Mau Menikmati Surga Dunia di Bagian Timur Indonesia, Cek Dulu 10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Labuan Bajo (2022)

Mau Menikmati Surga Dunia di Bagian Timur Indonesia, Cek Dulu 10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Labuan Bajo (2022)

Labuan Bajo sebagai salah satu surga tersembunyi di Indonesia bagian timur telah menjadi salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas Indonesia. Banyak bermunculannya hotel dan penginapan di kawasan ini ada kalanya membuat bingung untuk memilih yang terbaik. Tidak perlu khawatir lagi karena BP-Guide sudah menyediakan daftar hotel terbaik di Labuan Bajo yang sesuai dengan budget kamu miliki. Mulai dari harga ramah kantong hingga hotel fasilitas bintang 5. Simak sampai habis ya!

Labuan Bajo Surga Indonesia Bagian Timur

Desa yang terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah kota nelayan yang ditargetkan menjadi wisata super premium. Daerah wisata yang terletak di ujunga barat Flores ini juga merupakan wilayah strategis yang memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan, pusat perdagangan, serta pendidikan.

Berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat dan dipisahkan oleh Selat Sape, Labuan Bajo merupakan sebuah surga tersembunyi yang ada di Indonesia bagian timur. Tidak kalah dengan kota lain yang dijadikan tujuan wisata termasuk Bali, Labuan Bajo pun memiliki paket wisata unik yang tidak akan kamu jumpai di destinasi wisata lain.

Dengan eksotisme yang dimiliki, surga Indonesia bagian timur ini bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Kepopulerannya ini membuat Labuan Bajo kemudian menjadi ibukota Kabupaten Manggarai Timur yang didukung dengan fasilitas transportasi dermaga, pelabuhan bahkan bandara.

Pengembangan yang dimulai sejak awal 2020 membuat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo berjalan sesuai target.

Destinasi Wisata Populer di Sekitar Labuan Bajo

Pulau Komodo

Sesuai namanya, Pulau Komodo memang menjadi habitat asli hidupnya hewan komodo. Di pulau yang berbatasan langsung dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas.

Taman Nasional (TN) Komodo tersebut menjadi salah satu pulau yang dihuni satu-satunya hewan kadal raksasa yang selamat setelah terjadi letusan gunung Krakatau yang menyebabkan terjadinya tsunami dahulu kala. Keberadaan hewan legendaris yang dilestarikan tersebut membuat Pulau Komodo menjadi Taman Nasional yang oleh UNESCO dimasukkan ke dalam kategori situs warisan dunia.

Tentu belum lengkap rasanya jika melancong ke Labuan Bajo tapi tidak mampir ke Pulau Komodo yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat ini.

Pulau Rinca

Salah satu pulau yang mirip dengan Pulau Komodo adalah Pulau Rinca yang memiliki beberapa bukit dengan fitur pantai indah yang beberapa dihiasi karang kecil. Pulau yang memiliki luas sekitar 18.500 hektar ini juga memiliki tanah yang sebagian besar tertutup oleh padang rumput.

Tak hanya dapat menjumpai hewan liar, Pulau Rinca juga merupakan habitat yang dihuni oleh sekitar 2.000 lebih komodo. Nyatanya jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah komodo yang berada di Pulau Komodo.

Pulau yang memiliki jarak relatif lebih dekat dari Labuan Bajo memang masih berada dalam satu gugusan Kepulauan Komodo. Jarak yang relatif dekat tersebut menjadikan Pulau Rinca biasanya menjadi tempat pertama yang dikunjungi di kawasan ini.

Spot populer lain yang dapat kamu temui di sini adalah titik tertinggi berupa gunung dengan ketinggian 670 meter di atas permukaan laut. Selain itu kamu juga dapat menemukan wisata edukasi alam berupa aktivitas konservasi lingkungan penanaman pohon bakau di tepi pantai Pulau Rinca.

Pulau Kelor

Jika Pulau Rinca sering menjadi tempat persinggahan pertama dari jadwal pelayaran gugusan Kepulauan Komodo, maka Pulau Kelor adalah destinasi terakhirnya. Menawarkan keindahan yang serupa Bukit Cinta berupa bukit rerumputan hijau nyatanya pulau ini juga dapat menghipnotis para pecinta snorkeling.

Ya, aktivitas populer yang sering dilakukan di pulau ini memang snorkeling dan trekking ke puncak di setiap bukitnya. Tak hanya itu, kamu juga bisa bermalam di Pulau Kelor dengan berkemah menggelar tenda.

Menjelajahi alam yang masih belum terpengaruh oleh peradaban dapat menjadi kegiatan menarik di pulau ini. Selain itu kedamaian dan ketenangan juga akan didapatkan dengan pemandangan pasir putih dan tanaman hijau di tengahnya. Berikut dengan riak-riak kecil ombak yang tenang di perairan sekitar.

Goa Batu Cermin

Tak hanya di permukaan bumi bagian atas, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata bagian perut bumi di daerah Labuan Bajo. Goa Batu Cermin dengan pesona batu karang yang berkilau seperti cermin merupakan kawasan wisata favorit selain Pulau Komodo.

Bebatuan yang memantulkan cahaya matahari seperti cermin itulah yang menjadi asal muasal nama Goa Batu Cermin. Selain itu, hal menarik lainnya adalah fosil-fosil hewan laut alami yang dapat kamu temukan di dinding goa. Hal ini merupakan bukti bahwa dulunya goa ini berada di bawah permukaan laut.

Selain pemandangan, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain seperti trekking point menuju goa, kantor pengelola, loket, kafetaria, area parkir, auditorium, pusat informasi, dan toilet. Bahkan perkembangan pembangunannya juga menyediakan ampiteater dan rumah budaya guna memfasilitasi kegiatan seni dan budaya lokal.

Pink Beach

Salah satu pantai eksotis nan indah yang dapat kamu temukan di Labuan Bajo adalah Pink Beach. Seperti namanya, pantai ini memang memiliki pasir berwarna merah muda, tidak hitam atau putih seperti kebanyakan pantai lain. Usut punya usut, warna pasir merah muda ini berasal dari pecahan kerang dan biota lautnya.

Selain pemandangan pantai yang unik, kegiatan lain yang dapat kamu lakukan di pantai eksotis ini antara lain adalah diving atau snorkeling. Kegiatan ini akan memanjakan mata dengan pemandangan bawah laut yang mengagumkan yang terdiri dari beragam variasi ikan, batu karang, dan biota laut lainnya.

Rekomendasi 10 Hotel Terbaik di Labuan Bajo yang Dekat dengan Destinasi Wisata Populer

L Bajo Hotel Komodo

Rekomendasi pertama hotel terbaik di Labuan Bajo dengan harga terjangkau adalah L Bajo Hotel Komodo yang tarif per malamnya hanya sekitar 300 ribu rupiah saja.

Hotel yang terletak di Jalan Kasimo No. 99 Labuan Bajo ini hanya berjarak sekitar 7 menit dari Bandara Komodo dan 10 menit Pelabuhan Labuan Bajo dengan berkendara.

Hotel yang menyediakan 55 kamar bertema minimalis ini menghadap langsung ke arah Pantai Labuan Bajo. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Eco Tree O'tel

Menginap di Eco Tree O'tel dapat membuatmu menikmati keindahan alam Labuan Bajo langsung dari balkon kamar. Memiliki letak yang strategis, hotel ini hanya berjarak sejauh 8 menit dengan berjalan kaki ke Pede Labuan Beach.

Sedangkan untuk destinasi wisata populer seperti Goa Batu Cermin dan Pantai Waecicu membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan berkendara. Terletak di Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Eco Tree O'tel juga menawarkan aktivitas outdoor berupa penelusuran air terjun populer seperti Air Terjun Cunca Wulang. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Sunset Hill Hotel

Salah satu hotel terbaik di Labuan Bajo yang dapat membuat liburanmu makin sempurna adalah Sunset Hill Hotel. Terletak di Bukit Binongko, hotel ini menawarkan keheningan dengan pemandangan laut elok terbentang yang dapat dinikmati dari balkon kamar.

Meski jauh dari keramaian kota, hotel yang terletak di Jalan Dusun Bandara ini juga sudah menyiapkan penyewaan sepeda motor atau taksi yang memudahkanmu untuk berjalan-jalan. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Laprima Hotel

Berlokasi di tepi Pantai Pede membuat Laprima Hotel memiliki kamar yang dilengkapi dengan pemandangan yang menghadap langsung ke pantai. Tak hanya itu, kawasan ini juga dikelilingi oleh perbukitan yang indah di Taman Nasional Komodo Indonesia.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan antara lain perawatan spa, balkon pribadi di setiap kamar, TV layar datar, hingga minibar. Laprima hotel berlokasi di area strategis yang hanya berjarak 15 menit dari Bandara Komodo dan 30 menit dari Pantai Pink dengan berkendara. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Sylvia Resort Komodo

Berlokasi di pantai Waecicu, Sylvia Resort Komodo dapat menjadi salah satu alternatif hotel terbaik di Labuan Bajo yang dapat kamu pilih. Resort dengan harga terjangkau ini juga dilengkapi dengan kolam renang untuk anak, area bermain anak, spa, restoran, bar, hingga cafe. Hotel ini berjarak 6 km dari Gua Batu Cermin dan 7 km dari Bandara Komodo. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Gardena Hotel

Tak hanya pemandangan ciamik di kawasan Indonesia Timur, Gardena Hotel juga menawarkan nuansa syahdu dan teduh yang cocok untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran kembali. Hotel ini memiliki 39 kamar berupa bungalow terpisah yang dibangun di atas bukit menghadap ke pelabuhan.

Hotel yang terletak di Jalan Yos Sudarso ini hanya berjarak 50 meter dari pelabuhan. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Bintang Flores Hotel

Selain Laprima Hotel, hotel terbaik di Labuan bajo yang juga berlokasi di Pantai Pede adalah Bintang Flores Hotel. Hotel bintang 4 yang menyuguhkan pemandangan taman tropis ini juga difasilitasi dengan kolam renang tepi pantai dan pusat menyelam.

Hotel ini berjarak 2 km dari Pelabuhan Flores ini berjarak 10 menit dari Bandara Komodo dan terminal feri Labuan Bajo serta 15 menit dari Goa Batu Cermin yang semuanya ditempuh dengan berkendara. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Meruorah Komodo Labuan Bajo

Rekomendasi hotel terbaik di Labuan Bajo berikutnya adalah hotel mewah bintang 5 yang bernama Meruorah Komodo Labuan Bajo. Terletak 1,3 km dari Pantai Wae Rana, hotel ini menyediakan 145 kamar yang menyajikan keindahan pesona laut Flores.

Pantai Pede berjarak 2,3 km dari hotel Meruorah, sedangkan Bandara Internasional Komodo berjarak 5 km. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Sudamala Resort Seraya

Sudamala Resort adalah salah satu hotel yang terletak di Pulau Seraya Kecil di mana dapat ditempuh dengan kapal nelayan atau speedboat dari Labuan Bajo. Resort ini sendiri terdiri dari beberapa bungalow yang menghadap ke pantai.

Beberapa akomodasi yang ditawarkan antara lain kolam renang outdoor, aktivitas snorkeling, dan diving. Menjadi tempat sempurna untuk berjemur, kamu juga dapat memanjakan diri dengan fasilitas pijat atau spa lainnya. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!

Ayana Komodo Resort

Berlokasi di Pantai Waecicu, Manggarai Barat, Ayana Komodo Resort merupakan hotel mewah dengan pemandangan pantai romantis dan fasilitas berstandar hotel bintang 5. Beberapa fasilitas tersebut antara lain spa, sauna, dermaga kayu, pool bar dan beach bar, hingga restoran.

Ayana Komodo Resort berjarak 1,3 km dari Pantai Pulau Kukusan dan 2,6 km dari Pantai Wae Rana. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik link di bawah ya!

Kunjungi website kami!
Hubungi kami untuk info lebih lanjut dan kerjasama!
From our editorial team

Mantapkan Hati dengan Cek Review Traveler

Salah satu tips penting sebelum memutuskan memilih hotel mana yang cocok untuk kamu menginap selama berlibur di Labuan Bajo adalah dengan mengecek review traveler yang sudah menginap di sana. Hal ini perlu karena bisa saja foto-foto yang terpajang di website hotel atau situs booking lain tidak sesuai kenyataan atau sudah mendapat ‘filter’ tertentu. Review traveler dapat kamu cek di google review atau situs-situs booking terkait. Pengalaman jujur dari para traveler yang sudah berpengalaman di hotel tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum kamu memutuskan.

Tag