.000 – Rp 1.700.000.

Bak Kwa

Sumber gambar Befree Blog

Apakah kamu penggemar dendeng? Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli bak kwa, dendeng atau daging asap khas Singapura. Biasanya bak kwa terbuat dari daging babi yang diasap, namun ada pula daging ayam asap bagi konsumen muslim.

Menghadirkan daging yang gurih dan nikmat, ada beberapa kios penjual bak kwa yang dapat kamu kunjungi saat berlibur di Singapura. Dendeng produksi Bee Cheng Hiang atau Lim Chee Guan adalah yang paling direkomendasikan.

Makanan yang kerap dihidangkan pada Tahun Baru Imlek ini bisa dibeli di Chinatown, People Park Complex, ION Orchard Basement4, dan outlet baru tersedia di Jewel Changi Airport. Harganya pun cukup beragam, yaitu kisaran 48 – 95 SGD atau sekitar Rp 480.000 – Rp 950.000 tergantung varian tipenya.

Risis Orchid

Sumber gambar The Best Singapore

Ingin memberikan oleh-oleh istimewa dari Singapura untuk orang terkasih? Kamu bisa menghadiahkan risis orchid, produk anggrek berlapis logam mulia persembahan dari RISIS. Produk-produk dari RISIS terbuat dari anggrek asli yang dilapisi emas 24K yang kemudian digunakan untuk membuat perhiasan, seperti liontin, kalung, bros, anting-anting, atau hadiah formal bagi perusahaan.

Produk premium ini bisa kamu beli mulai harga 60 SGD atau Rp 600.000 di beberapa toko resmi RISIS. Toko RISIS dapat ditemukan di Gardens By The Bays, Takashimaya, The Shoppes, Suntec City Mall, dan Taman Anggrek Nasional. Bisa juga didapatkan di Tangs Orchard, Tangs VivoCity, dan juga Bandara Changi.

Kaos

Sumber gambar Keluyuran

Selain gantungan kunci, kaos menjadi oleh-oleh yang paling umum dibeli kala liburan. Jika berlibur di Singapura, kamu juga bisa membeli kaos lucu dari Singapura. Kaos dengan sablon bertuliskan “I Love Singapore” atau “I ♥ SG” ini bisa kamu temukan dengan mudah di Bugis Street dan juga Chinatown.

Kaos ini dijual dengan harga kisaran 10-15 SGD atau Rp 100.000 – Rp 150.000. Sama seperti kaos pada umumnya, pastikan bahwa bahan kaos yang kamu beli nyaman digunakan. Kamu juga bisa membandingkan harga kaos dari beberapa kios agar mendapatkan kaos dengan harga terbaik.

Laksa Paste

Sumber gambar Wisata Singapura

Oleh-oleh berupa jajanan atau panganan khas tentu tak boleh terlewat kala berlibur. Begitu juga saat kamu tengah berlibur di Singapura. Salah satu kuliner khas dari Singapura adalah laksa.

Para pecinta kuliner wajib mencicipi laksa katong asli Singapura yang memiliki warna kemerahan dan dibumbui santan serta udang kering. Taburan kerang, udang, dan perkedel ikan menambah cita rasa makanan khas Singapura yang satu ini.

Ingin membuat laksa sendiri di rumah? Kamu bisa menjadikan laksa paste atau bumbu laksa sebagai oleh-oleh. Kamu bisa membeli laksa paste yang siap masak di toko-toko suvenir di Changi Airport dan juga supermarket yang tersebar di Singapura. Harganya pun cukup ekonomis, yaitu 50-100 SGD atau kisaran Rp 50.000 – Rp 100.000 saja.

Cokelat Merlion

Sumber gambar Befree Blog

Pencinta cokelat pasti tak akan bisa melewatkan kenikmatan Cokelat Merlion kala liburan ke Singapura. Dari berbagai produk cokelat yang menjamur di Singapura, Cokelat Merlion adalah yang terfavorit.

Cokelat yang dicetak menyerupai patung Merlion ini dapat dibeli di berbagai pusat oleh-oleh, seperti Mustafa Center, Bugis Street, dan juga Chinatown. Saat membeli cokelat, jangan hanya tergiur oleh harga yang murah. Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan tanggal kadaluarsa yang masih jauh dari tanggal pembelian.

Selain Cokelat Merlion, kamu juga bisa membeli produk coklat lainnya dengan harga mulai dari 5 SGD. Untuk Cokelat Merlion sendiri, kamu bisa menikmatinya dengan harga kisaran 5.5-11 SGD atau sekitar Rp 55.000 –Rp 110.000.

Garret Popcorn

Sumber gambar Befree Blog

Rekomendasi oleh-oleh terakhir adalah popcorn nikmat dari Garrett Popcorn. Produk yang berasal dari Chicago ini adalah oleh-oleh nikmat dengan resep serta cara pembuatan yang tradisional. Renyah dan meleleh ketika dimakan, kamu bisa mencoba varian rasa Garrett Popcorn yang beragam.

Popcorn garing ini hadir dalam beberapa varian rasa, yaitu Chesee Corn, Chicago Mix, Caramel Crisp, Macadamia Caramel Crisp, Pecan Caramel Crisp, Almond Caramel Crisp, Cashew Caramel Crisp, Buttery, dan juga Plain.

Dibuat dari bahan segar berkualitas tinggi, maka tak heran jika kamu harus merogoh kocek lumayan dalam untuk menikmati popcorn ini. Dijual seharga 7-9 SGD atau kisaran Rp 70.000 –Rp 90.000, produk ini bisa kamu beli di gerai-gerai Garrett Popcorn, seperti di kawasan Orchard Road, City Link Mall, Vivo City, dan Wisma Atria Shopping Center.

From our editorial team

Pilih Oleh-oleh Sesuai Bujet

Jadi, tak perlu bingung lagi kan untuk membeli oleh-oleh di Singapura. Kamu tinggal sesuaikan dengan bujet serta kesukaan orang yang diberikan. Kalau tak ingin repot, gantungan kunci sudah menjadi pilihan tepat. Nah, bagaimana dengan kalian? Adakan oleh-oleh khas Singapura lain yang kamu incar?