Tampil Feminin Hingga Sporty? Eksplorasi Gaya Kamu dengan 11+ Busana Bergaya Korea Pop Alias KPop Ini

Tampil Feminin Hingga Sporty? Eksplorasi Gaya Kamu dengan 11+ Busana Bergaya Korea Pop Alias KPop Ini

Sumber gambar storiestrending.com

Sebagai salah satu negara yang terkenal karena memiliki segudang entertainer berbakat, Korea Selatan juga mencuri perhatian karena memiliki gaya mode yang mencolok. Kini, banyak peminat drama atau lagu Korea yang juga mengadaptasi gaya busana mereka dan mengenal fashion style dengan sebutan KPop Style. Yuk, intip referensi busana dengan nuansa KPop berikut ini.

Korea Selatan Juga Dikenal Karena Memiliki Selera Fashion yang Tinggi Layaknya Jepang dan Perancis

Sumber gambar cuteoutfits.com

Sejak berabad-abad lalu, Perancis digadang-gadang sebagai negara dengan arus mode serta pusat tren busana dunia. Tidak heran karena sejak dahulu, orang-orang Perancis dikenal menyukai keindahan, baik pria mau pun wanita. Tak cuma busana, mereka pun tergila-gila dengan parfum dan penunjang fesyen yang bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Seiring waktu berjalan, tren mode pun berkembang ke seluruh dunia. Menjadikan setiap negara memiliki keunikan busana tersendiri. Dan bukan hanya di Eropa atau Amerika saja karena negara-negara di Asia pun tak ketinggalan seperti Jepang dan Korea Selatan contohnya.

Jepang dengan kebudayaan yang kaya telah membuat dunia tertarik dengan tren fesyen eksperimental dan ciri khas tak biasa. Jika kamu berkunjung ke Shibuya atau Harajuku, kamu bakal menemukan berbagai macam orang dengan selera busana unik yang namanya beragam.

Mulai dari gaya cute ala lolita hingga yang nyentrik seperti visual kei. Gaya ini pun cukup digemari di Indonesia meski tidak semua orang mengenakannya. Selaras dengan perkembangan mode Jepang, negara tetangganya tak ingin ketinggalan.

Korea Selatan kini turut serta meramaikan tren busana dunia dengan menyuguhkan gaya yang cenderung lebih minimalis dan elegan. Jika Jepang dan Perancis gemar melakukan tubruk warna yang ekspresif, maka di tren mode Korea Selatan kamu akan menemukan gaya yang clean dan cenderung individual.

Serba-serbi Fashion Korea Selatan yang Semakin Booming

Selalu Bereksplorasi dalam Fashion

Sumber gambar koreanclassmassive.com

Seperti yang kamu tahu, pergerakan dalam dunia mode tidak pernah berhenti. Fashion adalah salah satu wujud seni yang dirangkai lewat material dan jahitan sehingga para desainer selalu berusaha menampilkan gaya berbeda tergantung pada si pemakainya.

Untuk gaya mode ala Korea Selatan, akan cocok bagi kamu yang tinggal di Asia karena terasa lebih dekat. Gaya busana Korea Selatan ini cenderung lebih individual, dalam arti tidak terbawa arus dari gaya busana Eropa atau Amerika.

Daripada mengikuti gaya mode yang sudah ada atau mengambil konsep sama, kamu bakal melihat orang-orang Korea Selatan berusaha “menciptakan” gaya mereka sendiri. Oleh sebab itu, jangan heran jika mereka selalu melakukan eksplorasi hingga mendapat gaya busana yang paling cocok untuk diri mereka sendiri.

Berani Tampil Beda

Sumber gambar fanpop.com

Tampaknya, kita setuju bahwa Korea Selatan memang semakin menarik perhatian dunia. Tak cuma lewat grup vokal dengan para member tampan dan cantik, gaya busana mereka pun kini tak luput dari perhatian.

Jika kamu perhatikan, gaya busana orang Korea Selatan ini memang berani tampil beda. Mereka tidak segan untuk bereksperimen dengan berbagai macam padanan busana sehingga dapat menghasilkan keseluruhan gaya yang maksimal.

Contohnya saja, baju dengan warna-warna mencolok yang kemudian dipadukan bersama gaya streetwear kini juga jadi salah satu yang digemari. Mereka selalu gemar memadukan tren masa lampau atau kadang juga gaya tradisional yang kemudian dikombinasikan bersaya style kekinian. Perpaduan unik ini yang akhirnya menjadikan Korea Selatan diperhitungkan dalam dunia mode busana.

Fashion Mengikuti Musim yang Ada di Korea

Sumber gambar dkfindout.com

Sebagai salah satu negara dengan empat musim, Korea Selatan pun punya berbagai gaya yang disesuaikan dengan suhu dan cuaca yang sedang berlangsung. Jangan heran jika pergantian tren busana di sana cukup cepat dibandingkan dengan tren di negara-negara tropis yang hanya punya dua musim.

Untuk musim panas misalnya, kamu akan sering menemukan busana bergaya ringan dengan bahan-bahan yang menyerap keringat dan didominasi warna-warna cerah. Berbeda lagi dengan musim gugur yang bermain pada jaket atau trench coat ringan yang kemudian berubah menjadi mantel bulu nan panjang di musim dingin.

Oleh sebab itu, jika kamu hendak ke Korea Selatan, sebaiknya pastikan cuaca yang sedang berlangsung di sana supaya tak salah pilih pakaian. Jika kamu ingin mengadaptasi gaya busana mereka di Indonesia, sebaiknya kamu juga cermat memilih tren yang cocok untuk cuaca negara tropis.

Sebagai alternatif, kamu bisa saja memakai pakaian musim panas dan musim semi yang memiliki bahan-bahan ringan dengan motif dan warna ceria. Memasuki musim hujan, kamu bisa mencontek gaya busana musim gugur yang menghadirkan pakaian hangat dengan gaya trendi nan minimalis yang keren.

Rekomendasi Baju Korea untuk Wanita Indonesia

Eyescream - Relaxed Fit Knitted Sweater

Sumber gambar zalora.com.my

Indonesia memang tak punya musim dingin tapi udara sejuk di musim hujan bisa jadi alasan kamu untuk mulai mengoleksi sweater lucu dan imut. Sweater bisa jadi atasan pilihan yang mudah dikombinasikan bersama berbagai macam bawahan bahkan bisa pula dipakai bagi kamu yang berhijab.

Agar mudah dipadupadankan, sebaiknya kamu memilih sweater dengan warna-warna teduh seperti krem, cokelat muda atau merah muda. Warna-warna kalem dapat membuat sweater tampil lebih ringan.

Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Eyescream-Relaxed Fit Knitted Sweater ini. Terbuat dari bahan viscose dengan warna lotus yang manis, kamu bisa mendapatkannya di Zalora dengan harga Rp 409.000.

Shopsfashion - Sailor Collar Tank Top

Sumber gambar zalora.com.hk

Bermain dengan warna adalah salah satu yang bisa kamu coba jika bosan dengan penampilan monoton. Alih-alih memilih warna gelap yang biasa, mengapa tak coba memadukannya dengan warna cerah seperti kuning? Pilihlah kombinasi warna gelap dengan warna kuning agar terlihat tetap clean dan tak terlalu berlebihan.

Kamu bisa memilih Shopsfashion-Sailor Collar Tank Top yang dibanderol seharga Rp 309.000 di Zalora ini. Gaya musim panas yang ceria terlihat pada detail kerah ala seragam pelaut.

Baju ini pun terasa ringan karena terbuat dari katun yang menyerap keringat. Kamu bisa memadukannya dengan bawahan berwarna terang untuk kesan yang cerah dan manis.

Tokichoi - Laced Tie-Up Yoke Blouse

Sumber gambar zalora.co.id

Blus bisa jadi opsi yang pas bagi kamu yang ingin tampil feminin. Atasan satu ini juga bisa kamu padukan dengan rok bawahan berwarna ringan dan cenderung cocok dibawa ke suasana apa saja. Kamu bisa memadukannya dengan bawahan berwarna gelap untuk kesan profesional atau warna-warna cerah yang menampilkan kesan dinamis.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Tokichoi-Laced Tie-Up Yoke Blouse. Atasan cantik dengan sisipan renda ini akan memberi kesan klasik yang manis pada penampilan kamu. Bisa diperoleh di Zalora dengan harga Rp 259.000.

Okechuku Maurice Model Korea Pakaian Kerja Kemeja Wanita - Biru

Sumber gambar blibli.com

Saat memilih pakaian untuk office outfit, desain jadi salah satu hal yang harus kamu cermati. Beberapa perusahaan mungkin memberi sedikit kelonggaran bagi karyawan untuk lebih ekspresif dalam berpakaian. Tapi jika perusahaan kamu cenderung strict soal gaya busana, lebih baik kamu memilih gaya busana kantor yang tidak berlebihan.

Kemeja selalu jadi opsi yang pas untuk office outfit tapi jika kamu ingin tampil sedikit berbeda. Kamu bisa pilih Okechuku Maurice Model Korea Pakaian Kerja Kemeja Wanita–Biru ini.

Berbahan katun nova yang nyaman, model kerahnya pun terlihat lebih playful tak berlebihan. Pesan melalui Blibli dengan harga Rp 85.000.

Yoco - Ruffled Sleeve Blouse

Sumber gambar zalora.com.my

Mengamati artis-artis wanita Korea Selatan bisa jadi referensi kamu untuk memilih gaya busana. Banyak gaya pakaian yang tak sulit ditiru karena tren mode Korea Selatan memang cenderung minimalis dan cocok di berbagai suasana.

Jika kamu suka dengan model atasan yang manis dan simpel, Yoco-Ruffled Sleeve Blouse bisa jadi pilihan yang manis. Atasan berwarna biru terang ini dipercantik dengan detil manik di sekitar kerah. Bisa kamu gunakan bersama rok bermotif. Pesan dengan harga Rp 349.000 di Zalora.

YADAS KOREA Inggrid Kemeja Tunik Wanita - Dark Blue

Sumber gambar blibli.com

Tidak semua perempuan suka dengan gaya seksi dan pakaian bermodel terbuka. Jika kamu tidak suka dengan tank top atau sleevless blouse, kamu bisa memilih pakaian dengan model besar. Ternyata model ini juga tengah digandrungi oleh wanita muda di Korea.

Salah satu yang bisa kamu coba kenakan adalah oversized shirt seperti YADAS KOREA Inggrid Kemeja Tunik Wanita-Dark Blue. Tunik bermodel kemeja bermotif tartan warna biru ini juga memperlihatkan kesan bold pada diri kamu yang enerjik. Bisa dipesan melalui Blibli dengan harga Rp 98.450.

KLEEaisons - Flared Box Jacket

Sumber gambar zalora.com.hk

Bagi kamu yang berhijab, tentu saja harus hati-hati saat mengadaptasi gaya busana. Tidak semua tren baju bisa kamu sandingkan dengan kerudung karena beberapa pakaian baik atasan maupun bawahan bisa saja sangat ketat atau terbuka. Jika ingin cari aman, kamu bisa kok mengambil salah satu fashion item seperti outerwear.

Jenis ini bisa kamu padukan bersama gaun muslimah alias gamis yang dapat memberi kesan berbeda. Salah satu yang bisa kamu coba kenakan adalah KLEEaisons-Flared Box Jacket. Bermodel open front yang praktis dikenakan, jaket ini akan memberi sentuhan resmi pada busana kamu. Dapatkan melalui Zalora dengan harga Rp 601.000.

Jfashion Gaya Korea Variasi Emblem T-Shirt Wanita - Scarlet Hitam

Sumber gambar blibli.com

Berpakaian kasual dan santai bukan berarti tidak bisa tampil keren. Saat ini, banyak wanita yang memilih gaya simpel dan tidak ribet tapi tetap tak menjauhkan kesan keren secara keseluruhan. Kuncinya adalah mengenakan busana yang pas sesuai bentuk tubuh, ditunjang dengan warna busana yang menarik.

Salah satu yang bisa kamu coba dalam suasana non formal adalah Jfashion Gaya Korea Variasi Emblem T-Shirt Wanita-Scarlet Hitam. Berbahan baby terry dengan kerah V, kaos ini bisa kamu padukan dengan berbagai macam bawahan. Padukan dengan jaket denim dan sneakers untuk kesan casual rebel. Pesan dengan harga Rp 49.900 melalui Blibli.

Stylenanda - Ribbon Tie Sweatshirt

Sumber gambar zalora.co.id

Ingin tampil lebih imut dan feminin? Coba hindari warna-warna gelap dan ganti dengan warna cerah seperti merah muda alias pink. Warna ini identik dengan kelembutan dan feminitas serta mudah dipadukan bersama warna gelap atau warna kalem lainnya.

Stylenanda-Ribbon Tie Sweatshirt adalah salah satu atasan dengan gaya individual khas Korea Selatan yang dipercantik dengan detil pita pada bagian lengannya.Tak perlu aksesori berlebihan karena atasan berbahan katun ini sudah menegaskan penampilan kamu secara keseluruhan. Pesan melalui Zalora dengan harga Rp 529.000.

Eyescream - Stripe Knit Sweater

Sumber gambar zalora.com.ph

Memakai baju yang oke saat ke kampus bisa jadi mood buster kamu untuk menghadapi materi kuliah dan segudang aktivitas lainnya. Hal ini bukan berarti kamu harus dandan berlebihan karena dengan busana yang simpel, kamu pun bisa tampil manis dan menarik.

Untuk gaya busana di musim yang sejuk seperti musim hujan, kamu bisa memilih atasan seperti baju rajut. Agar terlihat lebih imut, cobalah mengenakan atasan rajut bermotif seperti Eyescream-Stripe Knit Sweater ini. Tersedia dalam dua warna kalem, biru dan pink, kamu bisa memadukannya dengan rok lipit panjang. Pesan dengan harga Rp 529.000 melalui Zalora.

Yoco - Lace Balloon Sleeve Blouse

Sumber gambar zalora.com.my

Diundang ke acara resmi? Kamu butuh pakaian dengan sentuhan elegan. Hindari busana yang terlalu banyak memakai payet di permukaannya karena jika desain serta penempatannya tidak pas, kamu malah akan terlihat norak. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih pakaian dengan sentuhan bordir atau aksen lace berwarna monokrom.

Kamu bisa memilih Yoco-Lace Balloon Sleeve Blouse yang tersedia dalam warna putih dan hitam ini. Terbuat dari bahan polyblend, blus ini terlihat unik dengan detil choker pada bagian leher. Terdapat aksen see-through dengan rajutan bunga di bagian lengan yang memberi kesan elegan. Bisa diperoleh melalui Zalora seharga Rp 269.000.

From our editorial team

Adaptasi ke Busana Tertutup? Mengapa Tidak?

Gaya busana Korea ini memang menarik banyak minat tak terkecuali remaja muslimah. Bagi kamu yang ingin mengadaptasi gaya KPop dalam balutan busana tertutup, cobalah mengenakan baju panjang dan padukan bersama rok berwarna lembut. KPop style dikenal ekspresif tapi tetap selaras meski busana memiliki motif tumpang tindih jadi kamu bisa menyesuaikan busana dengan warna kerudung serta sepatu yang serasi.