9 Ide Oleh-oleh Lebaran untuk Orang Tua di Kampung Halaman (2019)

9 Ide Oleh-oleh Lebaran untuk Orang Tua di Kampung Halaman (2019)

Sumber gambar www.semarto.com

Lebaran sebentar lagi, maka sudah waktunya untuk bersiap mudik. Saat mudik, tentu jangan lupa membawa oleh-oleh untuk orang tua Anda di kampung halaman. Dalam artikel berikut ini, BP-Guide memberikan ide dan referensi oleh-oleh yang pas Anda bawa ke kampung halaman.

Lebaran Saatnya Kembali ke Kota Kelahiran dan Bertemu dengan Orang Tua

Salah satu keunikan di saat Lebaran yang mungkin saja tidak dimiliki negara lain adalah tradisi mudik alias pulang ke kota kelahiran alias kampung halaman. Tradisi satu ini selalu menghadirkan cerita unik dan kegiatan-kegiatan yang seru.

Mulai dari mudik bareng yang menggunakan berbagai macam transportasi hingga kebiasaan berburu tiket serta oleh-oleh, bisa kamu temukan menjelang Hari Raya Idul Fitri

. Bagi kamu yang sedang menimba ilmu atau bekerja di wilayah yang jauh dari orang tua, Lebaran bisa jadi momentum yang tepat untuk menengok dan bersilaturrahim.

Kamu bisa menyiapkan segala keperluan mulai dari merencanakan transportasi untuk pulang, biaya yang dibutuhkan bahkan jika memungkinkan mengajak teman yang kebetulan berada di kota kelahiran sama untuk mudik bareng. Selain itu, tidak ada salahnya kamu menyiapkan bingkisan untuk dibawa ke kampung halaman.

Biar Kepulanganmu Semakin Lengkap, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh untuk Orang Tua

Banyak orang tua yang sangat senang saat anaknya pulang di kala Lebaran. Momen ini bisa jadi pelepas rindu dan biasanya, orang tua tidak meminta buah tangan karena khawatir merepotkan. Meski demikian, tidak ada salahnya jika kamu membawa oleh-oleh supaya kepulangan kamu lebih seru dan berkesan.

Tips Membeli Oleh-oleh untuk Orang Tua

Jangan Mendadak

Sumber gambar www.edutopia.org

Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk memilih oleh-oleh supaya kamu tidak terburu-buru. Membeli oleh-oleh di waktu yang lapang bisa memungkinkan kamu membandingkan harga antara toko satu dengan yang lain. Selain itu juga memberi keleluasaan untuk memilih buah tangan yang paling pas untuk keluarga di kampung halaman.

Bawakan Sesuatu yang Khas dari Kotamu

Sumber gambar www.idntimes.com

Tinggal di kota yang jauh berbeda dengan kota kelahiran? Ini saatnya kamu memberikan pengalaman seru dan baru untuk orang tua lewat bingkisan yang kamu bawa.

Umumnya, oleh-oleh yang dibawa adalah makanan khas. Untuk makanan, kamu perlu hati-hati memilih dan menyesuaikannya dengan waktu serta jarak perjalanan yang ditempuh. Jika memutuskan untuk membeli makanan, upayakan untuk membawa kudapan yang tahan lama.

Selain makanan atau minuman, kamu juga bisa membawakan oleh-oleh yang berdaya guna dengan nilai seni sepeerti songket atau kain batik. Pilihlah model yang bisa dikenakan keluarga atau bisa dijahit supaya hadiah kamu tidak jadi pajangan semata.

Bukan Cuma untuk Ibu dan Ayah Saja

Sumber gambar www.ikhtisarislami.com

Saat lebaran adalah waktunya untuk saling berkunjung. Tidak lepas kemungkinan jika rumah orang tua kamu bakal disambangi oleh keluarga lain atau tetangga yang ada di sekitar. Mengetahui kamu pulang, mungkin saja antusiasme mereka juga bertambah.

Untuk itu, sebaiknya kamu siapkan buah tangan tambahan yang berbeda dari apa yang kamu berikan pada orang tua. Pilihlah oleh-oleh yang bisa dinikmati semua orang seperti makanan ringan khas dari kota kamu berdomisili.

Sesuaikan dengan Bujet

Sumber gambar www.google.com

Hal terakhir ini sebaiknya direncanakan dengan matang. Kamu bisa melakukan riset untuk menyesuaikan dana dengan jenis oleh-oleh yang akan diberikan. Lakukan perbandingan harga dan juga cari tahu toko oleh-oleh yang menjual produk dengan harga terjangkau.

Jika diperlukan, buatlah daftar dan pisahkan uang yang kamu khususkan untuk membeli oleh-oleh. Tetapkan dana dan upayakan untuk patuh pada daftar supaya tidak over budget.

9 Pilihan Oleh-oleh Lebaran untuk Orang Tua

Parcel Lebaran

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pilihan oleh-oleh ini cocok kamu bawa pulang sebagai hadiah karena bisa dinikmati bersama di Hari Raya Idul Fitri. Pilihlah parsel yang sudah dikemas cantik agar tampilannya menarik dan mudah dibawa seperti paket kue kering atau cokelat.

Kamu bisa memilih PAKET LEBARAN - COKLAT ASSORTED TOBELO. Paket ini terdiri dari 4 stoples yaitu Cocoball (cokelat berisi biskuit), POP KRESS RASA STRAWBERRY (cokelat rasa stroberi), POP KRESS RASA GREEN TEA (coklat rasa green tea), COKLAT DELICIOUS KETUPAT (cokelat berbentuk ketupat). Pesan di Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

Peralatan Rumah Tangga

Sumber gambar www.tokopedia.com

Menjelang lebaran, dapur di rumah biasanya jadi lebih sibuk dari sebelumnya. Ini juga jadi salah satu kebiasaan yang umum dijumpai menjelang hari raya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu membawa pulang set peralatan rumah tangga yang bisa digunakan oleh orang tua di dapur.

Kamu bisa memilih Oxone Panci Set Stainless Steel + Wajan - Classic Cookware Set OX-966 yang memuat satu set panci dan terdiri dari empat panci dalam ukuran berbeda sesuai kebutuhan, satu sodet kayu, ketel, wajan, dan saringan. Cocok dijadikan buah tangan dengan tampilannya yang elegan, acara masak di rumah bisa jadi lebih seru. Pesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 788.000.

Baju Lebaran

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau orang tua tidak begitu suka dengan oleh-oleh makanan, tak perlu cemas. Kamu bisa menyiasati oleh-oleh dan menggantinya dengan baju. Busana baru ini bisa dikenakan oleh ayah kamu di waktu lebaran. Baju koko saat ini sudah hadir dalam berbagai corak dan warna sehingga bisa disesuaikan dengan selera orang tua.

Pilihlah baju koko dengan bahan yang nyaman dan warna-warna kalem seperti coklat, krem atau abu-abu. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah New Baju Koko Lengan Pendek High Quality Kemeja Muslim Ramadhan ini. Ukuran yang tersedia adalah M, L, dan XL. Dapat dipesan melalui Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

Makanan Kesukaan dari Kotamu

Sumber gambar www.bakpiapathok25.com

Menuntut ilmu atau bekerja di Yogyakarta dan akan mudik di tahun ini? Jangan lupa untuk membawa makanan khas Kota Gudeg untuk dinikmati bersama keluarga di kampung halaman. Salah satu yang terkenal adalah bakpia dan kudapan satu ini cenderung cocok dengan selera orang karena rasanya yang tidak terlalu manis.

Kamu mulai bisa berburu bakpia sebagai buah tangan dan datang ke Jl. AIP II KS Tubun NG I/504 yang merupakan alamat pusat Bakpia Patuk 25. Jika terlalu jauh, kamu bisa bertandang ke Pasar Pathok Kios Pasar Pathok 14-18 atau mampir di salah satu tokonya yang ada di dekat bandar udara di Jl. Laksda Adisucipto Km. 9. Dapatkan bakpia lezat khas Yogyakarta dengan harga sekitar Rp 70.000 hingga Rp 80.000 per kotak.

Peralatan Ibadah

Sumber gambar www.blibli.com

Setelah memilih baju koko untuk ayah, kini saatnya kamu membeli peralatan ibadah untuk ibu. Supaya semakin semangat untuk melakukan sholat, kamu bisa memberi bingkisan Jual Mukena Traveling Polos Katun Rayon Premium Mukena Dewasa.

Bahan katun rayon terasa dingin di kulit dan mudah menyerap keringat dapat membantu ibu agar lebih khusyuk beribadah. Mukena ini juga dilengkapi dengan tas sebagai wadah penyimpanannya. Hadiah ini juga bisa membuat beliau teringat pada kamu di saat jauh. Kamu bisa membeli mukena ini di Blibli dengan harga Rp 118.500.

Parfum

Sumber gambar www.blanja.com

Tidak ada salahnya memberi wewangian alias parfum sebagai oleh-oleh. Minyak wangi bisa membangkitkan mood dan tentunya, menunjang kemesraan di antara orang tua kamu.

Untuk aroma, sebaiknya kamu pilih wangi yang lembut dan tidak terlalu menyengat. Salah satu yang bisa dijadikan opsi adalah Parfum Ck Eternity Now For Men Original 100ml Parfum Calvin Klein ini. Parfum ini memiliki aroma yang lembut yang merupakan perpaduan dari jahe, tonka bean, nilam, dan vanilla. Parfum ini dibanderol seharga Rp 120.000 di Blanja.

Rencana Liburan Bersama Orang Tua

Jarak yang jauh membuat kamu dan orang tua jarang bepergian bersama? Jadikan momen lebaran sebagai saat yang tepat untuk mengajak keduanya berwisata. Kamu bisa membawa orang tua untuk santai dan berlibur sejenak, menikmati hari-hari tanpa rutinitas padat bersama anak.

Pilihlah tempat sejuk yang medannya tidak sulit dilalui. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah atau kamu bisa memesankan hotel sebagai tempat menginap. Ajak orang tua untuk berwisata kuliner dan menikmati petualangan baru supaya mereka bisa merasa lebih dekat dengan kamu.

Calon Menantu

Sudah punya tambatan hati dan siap menikah? Mungkin lebaran ini bisa jadi saat yang tepat untuk mengenalkan calon istri atau suami kamu pada orang tua. Meminta restu adalah hal yang penting saat mempersiapkan pernikahan. Kamu bisa menjadikan momen lebaran untuk melihat apakah orang tua kamu merasa cocok atau tidak dengan calon menantu mereka.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa membawa orang tua ke rumah calon istri agar para orang tua juga bisa saling berkenalan. Hal ini juga lebih baik karena masing-masing orang tua bisa melihat bagaimana calon menantu mereka.

Belum Mampu Memberi Oleh-oleh? Asal Kamu Pulang Mereka Sudah Senang Kok

Melepas anak untuk menuntut ilmu atau bekerja di luar kota atau bahkan laur negeri adalah langkah yang sulit bagi kebanyakan orang tua. Terlebih jika ikatan antara orang tua dan anak sangat erat, biasanya rasa rindu itu lebih besar daripada keinginan mendapat oleh-oleh.

Maka, jangan sedih jika kebetulan kamu belum mampu memberi bingkisan di hari raya karena dengan kepulangan kamu dalam keadaan sehat dan baik, orang tua juga sudah merasa gembira.

From our editorial team

Buat Orang Tuamu Bahagia di Hari Raya

Kamu pulang ke rumah saja, sudah mengobati kerinduan dari orang tuamu yang mungkin sudah lama tidak bertemu. Sekarang, bagaimana bila membawa pulang hadiah yang berkesan? Tentu akan menjadi berlipat-lipat kebahagiaan dari orang tua kamu. Jadi, buat orang tuamu bahagia di hari raya yah, sambil meminta maaf setulus hati.