Inilah 10 Peluang Bisnis yang Bikin Dompet Kosong Terisi Penuh selama Pandemi (2020)

Inilah 10 Peluang Bisnis yang Bikin Dompet Kosong Terisi Penuh selama Pandemi (2020)

Bagi beberapa orang, adanya pandemi membuat pendapatannya berkurang, namun bukan alasan bagi Anda untuk terus berkeluh kesah. BP-Guide punya ide-ide bisnis yang bikin dompet kosong terisi dengan rupiah, lho. Kira-kira apa aja, ya? Baca artikel ini sampai akhir, yuk!

Punya Cukup Uang Sampai Akhir Bulan Adalah Hal yang Penting Banget

Uang memiliki peranan penting dan bisa menjadi hal yang sangat sensitif. Kondisi keuangan yang menurun bisa berefek pada masalah kesehatan seperti stres. Penelitian dari Harvard Medical School dengan subjek penelitian stres yang dilakukan selama 4 tahun melibatkan responden sebanyak 300 orang menyebutkan bahwa stres bisa mengakibatkan timbulnya permasalahan pada jantung.

Kondisi tidak ada uang sama sekali di dompet menurut mitos yang berkembang dapat mengakibatkan kesulitan mendapatkan uang selanjutnya. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya sisakan selembar uang berapa pun agar menjadi umpan uang selanjutnya yang masuk ke dompet.

Kondisi akhir bulan sehingga membuat tidak ada uang sama sekali di dalam dompet sering terjadi pada para mahasiswa perantau. Jadi, pastikan Anda memiliki cukup uang sampai akhir bulan tiba.

Penyebab Dompet Sering Kosong

Belanja yang Bukan Jadi Kebutuhan

Biasanya ketika memiliki uang, apapun terlihat tampak menarik sehingga Anda bisa menjadi impulsif dan membeli apa saja yang disukai. Meskipun begitu terkadang apa yang diinginkan bukan berarti dibutuhkan, namun asal beli saja karena suka.

Selain itu biasanya ketika berbelanja, Anda dalam kondisi perut sedang lapar sehingga cenderung membeli makanan yang tidak dibutuhkan meskipun tidak ada dalam daftar belanja. Kebiasaan tersebut dapat membuat pengeluaran semakin lebih banyak dan terkadang justru makanan tersebut bisa jadi tidak terpakai ataupun termakan.

Untuk itu sebaiknya sebelum Anda berbelanja sebaiknya biasakan perut terisi terlebih dahulu agar bisa mengerem keinginan untuk berbelanja barang yang tidak dibutuhkan.

Tidak Menjaga Pola Hidup Sehat

Pola hidup tidak sehat dapat membahayakan kesehatan dompet. Hal ini dikarenakan makanan kurang sehat yang dikonsumsi dapat mengakibatkan kesehatan terganggu dan munculnya kemungkinan sakit. Kondisi sakit biasanya membutuhkan uang untuk kembali menjadi sehat dengan berobat ke dokter ataupun ke rumah sakit dimana tarifnya terbilang tidak murah dan pastinya akan menguras isi dompet.

Selain itu seiring berjalannya waktu, peningkatan gaya hidup juga terjadi sehingga semakin membuat pengeluaran melambung tinggi. Tadinya pergi ke kantor menggunakan kendaraan umum berubah menjadi naik motor ataupun mobil, tadinya makan di kantin karyawan berubah makan di restoran setiap hari.

Meskipun terjadi kenaikan gaji, namun apabila tidak diimbangi dengan gaya hidup tetap dapat membuat isi dompet lebih cepat menjadi kosong.

Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Dalam kehidupan diperlukan rencana keuangan untuk mengatur finansial agar tidak boros. Apabila selama ini Anda menabung tetapi masih tetap tidak cukup berarti perlu mengatur pengeluaran. Untuk itu buatlah perencanaan anggaran untuk sebulan dan usahakan disiplin mengikutinya. Lakukan pencatatan setiap pengeluaran dan buatlah alokasi tepat sesuai dengan kebutuhan.

Usahakan tidak menambah terus menerus daftar utang karena nilai pokok dan bunga dari utang justru akan semakin berlipat ganda ketika tidak segera dilunasi. Apabila Anda mendapatkan kenaikan gaji ataupun promosi jabatan sebaiknya prioritaskan untuk melunasi utang-utang Anda terlebih dulu.

Jika kenaikan gaji Anda sebesar 10%, usahakan pengeluaran tidak melebihi dari 10% dan tetap pertahankan seluruh kebutuhan seperti sebelum naik gaji. Dengan begitu Anda dapat mengalokasikannya untuk mengisi tabungan. Jangan lupa untuk selalu hidup sederhana tanpa utang daripada hidup mewah penuh utang.

Tips Mengatasi Dompet Kosong Tiap Akhir Bulan

Bijak Menggunakan Kartu Kredit atau Kartu Debit

Sering sekali isi dompet kosong ketika akhir bulan tiba, meskipun sudah menghemat semua pengeluaran. Dalam prinsip dompet anti sekarat di tanggal tua menyebutkan bahwa bukan berhemat yang menyiksa diri. Untuk menghindarinya lakukan dengan tindakan bijak menggunakan kartu debit dan apabila belum bisa mengelola keuangan dengan baik sebaiknya hindari menggunakan kartu debit.

Sekarang ini metode pembayaran menggunakan kartu debit memang praktis, tinggal sekali gesek langsung bayar dan memudahkan bertransaksi, namun Anda tetap harus bijak dalam menggunakannya. Jika Anda terus menerus menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit bisa jadi akan miskin mendadak karena biaya tagihan yang membengkak.

Untuk mengantisipasinya Anda dapat menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran karena lebih mudah mengaturnya dan tahu batasan pengeluarannya. Hindari berhutang terutama yang berbunga karena hal tersebut justru makin memperburuk kondisi dompet.

Apabila sudah terlanjur berhutang sebaiknya cicillah sedikit demi sedikit sampai lunas dan jika sudah lunas sebaiknya jauhkan diri dari utang agar pikiran tidak terbebani lagi.

Buat Anggaran Keuangan

Ketidakjelasan pembukuan merupakan pemicu kondisi keuangan yang berantakan. Untuk itu sebaiknya sejak awal buatlah daftar anggaran sebulan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Catatlah setiap detail pemasukan dan pengeluaran secara lengkap dengan pos-posnya agar mudah mengontrol prioritas kebutuhan.

Tulis semua kebutuhan pokok, sekunder, dan tersier seperti belanja, perawatan salon, sampai skincare yang dipergunakan setiap hari. Alokasikan gaji sesuai dengan kebutuhan agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi bujet yang dimiliki. Utamakan kebutuhan pokok dan tunda pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier apabila melebihi bujet yang dimiliki.

Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat perlu Anda miliki untuk dipergunakan ketika kondisi keuangan tengah bermasalah atau adanya pengeluaran tidak terduga. Dana tersebut dapat dipergunakan kapan saja ketika kebutuhan mendesak seperti untuk membuka usaha baru ketika di PHK dari kantor. Idealnya jumlah dana darurat sebaiknya 12 kali pengeluaran bulanan.

Untuk mencapai angka tersebut sebaiknya hitunglah dari jumlah pengeluaran bulanan dan kalikan dengan 12. Usahakan menabung dana darurat lebih disiplin, Anda dapat menerapkan sistem auto debit pada rekening operasional.

Untuk memulihkan kondisi finansial yang menurun sebaiknya pikirkan langkah-langkah yang memungkinkan dan berjuang untuk melunasi hutang dengan cara menjual ataupun menyewakan barang-barang yang tidak produktif.

Mulai Berinvestasi

Investasi jangka panjang ataupun pendek memiliki banyak manfaat untuk kemudian hari. Anda dapat melakukannya dengan cara menyisihkan beberapa persen dari penghasilan untuk ditabung dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lakukan investasi sedikit demi sedikit agar risiko kerugian tidak terlalu besar karena jumlah investasi yang sedikit.

Langkah tersebut dapat membantu Anda memperbaiki kondisi finansial yang menurun. Apabila Anda berinvestasi dengan menyimpan 10% dirasa kurang cukup, sebaiknya perlu melipatgandakan ataupun meningkatkan pendapatan dengan cara investasi pada bisnis seperti investasi deposito, real estate, bisnis afiliasi, dan lain-lain. Langkah tersebut dapat membantu pemasukan Anda terus mengalir.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Membawa uang tunai secukupnya penting dilakukan bagi Anda yang gemar belanja. Selain itu hindari membeli barang kurang penting dan selalu terapkan prinsip mendahulukan kebutuhan daripada keinginan.

Dalam penyusunan uang di dompet sebaiknya susunlah berdasarkan nominal terkecil sampai dengan terbesar. Hal tersebut dapat mempermudah Anda menghitung jumlah uang di dompet dan jumlah uang yang dikeluarkan.

Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Biar Dompet Nggak Kosong

Makanan Beku (Frozen Food)

Pandemi Covid 19 menimbulkan keterbatasan ruang di masyarakat sehingga tidak lagi bisa leluasa beraktivitas di luar rumah. Berdasarkan riset Mckinsey & Company menyebutkan bahwa selama masa pandemi sebanyak 58% konsumen Indonesia mengurangi frekuensi makan di tempat. Kebiasaan hangout di kafe ataupun makan bersama di restoran tidak lagi bisa dilakukan sehingga memunculkan ide usaha makanan beku.

Bisnis frozen food sekarang ini semakin diminati semua orang. Selain itu bisnis jenis ini dapat menjadi bisnis sampingan, baik bagi restoran ternama ataupun industri rumahan. Anda pun dapat menikmati santapan ala restoran di rumah dengan memasak simpel yaitu memanaskan frozen food tersebut.

Mengajar Online

Bisnis online telah menjadi pilihan banyak orang sejak sebelum adanya virus corona. Hal ini dikarenakan sistem kerja yang fleksibel yaitu berjualan di rumah dan barang siap untuk dikirim. Bisnis online yang menjual barang bisa berupa makanan, minuman, pakaian, kebutuhan rumah tangga, dan lain-lain.

Selain dalam bentuk barang, bisnis online juga menawarkan jasa seperti menyediakan kelas belajar online. Anda dapat memilih membuka kursus online sesuai dengan hobi dan keahlian seperti di bidang musik, marketing, bahasa asing, bahkan olahraga. Kursus online sangat tepat mendukung kebijakan working from home (WFH) sehingga meminimalkan kontak dan tidak perlu keluar rumah.

Umumnya kursus online berbentuk webinar yang bisa diikuti banyak orang. Untuk membuat webinar menarik, Anda harus memiliki portofolio istimewa agar calon pelanggan bisa tertarik mengikuti. Kursus online tidak membutuhkan tempat khusus, persiapan banyak, ataupun properti berbagai macam. Selain itu persaingannya pun masih sedikit, berbeda dengan kursus konvensional yang memiliki persaingan cukup sengit.

Jasa Ekspedisi

Di masa pandemi seperti sekarang ini perusahaan travel banyak yang beralih fungsi dari mengantarkan penumpang menjadi barang. Penjualan online yang meningkat membuat jasa pengantaran atau familiar disebut jasa ekspedisi juga mengalami peningkatan.

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia menyebutkan bahwa ada kecenderungan tumbuh tipis dengan melayani kiriman barang customer to customer ataupun business to customer, sedangkan perusahaan jasa kurir yang melayani pengiriman business to business ataupun antar pemerintah mengalami kemerosotan tajam.

Minuman Herbal atau Jamu

Hingga sekarang ini belum ditemukan obat ataupun vaksin yang dapat mencegah dan mengobati virus corona. Untuk menjaga kesehatan, masyarakat di anjurkan agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat menjaga daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat, mengonsumsi vitamin dan minuman herbal seperti kencur, kunyit, jahe, temulawak, dan daun sereh.

Berdasarkan riset menyebutkan bahwa penjualan online produk perawatan kesehatan mengalami peningkatan hampir tiga kali lipat. Bisnis ramuan ataupun minuman herbal pun sekarang ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa membuatnya sendiri sehingga kebanyakan konsumen memilih untuk membeli produk tersebut. Anda dapat menjual jamu herbal dalam bentuk cair ataupun bubuk dengan menerapkan sistem pre-order agar kualitas jamu lebih terjaga.

Minuman Literan

Sumber gambar https://koran.tempo.co

Di masa pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, banyak bisnis makanan atau minuman seperti kedai kopi yang mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Coffee shop sekelas Starbucks pun mengalami kerugian yang cukup besar. Untuk mengatasinya banyak pebisnis rumahan minuman seperti kopi, bubble tea, dan jus membuat produk minuman literan yang bisa dikonsumsi seluruh keluarga.

Varian minuman dalam kemasan family size package diterapkan juga oleh pemain lokal seperti Kopi Tuku, Kopi Toko Djawa, dan Bahagia Kopi dengan konsep kopi seliter. Selain itu Kopi Kenangan juga mengeluarkan varian yang sama dengan menerapkan sistem promosi masif di media sosial melalui akun instagramnya.

Home Cleaning

Di musim pandemi seperti sekarang ini, menjaga kebersihan sangatlah penting, baik kebersihan diri sendiri ataupun orang di sekitar. Kondisi tersebut sangat tepat memulai bisnis home cleaning berupa pembersihan area rumah ataupun kantor agar terhindar dari virus dan bakteri.

Selain itu Anda juga dapat membersihkan sofa ataupun bagian lainnya dari tungau yang menumpuk. Peluang bisnis home cleaning pun tepat diterapkan oleh sektor perhotelan dengan melakukan utilisasi aset sekaligus mengasah kemampuan kompetensi di bidang cleaning service.

Jasa cleaning seperti CleaN'Co yang menawarkan layanan jasa semprot spray desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona dapat menjadi pilihan tepat Anda. Selain itu layanan on demand cleaning service dengan konsep kebersihan prima berkelas hotel dari Hotel Teraskita (by Dafam) dan Hotel Ambhara juga bisa menjadi pilihan.

Produk Fashion

Peluang bisnis di masa pandemi tidak melulu berkutat pada bisnis makanan dan minuman tetapi juga bisnis fashion. Pada masa seperti sekarang ini bisnis tersebut mampu bertahan dan justru mengalami peningkatan terutama dari dukungan online. Penjualan produk fashion mengalami peningkatan sebanyak dua kali lipat.

Produk pakaian yang mengalami peningkatan adalah pakaian tidur alias piyama yang dijual dalam aneka warna cerah seperti kuning, ungu muda, putih, merah muda, oranye dan lain-lain. Salah satu merek lokal yaitu Mailmo dengan strateginya yang cukup cerdik menangkap tren kebutuhan fashion dengan titik fokus pada produk sehari-hari seperti sandal rumah, kaos, ataupun hoodie.

Tak hanya produk baru saja, namun produk preloved atau bekas juga diminati banyak orang karena harganya yang miring. Beberapa produk preloved bisa berupa aksesori, tas, jam tangan, dan lain-lain.

Jasa Pembuatan Website

Untuk meningkatkan citra perusahaan biasanya menggunakan website dan media sosial dengan konten menarik. Meksipun begitu tidak semua pengusaha mampu menerapkannya dengan sempurna. Umumnya perusahaan akan mencari jasa pembuatan website dan media sosial yang telah berpengalaman.

Bisnis seperti ini dapat membantu perusahaan untuk memaksimalkan penjualan bahkan menjadi ide sepanjang masa bahkan tidak pernah mati meskipun di masa wabah sekarang ini. Hal ini dikarenakan produk yang dihasilkannya tidak dapat disentuh dan tidak ada interaksi sosial.

Jasa pembuatan website dapat menjadi kerja sampingan yang bermanfaat, terutama bagi yang jago dengan pemrograman, menulis, desain grafis, ataupun membuat video. Untuk mengawali jenis usaha tersebut bisa dengan menggunakan modal portofolio yang berisi rangkuman menarik, kemudain masukkan dalam portal-portal pencari kerja freelance.

Jasa Fotografer Virtual

Sebagian industri kreatif mengalami kondisi mati suri akibat pandemi virus Corona yang terjadi. Salah satu industri tersebut adalah bidang fotografi. Untuk mempertahankan bisnis, maka muncul inovasi tren pemotretan virtual. Konsep pemotretan ini yaitu melakukan foto virtual tanpa pertemuan fisik antara model dan fotografernya.

Tren fotografi ini menjamur di Indonesia dan menjadi peluang bisnis baru tersendiri yang dapat digeluti. Pertama kali jenis fotografi ini diperkenalkan oleh Maximilian John atau biasa dipanggil Max yang melihat potensi besar dari genre alternatif dunia fotografi.

Dengan menekuni fotografi ini, Anda dapat memulai untuk menjual karya dan menjadikannya bisnis online menguntungkan melalui beberapa situs penyedia penjualan foto seperti Istockphoto.com, ShutterStock.com, Fotolia.com, StockFresh.com dan lain-lain.

Penulis Lepas

Memiliki hobi menulis dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa menjadi penulis online paruh waktu ataupun full time yang bekerja dari rumah dan tanpa menggunakan modal. Biasanya penulis memiliki tugas utama berupa menulis konten usaha untuk pihak tertentu, namun bagi blogger bisa juga menulis tulisan apapun seperti cerpen atau opini yang bisa mendatangkan iklan.

Untuk memasarkan produk orang lain, Anda dapat memanfaatkan situs pribadi dan mendapatkan pendapatan dari posting tersebut. Anda dapat menawarkan jasa menulis konten iklan atau konten pemasaran pada perusahaan yang membutuhkan atau mencari lowongan penulis di platform seperti Sribulancer, Upwork, Wattpad, ataupun projects.co.id. Untuk tarif penulisan bisa Anda sesuaikan dengan kesepakatan awal antara Anda dan pihak yang memakai jasa.

From our editorial team

Dompet Kosong saat Pandemi? No Way!

Ada banyak profesi yang bisa Anda lakukan di saat pandemi ini yang bikin dompet tidak kosong lagi. Anda perlu mencoba berbagai pekerjaan yang direkomendasikan nih agar tidak membuat dompet kosong. Yuk, langsung saja coba berbagai alternatif untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah di dompet!

Tag