Mari Bersenang-senang di 9 Rekomendasi Amusement Park Terbaik di Dunia

Mari Bersenang-senang di 9 Rekomendasi Amusement Park Terbaik di Dunia

Salah satu tempat yang bisa dijadikan tujuan liburan adalah amusement park atau theme park. Ada berbagai theme park yang bisa didatangi. Hampir di setiap negara memiliki theme parknya masing-masing. Beberapa memang terkenal bahkan dicap sebagai yang terbaik di dunia, beberapa hanya dikenal di kalangan mereka saja.

Theme Park di Indonesia

Di Indonesia ada theme park yang bisa didatangi dengan berbagai tema berbeda, seperti Dunia Fantasi, Trans Studio Bandung, Jungleland, Trans Studio Makassar dan Saloka Theme Park. Bahkan yang terbaru adalah Trans Snow World yang akan dibuka di Bekasi. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan kelebihan masing-masing.

Sejarah Theme Park

Theme Park menurut Michael Sorkin dalam pengantar di buku “A Variation on Theme Park: The New American City and the End of Public Space”, memberikan definisi tentang Theme Park sebagai “dunia‟ atau tempat yang memiliki ciri antara lain tidak terikat pada geografi tertentu, lingkungan yang terkontrol dan teramati, memberikan stimulasi tanpa henti (Sorkin: 1992).

Theme park muncul di gua prasejarah Eropa. Di dalam gua tersebut terdapat bentuk arsitektural yang bersamaan muncul fungsi dan simbolis. Ini mengilustrasikan taman dengan momen tertentu. Theme park juga bisa diartikan sebagai tempat dengan penuh atraksi untuk rekreasi yang berdasarkan fantasi dan imajinasi.

Daftar Theme Park Terbaik di Dunia

Universal Studio, Hollywood

Sumber gambar https://www.travelandleisure.com

Theme park satu ini adalah taman bermain yang memiliki standar internasional. Universal Studio yang berlokasi di Orlando memiliki berbagai wahana permainan dengan tema dan karakter yang terinspirasi dari film-film dengan kesuksesan tinggi seperti E.T, The Simpsons, hingga Harry Potter. Dinamakan Wizarding World of Harry Potter, di sini ada replika perkotaan ala Harry Potter. Tak hanya itu, ada wahana seru yang layak dicoba seperti Harry Potter and The Forbidden Journey Ride, Flight if the Hippogriff. Sebutkan film-film box office dari Universal, maka kamu bisa menemukannya di sini. Fast Furios, Kungfu Panda, The Walking Dead, Transformers, Despicable Me, dan banyak lagi tema-tema yang akan membuatmu bersemangat mengeksplorasi tempat ini.

Tokyo Disneyland, Jepang

Sumber gambar http://www.aroundosceola.com

Kalau membicarakan Tokyo Disneyland, bisa dikatakan adalah theme park paling populer di Asia. Kalau ke Jepang rasanya belum pas bila tak berkunjung ke sini. Di sini kamu bisa menikmati wahana permainan seperti Splash Mountain, Peter Pan’s Flight, sampai Pirates od Caribbean. Hanya itu saja? Tentu tidak. Tokyo Disneyland memiliki Disney Sea dimana tempat ini memiliki enam atraksi tema pelabuhan. Mulai dari Lost River Delta, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, American Waterfront, Port Discovery, dan Mysterious Island.

Lotte World Seoul, Korea Selatan

Sumber gambar https://namthanhtravel.com

Korea Selatan tak hanya terkenal dengan K-Drama atau K-Pop saja. Negara asal dari boyband Super Junior ini ternyata memiliki theme park yang sangat sayang bila tak dikunjungi, yaitu Lotte World. Terletak di Seoul, theme park ini adalah taman bermain dengan konsep indoor terbesar di dunia. Bahkan Lotte World memiliki tambahan outdoor theme park yan bernama Magic Island.

Ocean Park Hong Kong

Sumber gambar https://traveltriangle.com

Jika kamu ingin menikmati theme park dengan paket komplit bisa mengunjungi Ocean Park yang berlokasi di Hong Kong. Tak hanya wahana bermain, Ocena Park Hong Kong memiliki marine park serta kebun binatang dengan luas 225 hektare. Setidaknya ada 80 total wahanan permainan dan water rides di The Waterfront dan The Summit! Untuk pindah pun harus menggunakan cable car. Jika tak sempat mengeksplor semua permainannya, kamu setidaknya wajib mencoba wahana favorit di sini, yaitu Hair Raiser. Hair Raiser adalah roller coaster dengan track curam yang menggantung di pinggir pegunungan. Berani coba?

Hershey’s Park, Pensylvania, Amerika Serikat

Sumber gambar http://fortune.com

Kalau mendengar kata Hershey, memang pikiran kita akan langsung membayangkan cokelat batang lezat. Tapi nama Hershey ini juga dibuat untuk theme park atau taman bermain bernama Hershey’s Park. Lokasinya berada di Pennsylvania, Amerika Serikat. Taman bermain Hershey’s Park menawarkan wahana roller coaster terbaik di dunia. Mulai dari roller coaster klasik sampai terbaru. Kamu bisa memulainya dengan Skyrush, yaitu roller coaster tertinggi dan tercepat yang mampu “menjatuhkan” kamu secara vertikal dari ketinggian 200 kaki dengan empat kali putaran terbalik ditambah dengan lima zero_G irtime hills. Waw!

Universal Studio Singapura

Sumber gambar http://www.singapore-guide.com

Universal Studio Singapura adalah satu-satunya dan Universal Studio pertama di Asia Tenggara. Taman bermain ini memiliki 24 wahana, pertunjukan dan atraksi yang tersebar dalam tujuh zona. Lokasinya berada di Resort World, Genting Resort, Singapura. Jika kamu ingin merasakan pengalaman terbaru di sini bisa menikmati Universal After Hours. Momen ini dibuat oleh taman bermain ini dengan menikmati aktivitas malam menggunakan parade lampu yang bernama Hollywod Dreams Light-Up Parade, band lokal, serta makanan-makanan yang menggugah selera. Tak hanya itu, kembang api juga akan menghiasi langit malam di Universal Studio Singapore.

Legoland Malaysia

Sumber gambar https://www.mylittleadventure.com

Pencinta lego sepertinya wajib mengunjungi taman bermain satu ini. Legoland Malaysia berlokasi di Malaysia Resort. Legoland Malaysia memiliki lebih dari 70 wahana, seluncuran, pertunjukan serta atraksi untuk semua umur. Kamu bisa menikmati mulai dari LEGO® Technic, LEGO Kingdoms, Imagination, Land of Adventure, LEGO City dan MINILAND. Dilanjutkan dengan LEGOLAND Water Park untuk aksi berbasah-basah. Ingin menginap? Bisa memanfaatkan LEGOLAND Hotel. Tak hanya itu, pada 2019, akan muncul wahana baru di LEGOLAND yang bernama SEALIFE. Kamu bisa mengajak seluruh keluarga untuk menikmati pemandangan bawah laut di LEGOLAND Malaysia.

Europa Park, Jerman

Sumber gambar https://switzerland-tour.com

Taman bermain yang menggabungkan budaya dari berbagai negara yang ada di Eropa ini bisa dikunjungi jika kamu berada di Jerman. Tak hanya berlibur, mengunjungi Europa Park juga bisa melihat petualangan olah raga sampai sirkus. Nah jika si kecil ingin sekali melihat pertunjukan sirkus, Europa Park bisa menjadi salah satu tujuan wisata. Mereka pun menyajikan wahana yang mampu meningkatkan adrenalin kamu.

Leolandia Capriate, San Gervasio, Italia

Sumber gambar http://www.eventiesagre.it

Kalau kamu sedang merencanakan liburan keliling Eropa dan Italia menjadi salah satu tujuan kota, masukan Leolandia Capriate yang berlokasi di San Gervasio, Italia. Taman bermain satu ini termasuk ramah anak karena permainan yang ditawarkan tak memicu adrenalin dan masih “aman”.

From our editorial team

Sesuaikan Wahana Permainan dengan Usia Anak

Itulah beberapa theme park terbaik di dunia. Berkunjung ke salah satu theme park saja sudah menghabiskan waktu seharian bahkan kurang. Kamu bisa memuaskan keinginan berlibur bersama keluarga di sini. Bila membawa anak, pastikan wahana permainan yang dipilih juga disesuaikan dengan usia anak. Selamat berlibur.

Tag