13 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus yang Cocok untuk Semua Fotografer!

13 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus yang Cocok untuk Semua Fotografer!

Kamera mirrorless Olympus adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan teknologi terbaru dan desain yang ringkas, kamera ini menawarkan kebebasan kreatif dalam memotret.

Bagaimana memilih kamera mirrorless di tengah banyaknya pilihan?

Memilih kamera mirrorless di tengah banyaknya pilihan dapat menjadi tugas yang menantang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

1. Tentukan Tujuan Fotografi Anda: Pertimbangkan jenis fotografi yang ingin Anda tekuni. Apakah Anda fokus pada fotografi landscape, potret, street, atau mungkin fotografi kegiatan sehari-hari? Setiap jenis fotografi memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga memahami tujuan Anda akan membantu mempersempit pilihan kamera yang sesuai.

2. Perhatikan Ukuran dan Bobot: Salah satu keunggulan kamera mirrorless adalah ukurannya yang lebih kompak dibandingkan dengan kamera DSLR. Pertimbangkan apakah Anda lebih memilih kamera yang ringkas dan mudah dibawa, atau apakah ukuran dan bobot bukan faktor utama bagi Anda.

3. Resolusi dan Sensor: Sensor adalah salah satu komponen penting dalam kualitas gambar. Pilihlah kamera dengan resolusi yang memadai sesuai dengan kebutuhan Anda. Sensor yang lebih besar cenderung menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik dalam situasi pencahayaan rendah.

4. Sistem Autofokus: Autofokus yang cepat dan akurat sangat penting, terutama jika Anda berencana untuk mengambil foto objek bergerak atau dalam kondisi yang cepat. Periksa spesifikasi autofokus dari setiap kamera yang Anda pertimbangkan dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Fitur dan Fungsi: Perhatikan fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh kamera. Apakah Anda memerlukan fitur khusus seperti stabilisasi gambar in-body, kemampuan video 4K, atau konektivitas Wi-Fi untuk mentransfer gambar secara langsung? Pastikan kamera memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

6. Harga dan Anggaran: Tentukan anggaran yang Anda siapkan untuk membeli kamera. Meskipun penting untuk memperhatikan harga, jangan hanya memilih berdasarkan harga terendah. Bandingkan fitur dan kualitas yang ditawarkan dalam kisaran harga yang Anda tentukan.

7. Baca Ulasan dan Tinjauan: Membaca ulasan dan tinjauan dari pengguna lain atau sumber tepercaya dapat memberikan wawasan yang berharga tentang performa dan pengalaman pengguna dengan kamera yang Anda pertimbangkan.

Terakhir, sebaiknya kunjungi toko kamera atau pusat fotografi terdekat untuk mencoba kamera secara langsung. Rasakan ergonomi dan kemudahan penggunaan kamera tersebut, karena kenyamanan saat menggunakan kamera juga merupakan faktor penting.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat mempersempit pilihan kamera mirrorless yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

13 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus

Olympus E-PL3 kit 14-42mm Kamera Mirorless

Dapatkan kamera dengan kondisi yang mulus dan bagus, serta fungsi yang 100% normal. Kamera ini dilengkapi dengan sensor bening cling dan karet-karet yang kencang. Anda dapat menikmati kualitas video full HD dan kemampuan merekam video. Kamera ini hadir dalam warna putih, hitam, dan silver. Paket kelengkapan kamera meliputi unit body, lensa, strap, battery, charger, lens cap, serta bonus tas dan memory card 16". Nikmati pengalaman fotografi yang berkualitas tanpa ragu dengan kamera ini.

Harga Rp. 2.200.000-3.645.000

Olympus E PL 7 + 14-42 EZ Kamera Mirrorless

Dapatkan pengalaman fotografi yang menakjubkan dengan Olympus E PL 7 + 14-42 EZ Kamera Mirrorless. Dilengkapi dengan lensa 14-42mm f/3.5-5.6 EZ dari Olympus, kamera ini memiliki desain yang ringkas dan dilengkapi dengan layar sentuh LCD 3,0" 1.04M-dot yang dapat dibalik ke bawah 180° untuk potret diri yang berkualitas. Sensor CMOS Live MOS 16 megapiksel dan prosesor gambar TruePic VII memberikan gambar yang tajam dan detail. E-PL7 juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar tiga sumbu VCM yang terintegrasi dalam bodi kamera untuk foto dan video yang lebih stabil. Dengan fitur-fitur canggih seperti autofocus cepat, perekaman video Full HD, dan konektivitas Wi-Fi built-in, kamera ini menjadi pilihan sempurna untuk mengabadikan momen-momen istimewa Anda.

Harga Rp. 8.058.505-12.999.000

Olympus OM-D E-M10 Mark II Kit Lens 14-22mm EZ Kamera Mirrorless

Nikmati hasil foto dan video yang halus dengan Olympus OM-D E-M10 Mark II Kit Lens 14-42mm EZ Kamera Mirrorless - Silver. Kamera ini menawarkan resolusi tinggi 16.1MP dengan sensor 4/3 Live MOS yang bekerja sama dengan prosesor gambar TruePic VII untuk memberikan kualitas gambar yang menakjubkan. Anda dapat mengambil foto dengan kecepatan hingga 8,5 fps dan merekam video Full HD 1080p/60fps. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan sensitivitas ISO hingga 25600, memungkinkan Anda mengambil gambar yang jelas dan tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan. Dapatkan juga bonus berupa memory card SDHC 64GB, premium leather strap, dan premium lens cap untuk menambah kepraktisan dan kenyamanan Anda dalam menggunakan kamera ini.

Harga Rp. 5.600.000-7.959.005

Olympus OM-D E-M10 Mark III Kit 14-42MM

Nikmati pengalaman fotografi yang futuristik dengan Olympus OM-D E-M10, kamera mirrorless dengan desain kompak dan modern. Bodi kamera terbuat dari material premium yang kokoh, memberikan kenyamanan saat digunakan. Kamera ini dilengkapi dengan kontrol yang mudah dipahami, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan bidikan yang sempurna. Dengan sensor gambar 16 megapixel dan prosesor gambar TruePic VII, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang detail dan warna yang akurat. Dilengkapi dengan jendela bidik elektronik (EVF) yang informatif, sistem autofokus yang cepat, dan konektivitas nirkabel, Olympus OM-D E-M10 memberikan fleksibilitas dan performa yang luar biasa dalam fotografi Anda.

Harga Rp. 8.400.000-12.050.000

Olympus Pen E-P3

Nikmati pengalaman fotografi yang berkualitas dengan Olympus PEN E-P3 Double Zoom Kit. Kamera mirrorless ini dilengkapi dengan sensor CMOS 12 megapiksel dan prosesor TruePIC VI yang memberikan hasil gambar yang tajam dan detail. Dengan layar berukuran 3 inch, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengatur pengaturan foto Anda. Kamera ini juga dilengkapi dengan dua lensa, yaitu 14-42mm II R dan 40-150mm R, yang memberikan fleksibilitas dalam mengambil gambar dengan berbagai sudut dan jarak. Dengan Olympus PEN E-P3, Anda dapat mengeksplorasi kreativitas Anda dalam fotografi dengan mudah dan nyaman.

Harga Rp. 7.139.125

Olympus PEN E-PL8 Kit 14-42mm Kamera Mirrorless

Rasakan pengalaman fotografi yang kreatif dan praktis dengan Olympus PEN E-PL8 Kit. Kamera mirrorless ini dilengkapi dengan layar LCD sentuh 3.0 Inch yang dapat diputar hingga 180 derajat, memudahkan Anda dalam mengambil foto selfie dan merekam video. Dengan sensor 16.1 MP Live MOS dan prosesor TruePic VII, kamera ini mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan merekam video Full HD dengan detail yang tajam. Fitur stabilisasi gambar 3-axis juga hadir untuk mengurangi guncangan saat pengambilan gambar, sehingga menghasilkan foto yang lebih jelas. Selain itu, dengan konektivitas built-in Wi-Fi, Anda dapat dengan mudah berbagi foto secara nirkabel dan mengontrol kamera dari smartphone atau tablet yang terhubung. Dengan Olympus PEN E-PL8, kreativitas Anda dalam fotografi dapat terwujud dengan lebih mudah dan praktis.

Harga Rp. 5.500.000

Olympus PEN E-PL7 Mirrorless

Nikmati pengalaman fotografi yang stylish dengan Olympus PEN E-PL7. Kamera mirrorless ini hadir dengan desain compact dan layar sentuh LCD 3.0" 1.04M-dot yang dapat diputar 180° untuk menghasilkan potret diri berkualitas tinggi. Dengan sensor CMOS Live MOS 16 megapiksel dan prosesor gambar TruePic VII, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang detail dan berkualitas tinggi. Fitur stabilisasi gambar tiga sumbu VCM juga hadir dalam tubuh kamera ini untuk menghasilkan foto dan video yang tajam.

Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan sistem autofokus FAST AF 81 titik yang cepat dan akurat, serta kemampuan merekam video Full HD. Anda juga dapat menikmati berbagai fitur kreatif seperti Art Filters, HDR, dan interval shooting untuk menciptakan hasil foto yang unik. Konektivitas Wi-Fi built-in memungkinkan Anda mentransfer foto ke perangkat mobile dan mengontrol kamera secara nirkabel melalui aplikasi Olympus Image Share. Olympus PEN E-PL7 juga hadir dengan lensa M.Zuiko Digital ED 14-42mm f/3.5-5.6 EZ yang kompak dan serbaguna.

Harga Rp. 12.899.000

Olympus PEN E-PL9 with 14-42mm f/3.5-5.6 EZ

Nikmati pengalaman fotografi yang menarik dengan Olympus PEN E-PL9. Kamera mirrorless ini dirancang khusus untuk para hobi selfie dengan layar LCD 3 Inch yang dapat dilipat ke bawah. Dengan fitur layar sentuh, pengoperasian kamera menjadi lebih mudah. Olympus juga menyediakan fitur-fitur khusus untuk mempermudah pengguna dalam memotret selfie, seperti proses zoom otomatis agar wajah masuk ke dalam frame. Dilengkapi dengan sensor 16 MP, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang tajam dan berkualitas tinggi. Selain itu, Olympus PEN E-PL9 juga memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 4K 30fps, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk merekam momen-momen berharga Anda.

Harga Rp. 10.499.000

Olympus Pen E-PL6 Kit 14-42mm f3.5-5.6

Dapatkan pengalaman fotografi yang lebih baik dengan Olympus PEN Lite E-PL6. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang menghasilkan kualitas gambar setara dengan kamera OM-D, serta sistem autofokus FAST AF yang memungkinkan fokus cepat. E-PL6 juga memiliki mode ISO LOW yang memberikan efek bokeh yang menarik dan fitur baru seperti Interval Shooting dan Time-lapse Movie. Dengan PEN Lite E-PL6, Anda dapat mengeksplorasi berbagai kemungkinan dalam menciptakan hasil kreatif yang mengejutkan.

Tangkap momen seketika dengan fitur Touch AF Shutter. Dengan FAST AF untuk autofokus instan dan Touch Shutter untuk memotret gambar secara langsung hanya dengan menyentuh layar Live View, gambar yang Anda lihat adalah gambar yang Anda dapatkan. Tidak ada lagi jeda waktu antara saat Anda menekan tombol rana dan saat gambar benar-benar diambil. Anda dapat mengabadikan ekspresi wajah yang alami dalam berbagai komposisi yang Anda inginkan.

Harga Rp. 3.500.000-7.639.000

Olympus PEN E-P5 with 14-42mm II R f3.5-5.6

Nikmati pengalaman fotografi yang tajam dan berkualitas tinggi dengan Olympus E-P5. Dibekali dengan sensor Live MOS 16.1MP dan prosesor gambar TruePic VI, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang tajam, fokus cepat, dan mampu mengatasi kondisi cahaya rendah dengan ISO hingga 25600. Kinerja kamera ini juga impresif, termasuk pemotretan berkelanjutan hingga 9 fps.

Sistem stabilisasi gambar 5-Axis built-in mengompensasi guncangan kamera pada lima sumbu yang berbeda, menghasilkan gambar yang lebih tajam pada kecepatan rana yang lebih lambat. Layar LCD sentuh dengan ukuran 3,0 inci dan kemampuan memiringkan memberikan kemudahan dalam komposisi gambar dan kontrol. Anda dapat mengontrol berbagai fungsi kamera hanya dengan satu ketukan atau gesekan di layar LCD, termasuk pelepasan rana, fokus otomatis, pemutaran, pemilihan filter seni, pemilihan mode pemandangan, dan koneksi Wi-Fi.

Nikmati juga kemampuan merekam video Full HD 1080p dengan stabilisasi gambar, kontrol eksposur manual, dan mikrofon stereo terintegrasi. Format video yang didukung termasuk MOV (MPEG-4AVC/H.264) dan AVI (Motion JPEG). Olympus E-P5 merupakan pilihan yang sempurna untuk pengalaman fotografi dan videografi yang lengkap.

Harga Rp. 11.999.000

Olympus PEN E-P1 KIT w/14-42mm

Nikmati keuntungan struktur mirrorless yang ringkas dan ringan dengan Olympus PEN. Dibandingkan dengan kamera SLR konvensional, Olympus PEN menghilangkan cermin internal sehingga menghasilkan tubuh kamera yang lebih kompak. Meskipun demikian, kualitas gambar tidak terpengaruh dan sensor gambar MOS berkecepatan tinggi dengan resolusi 12.3 megapiksel dan mesin pemrosesan gambar TruePic V memberikan hasil gambar yang tajam, dengan gradasi yang kaya dan warna yang alami. Selain itu, Olympus PEN dilengkapi dengan stabilisasi gambar bawaan yang dapat mengompensasi guncangan kamera hingga 4 EV langkah, sehingga memungkinkan pengambilan gambar yang tajam dengan berbagai lensa.

Nikmati juga keunggulan lensa M.ZUIKO DIGITAL yang dirancang khusus untuk sistem Micro Four Thirds. Dengan desain yang dioptimalkan untuk ukuran mount dan kontak sinyal, lensa ini memberikan kualitas gambar yang tinggi dan menyampaikan cahaya ke setiap sudut sensor gambar, baik untuk foto maupun video. Olympus PEN merupakan pilihan yang sempurna untuk pengalaman fotografi yang kompak dan berkualitas tinggi.

Harga Rp. 6.350.000

Olympus PEN EPL5 W/14-42mm f3.5-5.6

Abadikan momen sesuai dengan yang Anda lihat - Touch AF Shutter. Dengan FAST AF untuk fokus otomatis instan dan Touch Shutter untuk menangkap gambar secara instan hanya dengan menyentuh layar Live View, gambar yang Anda lihat adalah gambar yang Anda dapatkan. Tidak ada lagi jeda lama antara saat Anda menekan tombol rana dan saat gambar benar-benar diambil. Anda akan dapat menangkap ekspresi wajah yang alami sesuai dengan komposisi yang Anda inginkan.

Kualitas gambar OM-D, yang terbaik yang ada. Olympus E-PL5 menggabungkan teknologi canggih yang sama dengan yang terdapat pada OM-D, flagship dari sistem kamera Micro Four Thirds Olympus, termasuk sensor gambar yang mampu mencapai ISO25600 dengan peningkatan besar dalam pengurangan noise, mesin pemrosesan gambar yang responsif cepat untuk memaksimalkan kualitas gambar yang tinggi, dan lensa M.ZUIKO DIGITAL Olympus yang terkenal dengan karakteristik optik yang sangat baik. E-PL5 adalah kamera kompak dan ringan pertama yang memiliki "kualitas gambar OM-D".

Harga Rp. 4.000.000-5.990.000

Olympus PEN E-PM2 w/14-42mm

Olympus PEN E-PM2 adalah kamera sistem Micro Four Thirds tingkat pemula yang dibangun di sekitar sensor CMOS 16MP yang sangat baik (sama dengan yang digunakan Olympus di OM-D unggulannya) dengan video HD 1080p penuh. Ini adalah salah satu kamera mirrorless terkecil di pasaran dan memiliki kecepatan tembak berkelanjutan 8 frame per detik 1. Kamera ini juga memiliki sistem autofokus tercepat di dunia dan layar LCD 3 inci dengan fungsionalitas layar sentuh 2.

Harga Rp. 4.888.000-5.170.800
From our editorial team

Menyelami Dunia Fotografi dengan Kamera Mirrorless Olympus yang Menakjubkan

Dengan kamera mirrorless Olympus, Anda akan menemukan keajaiban dalam dunia fotografi. Kebebasan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh kamera ini akan memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda dengan lebih leluasa. Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki kamera yang dapat mengabadikan momen berharga dengan detail yang luar biasa. Jadikan perjalanan fotografi Anda lebih memukau dengan kamera mirrorless Olympus yang luar biasa ini.