Sedang Ramai dicari Para Ibu! Lembut di Gigi Bayi, 15 Sikat Gigi Ini Wajib Ibu Pilih! (2023)

Sedang Ramai dicari Para Ibu! Lembut di Gigi Bayi, 15 Sikat Gigi Ini Wajib Ibu Pilih! (2023)

Sikat gigi bayi bukan hanya alat, tetapi penyemangat kebersihan dan kesehatan mulut yang akan membawa senyuman cerah di masa depan. Mari kita telusuri bersama bagaimana sikat gigi bayi memberikan sentuhan lembut untuk senyuman kecil yang berharga.

Baca juga

Sikat Gigi Bayi Lembut dan Aman

Memilih sikat gigi bayi yang lembut dan aman adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan mulut si kecil. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih sikat gigi bayi yang tepat:

1. Bahan yang Aman:
Pastikan sikat gigi terbuat dari bahan yang aman dan bebas dari bahan berbahaya seperti BPA, ftalat, dan PVC. Pilih sikat gigi yang terbuat dari bahan food-grade atau silikon medis.

2. Bulu Sikat yang Lembut:
Pastikan bulu sikatnya lembut agar tidak menyebabkan iritasi pada gusi bayi yang sensitif. Bulu sikat yang terlalu keras dapat merusak gigi dan gusi bayi yang masih dalam perkembangan.

3. Ukuran Gigi Bayi:
Pilih sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulut dan gigi bayi. Sikat dengan kepala yang kecil dan lembut sesuai untuk mulut bayi yang masih kecil.

4. Desain Ergonomis:
Pilih sikat gigi dengan desain pegangan yang ergonomis dan mudah digenggam oleh orang tua dan bayi. Hal ini akan memudahkan proses menyikat gigi.

5. Perlindungan Tambahan:
Beberapa sikat gigi bayi dilengkapi dengan fitur perlindungan tambahan, seperti pelindung untuk mencegah sikat masuk terlalu dalam ke mulut bayi.

6. Bentuk yang Menarik:
Pilih sikat gigi dengan bentuk atau desain yang menarik bagi bayi. Ini dapat membantu membuat pengalaman menyikat gigi menjadi lebih menyenangkan dan menyikat gigi menjadi kebiasaan yang baik.

7. Perhatikan Rekomendasi Usia:
Sikat gigi bayi biasanya memiliki rekomendasi usia penggunaan. Pastikan untuk memilih sikat gigi yang sesuai dengan usia bayi Anda.

8. Mudah Dibersihkan:
Pastikan sikat gigi mudah dibersihkan dan dapat disterilkan. Kebersihan sikat gigi sangat penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

9. Baca Review dan Rekomendasi:
Sebelum membeli, baca review dari orang tua lain atau minta rekomendasi dari dokter gigi atau ahli kesehatan anak.

10. Pilih Sesuai Preferensi Anak:
Jika mungkin, biarkan anak memilih atau terlibat dalam pemilihan sikat gigi. Ini dapat membuatnya lebih antusias dan terlibat dalam kebiasaan menyikat gigi.

Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, Anda dapat memilih sikat gigi bayi yang tidak hanya lembut dan aman, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan khusus si kecil.

15 Rekomendasi Sikat Gigi Bayi

Mama's ChoiceMy First Toothbrush

Mama's Choice My First Toothbrush adalah pilihan sempurna untuk menjaga kesehatan gigi si kecil yang sedang tumbuh. Dengan bulu sikat dari bahan silikon lembut, sikat gigi ini cocok untuk anak usia 1-3 tahun. Dilengkapi dengan safety shield untuk mencegah sikat tersodok ke dalam mulut, membuatnya aman dan menyenangkan saat belajar menyikat gigi. Keunggulan lainnya meliputi daya tahan yang tinggi, kehigienisan dengan kemampuan sterilisasi, serta suction cup untuk membuat sikat berdiri dan cepat kering saat tidak digunakan. Mama's Choice My First Toothbrush hadir dalam variasi warna hijau, pink, dan biru, menjadikan momen menyikat gigi lebih menyenangkan bagi si kecil.

Harga Rp. 89.000

PigeonTraining Toothbrush Set

Pigeon Training Toothbrush Set Lesson 123 dirancang khusus untuk membantu bayi belajar menyikat gigi dengan tiga tahap yang sesuai dengan perkembangan usia. Set ini terdiri dari Training Toothbrush Lesson 1 (6-8 bulan), Lesson 2 (8-12 bulan), dan Lesson 3 (12-18 bulan), memberikan solusi yang sesuai untuk setiap fase pertumbuhan bayi. Masing-masing sikat dilengkapi dengan pelindung untuk mencegah masuknya sikat terlalu dalam ke dalam mulut bayi, memberikan keamanan ekstra selama proses belajar menyikat gigi yang menyenangkan. Pigeon Training Toothbrush Set Lesson 123 merupakan pilihan yang tepat untuk perawatan gigi bayi yang aman dan efektif.

Harga Rp. 125.000

Dr. Brown’sSilicone Finger Toothbrush with Case

Dr. Brown's Silicone Finger Toothbrush with Case merupakan solusi kebersihan gigi bayi yang aman dan nyaman. Terbuat dari silikon super lembut, sikat gigi ini memiliki dua sisi yang dapat membersihkan dan memijat gusi sensitif bayi. Dilengkapi dengan case, menjaga kebersihan sikat gigi menjadi lebih praktis dan mudah saat bepergian. Produk ini cocok digunakan untuk bayi usia 3 bulan ke atas, baik dengan atau tanpa pasta gigi bayi. Keunggulan lainnya termasuk kualitas silicon tinggi dan BPA free, memberikan keamanan serta kenyamanan saat membersihkan gigi si kecil, menjaga kebersihan mulut dan kesehatannya secara menyeluruh.

Harga Rp. 58.000

Dr. Brown'sInfant-to-Toddler Toothbrush Giraffe

Dr. Brown's Infant to Toddler Toothbrush Giraffe merupakan sikat gigi anak yang dirancang untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi si kecil sejak usia 3 bulan. Terbuat dari bahan berkualitas, bebas BPA, dan tahan lama, sikat gigi ini memiliki bulu sikat yang lembut dan desain menarik dalam karakter hewan. Dilengkapi dengan suction cup base dan empat kaki stabil pada bagian bawahnya, sikat gigi dapat berdiri dengan stabil saat tidak digunakan. Produk ini tidak hanya menjaga kesehatan gigi si kecil tetapi juga mengajarkan kebiasaan baik menyikat gigi setiap hari dengan cara yang menyenangkan.

Harga Rp. 95.000

Honey BooSikat Gigi Anak Motif Panda

Honey Boo menawarkan Sikat Gigi Anak Motif Panda dengan bulu halus yang aman untuk anak. Dengan ukuran 14,5 cm, produk ini cocok digunakan oleh anak usia 1-5 tahun. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu biru, merah muda, dan hijau, dengan motif panda yang lucu. Setiap sikat gigi anak ini juga dilengkapi dengan free box untuk kenyamanan pengguna. Selain itu, Honey Boo juga menyediakan Sikat Gigi Jari Bayi yang aman dengan bahan silikon, ukuran jari telunjuk, dan tersedia dalam tiga warna yang berbeda: biru, merah muda, dan kuning. Produk ini dirancang untuk membersihkan gusi dan lidah bayi yang belum tumbuh gigi, dengan titik-titik pembersih di bagian belakangnya.

Harga Rp. 25.000

MAMTraining Brush

MAM Training Brush hadir sebagai sikat gigi anak dengan bentuk pegangan ergonomis, lembut, dan ukuran yang disesuaikan agar anak dapat menyikat gigi sendiri. Sikat ini memiliki desain bulat yang dapat memberikan pijatan pada gusi, dengan bulu sikat yang pendek dan sangat lembut, aman untuk gusi dan email gigi anak. Produk ini dirancang untuk membantu anak belajar menyikat gigi dengan benar, dengan pegangan panjang dan ergonomis yang memungkinkan orang tua membantu anak. Sikat gigi ini juga dapat digunakan untuk membersihkan lidah dan memberikan pijatan lembut pada gusi.

Harga Rp. 63.000

JordanStep 0-2 Years Kids Toothbrushes

Sikat Gigi Jordan Kids Step 1 (0-2 Tahun) Extra Soft dirancang khusus untuk bayi dan anak usia 0-2 tahun. Dengan bulu sikat yang sangat lembut (Super Soft), produk ini aman dan nyaman untuk gusi dan gigi si kecil. Desain warna yang lucu dan pegangan bawah yang bulat dapat dijadikan gigitan bayi (Teether), menjadikan proses menyikat gigi lebih menyenangkan. Sikat gigi ini memiliki berbagai fitur, seperti lubang pada gagang sikat yang memudahkan digenggam, bagian khusus pada gagang untuk digigit anak-anak, leher sikat yang pendek untuk mencegah tersedak, dan bulu sikat berwarna biru sebagai takaran penggunaan pasta gigi Jordan Kids Step 1.

Harga Rp. 29.865

Coconi360 Baby Toothbrush

Coconi 360 Baby Toothbrush merupakan alat mandi dan perawatan kulit khusus bayi dari merk Coconi. Sikat gigi bayi ini memiliki kedua ujung scoop yang terbuat dari bahan silicon, dengan desain pegangan anti slip dan kepala scoop yang dapat dibuka. Produk ini bebas dari BPA, PVC, dan Lateks, serta aman digunakan sejak newborn. Dilengkapi dengan bagian ujung berbentuk lingkaran (loop) untuk membersihkan kotoran yang lengket, dan ujung berbentuk sendok (scoop) untuk membersihkan kotoran yang sudah mengering. Dengan panjang sekitar 9 cm, sikat gigi bayi ini sangat cocok untuk perawatan gigi bayi Anda.

Harga Rp. 49.000

NubyNanaNubs Banana Massaging Toothbrush

Nuby NanaNubs Banana Massaging Toothbrush adalah gigitan bayi yang dirancang khusus untuk memijat gusi bayi. Terbuat dari bahan silicone yang lembut, produk ini memiliki gerigi kecil menyerupai sikat yang berfungsi membersihkan gigi yang baru tumbuh dan meredakan gusi yang gatal saat proses pertumbuhan gigi. Didesain agar mudah dipegang oleh bayi dan direkomendasikan untuk digunakan pada bayi usia 3 bulan ke atas. Untuk kebersihan, disarankan mencuci dan mensterilkan sebelum penggunaan dengan sabun cuci botol bayi dan melakukan sterilisasi dengan merebus selama 2-5 menit.

Harga Rp. 99.000

Marcus & MarcusBaby Teething Toothbrush

Marcus & Marcus Baby Teething Toothbrush adalah sikat gigi bayi yang didesain unik dan menarik khusus untuk anak-anak yang sedang tumbuh gigi dan mengembangkan keterampilan motoriknya. Terbuat dari bulu silikon lembut dan fleksibel, sikat gigi ini membersihkan gigi bayi dan memijat gusi yang sedang tumbuh dengan lembut. Desain pegangan yang unik memungkinkan bayi cepat belajar memegang sendiri, tetapi juga cukup lebar untuk dipandu oleh orang tua. Produk ini terbuat dari satu bahan keseluruhan tanpa sambungan atau celah, mengurangi risiko kotoran dan bakteri. Dengan pilihan gambar yang menarik, Marcus & Marcus Baby Teething Toothbrush adalah pilihan aman dengan silikon food grade berkualitas tinggi dan bebas BPA, dapat steril dengan uPang atau uap, dan cocok untuk usia 6 bulan ke atas.

Harga Rp. 130.000

Sikat Gigi Anak Jack N' Jill Silicone Stage 1 Finger Brush

Jack N' Jill Silicone Stage 1 Finger Brush adalah sikat gigi bayi yang terbuat dari 100% silikon medis/food grade, dirancang untuk kebersihan mulut yang baik. Dengan sisi sikat untuk membersihkan gigi bayi secara lembut dan sisi berbintil untuk memijat gusi, cocok untuk gusi yang sedang tumbuh gigi. Sikat gigi ini mudah digunakan, lembut di gusi, tidak beracun, bebas BPA dan PVC, serta dapat digunakan dengan pasta gigi alami Jack N' Jill. Terdapat bonus casing praktis untuk bepergian. Stage 1 cocok untuk usia 6-12 bulan, aman, higienis, dan dianjurkan untuk rutin disterilisasi.

Harga Rp. 148.000

Sikat Gigi Jepang 360do BRUSH Baby

360do BRUSH Baby adalah sikat gigi inovatif Made in Japan yang efektif membersihkan plak dan karies hingga 98.4%. Dengan bulu sikat halus 0,08 mm, sikat ini dapat mencapai bagian-bagian sulit dan sela-sela gigi yang sulit dijangkau, menjadikannya ideal untuk membersihkan gigi bayi yang sering minum susu formula. Keunggulannya termasuk jumlah bulu sikat yang 15-20x lebih banyak daripada sikat gigi biasa, tekstur bulu yang lembut, dan desain silinder yang menarik bagi si kecil. Sikat ini dapat digunakan mulai dari usia 0 bulan hingga 36 bulan, membantu membentuk kebiasaan membersihkan gigi sejak dini untuk menjaga kesehatan mulut anak.

Harga Rp. 85.000

Reliable - Sikat Gigi Bayi Complete Set 3 in 1 | Training Toothbrush Set

Reliable Sikat Gigi Bayi 1 Set Complete merupakan solusi lengkap untuk perawatan gigi bayi. Didesain khusus untuk bayi usia 6 bulan hingga 2 tahun, set ini terdiri dari tiga langkah yang sesuai dengan perkembangan gigi si kecil. Langkah pertama dengan gagang tebal dan kepala sikat yang elastis untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan. Langkah kedua cocok untuk bayi di atas 11 bulan dengan bulu sikat lembut yang menyeluruh. Langkah terakhir mempersiapkan anak untuk memulai perawatan gigi yang lebih serius. Terbuat dari bahan BPA FREE, Reliable Sikat Gigi Bayi menawarkan keamanan dan kenyamanan untuk perawatan gigi si kecil.

Harga Rp. 106.000

Kottonville - Sikat Gigi Pembersih Lidah Anak Bayi Silicone

Sikat Gigi Pembersih Lidah Anak Bayi Silicone dari Kottonville adalah solusi praktis untuk menjaga kebersihan mulut si kecil. Didesain untuk anak bayi usia 1-18 bulan, produk ini mengombinasikan fungsi sikat gigi dan pembersih lidah dalam satu alat. Terbuat dari silicone food grade yang lembut, aman digunakan tanpa pasta gigi, dan mampu membersihkan hingga sela-sela gigi dengan efektif. Kelebihannya meliputi kemampuan membersihkan lidah, sikat gigi yang lembut, dan penggunaan yang aman tanpa pasta gigi. Dengan perhatian pada petunjuk penggunaan dan pengawasan orang tua, produk ini menjadikan perawatan mulut bayi lebih mudah.

Harga Rp. 83.000

I.Q. BABY Baby Silicone Toothbrush - Sikat Gigi Silikon

Sikat Gigi Silikon I.Q. BABY dirancang khusus untuk perawatan gigi bayi dengan bahan silikon BPA Free yang lembut, cocok untuk bayi berusia 3-12 bulan. Dengan bentuk yang lucu dan pegangan yang lebar, sikat gigi ini dapat menarik minat bayi untuk berlatih menyikat gigi. Produk ini juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan untuk memastikan kebersihan dan kepraktisan penggunaan. Tersedia dalam warna pink pastel dan green pastel, serta terbuat dari food-grade silicone + PP, menjadikan sikat gigi ini pilihan yang aman dan nyaman untuk perawatan gigi bayi Anda.

Harga Rp. 89.000
From our editorial team

Sikat Gigi Bayi: Sentuhan Lembut untuk Senyuman Kecil Anda

Dengan sikat gigi bayi yang lembut, Anda bukan hanya merawat gigi kecil yang menggemaskan, tetapi membawa harapan akan senyuman yang sehat di masa depan. Setiap sikat adalah investasi dalam kebersihan dan kesehatan mulut yang akan mengiringi setiap tahap pertumbuhan senyuman kecil Anda. Biarkan kelembutan sikat gigi bayi menjadi fondasi perjalanan menuju gigi yang kuat dan senyuman yang bersinar.