Gambar Semakin Memukau dengan 10 Rekomendasi Crayon Terbaik untuk Mewarnai (2022)

Gambar Semakin Memukau dengan 10 Rekomendasi Crayon Terbaik untuk Mewarnai (2022)

Untuk membuat gambar yang dihasilkan lebih memukau dengan warna yang lebih menarik, crayon dapat menjadi salah satu pilihan alat untuk mewarnai. Tapi akan menjadi sulit jika banyak varian bahan dan merk yang harus dipilih. Untuk memudahkan, BP-Guide sudah memilah jenis crayon terbaik yang cocok untuk digunakan. Tidak hanya menghasilkan gambar yang menarik, crayon yang terpilih ini juga aman digunakan.

Crayon Salah Satu Pewarna Populer

Salah satu media untuk mewarnai selain pensil warna, spidol, dan cat adalah crayon. Crayon adalah alat yang digunakan untuk mewarnai ataupun menggambar dengan bentuk stick berukuran panjang.

Crayon memiliki tekstur yang lebih lembut bila dibandingkan dengan pensil warna, namun tidak selembut oil pastel. Meski begitu, crayon juga tidak mudah patah saat digunakan. Selain itu warna yang dihasilkan oleh crayon tidak mudah pudar ataupun luntur.

Crayon akan cocok digunakan untuk menggambar detail dan membuat warna dengan penampilan gradasi. Menjadi populer di kalangan anak maupun orang dewasa yang memiliki hobi menggambar, crayon sering dipilih karena warnanya yang tegas dan pengaplikasiannya yang mudah.

Perkembangan crayon pun semakin bervariatif dari masa ke masa dan tidak lekang dimakan aman. Inovasi ini juga termasuk penggunaan bahan yang berkembang. Diawali dari penggunaan bahan yang mengandung minyak, air, hingga saat ini lebih ramah lingkungan dengan beeswax.

Ada juga varian crayon pastel yang terbuat dari campuran antara minyak cair dan pigment extender agar mudah digunakan, serta menghasilkan warna yang lembut.

Crayon Bentuk Pewarna Ergonomis Sesuai Genggaman

Untuk memudahkan menggunakan alat warna, crayon bisa menjadi pilihan yang tepat. Alat mewarna lainnya seperti pensil warna, cat air, ataupun spidol memiliki permasalahan dan tantangan tersendiri bagi beberapa orang dalam menggenggam, terutama anak-anak yang masih awal belajar menggambar.

Ini menjadi indikator bagi mereka yang belum terampil menggambar untuk menggunakan crayon yang bentuknya lebih ergonomis. Selain itu karakter crayon yang lebih fleksibel, kokoh, tidak mudah patah, dan mudah digerakkan menjadikannya populer di kalangan kreatif.

Ditambah lagi crayon biasanya ditambah dengan kertas pembungkus agar lebih nyaman dan aman dalam penggunaan. Untuk itu ketika memilih crayon teliti lagi grip yang ditawarkan oleh setiap crayon agar lebih sesuai serta bagaiman model pembungkusnya yang membuat tangan tidak kotor ketika menggunakan.

Kenali Jenis-jenis Crayon

Crayon Minyak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, crayon juga ada yang mengandung bahan minyak. Bahan ini akan menghasilkan output warna natural, manarik, dan tegas. Sesuai dengan bahannya maka hasil gambar dari crayon ini akan bertekstur sedikit berminyak yang akan membuatnya jadi lebih lengket jika terkena dinding ataupun lantai.

Tekstur lengket yang ditimbulkan oleh crayon minyak ini membuatnya tidak terlalu cocok digunakan untuk anak-anak. Untuk itu jika anak Anda ingin menggunakannya, sediakan kertas super besar agar tidak lewat hingga lantai ataupun dinding.

Crayon Air

Jenis crayon berikutnya adalah crayon bertipe aqueous atau crayon air. Memiliki tampilan seperti layaknya crayon biasa, ternyata crayon ini dapat dihapus dengan menggunakan air sehingga lebih rapi dan bersih dari segi penampilan.

Untuk itu crayon ini dapat digunakan oleh anak-anak yang lebih bebas berekspresi menggambar di mana saja. Kombinasi warna dari crayon aqueous akan sangat apik bila digunakan di media kertas gambar maupun kanvas.

Crayon Beeswax

Terakhir adalah crayon yang terbuat dari bahan beeswax. Beeswax adalah bahan natural yang berasal dari sarang lebah yang belum digunakan. Bahan yang populer di dunia organik ini sebelumnya akan dihaluskan dan dipadatkan menjadi bentuk lilin.

Berasal dari alam membuat crayon beeswax ini terjamin keamanannya sehingga sangat cocok digunakan untuk anak-anak bahkan dari usia balita atau bayi. Maka dari itu crayon beeswax akan tepat digunakan untuk anak yang mengawali belajar menggambar.

Pilihan Crayon Terbaik untuk Gambar yang Lebih Memukau

Crayola Ultra-Clean Washable Large Crayons 16 Colors

Apakah Anda memiliki anak yang hobi menggambar di dinding? Bila benar demikian tak perlu pusing lagi karena Crayola Ultra-Clean Washable Large Crayons akan cocok dijadikan kejutan kecil. Salah satu crayon terbaik ini telah melakukan inovasi pada bahan penyusunnya sehingga memudahkan untuk dihapus jika karya anak tidak pada tempatnya.

Anda bisa menghapus bekas krayon ini yang tertempel di meja, perabot rumah lain, atau bahkan dinding rumah. Hanya dibersihkan dengan menggunakan air, gambar yang mengganggu dapat hilang secara permanen. Selain membuat kreativitas anak menjadi tak terbatas, Crayola Ultra-Clean Washable Large Crayons 16 Colors hadir dengan kemasan praktis yang mudah dibawa kemanapun.

Harga Rp. 69.000-79.000

TiTi TI-P-55S

Memiliki harga yang ekonomis, crayon bermerk TiTi ini memang brand cukup senior dan populer. Terbuat dari bahan bertipe minyak yang berasal dari zat lilin, TiTi TI-P-55S merupakan non-toxic crayon yang tidak mengandung zat berbahaya.

Untuk itu crayon ini akan aman digunakan baik untuk anak maupun dewasa. Meskipun begitu, TiTi TI-P-55S dapat menghasilkan warna yang tidak mudah pudar dan tahan lama. Meskipun terkena cipratan atau basuhan air, crayon terbaik dari merk TiTi ini tidak akan luntur.

Harga Rp. 64.400-70.000

Faber Castell Erasable Crayons

Salah satu crayon yang dapat diraut agar tetap runcing adalah Faber Castell Erasable Crayons. Crayon yang dijual lengkap dengan rautannya ini juga menggunakan material yang aman digunakan. Mengandung bahan solid wax yang bebas toxic, crayon ini akan aman digunakan bahkan untuk anak-anak.

Hal lain yang juga menarik dari Faber Castell Erasable Crayons adalah bisa dihapus jika salah menggunakan. Hadir dengan berbagai macam pilihan warna, crayon Faber Castell ini dapat dibeli dengan harga bersahabat.

Harga Rp. 40.000-60.000

Joan Miro Baby Roo-Silky Crayon

Jika Faber Castell menghadirkan crayon yang bisa diraut, maka Joan Miro Baby Roo-Silky Crayon menggunakan teknologi yang lebih praktis, yakni diputar. Selain praktis, crayon yang masuk ke dalam tipe aqueous atau crayon air ini juga cocok digunakan oleh anak balita.

Hal ini dikarenakan bahan air lebih terjamin tingkat keamanannya. Pun bahan air akan membuat coretan gambar crayon ini mudah sekali dibersihkan. Cukup dihapus dengan usapan air saja.

Selain itu, fitur yang mendukung Joan Miro Baby Roo-Silky Crayon ini cocok untuk balita adalah tekstur crayon yang lembut dan empuk. Sehingga hanya dengan sedikit tekanan atau goresan saja, warna akan langsung terlihat. Aman dan mudah untuk digunakan bukan?

Harga Rp. 59.000-170.000

Joan Miro Beeswax Crayon

Joan Miro Beeswax Crayon hadir dengan bentuk tak biasa yang berbeda dengan crayon lainnya. Crayon yang tersedia dengan dua pilihan bentuk yakni dinosaurus atau buah-buahan ini akan sangat cocok digunakan anak mulai usia pra sekolah. Tentu bentuk yang unik ini akan membuat anak Anda lebih semangat dalam berkreasi.

Joan Miro Beeswax Crayon terbuat dari bahan beeswax yang tentunya akan aman digunakan oleh anak-anak karena bebas toxic. Seperti halnya crayon terbaik keluar Joan Miro sebelumnya, crayon berbahan beeswax ini juga mudah digunakan.

Bahannya yang lunak akan membuatnya mudah diaplikasikan hanya dengan sedikit tekanan saja. Kemudahan goresan ini yang membuat crayon Joan Miro cocok digunakan oleh anak yang baru pertama kali belajar mewarna ataupun menggambar.

Harga Rp. 89.000-120.000

Paintmate Washable Silky Crayon 4112SPP

Memiliki bentuk ergonomis sesuai dengan genggaman anak, Paintmate Washable Silky Crayon 4112SPP akan membuat anak nyaman menggunakannya. Untuk membuatnya semakin kokoh dan awet, setiap batang crayon dilapisi dengan pelindung berupa plastik.

Selain kelebihan di bidang pengemasan, crayon terbaik dari Paintmate ini juga memiliki kelebihan di dalam penggunaan. Crayon bertipe aqueous atau crayon air ini dapat menghasilkan banyak tampilan hasil gambar. Di antaranya tampilan hasil crayon, tampilan hasil oil pastel, hingga tampilan seperti menggunakan cat air.

Untuk mendapatkan tampilan layaknya gambar yang diwarnai dengan cat air, Anda cukup melapisi hasil gambar crayon dengan kuas yang sudah dibasahi. Satu jenis pewarna saja namun dapat menghasilkan tampilan gambar yang berbeda-beda, menarik bukan?

Harga Rp. 135.000-189.000

Carandache Neo I

Memiliki kualitas yang tak perlu dipertanyakan lagi, Carandache Neo I adalah salah satu crayon terbaik yang menghasilkan warna cerah, di lembaran kertas warna hitam sekalipun. Hal ini dikarenakan crayon ini terbuat dari gabungan kandungan bahan minyak dan lilin yang mampu menghasilkan warna lebih cerah dan halus.

Beberapa kelebihan lain dari crayon produksi Swiss ini antara lain pewarnaannya yang merata, menghasilkan saturasi warna yang lebih menyala, dan tidak meninggalkan residu atau ampas. Carandache Neo I akan sangat cocok untuk digunakan dalam perlombaan karena dapat menghasilkan gambar dengan warna memukau.

Tak hanya di atas kertas, crayon ini juga dapat diaplikasikan pada karton, kulit, kayu, batu, hingga kaca.

Harga Rp. 315.000-398.000

Deli Oil Pastel Crayon

Deli Oil Pastel Crayon hadir dengan pembungkus kertas pada batang crayon yang dapat membuat tangan tetap bersih ketika menggunakannya. Crayon yang berasal dari China ini juga dapat dicuci untuk penggunaan yang bersih.

Menghasilkan warna lebih terang dengan pewarna yang halus, membuat warna crayon ini mudah menyatu ketika dikombinasikan antara satu dengan lainnya. Selain itu Deli Oil Pastel Crayon juga aman digunakan serta tidak beracun.

Klaim ini didukung dengan adanya sertifikat CE yang telah dimiliki. Salah satu crayon terbaik ini hadir dengan beberapa varian isi, antara lain 18 pcs, 22 pcs, dan juga 72 pcs.

Harga Rp. 19.000-64.000

Giotto Cera Maxi

Giotto Cera Maxi adalah salah satu crayon berbahan dasar lilin yang menghasilkan warna cerah pada hasil akhir tampilan gambar. Sebagai salah satu nominasi crayon terbaik, crayon ini memiliki tekstur lembut yang membuatnya mudah ketika digoreskan.

Selain itu dengan crayon lembut ini Anda dapat lebih mudah dalam kombinasi warna dan menciptakan gradasi yang lebih komplit. Keunggulan ini yang membuat Giotto Cera Maxi akan tepat digunakan saat mengikuti lomba.

Tak hanya itu, crayon dengan merk Giotto ini memiliki kelebihan yang disebut washable atau mudah dibersihkan saat menempel ke baju.

Harga Rp. 40.000-80.000

Grasp

Salah satu crayon yang memiliki warna cerah pigmented adalah crayon dengan brand bernama Grasp. Crayon terbaik ini memiliki tekstur yang lembut dan creamy sehingga mudah digoreskan. Meskipun begitu, crayon ini memiliki sistem ulir yang membuatnya tidak mudah patah saat digunakan untuk mewarna.

Crayon produksi dari China ini memiliki tiga macam ukuran mata yakni kecil, sedang, dan besar. Mata berukuran kecil dapat digunakan untuk memperjelas gambar, sedangkan yang sedang dapat dipakai untuk tujuan gradasi dengan mencampurkannya bersama warna lain.

Harga Rp. 210.000-300.000
From our editorial team

Simpan Crayon dengan Baik Agar Lebih Awet

Setelah menggunakan crayon ada baiknya untuk memperhatikan tata cara penyimpanan agar lebih awet dan tidak mudah patah ataupun rusak. Antara lain ditempatkan di wadah tersendiri dan tidak diberi barang berat di atasnya. Selain itu letakkan di area yang kering dan tidak lembap. Untuk penyimpanan di dalam tas saat dibawa, pastikan untuk tidak mendudukinya atau tidak terinjak. Terakhir, jangan terlalu memberikan tekanan ekstra ketika menggunakan crayon, terlebih untuk yang bertekstur keras karena membuatnya mudah patah.