Cara Memilih dan 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik agar Family Time Lebih Berkualitas (2022)

Cara Memilih dan 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik agar Family Time Lebih Berkualitas (2022)

Bonding antara anak dan orang tua selayaknya dibangun sejak dini melalui berbagai kegiatan bersama. Sekalipun Anda sibuk, cobalah untuk meluangkan waktu untuk berkemah bersama anak Anda. Yuk, cek beberapa tips memilih tenda dan rekomendasi tenda terbaik untuk anak Anda!

Gunakan Tenda Anak Terbaik untuk Bermain Bersama Anak

Salah satu ide permainan dengan anak yang bisa Anda lakukan adalah berkemah. Tidak perlu di tempat yang jauh, Anda bisa melakukan kegiatan ini di halaman rumah hanya dengan menggunakan tenda anak terbaik.

Permainan ini sendiri bisa melatih anak untuk menjadi lebih mandiri dan mengenal lingkungan sekitar. Selain itu, kegiatan ini juga bisa memperkuat bonding antara anak dan orang tua.

Cara Memilih Tenda Anak Terbaik

Saat ini sendiri ada banyak pilihan tenda untuk anak, mulai dari kebutuhan indoor ataupun outdoor. Tentu saja tenda anak terbaik akan berbeda dengan tenda sebenarnya, baik dari segi ukuran maupun bahan yang digunakan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tenda anak terbaik.

Jenis Tenda

Tenda untuk anak sendiri terdiri dari beberapa jenis, seperti dome, teepee tent, castle, ataupun playhouse. Masing-masing memiliki spesifikasinya sendiri.

Tenda dome misalnya, ini merupakan tenda dengan bentuk umum yang sering digunakan untuk kegiatan camping. Ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin mengajak anak camping ke alam terbuka.

Teepee tent merupakan tenda dengan bentuk seperti tenda khas Indian. Jenis ini bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan. Jenis lainnya adalah castle tent, yang menyerupai tenda untuk pertunjukan sirkus.

Jenis tenda untuk anak lainnya adalah playhouse. Tenda ini berbentuk seperti rumah lengkap dengan arena bermain. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk anak yang sudah mulai aktif bergerak.

Ukuran

Hal lain yang juga perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda anak terbaik adalah masalah ukuran. Pertama, sesuaikan ukuran tenda tersebut dengan anak. Beberapa tenda hanya muat untuk satu anak, namun ada juga tenda yang bisa muat beberapa anak di dalamnya.

Masalah ukuran ini akan mempengaruhi kenyamanan ketika digunakan. Apalagi jika Anda membeli tenda untuk kebutuhan camping di alam terbuka, maka sebaiknya Anda sangat memperhatikan masalah ini.

Kedua, sesuaikan juga ukuran tenda dengan ukuran ruangan. Hal ini berguna jika Anda membeli tenda untuk bermain di dalam ruangan. Jangan sampai membeli tenda dengan ukuran besar yang akan membuat ruangan menjadi sesak.

Cara Pemasangan

Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda anak terbaik adalah masalah cara pasang dan bongkar. Anak biasanya akan terlibat dalam kedua proses ini.

Memilih tenda dengan cara pasang atau bongkar yang mudah merupakan salah satu pilihan terbaik. Proses bongkar dan pasang ini juga sekaligus bisa melatih koordinasi gerak dari anak Anda.

Saat ini sendiri sebenarnya sudah banyak tenda untuk anak yang proses bongkar pasangnya cukup mudah. Beberapa tenda bahkan hanya tinggal ditiup untuk bisa digunakan.

Mudah Dibawa ke Mana-mana

Ini berlaku untuk Anda yang memang ingin mengajak anak Anda camping di area terbuka atau tempat camping. Sebisa mungkin, pilihlah tenda anak yang mudah untuk dibawa.

Anda bisa memilih tenda yang ringkas, baik proses bongkar pasangnya ataupun cara membawanya. Selain itu, pilih juga tenda yang ukurannya cukup ringan sehingga anak Anda bisa membawanya.

Beberapa tenda untuk anak saat ini juga sudah dilengkapi dengan tas khusus untuk menyimpannya. Sehingga nantinya Anda juga akan lebih mudah untuk membawa tenda tersebut ke mana saja.

Rekomendasi Tenda Anak Terbaik

Dari sekian banyak cara memilih tenda anak terbaik, salah satu yang tidak bisa Anda lupakan adalah masalah ukuran. Pastikan ukuran tenda yang Anda pilih sesuai dengan ukuran anak.

Untuk memudahkan, berikut adalah beberapa rekomendasi tenda anak terbaik yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Intex Teepee Play Tent

Salah satu rekomendasi untuk tenda anak terbaik adalah Intex Teepee Play Tent. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah terbuat dari bahan hypoallergenic yang sangat aman untuk anak.

Bahan ini juga sangat cocok untuk anak yang memiliki kulit mudah terkena alergi. Selain itu, keunggulan lain dari produk satu ini adalah pilihan warna dan juga motifnya yang sangat cerah, sehingga cocok untuk dipasang di dalam ruangan atau di halaman.

Dari segi dimensi, tenda ini sendiri memiliki ukuran 122 cm x 122 cm x 157 cm. Dengan ukuran tersebut, ini merupakan pilihan tenda yang tepat untuk anak umur 3 sampai 6 tahun.

Harga Rp. 345.000-378.000

Bestway Casetta Playhouse

Bentuk yang unik merupakan salah satu daya tarik dari Bestway Casetta Play House. Rekomendasi tenda ini sendiri sangat pas untuk Anda yang memiliki anak dan suka main rumah-rumahan.

Bentuk tenda ini sendiri sangat mirip dengan rumah, lengkap dengan bagian depan yang menyerupai pintu dan berfungsi juga sebagai akses masuk dan keluar. Pintu ini sendiri bisa digulung agar bisa terbuka atau tertutup.

Selain itu, di bagian tenda ini juga ada jendela transparan yang bisa Anda gunakan untuk mengawasi anak Anda saat mereka bermain di dalam dalam posisi pintu yang ditutup.

Harga Rp. 189.900-234.000

Tenda Anak Baby Tent Camp

Selain bentuk tenda yang biasa, anak pasti akan suka dengan bentuk tenda yang unik. Salah satu rekomendasi tenda anak terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Tenda anak Baby Tent Camp.

Produk ini sendiri sangat inovatif, salah satunya karena desain tenda yang menyerupai hewan. Akses masuk dan keluarnya didesain seolah melewati mulut dari hewan tersebut.

Dari segi desain, tenda ini juga dilengkapi dengan aksen mata dan telinga sehingga menambah kesan real dari desain tersebut. Tenda ini sendiri memiliki ukuran 82 cm x 96 cm x 182 cm, ukuran tersebut akan membuat anak Anda puas bermain di dalamnya.

Harga Rp. 135.000-155.000

Tenda Ocean 4 in 1

Ingin memiliki tenda sekaligus playground di area rumah sendiri, maka Tenda Ocean 4 in 1 ini merupakan pilihan yang cocok. Tenda satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk anak yang menyukai tantangan dan juga selalu bergerak aktif.

Bentuk tenda ini sendiri mirip dengan playhouse yang akan membuat anak Anda terus bergerak, hal ini juga sangat baik karena bisa melatih motorik kasar dari sang anak.

Selain tenda, di dalam produk ini juga terdapat terowongan, ring, dan juga kolam. Semua hal tersebut bisa digabung dan dipisahkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak.

Harga Rp. 222.855-305.000

IKEA Cirkustalt Children’s Tent

Rekomendasi tenda anak terbaik dan juga dengan bentuk unik lainnya adalah IKEA Cirkustalt Children’s Tent. Bentuk tenda ini sendiri menyerupai tenda sirkus, dengan diameter 100 cm dan ketinggian 120 cm.

Tenda ini sendiri terbuat dari bahan poliester dengan alas yang terbuat dari polietilena yang bersifat bebas air. Keunggulan lain dari tenda ini adalah bisa digunakan di dalam maupun luar ruangan.

Tenda ini sendiri memiliki bobot sekitar 1,25 kg. Dengan bobot yang cukup ringan, hal ini juga memudahkan tenda jika Anda ingin membawanya ke tempat outdoor.

Harga Rp. 429.900-608.000

Stilokiddo Teepee Tent Triangle

Rekomendasi tenda anak terbaik lainnya adalah Stilokiddo Teepee Tent Triangle. Satu hal yang menarik dari tenda ini adalah tersedia dalam berbagai moti yang lucu dan unik.

Dari segi desain, tenda ini sendiri memiliki bentuk segitiga khas tenda Suku Indian. Selain bisa dijadikan sarana permainan, tenda ini juga bisa menjadi dekorasi tambahan untuk kamar anak.

Tenda ini sendiri terbuat dari bahan katun catra yang cukup tebal namun tetap halus dan lembut. Untuk penyangga, tenda ini menggunakan tiang kayu yang ringan dan juga kuat sehingga mudah untuk mendirikannya.

Harga Rp. 356.250-375.000

OEM - Tenda Anak Playhouse Garden Jumbo

Jika Anda mencari tenda anak dengan bentuk yang lain, maka salah satu pilihan yang tepat adalah OEM Tenda Anak Playhouse Garden Jumbo. Tenda ini sendiri memiliki konsep playhouse.

Nantinya, tidak hanya tenda yang berbentuk rumah, namun tenda ini juga memiliki desain yang seolah memiliki taman belakang. Ukuran tenda ini sendiri cukup besar dan lebar.

Tenda ini sendiri menjadi tempat yang pas untuk Anak bermain. Selain itu, dengan ukuran yang cukup luas, hal ini juga menjadikan tenda ini bisa diisi oleh beberapa anak di dalamnya.

Harga Rp. 380.000

Intex Animal Indoor Inflatable Children's Play Tent

Rekomendasi tenda anak terbaik lainnya adalah Intex Animal Indoor Inflatable Children’s Play Tent. Salah satu keunggulan tenda ini adalah Anda tidak perlu merakit mengikuti tutorial tertentu.

Anda hanya tinggal memompanya, maka tenda ini sudah bisa langsung digunakan. Cara ini membuat tenda menjadi lebih praktis untuk digunakan. Selain itu, proses bongkar pasangnya juga lebih mudah.

Tenda ini sendiri memiliki dimensi 127 cm x 112 cm x 116 cm. Dengan dimensi tersebut, setidaknya tenda ini akan mampu memuat 2 sampai 3 anak usia sekitar 5 tahun. Tenda ini sendiri terbuat dari material PVC Vinyl yang berkualitas.

Harga Rp. 455.400

Tenda Camping Anak

Ingin mengajak anak Anda bermain kemah-kemahan? Tentu tidak lengkap jika permainan tersebut tidak menggunakan tenda. Rekomendasi tenda anak terbaik untuk kegiatan ini adalah tenda camping anak.

Bentuk tenda ini adalah dome, benar-benar menyerupai tenda pada umumnya. Tenda ini juga perlu dirakit, hal ini cukup baik karena bisa melatih gerak motorik anak Anda.

Tenda ini sendiri terbuat dari bahan parasut yang tahan air, tenda akan aman dari basah jika gerimis ataupun hujan ringan turun. Selain itu, pada bagian pintu juga terdapat kain jala untuk mengatasi gangguan nyamuk.

Harga Rp. 112.500-145.530

Pop Tent Karakter

Jika Anda ingin mengenalkan cara berkemah ke anak Anda, maka tidak ada salahnya juga untuk menggunakan tenda dengan gambar karakter favorit mereka. Pop Tent Karakter adalah salah satu pilihan tenda anak yang tepat.

Salah satu keunggulan dari tenda ini adalah desainnya yang menggunakan karakter favorit anak-anak, mulai dari Spiderman, Frozen, Cars, dan lainnya. Hal ini tentu akan membuat anak menjadi lebih tertarik.

Tenda dengan bentuk dome ini juga memiliki ukuran yang cukup besar. Setidaknya, tenda ini cukup muat untuk 2 sampai 3 orang anak dengan ukuran tubuh sedang. Tenda ini juga cukup mudah untuk dibongkar pasang.

Selain itu, tenda ini juga bisa digunakan untuk kegiatan indoor ataupun outdoor. Tenda ini sendiri terbuat dari bahan parasut, sementara untuk bagian alas, bahannya terbuat dari kain terpal yang cukup tebal.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Pastikan untuk Cek Ramalan Cuaca sebelum Berkemah di Luar Rumah

Kegiatan berkemah akan jadi pengalaman menyenangkan bagi anak-anak Anda. Kegiatan ini memang membutuhkan lebih banyak effort bagi orang tua untuk mempersiapkan segalanya, namun sangat worth it karena menumbuhkan bonding. Sebelum berangkat berkemah, ada baiknya mengecek ramalan cuaca agar camping Anda bersama keluarga lebih menyenangkan.

Tag