Cara Memilih Sepatu Sport Adidas Original dan 8+ Pilihan Untuk Anda! (2017)

Cara Memilih Sepatu Sport Adidas Original dan 8+ Pilihan Untuk Anda! (2017)

Memilih sepatu olahraga tidaklah susah. Bagian yang sulit adalah ketika harus membedakan produk orisinal dan tiruan. Untuk itu BP-Guide memberikan Anda tips dan trik agar tetap bisa mendapatkan produk Adidas orisinal. Berikut beberapa produk yang kami rekomendasikan khusus untuk Anda.

Olahraga Makin Oke dengan Sepatu Sport Adidas

Bagi masyarakat perkotaan, olahraga tidak lagi jadi sekedar sarana untuk menjaga kebugaran, tapi sudah menjadi gaya hidup. Karena itu, peralatan olahraga seperti sepatu, juga tidak bisa lepas dari merek ternama dan berkualitas. Syukur-syukur jika sepatu tersebut juga menawarkan harga yang cukup menarik bagi isi kantong. Salah satu merek sepatu olahraga dengan merek yang sudah terpercaya selama puluhan tahun adalah Adidas.

Merek sepatu buatan Jerman ini sudah berdiri sejak 1920-an. Sepatu ini sudah menjadi hal yang wajib bagi para pemain tim nasional Jerman. Selain sepatu sepak bola dan futsal, Adidas juga banyak varian sepatu untuk olahraga lain. Seperti buat lari dan jogging. Kualitas sepatu olahraga Adidas tidak kalah dari Nike yang buatan Amerika Serikat.

Untuk semua sepatu produknya, termasuk sepatu lari, Adidas punya teknologi bernama climacool dan energy boost yang diterapkan pada bahan utama sepatu. Sehingga sepatu lari buatan Adidas punya daya tahan yang bagus, sirkulasi udara yang lancar, dan tentu saja nyaman dipakai berjam-jam lamanya.

Terkait dengan lifestyle, Anda juga pasti ingin menjadi pusat perhatian ketika tengah menjaga kebugaran bukan? Nah bagi kaum wanita yang ingin selalu jadi pusat perhatian, Adidas punya satu produk yang dibuat khusus para wanita aktif. Sepatu ini diberi nama Adidas Stellasport Yvori Shoes.

Untuk membuat seri sepatu Stellasport Yvori Shoes, Adidas secara khusus menggandeng Stella McCartney. Hasilnya terciptalah sepatu olahraga yang desainnya sangat menarik tapi tetap nyaman dipakai. Karena bahan yang digunakan tergolong istimewa seperti bagian dalam yang menggunakan bahan yang nyaman dengan lacing unik yang tidak ada di sepatu merek lain.

Bentuknya yang low cut membuat penampilan pemakainya terlihat berbeda tapi tetap menarik. Selain itu bagian tengah bisa diatur sesuai keinginan kita. Apakah akan mengikat erat tempurung kaki atau cukup ikatan sedang saja.

Pastinya dengan memakai Adidas Stellasport Yvori Shoes ini, kaum wanita akan tetap tampil keren dan selalu menjadi pusat perhatian.

Tips Memilih Sepatu Sport Adidas yang Baik

Siapa yang tidak bangga bisa memakai sepatu merek terkenal saat berolahraga? Terlebih jika sepatu yang Anda pakai merupakan produk unik dan jarang dimiliki orang. Semangat untuk berolahraga pun bisa meningkat drastis.

Tapi yakinkan Anda jika sepatu yang Anda pakai adalah produk orisinal dan bukan KW? Harga sepatu olahraga yang orisinal memang relatif mahal. Rata-rata harganya saat ini tidak kurang dari 1 juta rupiah. Karena itu, sebelum Anda malu karena kepergok memakai sepatu tiruan, ada baiknya baca dan pahami ciri-ciri juga cara-cara mengetahui sebuah sepatu orisinal atau KW.

Tips Mengetahui Sepatu Adidas Orisinal

  • Cermati cetakan dan warna kotak sepatu
  • Sepatu orisinal pasti akan disimpan dalam sebuah kotak. Pada kotak ini terdapat cetakan berisi berbagai keterangan mengenai sepatu tersebut. Bahan kotaknya pun akan bagus dan warnanya kuat, tidak pudar. Ini merupakan ciri-ciri kotak sepatu yang asli.
  • Lihat label di lidah sepatu
  • Sepatu orisinal akan memiliki nomor produksi pada lidah sepatu. Nomor ini harus sama dengan yang tercetak di kotak sepatu. Selain itu, sepatu kanan akan memiliki kode yang berbeda dengan sepatu kiri.
  • Jahitan logo
  • Pada sepatu orisinal, jahitan sepatu terutama pada logo akan terlihat rapi dan simetris. Sebaliknya, sepatu tiruan kualitas jahitan tidak rapi.
  • Bentuk outsole
  • Sepatu orisinal akan mempunyai bentuk dan pola yang berbeda di setiap produknya. Ada baiknya Anda sudah mengenal pola outsole sepatu yang asli sebelum membeli. Sehingga ketika menemukan pola yang berbeda, Anda bisa meragukan keasliannya.

Beli di Outlet Resmi

Cara yang paling mudah untuk memastikan bahwa sepatu yang Anda beli merupakan produk orisinal adalah dengan membelinya di outlet resmi. Saat ini Adidas sudah memiliki outlet resmi di berbagai mal di banyak kota besar di Indonesia. Biasanya, toko resmi ini berukuran besar dan hanya menjual produk Adidas saja.

Kalaupun bukan di outlet resmi, produk orisinal juga bisa Anda temukan di toserba ternama. Namun, biasanya variasi produknya tidak sebanyak di outlet resmi.

Bagaimana jika ada yang menawarkan produk orisinal melalui online? Jika membeli secara online artinya Anda tidak bisa mengecek langsung keaslian produknya. Ada risiko yang harus ditanggung jika membeli via online. Kecuali, jika Anda membelinya di toko online resmi Adidas. Tapi jika bisa mendapatkan garansi apabila produk yang dijual bukan asli dan uang Anda dikembalikan, boleh saja dicoba. Tapi ingat, tetap ada risikonya.

Bandingkan Kualitas, Warna, dan Model

Kualitas produk orisinal tidak akan bisa dikalahkan oleh produk tiruan alias KW. Salah satu yang mudah dilihat adalah warna dari sepatu. Produk orisinal biasanya hanya mengeluarkan pilihan warna tertentu saja. Entah kenapa, produk KW sering mengeluarkan warna di luar yang sudah dibuat oleh pabrik aslinya.

Dari bentuknya pun Anda bisa segera mengetahui sepatu tersebut orisinal atau KW. Produk orisinal akan mempunyai bentuk yang simetris dan rapi. Selain itu, ukuran sepatu KW kerap tidak standar. Misalkan di lidah sepatu tertulis ukuran 42 tapi ternyata setelah dicoba baru diketahui ukurannya 40. Standar buruk dari produk KW membuat ukuran sepatu kerap tidak sesuai.

Untuk harga, produk KW biasanya dijual dengan harga jauh di bawah yang aslinya. Bisa mencapai setengah harga produk orisinal. Hal ini bisa terjadi karena bahan yang digunakan sepatu KW bukanlah bahan yang sama kualitas dan harganya. Sehingga ongkos produksinya pun lebih kecil, tapi kualitasnya tentu saja tidak bisa dijamin.

Kenali harga sepatu yang orisinal saat akan membeli via online. Sehingga ketika ada yang menawarkan produk yang sama dengan harga lebih murah, sensor antiproduk tiruan seharusnya sudah menyala.

Cari Informasi di Internet

Saat Anda sedang memburu sepatu olahraga di toko online, sekalian saja mampir juga ke situs resminya. Di sana biasanya ada banyak foto dari produk yang salah satunya Anda incar. Jadi Anda bisa langsung membandingkan foto sepatu yang dijual di toko online dengan yang terdapat di situs resminya. Tapi pastikan foto yang dipasang di toko online bukanlah foto jiplakan dari situs resminya. Melainkan foto barang tersebut yang diambil langsung oleh penjualnya, bukan diambil dari internet juga.

Hati-hati Barang Tiruan

Belakangan produk sepatu imitasi juga punya tampilan yang lebih mirip dengan aslinya. Tapi tetap saja, produk KW punya kekurangan dan perbedaan yang bisa dijadikan patokan Anda saat akan membeli.

Beberapa Perbedaan Sepatu Adidas Orisinal dengan Adidas KW

  • Di setiap sepatu orisinal, label size pada lidah sepatu terbuat dari bahan karet yang dipress bukan dijahit atau disablon. Selain itu ada nomor kode produksi di setap label. Sepatu Adidas orisinal akan memiliki nomer berbeda untuk kanan dan kiri. Nomor ini juga akan sama persis dengan yang tertera di kotak sepatu.
  • Outsole sepatu Adidas orisinal terbuat dari bahan yang empuk tapi tahan lama. Kualitas pengeleman dan pengepresan akan terlihat berbeda dengan produk KW yang kurang rapi.
  • Sepatu Adidas hanya dibuat di Indonesia, Vietnam, Cina, dan India. Sayangnya, kini banyak produk KW yang juga memasang label "Made in" dari 4 negara tersebut. Karena itu, untuk memastikan keasliannya kembali mengecek nomor kode produksi.

Cara Mudah Membersihkan Sepatu Sport Adidas

Ketika Anda akhirnya sudah menentukan pilihan model dan tipe sepatu Adidas mana yang dibeli, kini saatnya untuk mengetahui cara merawat dan membersihkannya. Anda pasti tidak mau memakai sepatu olahraga yang dekil dan kumel bukan? Alih-alih jadi pusat perhatian, yang ada Anda malah jadi bahan ledekan teman-teman karena kondisi sepatu yang kotor. Karena itu, pahami tips-tips merawat dan membersihkan sepatu Adidas di bawah ini:

  • Sebelum mulai membersihkan, ada baiknya Anda mengenali bahan yang digunakan. Umumnya Adidas menggunakan bahan yang tahan air sehingga cukup mudah dibersihkan. Untuk sepatu yang berbahan kanvas, basahi lebih dulu sepatu dengan air sabun. Bisa juga dengan menggunakan spons untuk membersihkan bagian atas sepatu. Bagian outsole yang kotor dibersihkan dengan bantuan sikat yang halus. Untuk bagian bawah sol bisa dibersihkan agak kuat, tapi untuk bagian atas cukup disikat pelan-pelan saja.
  • Untuk merawat sepatu dan menghindarkan dari bau, Anda bisa meletakkan baking soda ke dalam sepatu. Pastikan sepatu dalam keadan bersih dan kering sebelum memasukkan baking soda. Bahan lain yang bisa membantu menghilangkan bau adalah teh celup. Masukkan teh celup ke dalam sepatu dan biarkan selama satu malam. Dijamin sepatu Anda akan terhindar dari bau-bau tidak sedap lagi.

Buka Ikatan Tali Setelah Digunakan

Jangan malas merawat sepatu. Salah satunya adalah jangan malas membuka tali sepatu ketika selesai menggunakannya. Bukan ikatan tali sepatu dan longgarkan semua bagian yang mengikat. Hal ini untuk membuat bahan sepatu tidak kaku karena berada dalam kondisi terikat terus menerus.

Bersihkan Kotoran dengan Cara Membenturkan Kedua Sepatu

Ketika sepatu baru saja dipakai melewati daerah dengan tanah basah, jangan dibiarkan tidak dibersihkan dalam waktu lama. Karena hal ini akan membuat sol menjadi lebih cepat rusak. Setidaknya saat Anda sudah melepas sepatu, benturkan sepatu kanan dan kiri hingga tanah atau lumpur yang menempel rontok. Untuk tanah yang membandel Anda bisa melanjutkannya dengan menyikat dengan sikat halus dan air yang mengalir.

Biarkan Sepatu Mengering Secara Alami

Selesai membersihkan sepatu dan membilasnya dengan air bersih, jangan sekali-kali menjemur di bawah sinar matahari langsung. Proses penjemuran seperti ini akan membuat bahan sepatu menjadi keras dan menghilangkan zat perekatnya. Bahan yang kaku akan cepat rusak dan sambungan pada bagian sol cepat terlepas.

Untuk mengeringkan sepatu cukup ditaruh di tempat yang teduh saja. Biarkan sepatu terkena angin. Proses pengeringan ini akan membuat sepatu Anda lebih awet.

Kalau Kotoran Masih Membandel, Rendam dengan Air

Kotoran berupa tanah atau lumpur yang dibiarkan menempel di sepatu lama kelamaan akan mengeras. Untuk membersihkannya tidak bisa langsung disikat. Sepatu harus direndam air terlebih dahulu. Tapi ingat, yang direndam hanya bagian sol saja. Ketinggian air jangan melebihi bagian tapak dalam sepatu.

Setelah direndam selama beberapa menit, kotoran akan melunak sehingga lebih mudah dibersihkan. Untuk kotoran yang membandel Anda bisa menambahkan baking soda lalu menyikat sol hingga bersih. Lanjut membilas sepatu dengan air bersih dan keringkan.

Sepatu Sport Adidas yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Ibarat ponsel, sepatu olahraga pun cukup cepat mengalami perubahan desain. Bulan ini muncul sepatu tipe A, bulan depan bisa muncul tipe B dengan desain yang lebih menarik. Daripada bingung dan galau menentukan pilihan, berikut ini ada beberapa seri sepatu olahraga Adidas yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Cosmic Women's Running Shoes
  • Bahannya menggunakan kain rajutan dengan bantalan Cloudfoam yang akan membuat kaki Anda tetap nyaman saat dipakai berlari. Bagian outsole terbuat dari karet teknologi khas Adidas, adiWear. Outsole ini diklaim tahan bertahun-tahun. Sepatu ini juga tersedia untuk pria.
  • Adidas Slam Jam Tubular Nova
  • Modelnya cukup unik dan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Perpaduan warna dalam desainnya, gabungan abu-abu dengan putih, pun cukup menarik.
  • ZX Vulc Classified
  • Sepatu ini pas dipakai para skater. Dipakai sehari-hari pun tetap nyaman. Harganya sekitar Rp 1 juta.
  • Stan Smith Deconstructed
  • Desainnya sederhana, pas untuk Anda yang senang bergaya kasual. Sepatu seharga Rp 1,6 juta ini memiliki banyak ventilasi sehingga bisa mengurangi munculnya bau pada badan sepatu.
  • EQT 3/3 F15 Primeknit
  • Seri F15 pertama kali muncul pada 1990-an. Tahun 2016 muncul kembali dengan desain yang lebih kekinian. Sepatu yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas ini dibanderol Rp 2,4 juta.
  • Terrex Agravic
  • Bagi yang hobi naik gunung, sepatu ini bisa menjadi teman paling setia. Dilapisi outsole antislip yang bisa menapak dengan kokoh saat dibawa mendaki. Harganya berkisar Rp 2,1 juta.

Adidas Originals Superstar 80's x Shawn Stussy

Sumber gambar sneakernews.com

Adidas Superstar merupakan seri yang legendaris pada 1980-an. Kini seri legendaris Adidas Superstar 80's ini digabungkan dengan desain khas Shawn Stussy yang merupakan pionir dalam budaya streetwear. Sepatu ini memiliki warna utama ungu gelap dengan balutan emas dan putih. Di bagian tumit dilengkapi logo Shawn Stussy.

    Harganya Rp 1.600.000 di blendsus.com sementara di Bukalapak mencapai Rp 1.950.000.

Adidas Porsche Design

Porsche yang dikenal sebagai brand mobil sport mewah coba diterapkan dalam salah satu produk Adidas. Jadilah seri Porsche Design Sport by Adidas. Desainnya terlihat seperti sosok mobil sport dengan shell kamuflase yang dibungkus mesh. Solnya menggunakan teknologi Adidas Torsion yang diklaim mampu mengontrol keseimbangan. Sepatu keren ini cukup enak diajak berolahraga, meski bentuk solnya terlihat berat.

    Varian seri ini cukup banyak dijual. Harganya pun cukup bervariatif. Mulai dari Rp 600.000 di bukalapak. Sementara di Yoox.com menjual varian yang lain berbahan kulit lunak dengan harga Rp 4.522.000. Varian lain juga disediakan Shopbop.com dengan harga Rp 4.125.000.

Adidas NMD R1 Primeknit

Sumber gambar sneakernews.com

Adidas NMD R1 Primeknit termasuk sepatu yang ringan dan nyaman untuk diajak jogging. Bantalan midsolenya sangat empuk dan bisa mengembalikan energi saat berlari. Sepatu yang juga disebut NMD Runner PK ini bisa diajak untuk santai. Karena sepatu ini merupakan gabungan desain gaya bertepi dan inovasi khas Adidas.

    Harganya bervariasi, mulai Rp 2,2 juta sampai Rp 2,9 juta. Salah satu marketplace yang menjualnya adalah Bukalapak

Adidas Caflaire Aw4705

Sumber gambar www.alve.com

Meski sejatinya sepatu ini bertipe sneakers, tapi tetap nyaman juga dipakai berolahraga. Pasalnya, Sneaker Adineo Caflaire - AW4705 memiliki bantalan yang empuk untuk tumit dan dilengkapi sistem sirkulasi udara untuk membuat kaki tidak merasa gerah ketika dipakai beraktivitas.

Desainnya pun sangat kental dengan ciri khas Adidas, yaitu tiga garis sejajar. Materialnya pun berkualitas yang mampu menghasilkan bobot yang ringan untuk sepatu ini.

    Bisa didapat di Lazada dengan harga Rp 531.335 atau Rp 679.200 di VIP Plaza

Adidas AX2

Sumber gambar www.bike-discount.de

Buat Anda yang doyan menjelajah pegunungan atau wilayah dengan kontur yang tidak rata, Adidas menghadirkan seri AX2. Desain outsolenya dirancang untuk mencengkeram tanah dengan kokoh. Material midsole yang terbuat dari Synthetic upper EVA akan membantu menyeimbangkan tubuh dan memberikan stabilitas saat berlari.

Desainnya masih tetap elegan meski kesan sporty sangat kuat terlihat. Sepatu ini pun masih pas untuk dipakai menjalani kegiatan sehari-hari.

    Varian harganya mulai dari Rp 285.000 hingga Rp 1.299.000. Dapat dibeli di marketplace seperti Bukalapak dan Lazada

Adidas NMD R1 Primeknit

Sumber gambar sneakernews.com

Adidas NMD R1 Primeknit termasuk sepatu yang ringan dan nyaman untuk diajak jogging. Bantalan midsolenya sangat empuk dan bisa mengembalikan energi saat berlari. Sepatu yang punya nama lain NMD Runner PK ini cocok juga sebagai teman santai.

    Harganya bervariasi, mulai Rp 2,2 juta sampai Rp 2,9 juta. Salah satu marketplace yang menjualnya adalah online shop Bukalapak

Adidas Cloudfoam Speed AQ1434

Sumber gambar shop.adidas.com.sg

Salah satu produk Adidas yang dikenal nyaman saat dipakai jogging adalah seri Cloudfoam Speed. Bahan bagian atas menggunakan mesh yang digabung dengan Cloudfoam di bagian midsole dan outsole rubber. Kombinasi bahan berkualitas tersebut menghasilkan sebuah sepatu yang ringan dan nyaman dipakai berlari. Desainnya sangat sporty dengan padded collar dan kulit sintetis yang lunak.

    Bisa didapatkan di Tokopedia dengan kisaran harga Rp 679.000. Tersedia untuk size 39-44.

Adidas SL72

Produk legendaris lainnya dari Adidas adalah seri SL 72. Pada awalnya sepatu ini dibuat untuk digunakan para atlet lari di Olimpiade Munchen 1972. Campuran nylon dan suede membuat sepatu ini punya bobot yang ringan sehingga nyaman dipakai berlari.

Kini, sepatu ini mulai banyak bergeser fungsinya. Lebih sering dipakai untuk jalan-jalan. Namun demikian, jika Anda akan menggunakan SL 72 untuk berolahraga juga tidak masalah. Karena materialnya masih mendukung dipakai untuk menjaga kebugaran tubuh.

Salah satu seri yang cukup dikenal adalah Adidas SL 72 Navy Original. Dijual di Bukalapak dengan harga Rp 500.000.

From our editorial team

Gunakan Produk Orisinal yang Terjamin Kualitasnya

Sepatu Adidas orisinal memang harganya relatif mahal. Bahkan ada yang mencapai 4 juta rupiah. Tapi tentu saja produk orisinal sudah terjamin kualitasnya. Dipakai setiap hari pun akan mampu bertahan hingga beberapa tahun. Daripada beli produk KW yang dalam beberapa bulan sudah rusak, mending beli sepatu asli yang lebih tahan lama.