10 Rekomendasi Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Memaksimalkan Aktivitas Sekolah Anak (2022)

10 Rekomendasi Merk Tas Sekolah Terbaik untuk Memaksimalkan Aktivitas Sekolah Anak (2022)

Tas tidak hanya memberikan kemudahan pada anak ketika membawa berbagai macam barang kebutuhan sekolah saja. Namun juga bisa mendorong semangat anak agar bisa sekolah dengan penuh semangat!

Buat Anak, Tas Sekolah Tidak Cukup Hanya 'Bagus' Saja

Tas merupakan salah satu perlengkapan sekolah yang sangat penting. Perlu diketahui bahwa tas sekolah yang bagus saja tidak cukup. Hal ini disebabkan karena tas sekolah tersebut memiliki motif yang menurut anak keren, lucu dan bagus. Anda perlu mempertimbangkan kenyamanan tas sekolah agar tidak mengganggu tumbuh kembang anak.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan keamanan terhadap barang yang Anda simpan di dalam tas sekolah. Oleh karena itu, BP-Guide akan memberikan tips memilih tas sekolah serta rekomendasi merek tas sekolah terbaik untuk Anda.

Tips Memilih Tas Sekolah

Bahan dan Bantalan Tas yang Nyaman

Bahan tas merupakan hal utama yang harus Anda pertimbangkan ketika akan membeli tas sekolah. Sebaiknya Anda memilih tas sekolah dengan bahan yang ringan dan memiliki daya tahan yang kuat. Biasanya bahan dasar tas adalah nilon atau poliester yang memang memiliki sifat tersebut sehingga bisa Anda pertimbangkan.

Secara umum, biasanya tas sekolah diisi dengan peralatan sekolah seperti buku, alat tulis, laptop, baju olahraga hingga bekal. Maka sebaiknya Anda memilih tas dengan bantalan di bagian bahunya. Selain itu, pertimbangkan juga chest strap atau sabuk yang dapat digunakan di dada. Sehingga anak bisa mengangkat beban agar lebih seimbang sehingga tas terasa lebih ringan meskipun bawaannya berat.

Pilih Model Tas Sesuai Usia Anak

Tas sekolah memang cukup bervariasi modelnya, sehingga Anda harus menyesuaikan dengan usia Anak Anda. Bagi anak PAUD, TK hingga SD tas dengan motif lucu masih cocok dipakai. Namun akan berbeda lagi dengan anak usia SMP dan SMA.

Jika Anda mencari tas sekolah untuk anak usia PAUD, TK dan SD maka Anda bisa memilih tas backpack. Tas ini biasanya cukup mudah digunakan hanya dengan digendong. Keuntungan tas gendong ini juga mudah digunakan dan barang bawaan terasa tidak terlalu berat. Anda juga bisa memilih motif yang disukai anak Anda. Bagi anak perempuan bisa memilih motif princess, sedangkan untuk anak laki-laki bisa memilih motif robot.

Jika Anak Anda baru masuk sekolah dan merasa kesulitan membawa tas karena poster tubuhnya, maka ada tas sekolah dengan model lain. Pilihan lain untuk tas anak adalah tas dengan dorongan seperti koper. Hal ini memang cocok untuk anak agar tidak terbebani saat membawa perlengkapan sekolah, bekal makanan dan lainnya.

Jika Anda mencari tas sekolah untuk anak SMP, maka pilihlah tas ransel dengan besar medium. Meskipun saat ini sedang musim totebag untuk dikenakan ke sekolah, namun bagi anak SMP yang masih masa pertumbuhan sebaiknya memilih tas ransel saja.

Anda harus memastikan bahwa tas yang Anda kenakan tidak membebani bahu Anda. Dengan tas ransel, Anda akan membawa beban pada tas dengan seimbang karena bebannya dibagi menjadi dua. Motif untuk tas anak bisa disesuaikan dengan selera Anda misalnya motif stripe, polkadot atau tanpa motif dengan perpaduan warna saja.

Bagi Anda yang sedang mencari tas sekolah untuk anak SMA, maka carilah tas simple yang multifungsi. Biasanya anak SMA membawa perlengkapan sekolah cukup banyak seperti buku, alat tulis, baju olahraga dan botol minum. Oleh karena itu, yang paling ideal membawa barang berat ini adalah backpack.

Anda juga bisa mencari tas dengan model two way bag, sehingga Anda bisa mengenakan tas model bacpack untuk ke sekolah serta tas tote bag saat hangout dan pergi les yang biasanya tidak terlalu membawa barang yang banyak.

Sesuaikan Tas Sekolah Dengan Tinggi Badan Anak

Tas sekolah memiliki ukuran yang berbeda-beda. Anak akan kesulitan bergerak, jika ukuran tas terlalu besar saat disandang dan melebihi postur tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih tas sekolah sesuai dengan postur tubuh anak agat bisa bergerak dengan leluasa.

Pertimbangkan Tas Sekolah Tahan Air

Sebagai perlengkapan sekolah yang setiap hari di pakai ke sekolah, maka Anda harus memilih tas dengan perlindungan yang baik. Pertimbangkan untuk memilih tas sekolah yang bersifat waterproof. Biasanya tas dengan ahan nilon, poliester, parasut, atau PVC biasanya bersifat waterproof. Fitur waterproof ini mampu melindungi isi tas agar tetap bersih, terbebas dari kotoran debu dan pasir dan tahan air.

Jumlah Kantong Tas Perlu Anda Periksa

Jika Anda mencari tas sekolah untuk anak PAUD, TK hingga SD satu kantong besar dan satu kantong kecil dalam tas sudah cukup. Hal ini dikarenakan biasanya dalam jenjang ini, anak hanya membawa buku dan alat tulis saja.

Agar anak tidak dehidrasi maka Anda bisa mencari tas dengan saku tempat minum di bagian samping tas tersebut. Dengan saku samping bisa mempermudah anak mengambil minum tanpa perlu melepas tas.

Bagi anak SMP dan SMA maka sebaiknya memilih tas dengan beberapa kantong. Biasanya anak SMP dan SMA tidak membawa buku dan alat tulis saja, oleh karena itu Anda bisa memilih tas dengan kantong yang dibutuhkan anak. Seperti kantong untuk menyimpan laptop, tablet, dan perlengkapan wajib lainnya sesekali.

Pilihlah tas sekolah yang dilengkapi dengan kantong depan, kantong laptop, dan kompartemen utama yang luas untuk menaruh buku. Anda juga bisa mempertimbangkan saku samping untuk menaruh botol minum jika memilih tas backpack.

Ini Dia 10 Rekomendasi Merk Tas Sekolah Terbaik

Puma Style Backpack

Tas sekolah dari merek Puma ini termasuk dalam jenis backpack. Terbuat dari material poliester yang memiliki serat yang kuat dan kokoh. Hal ini membuat tas ini menjadi tidak cepat rusak. Selain itu, tas ini akan tetap terasa ringan sehingga nyaman saat Anda kenakan.

Backpack ini juga termasuk top handle, sehingga cara memakainya adalah dengan mengaitkannya pada bahu. Memiliki desain modern dengan kompartemen yang luas.

Terdapat 1 kantong depan dengan resleting, 2 kantong mesh samping, kompartemen utama dengan resleting dan 1 kantong slot dalam. Tas sekolah ini memiliki tali yang dapat disesuaikan dan cocok untuk dikenakan ke sekolah baik oleh laki-laki maupun perempuan.

Harga Rp. 474.050-899.000

Bruno Cavalli Dominator G02

Merek Bruno Cavalli dengan kode G02 ini cocok menjadi pilihan tas sekolah Anda. Agar awet, sebaiknya Anda memilih bahan tas yang punya daya tahan baik seperti tas ini yang menggunakan material nilon. Bahan ini juga memiliki bobot ringan, namun sanggup menahan beban yang berat.

Tas polos dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan abu ini memiliki desain inovatif serta elegan. Memiliki kompartemen utama dengan ruang yang luas, dengan dilengkapi dengan slot laptop fit 15,6" dan 2 slot multifungsi. Terdapat juga kompartemen kedua di bagian depan atas dan kompartemen multifungsi ketiga di bagian depan tas. Selain itu, terdapat juga 2 bottle pocket di samping kanan dan kiri ransel.

Tas sekolah ini juga waterproof sehingga dapat melindungi isi tas tetap aman saat terkena air. Tali ransel dilapisi busa halus dan empuk yang memberikan kenyamanan saat Anda pakai. Bagian panel pada punggung dilengkapi strap untuk mengaitkan ransel pada koper, sehingga memudahkan saat Anda membawanya bersamaan dengan koper.

Harga Rp. 305.000-825.000

Adidas Tas Ransel Hijau HE9804

Tas merek Adidas ini juga cocok untuk dikenakan ke sekolah. Memiliki desain klasik yang ikonik membuat tas ini terlihat sporty sekaligus trendy. Anda bisa mengenakan tas sekolah sebagai tas sehari-hari atau ketika Anda mengikuti ekstrakurikuler olahraga.

Tas sekolah ini memiliki volume 24 L dan dimensi 15,5 cm x 30 cm x 42 cm. Dengan saku resleting di bagian depan dan aku selip di bagian samping. Strap bahu dari tas sekolah ini juga dapat disesuaikan dengan tali pegangan di bagian atas.

Dibuat dengan serangkaian material hasil daur ulang dan sedikitnya 60% konten hasil daur ulang, sehingga tas ini mewakili salah satu solusi dari Adidas untuk membantu mengakhiri pencemaran limbah plastik. Anda juga tidak perlu khawatir ketika gerimis datang, karena lapisan tahan air pada tas ini akan melindungi barang yang ada di dalam tas Anda.

Harga Rp. 6.500.000-900.000

Palazzo 330010

Palazzo merupakan salah satu merk tas ransel yang berasal dari Indonesia. Palazzo 330010 ini terbuat dari bahan kanvas. Tas dengan bahan ini merupakan jenis tas reusable yang memiliki tingkat popularitas cukup tinggi dibanding dengan bahan lain. Selain itu, meski terbuat dari kanvas tas ini tidak kaku seperti kanvas lukis bahkan cenderung lebih halus.

Sebagai salah satu pilihan untuk tas sekolah, ransel dari Palazzo ini telah dilengkapi dengan rain cover. Berada di bagian bawah dan merupakan kantong tersembunyi. Rain cover ini berfungi untuk pelindung tas dari debu atau paparan langsung sinar matahari yang membuat warna tas tidak pudar dan agar bagian dalam tas tidak basah saat terkena air hujan.

Tas sekolah ini memiliki satu kompartemen dengan zipper untuk tempat penyimpanan. Secara khusus, tas sekolah ini juga dibekali dengan busa tebal untuk memberikan perlindungan ekstra saat menyimpan laptop. Tas polos dengan warna abu ini memang lebih cocok untuk dikenakan anak laki-laki, namun bagi anak perempuan tomboy tas sekolah ini juga bisa menjadi pilihan.

Harga Rp. 184.800-413.952

Faber-Castell Backpack Motif Watch

Tas Faber-Castell ini bisa menjadi pilihan untuk tas sekolah Anda. Terbuat dari bahan D300 yang merupakan salah satu varian kain dinir. Material yang memang sudah biasa digunakan untuk bahan tas ini mempunyai lapisan anti air yang fungsinya melindungi benda yang tersimpan di dalam tas ketika terkena air.

Tas sekolah ini menggunakan resleting YKK yang merupakan resleting asal Jepang. Sebagai resleting ternama, tentu saja memiliki kualitas yang bagus. Tas sekolah ini memiliki kompartemen kecil bagian depan dan dua kompartemen pada bagian dalam.

Terdapat tempat botol minum pada bagian samping dan busa pada bagian punggung agar lebih lembut menyentuh punggung saat Anda memakainya.

Harga Rp. 128.800-593.000

Neosack Casual Backpack RIVAL-NA11193

Tas dari Neosack ini merupakan tas casual dengan desain kekinian. Tampak simple dan stylish membuat tas Neosack Casual Backpack RIVAL-NA11193 ini cocok untuk digunakan untuk aktivitas indoor ataupun outdoor, termasuk untuk sekolah.

Tas sekolah ini memiliki dua pilihan warna yaitu merah dan biru. Dengan bahan polyester dan nylon, membuat tas ini menjadi tahan lama, cepat kering, ringan dan elastis serta mudah dicuci. Dilengkapi sekat untuk laptop dengan ukuran maksimal 14 inci.

Terdapat 2 sleeves tumbler atau saku untuk tempat menyimpan botol minum. Tas ini juga memiliki rain cover dengan tali ransel dan busa punggung empuk.

Harga Rp. 275.000-550.000

Catenzo Junior CYD 285

Tas dari Catenzo ini memiliki warna dengan perpaduan biru dan kuning. Pada bagian depan atas terdapat beberapa macam gambar buah-buahan dan makanan sehat dan tulisan "Eat Healthy Food". Perpaduan warna tas dengan gambar membuat desain tas ini tampak trendy.

Tas sekolah ini terbuat dari bahan kordura yang memiliki karakter kuat, karena kerapatan kain yang tinggi dan kuat. Menjadikan tas ini tidak mudah lecet atau tergores. Tas sekolah unisex ini cocok dikenakan anak sekolah dasar hingga SMA.

Selain itu, bisa menampung perlengkapan sekolah yang cukup banyak karena memiliki ukuran yang lumayan besar yakni 27 X 13 X 39 cm. Terdapat kantong depan yang cukup besar dan juga komponen utamanya yang bisa menampung hingga laptop sekalipun. Lengkap dengan dua kantong sebagai tempat untuk menyimpan botol minum.

Harga Rp. 105.400-298.000

Navy Club Tas Ransel Kasual EBJ

Navy Club tas ransel kasual ini terbuat dari bahan nylon halus. Material dengan bahan nilon memiliki sifat yang kuat dan ringan. Oleh karena itu, tas sekolah ini bisa tahan lama dan cepat kering ketika terkena keringat atau dicuci.

Pada kolom utama dilengkapi dengan sekat untuk file dan bisa untuk membawa laptop maksimal 14 inch serta kolom dengan resleting untuk menyimpan barang berharga. Tersedia kolom tambahan di bagian depan tas untuk menyimpan barang-barang yang sering diakses dan dua saku samping untuk tempat botol air minum atau barang kecil lainnya.

Tas sekolah ini dapat menampung perlengkapan sekolah cukup banyak dengan ukurannya yang tidak kecil yaitu 30x15x45 cm. Memiliki double kepala resleting yang memudahkan Anda dalam membuka dan menutup tas. Dilengkapi dengan tali ransel yang empuk untuk kenyamanan dalam pemakaian.

Harga Rp. 65.000-1.221.000

Tas Ransel Jansport Superbreak Classic Camo

Tas sekolah yang cocok untuk anak-anak dan remaja yang bisa dijadikan pilihan adalah Tas Ransel Jansport Superbreak Classic Camo. Tas ini dibuat sebagian dengan bahan daur ulang, dengan tampilan yang trendy sehingga disukai banyak orang.

Tas sekolah JanSport ini memiliki saku utilitas depan dengan organizer dan satu kompartemen utama. Memiliki 2/3 panel belakang empuk dengan pegangan angkut web. Agar anak Anda tetap terhidrasi, tas sekolah ini telah dilengkapi saku botol air di bagian samping.

Harga Rp. 275.000-1.052.000

Cannon 71791

Cannon merupakan salah satu merek tas yang bisa dijadikan pilihan untuk sekolah anak Anda. Ransel sekolah untuk anak ini memiliki dimensi 27 x 13 x 38 cm.

Ukuran ini cukup untuk menyimpan peralatan sekolah anak yang biasanya belum cukup banyak. Dengan 2 kompartemen yaitu satu kompartemen depan dan satu kompartemen utama serta 2 kantong botol samping agar anak tidak terhidrasi.

Tas sekolah ini terbuat dari bahan poliester yang merupakan salah satu bahan kain hasil diciptakan oleh manusia. Meski bahan dasarnya didapatkan dari alam, tetapi melalui proses kimiawi. Tas dengan bahan ini biasanya awet dan tahan lama, tidak gampang berkerut, cepat kering dan tahan air.

Harga Rp. 141.075-328.000

Demikian rekomendasi merek tas sekolah terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. Penting untuk selalu mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan terhadap tas sekolah yang akan digunakan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkannya agar tas sekolah yang Anda beli bisa tahan lama.

From our editorial team

Perhatikan Kesesuaian Fungsi dan Selera Anak!

Berbagai pertimbangan di atas sangat penting untuk memilih tas anak, namun jangan lupa bahwa selera anak dan fungsi tas tersebutlah yang akan membuat anak nyaman dan bersekolah dengan baik. Selamat memilih!

Tag