Jaga Kesegaran Tubuhmu dengan 10 Rekomendasi Parfum Wanita dari BP-Guide (2020)

Jaga Kesegaran Tubuhmu dengan 10 Rekomendasi Parfum Wanita dari BP-Guide (2020)

Wanita wajib pakai parfum untuk menunjang penampilan. Tubuh menjadi terasa segar dan bau badan yang mengganggu bisa sirna. Cek tips memilih parfum dari kami ya! Selain itu, jangan lupa juga menengok produk rekomendasi dari kami!

Aroma Tubuh Bisa Menunjang Penampilan Seorang Wanita

Aroma tubuh kerap disepelekan banyak orang. Padahal, aroma tubuh juga bisa menunjang penampilan seorang wanita secara keseluruhan. Selain riasan dan juga pilihan busana, aroma tubuh yang segar bisa membuat seseorang terkesan lebih elegan dan berkarisma.

Untuk menjaga aroma tubuh, kamu bisa mangandalkan parfum. Dengan memakai parfum, aroma tubuh bisa terjaga sepanjang hari. Kamu juga jadi lebih percaya diri saat berhadapan dengan banyak orang. Kamu bisa beraktivitas secara maksimal tanpa takut terganggu oleh bau badan.

Wewangian memang sudah dikenal sejak zaman mesir kuno. Kala itu masyarakat Mesir membakar dupa untuk memuja Dewa Ra. Selanjutnya, di tahun 1900, Guerlain yang seorang ahli wewangian mulai menjadi produsen pertama yang menciptakan parfum secara masal. Lalu di tahun 1921, industri wewangian mulai tergugah oleh parfum rancangan Coco yakni, Chanel No. 5. Parfum ini aromanya kuat namun sangat mempesona sehingga membuat berbagai rumah mode di seluruh dunia mulai berlomba menghasilkan parfum dengan merek dan aromanya sendiri.

Yuk, Kenali Aneka Jenis Aroma Parfum!

Parfum hadir dalam berbagai aroma. Ada kalanya kita suka pada satu aroma, lalu pada kesempatan lainnya kita tergoda dengan aroma lainnya. Hal ini sebenarnya tak mengherankan karena beberapa jenis aroma cocok digunakan pada kesempatan tertentu saja dan beberapa lainnya bisa digunakan karena disesuaikan dengan kepribadian dan mood kita. Ada baiknya kamu mulai mengenali jenis aroma parfum. Dengan mengenali jenis aroma parfum maka, kamu bisa memilih mana parfum yang kamu gunakan untuk acara, musim, atau mood tertentu.

Pertama, ada jenis aroma parfum woody alias kayu-kayuan. Umumnya jenis aroma ini bisa menggambarkan aroma hutan, tanah segar, lumut, aneka jenis kayu yang harum, dan lainnya. Kedua, ada jenis aroma parfum oriental. Jenis ini biasanya mengusung aroma rempah, vanila, musk, amber, dupa dan lainnya.

Selanjutnya ada jenis aroma citrus. Aromanya cenderung pada keluarga buah jeruk, mulai dari jeruk mandarin, jeruk bali, jeruk purut , dan lainnya. Aroma citrus cenderung segar dan memberi kesan ceria. Lalu, ada juga jenis aroma fruity. Jenis aroma ini termasuk aneka buah-buahan seperti persih, beri, apel, melon, dan lainnya.

Kelima, ada jenis aroma parfum marine. Sesuai namanya, parfum ini membawa kesegaran khas laut dan aroma segar saat turun hujan. Keenam, ada jenis aroma herbal yang kerap dikenal sebagai wangi aromatik. Di dalam jenis aroma ini ada wangi lavender, rosemary, mint, thyme, dan lain-lain.


Ada juga jenis aroma parfum floral. Umumnya wanginya dari awar, melati, ylang-ylang, bunga lili, aster dan aneka bunga lain. Terakhir, ada jenis aroma green yang bisa menggambarkan kesegaran hutan atau ladang rumput. Aromanya biasanya aroma bau daun segar dan rumput yang baru dipotong.

Tips Memilih Parfum Wanita yang Bagus

Kenali Notes Parfum

Saat akan memilih parfum wanita yang bagus, kita wajib mengenali dulu notes alias tingkatan parfumnya. Notes adalah aroma yang muncul dalam sebuah parfum. Umumnya dalam parfum ada 3 tingkatan notes yakni, top, middle, dan base.

Top notes adalah aroma awal yang tercium saat kita memakai parfum. Wanginya semerbak namun tak akan bertahan lama. Wangi kedua yang muncul usai memakai parfum, dikenal dengan sebutan middle notes. Wangi ini merupakan wangi penyeimbang dan mengantar kita ke aroma selanjutnya. Terakhir, ada base notes yang merupakan wangi yang bertahan lama. Wangi ini akan dicium orang sekitar karena menempel lama pada tubuh. Base notes hadir dengan karakter lebih berat dibanding middle notes atau top notes.

Jangan Terburu-buru Memilih

Ketika hendak membeli parfum, ada baiknya untuk tidak terburu-buru. Memilih parfum butuh waktu yang agak lama supaya kita tahu aroma yang tepat. Aroma di toko parfum sendiri umumnya sangat menyengat karena ada beragam jenis parfum di sana. Hal ini bisa membuyarkan fokus ketika hendak memiliki aroma yang tepat.

Ada baiknya, kamu menyemprot satu jenis parfum lalu biarkan dulu. Kamu bisa tinggal berjalan-jalan ke tempat lainnya sebentar. Biarkan parfum meresap dan bercampur aroma tubuh terlebih dahulu. Cium kembali aroma parfumnya untuk memastikan bahwa itu adalah aroma yang kamu inginkan. Jika tidak cocok, kamu bisa kembali dan mencoba aroma lainnya.

Semprotkan Parfum di Beberapa Titik

Saat membeli parfum, kita tentu dibingungkan dengan beberapa aroma. Kamu bisa semprotkan parfum di beberapa titik seperti, leher, pergelangan tangan, dan siku bagian dalam. Hindari menggesek bagian yang sudah disemprot parfum. Umumnya orang melakukan hal ini untuk mengetahui aroma parfumnya. Padahal hal tersebut malah akan membuat aroma parfum tak jelas. Usai menyemprot, diamkan dulu 15 menit dan cium aromanya untuk tahu aromanya saat berpadu dengan aroma tubuhmu.

Hasil aroma parfum bisa berbeda saat disemprotkan pada dua orang. Ini karena aroma parfum akan tercampur dengan aroma tubuh sehingga setiap orang akan mendapat hasil aroma berbeda untuk parfum yang sama.

Tips Parfum agar Tahan Lama Digunakan

Tujuan memakai parfum adalah agar tubuh segar sepanjang hari. Selain memilih parfum yang bisa tahan lama digunakan, kita juga bisa melakukan beberapa cara agar wangi parfumnya bisa bertahan lama. Salah satunya adalah dengan mandi terlebih dahulu. Mandi bisa menghilangkan kotoran dan minyak-minyak berlebih dari tubuh. Sebum yang menumpuk di kulit tubuh hanya akan mengganggu efektivitas parfum. Jika tubuh sudah bersih dan bebas minyak, maka parfum bisa meresap dan bisa bertahan lama.

Tips selanjutnya untuk membuat parfum tahan lama adalah dengan mengaplikasikan body lotion sebelum memakai parfum. Body lotion bisa membuat kelembapan kulit meningkat. Saat kulit lembap, parfum bisa lebih cepat meresap di kulit. Selanjutnya, aroma tubuh akan berpadu dengan parfum dan akan terlepas sedikit demi sedikit sehingga lebih tahan lama. Gunakan body lotion dengan aroma yang netral agar aromanya tak bertabrakan dengan aroma parfum ya.

Berikutnya, semprot parfum hanya di titik-titik nadi. Beberapa bagian tersebut adalah pergelangan tangan, leher, siku, perut, belakang lutut, pergelangan kaki, hingga betis. Area-area tersebut bisa menghasilkan suhu panas tubuh lebih tinggi sehingga aroma parfum lebih tahan lama.

Tunjukkan Semerbak Wangi Tubuhmu dengan 10 Rekomendasi Parfum Berikut Ini!

Chanel Coco Mademoiselle Eau De Parfum

Chanel Coco Mademoiselle Eau De Parfum adalah pilihan pertama untuk kamu. Parfum yang satu ini memunculkan aroma wanita modern. Wangi bunga berpadu dengan wangi vanila sehingga membuat aromanya banyak disukai wanita. Dominasi wanginya adalah jenis aroma citrus yang menyegarkan. Base notes dari parfum ini adalah tonka bean dan white musk sehingga bisa memunculkan aroma seksi. Wangi parfumnya bertahan 8 hingga 10 jam lamanya. Kemasan parfum ini terkesan elegan dan mwah. Parfum yang dirilis tahun 2001 ini menimbulkan kesan yang sulit dilupakan pada setiap orang yang kamu jumpai.

Harga Rp. 1.613.000-3.225.000

Etienne Aigner Pour Femme

Selanjutnya ada Etienne Aigner Pour Femme. Parfum yang satu ini kemasannya begitu klasik dan elegan. Produk ini dikemas dalam ukuran 100 ml. Wanginya tahan lama hingga 10 jam. Parfum ini mengusung aroma Bergamot, Mandarin Orange dan Pepper pada top notes. Selanjutnya, ada aroma Freesia, Rose dan Apricot pada bagian middle notes. Parfum ini menghadirkan aroma Musk, Patchouli, Virginia Cedar, Amber dan Almond pada base notes. Produk yang satu ini dijamin membuat gaya klasikmu jadi sangat menonjol.

Harga Rp. 325.000-750.000

Viva La Juicy Eau de Parfum

Ada Viva La Juicy Eau de Parfum sebagai pilihan selanjutnya. Parfum ini kemasannya sangat menggemaskan. Ada paduan warna pink dan emas pada produk yang membuat parfum terkesan cantik, elegan, dan menarik. Parfum ini bisa bertahan lama karena merupakan eau de parfum. Pada bagian top notes ada aroma beri liar dan juga jeruk mandarin. Pada bagian middle notes, kamu akan mencium aroma honeysuckle, daun jasmine, dan gardenia. Sementara itu, untuk base notes ada aroma caramel woods, vanilla, sandalwood, dan praline. Parfum dengan jenis aroma floral fruity ini akan memanjakan hari-harimu.

Harga Rp. 550.000-2.375.000

Guerlain Mon Guerlain For Women EDP

Guerlain Mon Guerlain For Women EDP juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk ini hadir dengan aroma wangi lavender yang khas. Parfum ini memberi kesan feminin dan fresh sekaligus. Parfum ini cocok untuk wanita yang berani, peka, sensual, penuh cinta, dan mandiri. Wangi parfum ini bisa bertahan 6 jam lamanya. Pada top notes ada wangi lavender. Lalu, pada middle notes ada aroma jasmine. Base notes dari parfum ini adalah sandalwood dan vanilla yang sangat menggoda.

Harga Rp. 1.075.000-1.892.000

Lancome La Vie Est Belle

Lancome La Vie Est Belle adalah produk yang tak bisa kamu lewatkan. Parfum wanita yang satu ini dihadirkan Lancome untuk kamu yang sempurna. Hadirkan semangat baru dengan aroma yang menyegarkan dari paduan buah-buahan. Parfum yang diciptakan tahun 2012 ini dikemas dalam ukruan 75 ml. Produk ini memiliki top notes berupa jeruk mandarin dan freesia. Di middle notes ada aroma bunga melati dan iris. Di akhir ada aroma cendana, vanila dan nilam. Parfum yang satu ini bikin sisi feminin kamu jadi sangat menonjol.

Harga Rp. 950.000-1.200.000

Thierry Mugler Angel Rising Star EDP 100ml

Thierry Mugler Angel Rising Star EDP adalah produk yang cocok untuk kamu. Parfum yang satu ini dikemas dalam botol cantik ukuran 100 ml. Jenis aroma parfum ini adalah oriental spicy. Produk yang satu ini wangi mewahnya bisa bertahan 10 jam. Parfum ini memiliki aroma Kelapa, Mandarin Orange, Cassia, Jasmine, Bergamot dan Cotton Candy pada top notesnya. Lalu, ada aroma Madu,Apricot, Blackberry, Plum, Orchid, Peach, Jasmine, Lily dan Rose pada middle notes. Selanjutnya, ada aroma Tonka Bean, Amber, Vanilla, nilam, Musk, Dark Chocolate dan Caramel pada base notes.

Harga Rp. 340.000-990.000

Miss Dior Absolutely Blooming EDP 100ml

Miss Dior Absolutely Blooming EDP menjadi produk selanjutnya untuk kamu. Parfum wanita ini dikemas dalam botol cantik dengan aksen pita yang menggemaskan. Eau de parfum ini bisa bertahan 10 jam lamanya. Produk ini memiliki wangi raspberry, pomegranate, black currant, dan pink pepper untuk top notes. Selanjutnya, ada wangi may rose dan peony untuk middle notes. Di akhir, ada aroma white musk yang lembut dan menggoda. Parfum ini sangat memunculkan kesan feminin dan sensual.

Harga Rp. 1.650.000-2.730.000

Victoria’s Secret Bombshell Eau de Parfum

Kamu bisa juga melirik parfum Victoria’s Secret Bombshell Eau de Parfum. Ini merupakan salah satu parfum wanita dengan aroma terbaik. Wanginya bisa memberi kesan tegas, mapan, berkarakter, dan elegan. Jenis aromanya adalah fruity floral. Ada aroma grapefruit, nanas, dan stroberi pada bagian top notes. Selanjutnya, kamu bisa menghirup aroma red berries, lily of the valley, peony, dan vanilla orchid pada middle notes. Lalu ada juga aroma oakmoss dan woody di base notes. Wangi parfum ini dijamin bikin kamu merasa rileks dan segar sepanjang hari.

Harga Rp. 785.000-1.253.000

Hermes Twilly D’Hermes For Women EDP

Jangan lewatkan Hermes Twilly D’Hermes For Women EDP. Parfum yang satu ini dibuat karena terinspirasi dari The Legendary and Icoonic Hermes Silk Scarf. Dibuat oleh Christina Nagel yang merupakan perfumer Hermes, wewangian yang satu ini bisa memberi kesan muda, optimis dan ceria. Aroma awalnya adalah berupa jahe, tuberose, dan sandalwood. Lalu, ada aroma tuberose, jasmine, dan orange blossom di middle notes. Terakhir, ada aroma sandalwood dan vanila yang lembut dan menggairahkan.

Harga Rp. 1.050.000-1.862.000

Gucci Bloom Eau De Parfum

Gucci Bloom Eau De Parfum adalah parfum yang bisa jadi andalan. Parfum wanita yang satu ini bisa memberi kesan kuat dan berani. Wewangian ini bisa tahan lama hingga 10 jam. Parfum dikemas dalam botol minimalis berwarna pink. Produk ini memiliki jenis aroma floral. Saat menyemprot parfum ini, kamu akan berasa sedang berada dalam kebun bunga yang segar, cantik, dan mewah. Aroma kunci dari parfum ini adalah Rangoon Creeper, Jasmine Bud dan Tuberose.

Harga Rp. 1.309.000-1.525.000
From our editorial team

Parfum Bisa Menggambarkan Karakter Seseorang

Parfum bukan sekadar pewangi tubuh belaka. Parfum memang bisa menambah rasa percaya diri pada pemakaianya. Namun, pemakaian parfum ternyata juga bisa menggambarkan karakter kita loh. Aroma yang kita pilih dari sebuah parfum, sedikit banyak bisa menunjukkan kepribadian kita. Maka dari itu, jangan asal pilih parfum, ya. Pilih parfum yang sesuai selera dan juga mood kamu.