10 Destinasi Liburan yang Cocok untuk Keluarga dan Tipsnya

10 Destinasi Liburan yang Cocok untuk Keluarga dan Tipsnya

Liburan sekolah merupakan momen yang paling ditunggu oleh buah hati. Anda harus mempersiapkan jadwal untuk mengisi hari liburan mereka. Pergilah berlibur ke tempat yang memiliki sarana yang sarat edukasi. Selain menikmati suasana rekreasi, Anda juga bisa sambil mengajarkan ilmu pengetahuan pada anak. Simak beberapa tips dari BP-Guide ini!

Musim Libur Sekolah Datang? Saatnya Liburan Bersama Keluarga

Sumber gambar www.parents.com

Liburan sekolah segera tiba. Tentunya, bagi si kecil ini adalah waktunya menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Baik jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri. Bahkan, waktu liburan bisa dilakukan untuk mengerjakan aktivitas seru bersama kedua orang tua. Itu sebabnya, momen liburan bisa Anda pergunakan untuk semakin memperkuat ikatan emosional di antara keluarga.

Tips Liburan Keluarga

Sumber gambar www.prima.co.uk

Agar waktu liburan keluarga tidak terbuang dengan percuma, maka Anda harus mempersiapkan banyak hal. Untuk itu, BP-Guide akan memberikan tips liburan bersama keluarga.

Pilih Tempat yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Sumber gambar www.travelmonitor.com.au

Jauh-jauh hari sebelum liburan tiba, rencanakan tujuan liburan Anda. Carilah tempat di mana si kecil tidak merasa bosan. Jangan pula terlalu jauh, atau ke tempat yang biasanya macet. Ini akan membuat si kecil merasa capek di jalan. Bahkan ia akan rewel dan rencana libur menjadi berantakan. Ada banyak tempat wisata di luar maupun di dalam negeri yang menarik dan bisa dikunjungi anak-anak.

Cari Penginapan yang Pas bagi Keluarga

Sumber gambar www.hotel-r.net

Tempat menginap juga harus Anda perhatikan. Di mana lokasinya nyaman untuk anak-anak. Biasanya anak akan nyaman jika penginapan tersebut menyediakan fasilitas bermain untuk anak, taman bermain dan kolam renang khusus anak. Lihat juga dari menu makanan yang disediakan. Apakah cocok untuk anak Anda?

Juga dari segi harga dan kenyamanan. Pilih hotel dengan fasilitas lengkap, namun tidak menguras kantong. Ingat, pengeluaran Anda akan banyak sekali ketika liburan. Jangan dihabiskan hanya untuk penginapan saja.

Pelajarilah Tempat Tujuan Anda

Sumber gambar vacationidea.com

Pelajari area tempat tujuan wisata Anda. Cari penginapan yang letaknya strategis. Baik untuk mencari makan, tempat perbelanjaan, hingga mudah akses untuk ke berbagai tempat wisata.

Berkemas dengan Cerdas

Sumber gambar www.radaveterinare.cz

Tetaplah cerdas ketika berkemas. Jangan membawa baju terlalu banyak dan barang-barang yang tidak dibutuhkan. Banyak barang akan menyusahkan di perjalanan. Pilih pakaian yang nyaman dan cukup selama perjalanan. Sesuaikan pakaian Anda dengan keadaan di tempat tujuan. Bahkan, nantinya Anda bisa saja membeli baju di tempat liburan. Bawa barang secara efisien dan dibutuhkan.

Bingung Mau ke Mana? Ayo, Lihat Beragam Pilihan Tempat Liburan Keluarga Populer Ini!

Sumber gambar www.kendler.at

Bingung menentukan tempat tujuan liburan keluarga? Tidak perlu bingung, karena banyak sekali tempat liburan yang cocok untuk keluarga. Misalnya beberapa tempat yang BP-Guide rekomendasikan berikut ini!

Batu, Malang

Sumber gambar www.photomalang.com

Kota Batu di Malang bisa menjadi daerah tujuan liburan keluarga yang menyenangkan. Selain sejuk, kota yang terkenal sebagai penghasil apel ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

  • Taman Kelinci Pujon
  • Ini dia tempat wisata baru yang cocok untuk anak. Tidak hanya memiliki rumah hobbit yang unik, terdapat pula banyak fasilitas menarik seperti Kampoeng Cafe, Taman Kelinci, Wisata Petik Stroberi, Pondok Susu Olahan dan Homestay. Anda dan keluarga juga dapat berfoto ria di gazebo yang tersedia. Bahkan, terdapat latar Gunung Kawi dan Gunung Arjuno yang menawan.
  • Jatim Park 1
  • Ini dia tempat rekreasi yang sudah lama di Kota Baru. Jatim Park 1 terbilang merupakan wahana rekreasi pertama di kota ini. selain memiliki panorama indah, banyak wahana permainan menarik. Bahkan, anak Anda juga dapat bermain sambil belajar di Science Stadium yang merupakan Galeri Belajar dengan berbagai alat peraga ilmu terapan.
  • Jatim Park 2
  • Walaupun merupakan tempat wisata lanjutan dari Jatim Park 1, namun fasilitas di dalamnya berkelas internasional. Anak Anda dapat belajar mengenai hewan di Secret Zoo, museum satwa dan Eco Green Park yang memiliki koleksi binatang yang menarik. Tersedia juga wahana seru yang tidak akan terlupakan.
  • Batu Night Spectacular
  • Berlokasi di Desa Oro-Oro Omo, Anda dan keluarga dapat menikmati aneka wahana menarik, seperti slalom tes, galeri hantu, lampion garden, sepeda udara tinggi, drag race, mouce coster, trampoline dan aneka wahana seru lainnya. Tentunya semua ini dapat dinikmati di malam hari.

Yogyakarta

Sumber gambar www.sukita.info

Bukan hanya ke Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Di Yogyakarta, banyak sekali tempat liburan keluarga yang dapat dikunjungi.

  • The Lost World Castle
  • Terletak di kaki gunung merapi, tempat wisata ini memiliki beragam bangunan unik ala Eropa. Terdapat pula berbagai patung dinasourus, tenda-tenda Indian, pohon sakura hingga replika stonehenge.
  • The World Landmarks Merapi Park
  • Anak beserta keluarga dapat berjalan-jalan sembari menikmati keililing dunia di kawasan lereng Merapi. Di sini terdapat landmark dari berbagai negara di seluruh dunia, mulai dari Forbidden City Cina, Menara Pisa, Jam Big Bend, Menada Eifel dan lainnya.
  • Museum Dirgantara Yogyakarta
  • Ajak si kecil untuk menambah pengetahuan mengenai pesawat di Museum Dirgantara. Akan sangat menyenangkan, terutama untuk si kecil yang ingin menjadi pilot. Ia bisa masuk dan bermain di dalam kokpit pesawat layaknya pilot profesional. Museum pesawat ini menyediakan 36 pesawat, terutama pesawat tempur.

Hong Kong

Sumber gambar www.littlestepsasia.com

Tidak ada salahnya sesekali menyenangkan si kecil dengan liburan keluarga ke luar negeri. Hongkong bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang tepat. Di mana selain jaraknya yang masih berada di kawasan Asia, negara ini juga memiliki banyak tempat wisata yang terkenal di dunia.

  • The Peak
  • Menjadi salah satu tempat yang memberikan pemandangan yang sangat indah. The Peak merupakan daerah tertinggi di Hong Kong. Bayangkan, Anda dan keluarga bisa menikmati pemandangan New Territories, Victoria Harbour serta gedung pencakar langit pada siang hari. Dan ketika sudah sore, pemandangan akan menjadi sangat eksotis dengan adanya gemerlap lampu kota yang merubah langit menjadi warna merah muda.
  • Madame Tussauds Hong Kong
  • Ingin berfoto bersama selebritis dan para tokoh dunia? Maka Madame Tussauds Hong Kong adalah tempatnya. Tapi, tentunya Anda hanya bisa berfoto dengan replikanya, yaitu berupa patung lilin. Namun, walaupun hanya replika, patung lilin ini pun sudah sangat menyerupai aslinya.
  • Noah’s Ark Hong Kong
  • Kisah Nabi Nuh dan bahteranya tidak hanya dikenal oleh umat muslim saja. Akan tetapi, seluruh umat di dunia pun menganggapnya sebagai legenda dan keajaiban. Anda bisa mengajak keluarga untuk melihat replika bahtera Nuh di Noah’s Ark Hong Kong. Di dalamnya juga lengkap dengan 67 pasang patung binatang dalam ukuran asli. Anak Anda akan dapat belajar mengenai nilai-nilai kehidupan dan alam di sini.
  • Hong Kong Disneyland
  • Hong Kong Disneyland terkenal tidak kalah asiknya dengan Disneyland yang ada di Amerika. Anak-anak Anda akan dapat bertemu dengan tokoh Disney favorit mereka. Bahkan, ada juga para superhero Marvel yang akan mengajak Anda sekeluarga untuk menikmati aneka hiburan di Hongkong Disneyland.

Bandung, Jawa Barat

Setiap musim liburan, Bandung selalu saja macet. Ini karena Bandung memiliki banyak daerah tujuan wisata yang menarik. Selain itu udaranya juga sejuk dan makanannya nikmat.

  • Dusun Bambu Family Leisure Park
  • Nikmati suasana santai bersama keluarga di Dusun Bambu Family Leisure Park. Tidak hanya tersedia fasilitas bermain untuk anak. Anda bersama keluarga dapat menikmati wisata kuliner sini. Untuk masuknya, Anda harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 25.000 per orang di luar hari ibur.
  • Farmhouse Susu Lembang
  • Suasana pertanian yang nyaman dan sejuk bisa Anda dan keluarga rasakan di sini. Terdapat pula rumah hobbit dan berbagai bangunan menarik bergaya Eropa. Anak-anak Anda bisa bermain sepuasnya di area kebun yang luas, selagi Anda dan pasangan sibuk mencari spot bagus untuk berfoto bersama.
  • Masjid Agung Kota Bandung
  • Untuk Anda yang beragama Islam, dapat santai sejenak dan salat bersama keluarga di Masjid Agung Kota Bandung. Setelah itu, anak-anak Anda bisa bermain sepuasnya di alun-alun yang berada di sebelah masjid agung. Tempatnya cocok untuk bersantai dan foto bersama.

Singapura

Sumber gambar www.lokopoko.travel

Sebagai negara tetangga yang mudah untuk didatangi, Singapura menghadirkan banyak tempat wisata. Bahkan, banyak wisatawan dari seluruh dunia yang menjadikan Singapura sebagai tempat tujuan wisata mereka.

  • Gardens By The Bay
  • Sebagai ikon baru Singapura, Gardens By The Bay memiliki taman seluas 101 hektar. Koleksi tanamannya beragam yang disimpan di Flower Dome yang merupakan rumah kaca terbesar di dunia. Anak Anda pun bisa menikmati keindahan super tree sambil berjalan di skyway serta bermain sepuasnya di Children Garden.
  • Sea Aquarium
  • Nikmati pemandangan ikan dari aquarium raksasa di Sea Aquarium. Anda bersama keluarga bisa merasakan sensasi dunia bawah laut, dengan melihat aneka hewan laut. Jangan khawatir dengan keamanannya, karena aquarium ini dibuat dengan dinding kaca yang super tebal dan juga jernih.
  • Museum Arts and Science Singapore
  • Pengalaman belajar sambil bermain akan dapat anak Anda rasakan di Museum Arts and Science Singapore. Terdapat berbagai eksebisi yang akan berganti setiap tahun. Mulai dari NASA – a human adventure; Future World – where arts meets science; into the wild dan lainnya. Sebelum ke tempat ini sebaiknya Anda mengecek dahulu website mereka untuk melihat jadwal eksebisi.

Bali

Sumber gambar tropicalife.net

Salah satu tempat wisata di Indonesia yang keindahannya terkenal hingga ke mancanegara adalah Bali. Banyak wahana permainan yang bisa dinikmati. Selain itu, pemandangan yang disuguhkan pun sangat menarik.

  • Berwisata ke Pantai
  • Aneka wisata pantai bisa Anda nikmati di sini. Tidak hanya di Pantai Kuta atau Pantai jimbaran, namun juga Tanjung Benoa. Selain berenang dan snorkeling, tempat ini juga menyediakan fasilitas banana boat, wahana glass bottom boat, hingga berselancar.
  • Bali Butterfly Park dan Kemenuh Butterfly Park
  • Ingin melihat kupu-kupu yang unik? Anda bisa mendatangi taman kupu-kupu di Bali. Di sini Anda bisa langsung berinteraksi dengan kupu-kupu yang indah. Ada dua taman yang bisa dikunjungi, yaitu Bali Butterfly Park di Tabanan, serta Kemenuh Butterfly Park di Gianyar.
  • Padma Resort Ubud
  • Ubud terkenal dengan udaranya yang dingin. Itu sebabnya Padma Resort Ubud bisa menjadi tempat penginapan yang tepat. Ini karena, terdapat fasilitas kolam renang yang hangat. Uniknya, air di kolam renang ini akan menjadi sejuk di pagi dan siang hari, namun menjadi hangat di sore dan malam hari.

Malaysia

Sumber gambar vakay.com.my

Negara tetangga satu ini juga memiliki beragam tempat wisata menarik. Letaknya pun dekat, dan Anda tidak akan mengalami kendala bahasa.

  • Kuil Kek Lok Si
  • Kuil Kek Lok Si dibuat dengan desain yang memadukan kebudayaan Burma, Cina dan Thaiand. Bangunan pagoda dengan 7 lantai ini memiliki 10.000 patung Budha di dalamnya yang dibuat dari perunggu dan pualam. Anda juga bisa melihat patung perunggu Dewi Kuan Yin dengan tinggi 30,2 meter di kompleks kuil ini.
  • Menara Kembar Petronas
  • Ini dia ikon Malaysia yang merupakan jembatan di udara. Jembatan yang terletak di atas ketinggian 170 meter ini menghubungkan menara di lantai 41 dan 42. Anda bisa melihat pemandangan kota Kuala Lumpur dari atas jembatan ini.
  • Kuala Lumpur Bird Park
  • Kuala Lumpur Bird Park menjadi habitat dari 3000 ekor burung yang dapat terbang dan hidup dengan bebasnya. Terdapat pula aneka unggas ketika menelusuri taman. Bahkan, Anda dapat berfoto bersama dan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Bogor, Jawa Barat

Sumber gambar travelingyuk.com

Bogor sebagai tempat yang sejuk dan sering hujan menjadikannya memiliki banyak tempat wisata dengan alam yang indah. Itu sebabnya, banyak orang dari ibu kota yang mendatangi tempat ini untuk refreshing atau liburan, bahkan mencari tempat tenang untuk acara town hall meeting. Tentunya, banyaknya spot menarik yang membuat Bogor cocok menjadi tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

  • Taman Buah Mekarsari
  • Ajaklah anak Anda untuk mengenal aneka tanamanan di Taman Buah Mekarsari. Taman seluas 264 hektar ini penuh dengan aneka buah dan fasilitas bermain untuk anak. Anak Anda juga dapat memberi makan kuda dan menunggang kuda di sini. Bahkan ada rumah hobbit. Tentunya yang tidak kalah menarik adalah bermain dengan kelinci di Rabbit House.
  • Jungleland Adventure Theme Park
  • Si kecil tentu akan mengalami petualangan yang menyenangkan di Jungleland Adventure Theme Park. Terdapat 41 wahana hiburan yang tidak terlupakan. Anak Anda juga bisa menikmati ekspedisi prasejarah dengan menyaksikan dinosaurus yang jinak. Terdapat pula Science Centre yang bisa memberikan pengetahuan tentang fenomena unik kepada anak. Salah satunya mengenai efek rumah kaca.
  • De Ranch Mega Mendung
  • Yuk, ajak anak menikmati sensasi dunia koboi di De Ranch Mega Mendung. Memiliki setting layaknya pedasan Eropa dengan taman bunga dan kastil. Terdapat pula rumah kelinci, rumah hobbit, rumah permen dan jembatan dongeng seperti yang ada di dalam dongeng Anda. Dengan suasana yang sejuk dan nyaman, anak Anda akan bermain dengan aman dan puas di sini.

Bangka Belitung

Tidak hanya di Bali, Bangka Belitung juga memiliki banyak tempat wisata eksotis. Bahkan, masih banyak daerah di kawasan pantai ini yang masih bersih dan belum terjamah orang banyak.

  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Jika Anda ingin mengajak keluarga untuk menyusuri lokasi syuting film Laskar Pelangi, maka Pantai Tanjung TInggi adalah tempatnya. Merupakan pantai paling menawan di Belitung. Anda dapat mengajak anak Anda untuk menjelajahi pantai dengan kano. Selain itu, Anda juga dapat memancing, snorkeling dan bermain jetski di sini.
  • Pantai Parai Tenggiri
  • Tidak hanya panoramanya yang eksotik, pantai ini juga memiliki hamparan batu granit yang khas dengan jumlah banyak dan bentuknya unik. Bahkan, Anda dan keluarga bisa menikmati keindahan dari Laut Cina Selatan. Pantai ini juga menyediakan fasilitas untuk snorkeling, bermain banana boat dan parasailing. Bahkan, tersedia penyewaan perahu memancing yang lengkap dengan peralatannya. Tidak hanya di Bali, Bangka Belitung juga memiliki banyak tempat wisata eksotis. Bahkan, masih banyak daerah di kawasan pantai ini yang masih bersih dan belum terjamah orang banyak.

Jakarta

Sumber gambar travel.kompas.com

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, tidak perlu pergi liburan yang jauh. Jakarta juga memiliki banyak tempat refreshing yang asyik bersama keluarga. Bahkan, anak Anda dapat menikmati waktu liburannya dengan senang.

  • Pinisi Science & Edutainment Park
  • Walaupun belum banyak yang tahu, namun ini dia tempat di mana anak Anda bisa belajar mengenai budaya, seni, teknologi, dan berbagai kegiatan lainnya sambil belajar. Anak Anda bisa belajar bagaimana menjadi dalang dalam pertunjukan wayang, memainkan instrumen tradisional, membatik, dan lainnya. Jadi, tidak hanya menyenangkan anak, Anda bisa mengisi waktu liburnya dengan lebih mengasah pengetahuannya.
  • Bounce Street Asia
  • Punya anak yang aktif dan suka sekali melompat-lompat di kasur? Untuk itu, Bounce Street Asia tepat menjadi pilihan mengisi waktu liburan keluarga. Si kecil tidak hanya dapat berlari dan melompat, tapi juga melakukan slam dunk. Tersedia trampolin khusus, yang tentunya aman untuk anak.
  • Waterbom Jakarta
  • Yuk, ajak keluarga untuk basah-basahan di Waterbom Jakarta. Tersedia seluncuran dan perosotan di lahan yang bersisi 3,8 hektar ini. Anda dan keluarga dapat mencoba Twitzer dengan rute melingkar dan berujung di kolam renang. Adu nyali juga bisa dilakukan di Speed Slide dengan kecepatan 70 km/jam.
From our editorial team

Rekreasi dan Edukasi bagi Anak

Anda tak perlu bingung lagi mencari lokasi rekreasi bagi anak. Saat ini sudah beraneka tempat wisata yang menyuguhkan sarana edukasi juga bagi sang buah hati. Dengan seperti itu, Anda bisa memilih mana yang cocok bagi Anda sekeluarga. Jangan hanya memberinya hiburan, namun beri juga mereka pengalaman yang dapat melatih kecerdasannya.