Miliki Kulit yang Putih dengan 10 Rekomendasi Krim Pemutih Badan yang Aman dan Terjangkau (2020)

Miliki Kulit yang Putih dengan 10 Rekomendasi Krim Pemutih Badan yang Aman dan Terjangkau (2020)

Memiliki kulit yang putih dan cerah adalah impian banyak wanita terutama wanita Indonesia. Anda bisa lho punya kulit yang putih atau cerah dengan menggunakan krim pemutih badan yang pastinya aman dan berkualitas. Nah, langsung aja yuk cek dulu ada merek apa saja sih yang direkomendasikan BP-Guide!

Banyak Orang Berlomba-lomba Memutihkan Kulit agar Tampak Lebih Cerah

Memiliki kulit putih memang menjadi impian banyak orang, terutama orang-orang Indonesia. Kulit yang tampak cerah dan bersinar sangat meningkatkan rasa percaya diri kita dalam menjalankan berbagai aktivitas. Tak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan kulit yang putih.

Ada yang menggunakan produk pemutih kulit, melakukan perawatan ke klinik kecantikan, hingga cara instan seperti melakukan suntik pemutih. Karena tingginya permintaan akan produk pemutih, akhirnya banyak produk kosmetik yang mengeluarkan produk-produk yang berfungsi untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Jangan sampai Salah Pilih Krim Abal-abal karena Bisa Berbahaya

Kulit Memerah dan Iritasi

Perlu diingat bahwa tidak semua produk krim pemutih aman bagi kulit Anda. Beberapa produk krim pemutih justru membahayakan diri Anda karena mengandung zat-zat yang buruk bagi tubuh, misalnya merkuri. Zat merkuri memiliki sifat mengikis lapisan luar kulit.

Sehingga orang-orang yang menggunakan krim dengan merkuri, dalam jangka panjang bisa mengalami pengelupasan kulit, wajah mudah merah, dan terasa panas. Merkuri juga membuat kulit kita lebih sensitif terhadap sinar matahari dan mudah muncul bintik-bintik hitam.

Banyak yang menyebutkan bahwa gejala tersebut muncul karena produk sedang bekerja. Padahal sebenarnya, gejala-gejala di atas adalah tanda kerusakan pada kulit. Jika tidak segera diobati, efek sampingnya bisa jadi lebih parah lagi. Namun jika dihentikan secara tiba-tiba, bisa jadi kulit wajah justru menjadi lebih kusam daripada sebelumnya.

Beberapa penyakit kulit akibat pemakaian zat berbahaya tersebut tidak dapat disembuhkan total, melainkan hanya dapat dikurangi gejalanya. Sangat berbahaya, bukan?

Bisa Terkena Kanker Kulit Bahkan Kanker Payudara

Produk krim pemutih yang berbahaya biasanya menyebabkan produksi melanin pada kulit berkurang. Apa sih fungsi melanin itu? Salah satunya adalah untuk mengurangi efek samping sinar UV pada kulit. Jika melanin berkurang, efek buruk sinar UV pada kulit akan semakin besar. Sinar UV yang berlebihan akan menyebabkan penuaan dini dan memicu kanker kulit.

Tidak hanya itu, penggunaan krim pemutih yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan berbagai penyakit. Menurut Dr. Retno I. Tranggono, SpKK, beberapa penyakit akibat penggunaan merkuri dalam jangka panjang antara lain kanker payudara, kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker leher rahim. Salah satu tanda munculnya kanker adalah timbul benjolan dan bercak dengan bentuk dan ukuran yang tidak lazim.

Bisa Memicu Gagal Ginjal

Masih terkait dengan penggunaan merkuri pada tubuh, apabila merkuri masuk ke peredaran darah, maka memang banyak sekali efek samping yang ditimbulkan. Selain membuat lapisan kulit menipis dan memicu kanker kulit, merkuri juga bisa memicu gagal ginjal lho! Bahkan, merkuri juga dapat merusak sistem saraf dan menyebabkan berbagai gangguan psikologis apabila digunakan dalam jangka waktu panjang.

Bagi Ibu Hamil, Bisa Membahayakan Janin yang Dikandungnya

Menurut Husniah Rubiana Thamrin Akib dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), merkuri adalah logam berat sehingga sangat berbahaya bagi tubuh. Jumlah sekecil apa pun jika masuk ke dalam tubuh, akan menjadi racun.

Efek sampingnya masih bisa dirasakan bahkan setelah pemakaian dihentikan. Begitu pula jika merkuri masuk ke dalam tubuh ibu hamil atau menyusui. Besar kemungkinan zat ini juga akan masuk ke janin yang dikandungnya.

Sudah ada beberapa kasus kelahiran prematur akibat sang ibu menggunakan krim pemutih yang mengandung merkuri. Bahkan, ada juga yang menyebabkan fisik bayi tidak sempurna. Hal ini bisa terjadi karena merkuri adalah racun yang menghambat perkembangan janin.

Tips Memilih Krim Pemutih yang Aman

Periksa Komposisi atau Kandungannya

Sebelum membeli sebuah produk krim pemutih, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu tentang produk-produk yang tidak cocok di kulit Anda dan produk-produk yang memang berbahaya bagi kulit dan tubuh. Beberapa contoh bahan berbahaya yang seringkali ada pada krim pemutih antara lain mercury, hydroquinone, rhodamin B, dan asam retinoat.

Biasanya, zat-zat tersebut ditambahkan pada produk krim pemutih yang mengklaim dapat memutihkan kulit dengan cepat. Memang ia dapat memberikan hasil yang instan, namun efek sampingnya juga tak kalah berbahaya. Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) sudah melarang penggunaan hydroquinone pada produk kosmetik maupun perawatan di negara-negara Asia dan Eropa.

Setelah Anda mengetahui produk-produk apa saja yang berbahaya bagi kulit, maka hindari produk-produk tersebut. Periksa label yang ada di kemasan produk. Perhatikan komposisinya dengan teliti. Sebaiknya pilihlah krim yang mengandung bahan-bahan alami untuk mencerahkan kulit seperti ekstrak bengkoang, susu, pepaya, lemon, dan lain sebagainya.

Zat-zat tersebut mengandung antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Dengan demikian, proses mencerahkan akan terjadi dengan lebih alami.

Jangan Tergiur Harga Murah

Harga juga sebaiknya menjadi bahan pertimbangan ketika memilih produk krim pemutih. Pilih produk dengan harga yang masuk akal. Jangan membeli suatu produk hanya karena harganya yang murah.

Biasanya produk-produk yang mengandung zat berbahaya tersebut memberikan harga murah agar masyarakat tergiur membelinya meski belum terdaftar di BPOM.

Namun ada juga penjual yang memberikan harga normal agar calon pembeli tidak curiga. Jadi, kewaspadaan Anda tetaplah yang terpenting ketika akan membeli sebuah produk.

Tekstur Tidak Lengket

Hati-hatilah dengan krim yang bertekstur lengket. Biasanya, krim pemutih berbahaya memiliki tekstur yang lengket karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan bedak. Sedangkan krim yang aman, memiliki tekstur yang tidak lengket dan mudah diserap oleh kulit. Krim berbahaya juga biasanya tidak tercampur dengan baik sehingga masih ada beberapa bagian yang nampak menggumpal.

Ingat Bahwa Tidak Ada Hasil yang Instan

Tidak ada sesuatu yang tahan lama yang bisa kita dapatkan dengan instan. Hampir semua hal di dunia ini memerlukan proses, begitu juga dalam proses merawat kulit. Butuh waktu sekitar 6-12 bulan untuk melihat hasil perawatan rutin Anda. Jadi jika Anda melihat produk yang menawarkan hasil kulit putih instan dalam hitungan hari atau minggu, maka Anda perlu curiga.

Krim tersebut biasanya mengandung zat berbahaya yang akan mengikis permukaan kulit dengan cepat. Awalnya memang kulit tampak bebas jerawat, bebas halus, dan mengecilkan pori-pori. Namun setelah beberapa saat, kulit Anda justru infeksi dan timbul masalah lain. Belum lagi efek samping yang harus Anda terima apabila menggunakan zat berbahaya tersebut dalam waktu yang lama.

Hasil Terlihat Natural

Krim pemutih tanpa bahan yang berbahaya akan memberikan hasil warna kulit yang lebih natural daripada jika kita menggunakan krim pemutih berbahan dasar merkuri. Krim yang mengandung merkuri akan membuat wajah kita berwarna pucat, bahkan cenderung keabu-abuan. Hal ini disebabkan zat merkurinya telah mengikis permukaan luar kulit wajah kita.

Jika Anda menggunakan krim yang aman, warna kulit Anda akan berubah perlahan-lahan. Bukannya naik signifikan secara mendadak hingga kontras dengan warna kulit bagian tubuh yang lainnya.

10 Rekomendasi Krim Pemutih Badan Alami Terbaik agar Kulit Tampak Cerah dan Sehat

Mustika Ratu Bengkoang Whitening Hand & Body Lotion

Mustika Ratu didirikan oleh dr. BRA Mooryati Soedibyo pada tahun 1975. Ketika mendirikan Mustika Ratu, beliau sangat terinspirasi oleh alam dan manfaat jamu herbal. Itulah mengapa produk-produk Mustika Ratu dikenal dengan bahan-bahannya yang alami, sehingga aman untuk kulit masyarakat Indonesia.

Mustika Ratu sendiri memiliki beragam produk kecantikan mulai dari kosmetik, produk perawatan tubuh, perawatan wajah, hingga perawatan daerah kewanitaan. Tidak kalah dengan brand besar lainnya, Mustika Ratu juga memiliki produk untuk mencerahkan kulit yang cukup terkenal.

Salah satunya adalah produk ini yang mengandung ekstrak bengkoang dan akar manis. Kandungannya dipercaya dapat mencerahkan warna kulit dan menyamarkan noda hitam. Produk ini bagus dipakai untuk Anda yang memiliki kulit kering karena tidak mengurangi kadar kelembapan pada tubuh.

Harga Rp. 14.050-26.500

Citra Night Whitening Body Lotion

Produk selanjutnya ada dari Citra yaitu Citra Hand and Body Lotion Night Whitening. Produk ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi sepanjang hari.

Ia mengandung 100% natural essence dari mulberry, minyak biji anggur, dan yoghurt untuk kulit yang lebih cerah dan lebih halus. Minyak biji anggur kaya akan vitamin E dan yoghurt kaya akan AHA yang mampu membuat kulit bercahaya secara natural.

Tidak hanya mencerahkan, produk ini juga mengklaim dapat melembabkan dan menutrisi kulit Anda.

Harga Rp. 19.900-27.000

Marina Total Care Youthful & White

Selanjutnya ada produk dari Marina yang masih berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit. Produk ini mengandung pomegranate, kolagen, multivitamin, dan tabir surya atau dikenal dengan sebutan Bioyouthful Complex. Fungsinya adalah untuk menjaga keremajaan kulit sekaligus memberikan manfaat 8M.

Manfaat 8M, yaitu membuat kulit terasa lebih kencang, menjaga elastisitas kulit, merawat kulit kusam menjadi sehat bercahaya, mengurangi tekstur kulit sehingga tampak lebih lembut, mencegah kulit dari dehidrasi, membantu kulit tampak lebih putih dan cerah, melindungi kulit dari sinar UV, dan memberikan nutrisi pada kulit.

Manfaatnya banyak sekali, ya? Karena manfaatnya yang sangat kaya tersebut dan juga bahan-bahannya yang alami, maka produk ini dapat digunakan oleh segala jenis kulit.

Harga Rp. 10.600-11.080

Nivea Body Lotion UV Whitening

Salah satu merek yang sangat dikenal karena produk-produk body care-nya adalah Nivea. Produk mencerahkan kulit badan dari Nivea adalah Nivea Body Lotion UV Whitening.

Dengan teknologi Hydra IQ, produk ini diperkaya dengan ekstrak camu-camu berry yang diklaim memiliki kandungan 40 kali vitamin C. Kandungan inilah yang ampuh dalam mengembalikan kecerahan kulitmu.

Tidak hanya itu, Nivea juga melindungi kulitmu agar tidak kembali kusam dan mencegah penuaan dini. Formulanya ampuh untuk menangkal efek samping sinar UVA dan UVB.

Harga Rp. 22.600-72.000

Vaseline Healthy White Insta Fair

Selanjutnya adalah produk dari Vaseline yang mengandung vitamin B3 alami. Formulanya cepat meresap dan sama sekali tidak terasa lengket. Ia mengandung micro droplets dari Vaseline Jelly yang sudah sangat populer dengan khasiatnya.

Skin lightening bio-actives-nya membantu mencerahkan kulit dari dalam. Tidak hanya itu, produk ini juga ampuh memberikan kelembapan pada kulit untuk memperbaiki kulit kering dan kusam serta menjaga kulit dari efek buruk sinar UV. Sehingga kulit tampak lebih bercahaya secara alami.

Harga Rp. 28.900-32.000

Mustika Ratu Hand and Body Lotion Mangir Putih

Kembali dengan Mustika Ratu, kali ini kami merekomendasikan produk hand and body lotion yang dapat membuat kulit Anda tampak lebih putih dan lembut.

Produk ini mengandung ekstrak mangir putih dan ekstrak daun kemuning kaya akan vitamin A, E, dan F yang baik untuk kulit. Keunggulan lainnya adalah tidak terasa lengket sama sekali, sehingga nyaman digunakan kapan saja.

Kemasannya dalam bentuk tube, sangat praktis dibawa ke mana-mana. Cara pemakaiannya adalah dengan mengaplikasikan produk ke seluruh bagian tubuh yang sudah bersih dan kering.

Harga Rp. 19.500-28.600

Marina Bright & Fresh Body Lotion

Marina UV White Bright and Fresh sudah teruji klinis oleh dermatologis, dapat membuat kulit tampak lebih halus dan putih secara merata.

Produk ini mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan triple UV Protection yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Selain itu, produk ini mengandung mulberry, licorice, lemon, dan dilengkapi dengan Biowhitening Complex dari Vitamin B3 dan E. Gunakan secara teratur minimal 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

Harga Rp. 17.160-25.000

Citra Pearly White UV Korean Pearls Mulberry Body Lotion

Dapatkan kulit yang lebih cerah, halus, dan berkilau dengan Citra Pearly White Body Lotion. Kandungan 100% natural essence mutiara korea membuat produk ini efektif untuk mencerahkan kulit secara alami.

Tidak hanya itu, produk ini pun kaya akan mineral serta mengandung mulberry yang kaya akan vitamin C dan E. Manfaat baiknya dapat menutrisi dan melembabkan kulit seharian.

Harga Rp. 19.800-30.000

Natur-E White Hand and Body Serum

Natur-E memiliki kandungan utama vitamin E yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Merek ini juga mengeluarkan produk untuk mencerahkan kulit dalam bentuk body serum.

Natur-E White Hand and Body Serum telah melewati rangkaian uji klinis dan terbukti dapat memberikan efek mencerahkan setelah 28 hari pemakaian.

Selain itu, ia juga mampu memberikan kelembapan pada kulit secara signifikan hingga 10 jam setelah pemakaian pertama. Kandungan di dalamnya antara lain glutathione, vitamin E, dan Olive Fruit Extract.

Natur-E White Hand and Body Serum membuat kulit tampak lebih cerah secara alami sejak pemakaian pertama.

Harga Rp. 40.500-44.000

Nivea Extra White Protect and Repair Lotion

Produk terakhir dari rekomendasi kami adalah produk dari Nivea, yaitu Nivea Extra White Protect and Repair yang dikembangkan khusus untuk kebutuhan kulit Asia.

Produk ini mengandung ekstrak camu-camu berry yang memiliki vitamin C 50 kali lebih banyak daripada lemon. Ia juga mengandung SPF 15 untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari berlebih.

Teknologi Hydra IQ-nya membantu pembentukan saluran hidrasi alami kulit dan mampu menjaga kelembapan kulit hingga lebih dari 24 jam setelah pemakaian.

Membantumu merawat dan menjaga kulit dari 10 tanda kulit rusak seperti kusam (akumulasi dari sinar matahari), warna kulit kusam, gatal, bintik hitam, warna kulit tidak merata, kasar, bersisik, pecah-pecah, tidak mulus, serta kaku dan kering.

Harga Rp. 19.720-23.900
From our editorial team

Gunakan Krim Pemutih secara Teratur, Ya

Pilihlah krim pemutih yang mengandung banyak manfaat untuk kulitmu, tidak hanya memutihkan namun juga dapat menutrisi kulitmu sehingga tetap lembap, sehat, dan terhindar dari kulit yang kusam. Jadi, gunakanlah krim ini setiap hari agar secara perlahan dapat memutihkan kulitmu.

Tag