10 Rekomendasi Kuas Makeup Terbaik yang akan Membuat Riasanmu Semakin On (2021)

10 Rekomendasi Kuas Makeup Terbaik yang akan Membuat Riasanmu Semakin On (2021)

Kuas makeup adalah alat wajib punya buat kamu yang suka bereksperimen dengan berbagai macam riasan. Pilih kuas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Simak rekomendasi kuas makeup dan bagaimana cara merawatnya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Jangan Ngaku Makeup Junkie kalau Belum Punya Kuas Makeup

Makeup adalah bagian dari hidup wanita yang tidak bisa dipisahkan. Untuk menunjang penampilan mereka, kaum hawa bahkan tidak segan merogoh kocek dalam-dalam lho. Namun, memilih makeup yang lengkap saja tidak cukup jika kamu belum punya peralatannya.

Brush atau kuas makeup termasuk yang wajib kamu miliki. Fungsi utama dari kuas makeup adalah membantu pengaplikasian makeup ke kulit agar lebih merata dan tidak terbuang percuma. Jangan salah, kuas makeup tidak hanya ada satu jenis saja. Ada puluhan kuas yang memiliki fungsinya masing-masing.

Lalu, bagaimana cara memilih kuas makeup yang bagus dan cara membersihkannya? Simak info lengkapnya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Tips Memilih Brush Makeup Terbaik untukmu

Perhatikan Jenis Bulunya

Jenis bulu atau bahan pembuat bulu kuas makeup adalah faktor pertama yang harus kamu perhatikan. Umumnnya, ada dua jenis bahan bulu yang biasa digunakan untuk membuat kuas makeup, yakni natural bristle dan synthetic bristle. Ada perbedaan mencolok antara keduanya lho.

Kuas yang terbuat dari natural bristle harganya cenderung lebih mahal dibandingkan yang jenis sintetis. Namun jangan tanyakan kualitasnya, ya. Kuas natural bristle hasilnya lebih lembut dan bersahabat untuk kulit wajah.

Pilih yang Dilengkapi Pouch atau Wadah Khusus

Sebagai alat makeup yang bersentuhan langsung dengan wajah, kuas harus dijaga kebersihannya. Ingat ya, sedikit saja debu atau kotoran yang menempel pada kuas bisa menyebabkan jerawat dan masalah lain untuk kulitmu. Karena itulah kamu harus benar-benar memperhatikan penyimpanannya.

Sebaiknya, pilih kuas makeup yang dilengkapi pouch atau wadah penyimpanan khusus. Tujuannya agar kuas tetap bersih dan nyaman digunakan. Biasanya kamu akan mendapatkan wadah kuas jika melakukan pembelian satu set.

Cek Jenis Kuas Dalam Satu Set

Percaya atau tidak, membeli satu buah kuas saja tidak cukup lho. Jika kamu masih pemula, setidaknya kamu harus punya 3 sampai 4 jenis kuas berbeda. Ini karena masing-masing kuas memiliki fungsi berbeda dan tidak bisa kamu kombinasikan.

Misalnya seperti flat brush yang berfungsi meratakan foundation dan bedak, sementara untuk keperluan kontur kamu harus menggunakan angled brush. Begitu pula dengan kuas yang akan kamu gunakan untuk mengaplikasikan lipstik dan eyeshadow, tidak bisa disamakan. Oleh karena itu, cek jenis-jenis kuas dalam satu set yang akan kamu beli, pastikan sesuai dengan kebutuhanmu.

Beri Perhatian Ekstra jika Kulitmu Sensitif

Punya kulit sensitif? Kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih makeup dan peralatannya, termasuk kuas. Kulit sensitif sebaiknya memilih kuas yang terbuat dari bahan yang cocok di kulit mereka, baik itu natural maupun sintetis. Ini dilakukan untuk mencegah munculnya reaksi alergi, iritasi, hingga breakout pada kulit.

Ukuran Gagang juga Aspek yang Penting

Ini yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya, tapi ternyata cukup penting lho. Gagang yang pas akan menambah kenyamananmu dalam memakai kuas, baik dari segi ukuran maupun bahannya. Ukuran gagang yang pas akan membuatmu lebih leluasa dalam mengaplikasikan makeup. Selain itu, jika gagang kuas kuat dan kokoh, pasti juga membuat kuas lebih awet dan tahan lama.

Cara Membersihkan Kuas Makeup Sendiri di Rumah

Gunakan Air Hangat dan Sabun Cair

Cara membersihkan kuas yang sederhana adalah dengan menggunakan air hangat dan sabun cair. Kamu tinggal ambil saja satu mangkuk agak besar, lalu tuang air hangat ke dalamnya. Kemudian teteskan sedikit sabun cair. Kibaskan kuas makeup ke dalam cairan tersebut, pastikan benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa sama sekali. Bilas kuas dengan air hangat yang bersih.

Pakai Sampo Bayi juga Bisa!

Kuasmu juga bisa dibersihkan dengan menggunakan sampo bayi, lho. Sampo bayi yang memiliki formula lembut tidak akan membuat kuasmu jadi kasar setelah dibersihkan.

Cukup pakai satu atau dua tetes sampo bayi, lalu gosokkan dengan lembut ke bulu kuas. Jangan terlalu keras karena akan membuat bulu kuas rontok nantinya. Kemudian bilas kuas di bawah air mengalir hingga bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Beli Alat Khusus Pembersih Kuas Makeup

Kalau kamu mau yang praktis, ada alat pembersih kuas yang khusus dirancang untuk membersihkan alat kecantikanmu. Ada berbagai macam dan jenis alat dengan harga yang berbeda-beda, lho. Mulai dari pembersih berbahan silikon yang dilengkapi dengan gerigi hingga spons khusus yang dibuat untuk membersihkan kuas makeup.

Ada juga sampo khusus untuk menghilangkan semua kotoran dan sisa makeup yang menempel pada kuas. Apabila kamu ingin memilikinya, tentu kamu harus menyiapkan bujet lebih.

Rekomendasi Kuas Makeup

Mineral Botanica Brush Set Kit

Tentu kamu sudah tidak asing dengan Mineral Botanica, bukan? Merek lokal ini juga punya set kuas yang kece banget untuk membantu kamu tampil cantik dengan makeup yang kamu sapukan ke wajah. Nama produknya adalah Mineral Botanica Brush Set Kit.

Kamu akan mendapatkan 10 jenis kuas dalam satu set untuk foundation, blush on, shading, maskara, hingga eyeliner. Cocok banget untuk kamu yang suka tampil full makeup. Tidak hanya itu, kuas makeup ini juga dilengkapi dengan pouch dan stand drying, sehingga bisa kamu bawa bepergian dengan mudah.

Bahan pembuat kuas adalah bulu sintetis yang sangat lembut dan tidak mudah rontok meski sering kamu gunakan.

Harga Rp. 150.000-250.000

Real Techniques Core Collection

Rekomendasi berikutnya datang dari merek kuas makeup ternama, Real Techniques. Tentu kamu tidak perlu lagi meragukan kualitasnya. Ada Real Techniques Core Collection yang terdiri dari 4 kuas berbeda untuk kebutuhan makeup dasar. Ada kuas untuk contour powder, bedak, liquid foundation, dan detailer brush untuk meratakan concealer atau mengaplikasikan lipstik.

Bulu kuasnya terasa mewah dengan gagang yang terbuat dari aluminium yang ringan ketika digenggam. Kuas ini pun terasa lebih kokoh dan tidak mudah patah. Bulu pembuatnya adalah bulu sintetis yang halus dan lembut. Kamu akan mendapatkan panoramic case yang bisa berfungsi sebagai 2 in 1 pouch dan stand drying.

Harga Rp. 50.000-100.000

Beauty Story Oval Brush Set

Kabar baik nih buat kamu yang punya kulit sensitif. Nggak perlu bingung, ada Beauty Story Oval Brush Set yang bisa dijadikan pilihan. Satu set kuas berbentuk oval ini memang diciptakan untuk kulit sensitif wanita. Terbuat dari cosme fibre filaments yang tidak menyerap endapan dari makeup yang kamu pakai serta antiiritasi.

Serat sintetis yang digunakan untuk membuat bulu kuas juga dapat menghasilkan riasan yang lebih halus dan natural. Hanya saja, harga kuas ini sedikit mahal dan tidak dilengkapi dengan wadah atau pouch khusus.

Harga Rp. 180.000-400.000

Aeris Beaute The Coral 15 Face & Eye Brush Set

Aeris Beaute The Coral 15 Face & Eye Brush Set adalah produk yang cocok banget untuk kamu si pencinta makeup. Satu set terdiri dari 15 jenis kuas untuk berbagai macam fungsi. Mulai dari liquid foundation, concealer, sampai highlighter. Sepaket komplit ini siap untuk membuatmu tampil beda dengan riasanmu.

Bulu kuas terbuat dari bahan sintetis berkualitas yang aman untuk kulit. Sementara gagang kuas terbuat dari bahan high grade synthetic dan antimicrobal fibers yang kokoh dan nyaman digenggam.

Harga Rp. 250.000-600.000

Emina Brush Set

Satu lagi nih rekomendasi produk lokal yang layak kamu pertimbangkan. Ada Emina Brush Set, terdiri dari 4 kuas berbeda yaitu powder brush, dome shadow brush, kabuki brush, dan fully shadow brush. Cocok untuk kamu yang tidak suka ber-makeup tebal dan hanya membutuhkan kuas untuk base makeup natural saja.

Gagang kuas berwarna merah muda lembut memberikan kesan feminin yang sangat menggemaskan lho. Belum lagi bulu kuas yang terbuat dari bahan berkualitas sehungga tidak mudah rontok dan awet digunakan. Kamu juga tidak perlu bingung dan penyimpanannya karena set kuas ini sudah dilengkapi pouch kucu. Pas banget deh untuk kamu yang masih belajar makeup!

Harga Rp. 50.000-80.000

Zoya Cosmetics Brush Set

Selanjutnya masih dari produk lokal yaitu Zoya Cosmetics Brush Set yang menawarkan set kuas lengkap dengan harga terjangkau. Kamu bisa mendapatkan 12 jenis kuas sekaligus lengkap dengan holder cup untuk memudahkan kamu menata dan menyimpan kuas.

Bulunya yang halus dan lembut terasa sangat nyaman saat bersentuhan dengan kulit wajahmu. Gagang kuas terasa sangat kokoh dan tidak mudah patak saat tertekan. Kelengkapan kuas dalam satu set makeup ini memudahkan kamu baik yang masih pemula maupun sudah berpengalaman lho.

Harga Rp. 150.000-300.000

Haluu Essentials Demicorn Brush Set

Segala sesuatu yang berbau unicorn memang sedang sangat digandrungi oleh kaum hawa. Apabila kamu salah satunya, jelas kamu akan jatuh cinta dengan Haluu Essentials Demicorn Brush Set. Seperti namanya, set kuas ini hadir dengan desain warna permen yang unik dan menarik banget.

Di dalamnya terdapat 10 jenis kuas untuk digunakan pada seluruh wajah hingga makeup detail untuk area mata. Bukan hanya desainnya saja yang unik, lho. Kuas bulu yang sangat lembut dan halus membuatnya disukai kaum wanita. Untuk masalah penyimpanan, kamu nggak perlu bingung juga. Kuas ini dikemas dalam tube berbentuk tabung yang membuatnya mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 150.000-400.000

EcoTools Start the Day Beautifully Kit

Buat kamu yang suka alat makeup ramah lingkungan, ada EcoTools Start the Day Beautifully Kit. Terbuat dari bahan yang berkualitas dan hasil daur ulang, kamu harus membayar cukup mahal untuk satu set yang berisi 5 jenis kuas ini. Bahan pembuat kuas sendiri adalah bambu dan bahan-bahan daur ulang lainnya.

Bulu kuas ini terbuat dari bahan sintetis vegan, dikenal begitu halus, lembut, serta tidak mudah rontok. Dikemas dalam kemasan tray yang bisa kamu susun rapi di atas meja riasmu. Kalau mau bepergian, tidak perlu juga bingung bagaimana harus membawanya bukan?

Harga Rp. 200.000-500.000

Masami Shouko Puppy Brush Set

Masami Shouko Puppy Brush Set adalah produk lain yang akan direkomendasikan untukmu yang suka kuas mewah dan desainnya feminin. Set kuas makeup ini juga didesain untuk mudah dibawa bepergian kemana saja. Penyimpanannya berbentuk holder cup yang sangat unik dan lucu.

Satu set kuas terdiri dari 6 jenis kuas. Kuas buatan Jepang ini memiliki bulu sintetis yang yang bersahabat banget untuk kulitmu. Rasanya lembut, halus, dan tidak menyebabkan gatal. Dengan 6 buah kuas berbeda di dalamnya, kamu siap deh untuk tampil cantik setiap saat!

Harga Rp. 150.000-400.000

Focallure Brush Set 10pcs

Ingin beli set kuas yang lengkap tapi bujet menipis? Percayakan saja pada Focallure Brush Set 10pcs, set kuas makeup yang murah tapi sama sekali tidak murahan. Focallure adalah merek asal China yang dikenal punya produk-produk makeup berkualitas. Termasuk set kuas yang diklaim mampu membuat makeup melekat lebih lama di kulit.

Kemasan pouch yang datang bersama dengan set kuas ini juga memudahkan kamu untuk menyimpan dan membawanya bepergian. Untuk desainnya sendiri, kuas ini didominasi warna hitam yang membuatnya terlihat semakin elegan. Kamu akan mendapatkan makeup yang halus dan mulus dengan menggunakan 10 kuas yang tergabung dalam satu set produk ini.

Harga Rp. 50.000-200.000
From our editorial team

Gunakan Kuas Makeup Seperti Ahlinya dengan Banyak Belajar Lewat Tutorial

Jadi, apa kamu sudah menemukan produk kuas makeup yang sesuai kebutuhanmu dari rekomendasi BP-Guide di atas? Punya kuas makeup dan merawatnya dengan baik saja tidak cukup lho. Kamu juga harus bisa menggunakannya dengan benar. Kalau belum ahli, kamu bisa belajar dari banyak tutorial yang diberikan oleh para beauty vlogger!