7 Tips Mudik Nyaman Bersama Keluarga dan 5 Rekomendasi Buah Tangan untuk Keluarga di Kampung Halaman! (2023)

7 Tips Mudik Nyaman Bersama Keluarga dan 5 Rekomendasi Buah Tangan untuk Keluarga di Kampung Halaman! (2023)

Mudik sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Meski sudah terbiasa mudik tiap tahun, namun tahun ini terasa berbeda karena tidak seperti dua tahun sebelumnya yang mana kita tidak bisa mudik atau jadi sulit mudik karena pandemi. Sekarang ini, saatnya kita mengawali mudik kembali. Agar aman saat mudik, yuk intip tips mudik nyaman bersama keluarga! Cek juga buah tangan apa yang cocok dibawa mudik!

Mudik Lebaran jadi Momen Seru Bersama Keluarga

Mudik adalah kata yang tidak asing di telinga kita. Istilah mudik begitu erat dengan momen Ramadan dan Lebaran. Mudik artinya kita pulang ke kampung halaman. Mereka yang mudik memang kebanyakan adalah orang perantauan.

Saat hari terakhir Ramadan hingga saat Lebaran, mudik seakan sudah menjadi tradisi. Selama mudik, para pemudik harus rela berdesakan jika naik kendaraan umum. Selain itu, bagi yang naik kendaraan pribadi, mereka juga harus rela macet berjam-jam.

Meski banyak kendalanya, namun masih banyak juga yang mudik ke kampung halaman. Di kampung halaman, pemudik bisa bermaaf-maafan dengan orangtua, saudara, dan tetangga.

Momen ini juga dimanfaatkan untuk merekatkan tali silaturahmi antar saudara yang setiap harinya jarang bertemu. Pastinya mudik Lebaran bisa menjadi momen seru bersama keluarga. Jika Anda termasuk salah satu yang akan mudik tahun ini, Anda mesti mempersiapkan diri dari sekarang.

Apalagi jika Anda mudik bersama keluarga. Nah, simak yuk tips mudik di bawah ini!

Tips Mudik Nyaman Bersama Keluarga

Pastikan Fisik Anda Sekeluarga Sehat

Hal pertama dan paling utama yang perlu diperhatikan saat Anda akan mudik bersama keluarga adalah memastikan bahwa kondisi fisik Anda sekeluarga benar-benar sehat dan fit. Mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Baik itu memakai kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, mudik membutuhkan kondisi tubuh yang fit supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kondisi Anda sebagai orang tua haruslah benar-benar bagus supaya sigap menangani jika ada sesuatu di jalan.

Selain itu, jika membawa anak, Anda tentu harus sigap menangani kebutuhan anak agar ia tidak rewel selama di perjalanan. Pastinya perjalanan panjang dan juga merawat anak kecil akan membutuhkan tenaga yang ekstra, maka dari itu kondisi Anda harus fit.

Selanjutnya, pastikan kondisi anak-anak juga sehat dan tidak dalam kondisi sakit. Jangan memaksakan mudik jika buah hati sedang tidak fit. Mereka bisa saja rewel atau malah tambah sakit jika dipaksa melakukan perjalanan jauh.

Bawa Persediaan Obat-obatan

Mudik dengan apapun, jangan lupa persiapkan persediaan obat-obatan. Bawalah obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Ini untuk mengantisipasi jika tiba-tiba anggota keluarga ada yang sakit selama di perjalanan atau selama berada di kampung halaman.

Jika Anda atau anggota keluarga ada yang memiliki alergi, ada baiknya membawa obat alergi tersebut demi berjaga-jaga jikalau kesulitan menemukan obat alergi yang biasa digunakan selama mudik.

Pilih Transportasi yang Nyaman dan Aman

Jika Anda termasuk yang lebih suka mudik dengan kendaraan umum, maka pastikan memilih transportasi yang aman dan nyaman. Ada baiknya memilih transportasi umum dengan sistem tiket.

Dengan cara ini, Anda tidak akan beresiko berdesak-desakan dan bisa mengurangi risiko berebut tempat duduk dengan calon penumpang lain. Umumnya, pemerintah dan berbagai instansi biasanya menyediakan program mudik gratis. Ini juga bisa Anda manfaatkan, ya.

Semisal mudiknya dekat, tidak sampai satu jam perjalanan, Anda boleh saja mudik dengan motor asalkan tidak kelebihan kapasitas penumpang yakni 2 orang. Namun, jika lebih dari satu jam perjalanan, ada baiknya membawa mobil atau naik kendaraan umum saja.

Berburu Tiket Jauh-jauh Hari

Jika naik kendaraan umum, ada baiknya Anda dan keluarga berburu tiket mudik dari jauh-jauh hari. Carilah informasi harga tiket pulang pergi ke kampung halaman. Lakukan perbandingan antara transportasi satu dengan lainnya.

Dengan begini, Anda tidak akan kehabisan tiket. Dan lagi, Anda juga bisa memutuskan transportasi apa yang akan digunakan karena bisa memilih sesuai bujet yang Anda sediakan. Anda bisa naik pesawat jika ingin lebih praktis dan singkat.

Namun jika ingin lebih santai, Anda bisa memilih bis atau kereta. Untuk tiketnya, Anda bisa memesan secara online agar lebih praktis. Biaya pemesanan online juga memiliki banyak promo sehingga Anda bisa lebih hemat membeli tiketnya.

Berangkat Lebih Awal

Jika Anda membawa kendaraan sendiri, ada baiknya Anda berangkat lebih awal. Anda bisa memilih mudik di H-3 hingga H-1 Idul Fitri. Ini untuk menghindari kemacetan yang terjadi.

Bisa juga memilih H-5 atau H-7 Idul Fitri untuk mudik guna meminimalisir resiko macet di jalan. Untuk keberangkatannya, usahakan berangkat lebih pagi supaya tidak terjebak macet juga di jalan.

Jika Membawa Anak, Bawakan Mainan atau Barang Favoritnya

Penting bagi Anda untuk mempersiapkan kebutuhan anak selama di jalan. Bawakan barang favorit anak, entah itu bonekanya, mainannya, makanan favoritnya, atau mungkin buku favoritnya. Jika naik kendaraan umum, hindari membawa barang yang terlalu besar, ya.

Ini supaya tidak mengganggu penumpang lainnya dan supaya Anda juga tidak kerepotan membawanya. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda juga bisa membawa berbagai mainan atau barang favorit anak yang bisa menghiburnya selama di perjalanan.

Dengan begini anak jadi lebih tenang dan tidak tantrum selama macet saat mudik.

Persiapkan Bujet

Hal penting lain untuk dipersiapkan adalah mempersiapkan bujet. Hitung bujet yang Anda miliki supaya Anda bisa mudik dengan tenang dan aman. Jika naik kendaraan umum, perhitungkan total biaya pulang perginya dan juga biaya jajan atau makan di jalan.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, perhitungkan biaya bahan bakar, biaya makan di jalan, dan juga biaya perbaikan kendaraan jika ada kendala di jalan. Dengan persiapan bajet yang tepat, Anda jadi nyaman dan aman saat mudik tanpa was-was.

Ini Dia Rekomendasi Oleh-oleh yang Bisa Dibawa Saat Mudik

Parcel Kue Lebaran/Idul Fitri Hampers | Apple Donut Bakery - Assorted

Pulang ke kampung halaman tentu wajib membawa oleh-oleh. Parcel Kue Lebaran/Idul Fitri Hampers | Apple Donut Bakery – Assorted bisa jadi pilihan Anda. Parcel ini bisa dinikmati bersama keluarga di kampung halaman.

Satu set terdiri dari 4 kue yakni Putri Salju, Kastangel, Soes kering, dan Blueberry chocochip. Produknya halal dan rasanya nikmat. Lengkap dengan kartu ucapan juga. Dikemas rapi jadi menarik untuk diberikan sebagai buah tangan.

Harga Rp. 297.000-594.000

Hampers Idul Fitri Baby Sobek Vegan | Ramadhan Parcel Sehat by NUDE

Hampers Idul Fitri Baby Sobek Vegan | Ramadhan Parcel Sehat by NUDE adalah pilihan lainnya. Roti yang satu ini cocok untuk vegetarian juga. Menyehatkan dan aman untuk dikonsumsi seluruh keluarga. Tekstur rotinya lembut dan empuk.

Isiannya juga melimpah dengan rasa enak yang tidak bikin eneg. Bisa pilih isi 2 pcs atau 4 pcs per box.

Harga Rp. 99.000-282.000

Mindful Ramadan Hamper by Green Rebel | Gift Hamper

Mindful Ramadan Hamper by Green Rebel | Gift Hamper adalah pilihan kami lainnya. Produk yang satu ini pastinya berguna untuk dikonsumsi bersama keluarga di kampung halaman. Paket lauk matang ini bisa dimakan langsung, dipanaskan dulu, atau diolah dengan bahan lainnya juga.

Dalam sapu paket ada 1 pcs Green Rebel Rendang, 1 pcs Green Rebel Opor Ayam, 1 pcs Green Rebel Dendeng Balado, 3 pcs Burgreens WhyMee , dan 2 pcs Bubuy Buyang Cangjoreng. Pembelian lengkap dengan greeting card dan tas yang bisa dipakai kembali.

Produk bisa disimpan selama 14 bulan di suhu ruang dalam keadaan kemasan belum terbuka dan bisa bertahan 3 hari di chiller jika kemasan sudah terbuka.

Harga Rp. 365.000-385.000

Parcel Hampers Sembako Ramadhan Hemat

Parcel Hampers Sembako Ramadhan Hemat juga bisa jadi buah tangan saat Anda pulang kampung. Parcel sembako ini berkualitas premium. Dikemas dalam kardus motif dilengkapi dengan bubble wrap dan kartu ucapan. Dalam paket berisi beras, terigu, margarin, kecap, saus sambal, sarden, teh, mi instan, gula, dan santan.

Harga Rp. 106.000-210.000

Tupperware Original Parcel Set Lengkap Lauk Pauk Sayur Buah Makanan

Tupperware Original Parcel Set Lengkap Lauk Pauk Sayur Buah Makanan bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Ini cocok dibawa pulang kampung sebagai hadiah untuk orang di kampung halaman. Set kotak wadah ini serbaguna, bisa digunakan untuk lauk, sayur, buah, dan lain sebagainya.

Berisi Canister 650 ml sebanyak 4 pcs dan bowl 1 liter sebanyak 2 pcs. Hadir dengan seal yang bisa menahan udara serta air masuk dan keluar dari wadah. Makanan di dalamnya jadi lebih awet, tidak mudah tumpah, dan terjaga kualitasnya.

Harga Rp. 342.000-497.999
From our editorial team

Berikan Pengertian pada Anak

Tak jarang, anak jadi tantrum atau bosan selama di perjalanan. Orangtua kadang jadi kewalahan saat harus mudik dengan anak yang sedang rewel. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memberikan pengertian pada buah hati sebelum berangkat. Jelaskan bahwa nantinya mereka akan melakukan perjalanan jauh untuk ke kampung ibu atau ayah. Berikan juga penjelasan dan gambaran mengenai transportasi yang akan dipilih, suasana sepanjang jalan, lingkungan yang akan dituju, dan lain sebagainya. Dengan anak membayangkan semua itu, ia jadi tidak rewel dan bisa jadi malah semangat untuk membantu mempersiapkan mudik.